Sponsors Link

6 Fungsi Bluetooth pada Komputer

Sponsors Link

Bluetooth. Siapa yang tidak kenal saah satu teknologi nirkabel yang sudah ada sejak era 80-an ini? Bluetooth merupakan pengembangan dari konektivitas infrared pada teknologi informasi yang banyak digunakan pada device – device yang portable, seperti handphone, smartphone, dan laptop. Bluetooth juga termasuk salah satu perangkat keras komputer yang menjadi device yang dibutuhkan user untuk mentransfer data.

ads

Saat ini, Bluetooth sudah mulai banyak ditinggalkan, karena adanya pengembangan teknologi wireless LAN , yang memungkinkan setiap komputer dan perangkat saling terkoneksi satu sama lain, dan dapat mentransfer lebih mudah dan lebih cepat dengan menggunakan konektivitas LAN + konektivitas internet.

Bluetooth pada komputer

Penggunaan Bluetooth pada komputer atau lebih banyak digunakan pada laptop tidaklah sepopuler penggunaan Bluetooth pada handphone dan smartphone. Penggunaan bluetooth pada komputer menjadi kurang populer dikarenakan beberapa sebab, akan tetapi yang pasti penggunaan Bluetooth pada komputer kalah dengan koneksitivitas internet yang memiliki cakupan yang lebih luas, apabila dibandingkan dengan Bluetooth yang hanya mencakup area seluas 10 meter saja.

Meskipun demikian, penggunaan Bluetooth pada sebuah komputer, masih memegang peranan dan juga fungsi yang cukup membantu, meskipun cukup jarang digunakan. Apa saja fungsi – fungsi dari sebuah Bluetooth pada komnputer?

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Bluetooth pada sebuah komputer :

  1. Mengirimkan dan mentransfer file

Anda memiliki sebuah handphone dan smartphone? Anda ingin mentransfer data di dalam handphone dan smartphone anda ke dalam komputer, namun tidak memilikikabel data atau malas menggunakan kabel data? Kalau begitu anda bisa menggunakan media transfer Bluetooth ini.

Blutooth dapat mengirim dan mentransfer data baik itu dokumen, foto dan data lainnya dari komputer ke handphone maupun sebaliknya tanap menggunakan kabel data.

Caranya sangatlah mudah, hanya perlu mengaktifkan Bluetooth di kedua perangkat anda, yaitu handphone dan komputer anda. setelah itu, anda tinggal melakukan pairing, dan kemudian, anda bebas mentransfer data dan file apapun dari komputer anda ke handphone, dan juga sebaliknya. tentu saja hal in isangat prkatis untuk digunakan, dan tidak ribet dan rumit untuk dilakukan.

  1. Mencetak dokumen dengan menggunakan wireless printer

Beberapa printer keluaran terbaru saat ini sudah mendukung penggunaan wireless printer. jadi, anda bisa mencetak dokumen dan juga file yang anda inginkan hanya dengan menggunakan konektivitas wireless.

Tanpa perlu repot menggunakan kabel dan menyambungnya dengan komputer anda, anda bisa dengan mudah mentransfer file ke printer anda, dan kemudian anda dapat mencetak file yang anda inginkan, dengan mudah, cepat dan juga sangat praktis dan tidak repot tentu saja.

ads
  1. Menggunakan mouse wireless

Selain printer wireless yang menggunakan Bluetooth, saat ini ada juga mouse wireless yang menggunakan blueteooth sebagai media koneksinya terhadap komputer anda.

Jadi, dengan menggunakan mouse Bluetooth ini, anda memiliki fungsi mouse yang sangat simple dan tidak harus repot – repot mengatur kabel mouse anda. anda hanya perlu menggerakkan mouse anda dan kursor akan bergerak sesuai dengan perintah yang anda berikan. Mouse Bluetooth ini juga saat ini sudah sangat banyak dijual di pasaran, dan bisa anda beli dimana saja.

  1. Menggunakan perangkat audio Bluetooth handsfree dan headphone

Bluetooth handsfree merupakan salah satu aksesoris handphone yang banyak digunakan untuk melakukan komunikasi tanpa menggunakan kabel. Dengan adanya Bluetooth di dalam komputer anda, maka fitur ini bisa anda gunakan, dan anda bisa melakukan komunikasi dan juga mendengarkan lagu dengan menggunakan Bluetooth handsfree ini dengan mudah dan juga sangat simple.

  1. Konektivitas wireless speaker

Tidak hanya wireless handsfree, saat ini juga beberapa speaker portable dan juga speaker aktif memiliki fitur wireless, sehingga anda tidak perlu menggunakan kabel audio untuk emnyambungkan komputer anda dengan perangkat speaker tersebut.

Hal ini akan membuat anda bisa mengatur letak speaker, tanpa harus repot mengulur kabel dan juga melakukan pengaturan pada kabel audio komouter anda. selain itu, speaker aktif yang menggunakan kompatibilitas wireless juga memiliki kualitas suara yang baik, tidak kalah dengan menggunakan sistem audio konvensional yang menggunakan kebel pada umumnya.

6.  Sebagai Modem

Siapa sangaka jiak bluetooth dapat di jadikan modem pada sebuah perangkat? Fungsi modem yang dijadikan untuk mengkoneksikan perangkat ke internet ini menjadi salah satu perangkat yang di butuhkan user. Terutama user yang ingin berowsing dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan internet. Perangkat untuk mengakses internet ini juga dapat digunakan untuk mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lainnya.

Cara mengaktifkan Bluetooth Komputer

Untuk mengaktifkan Bluetooth pada komputer anda, maka ada hal yang wajib untuk anda perhatikan, yaitu komputer anda memiliiki hardware yang mendukung konektivitas Bluetooth. Bisa saja hardware Bluetooth tersebut berada di dalam komputer anda, atau anda juga bisa menggunakan perangkat hardware Bluetooth tambahan, yaitu USB Dongle.

Sponsors Link

USB Dongel merupakan perangkat USB yang ditancapkan pada port USB komputer anda, dan kemudian akan berfungsi sebagai hardware Bluetooth pada komputer anda. namun sebelumnya, anda juga harus meningstall driver Bluetooth pada komputer anda, sesuai degan tipe dan juga jenis komputer anda.

Setelah mengaktifkatn driver, maka berikut ini adalah langkah – langkah untuk menggunakan Bluetooth pada komputer anda :

  1. Pastikan Bluetooth computer anda sudah aktif dengan cara membuka device manager. Caranya adalah, dengan mengklik Start – Control Panel – System – Advanced – Hardware – Device Manager.
  2. Kemudian, anda lihat bagian Bluetooth device pada bagian device manager. Klik pada bagian Bluetooth device, lalu pilih driver Bluetooth anda. Klik kanan pada driver Bluetooth anda, kemudian pilih Enable. Setelah anda melakukan langkah ini, itu berarti baik driver dan juga perangkat keras Bluetooth anda sudah aktif dan juga siap untuk digunakan.
  3. Tugas berikutnya adalah untuk menagktifkan accessibility Bluetooth pada komputer anda. Hal ini digunakan agar Bluetooth komputer anda bisa mendeteksi dan juga dideteksi oleh perangkat Bluetooth lainnya. Caranya adalah Masuk kemabli ke Control Panel, dengan cara klik Start – Control Panel. Kemudian pilih My Bluetooh Place, lalu pilih View or Modify Configuration. Kemudian, setelah itu akan muncul window atau jendela Bluetooth configuration. Pilih tab accessibility, kemudian ceklis pilihan let other Bluetooth devices discover this computer. Setelah itu pilih All Device. Dengan memilih option ini, maka setiap perangkat Bluetooth yang sudah aktif di sekitar kita bisa mencari dan jga menemukan, serta melakukan koneksi dengan komputer kita yang bluetoothnya sudah aktif dan siap digunakan.
  4. Nah, setelah langkah tersebut selesai, maka anda sudah bisa menggunakan bluetootj pada komputer enda untuk berbagai keperluan, seperti mendengarkan lagu, mentransfer file, dan juga mencectak dokumen.

Dengan menggunakan Bluetooth, tentu saja anda bisa merasakan bahwa Bluetooth memang sangat memabntu pekerjaan anda, terutama dalam hal yang sifatnya incidental, dan juga spesifik, seperti ketika akan melakukan printing dokumen menggunakan wireless printing.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 30th, November 2015 / 09:47 Oleh :
Kategori : Bluetooth