10 Fungsi Processor Komputer

Sponsors Link

Processor merupakan salah satu perangkat keras komputer yang sangat penting bagi komputer. Bagaimana tidak, tanpa adanya sebuah processor, maka komputer tersebut tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Apa saja fungsi dari sebuah processor? Berikut ini adalah beberapa fungsi dari sebuah processor :

  1. Menjalankan pemrosesan informasi pada komputer

Fungsi pertama dari sebuah processor adalah menjalankan pemrosesan informasi pada sebuah komputer. Ya, komputer merupakan serangkaian alat elektronik yang disusun berdasarkan arsitektur dan juga berdasarkan penyusunan tertentu.

Salah satu komponen terpenting yang ada di dalam sebuah komputer adalah komponen informasi. Komponen informasi ini dapat diproses oleh sebuh komputer, dengan menggunakan fungsi dari sebuah processor. Processor akan memproses segala bentuk informasi yang dimiliki oleh komputer, dan juga memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Semua pekerjaan pemrosesan informasi tersebut, maka akan dihandle oleh processor.

  1. Mengitegrasikan keseluruhan komponen internak komputer agar dapat saling bekerja sama

Fungsi berikutnya dari sebuah processor adalah untuk mengintegrasikan keseluruhan omponen internal yang ada di dalam komputer. Komponen tersebut, berupa komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya, sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing – masing, dan saling terintegrasi satu sama lain. Sema komponen tersebut nantinya akan terhubung dengan komponen processor, sehingga dapat terintegrasi.

  1. Mencegah terjadinya overlapping tugas pada tiap – tiap komponen komputer

Sebagai otak komputer, maka processor juga memiliiki fungsi dan juga tugas penting lainnya, yaitu mencegah agar tidak terjadi overlapping pada setiap komponen komputer. Jadi, ketika kita akan mengakses sebuah data atau informasi, maka si processor akan memastikan bahwa komponen yang akan bekerja adalah komponen harddisk, dan bukannya komponen lain yang tidak berhubungan dengan proses pengambilan data.

Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan fungsi dari sebuah processor untuk mengintegrasikan setiap komponen komputer yang ada ke dalam satu kesatuan yang utuh sesuai dengan fungsinya masing – masng di dalam sebuah sistem kerja komputer.

  1. Menjaga performa dari sebuah komputer

Merupakan salah satu fungsi lainnya dari sebuah processor. Semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, semakin tinggi pula kualitas dan juga performa dari komputer tersebut.

Processor seringkali dianggap menjadi salah satu indikator dari bagaimana sebuah komputer dapat bekerja. Semakin banyak inti pada sebuah processor, dan juga semakin tingi kecepatan processor tersebut, maka sebuah compute akan dianggap menjadi lebih cepat.

Hal ini memang benar adanya, tapi bukan merupakan hal yang mutlak. Seberapa cepat dan juga tinggi spesifikasi processor yang ada, hal ini jug harus didukung dengan kondisi komponen lainnya, seperti harddisk, RAM, VGA, dan juga chipset. Maka, meskipun sebuah processor bisa menjadi ukuran dari performa sebuah komputer, anda juga tetap harus melihat spesifikasi komponen lainnya.

sponsored links

  1. Mengolah perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah yang diberikan

Sebuah compute akan berjalan dengan mengandalkan sebuah perhitungan algoritma. Perhitungan algoritma tersebut diola sedemikian rupa, hingga nantinya sang komputer bisa membaca apa yang diinginkan dan juga diperintahkan oleh user, sehingga fungsi utama dari kompuer tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Nah, untuk mendukung fungsi pengolahan algoritma ini, maka processor sudah pasti memegang peranan yang sangat penting. Processor membantu mengolah perhitungan algoritma di dalam sebuah komputer, sehingga nantinya setiap komputer bisa mendefinisikan dan juga mengeksekusi setiap perintah yang diberikan oleh masing – masing usernya.

  1. Untuk mendukung kebutuhan spesifik dari sebuah komputer

Setiap komputer sengaja diciptakan dan juga dibuat untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia, dan juga untuk beberapa tujuan spesifik. Ada banyak sekali tujuan spesifik dari sebuah komputer, seperti :

Untuk mendukung berbagai tujuan spesifik dari komputer tersebut, maka sebuah processor tentu saja memegang fungsi dan juga epranan yang sangat penting. Setiap processor memilki kemampuan dan juga spesifikasi tersendiri, yang tentu saja sengaja diciptakan untuk tujuan khusus tersebut. Jadi, dengan adanya processor, maka setiap tujuan spesifik dan juga khusus dari sebuah komputer bisa terlaksana dengan baik.

  1. Memastikan agar komputer dapat bekerja denan baik

Processor juga memiliki fungsi lainnya, yaitu untuk menjaga agar komputer bisa bekerja dengan baik. Ya, hal ini berhubungan erat dengan fungsi dar processor sebagai media integrasi antar komponen pemrosesan informasi, komponen input dan juga komponen output yang ada di dalam sebuah sistem komputer. Dengan terintegrasinya semua komponen tersebut, maka sebuah komputer pun nantinya akan dapat bekerja dengan baik, dan terhindar dari berbagai macam malfungsi, seperti error, corrupt, dan banyak hal lainnya.

  1. Menjaga stabilitas dari setiap komponen komputer

Processor juga memilki fungsi yang penting untuk menjaga kualitas dan juga stabiitas dari setiap komponen komputer yang sedang bekerja. Hal ini berhubungan dengan kemampuan dari sebuah processor dalam menjaga arus listrik, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya overvoltage pada setiap komponen – komponen di dalam sebuah sistem komputer.

Selain itu, processor juga tidak dapat sembarangan dipasangkan dengan komponen komputer lainnya. Processor haruslah dipasangkan dengan motherboard, RAM komputer, VGA, dan komponen lainnya yang memiliki seri yang sama, sehingga seluruh komponen tersebut dapat bekerja dengan baik, dan tidak mengalami kendala tertentu.

  1. Menyalakan komputer

Power supply mungkin memang merupakan sebuah komponen dari komputer yang bertugas untuk memberikan suplai dan juga arus listrik bagi sebuah komputer. Namun demikian, ternyata, yang berperan penting untuk menyalakan sebuah komputer tidaklah hanya power supply. Processor juga memiliki peran dan juga fungsi yang penting untuk membantu menyalakan sebuah komputer. Arus listrik yang disuplai oleh power supply akan menyalakan processor, sehingga processor memiliki tenaga yang cukup untuk mengintegrasikan keseluruhan komponen komputer.

  1. Sebagai otak dan juga pusat dari sebuah komputer

Fungsi terakhir, dan merupakan kesimpulan dari keseluruhan fungsi yang dimilki oleh sebuah processor adalah sebagai otak dan juga pusat kehidupan dari sebuah komputer. Ya, apabila diibaratkan sebagai manusia, processor adalah otak dari manusia. Processor membantu komputer dalam berpikir, menjalankan perintah, mengolah informasi, dan juga melakukan setiap pekerjaan yang harus dilakukan.

Dengan adanya processor, maka sebuah komputer akan dianggap sebagai sebuah perangkat yang pintar. Itulah sebabnya saat ini, apa yang juga kita kenal dengan nama smartphone juga memilki sebuah processor di dalamnya.

Baca juga : Bagian – Bagian CPU ; Fungsi CPU; Processor paling tinggi saat ini; Penyebab kerusakan processor

Bagaimana memilih processor yang baik?

Untuk memperoleh sebuah komputer dengan spesifikasi yang pas, maka kita juga harus memperhatikan faktor processor yang dimilki oleh komputer tersebut. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk memilih processor yang tepat untuk kebutuhan komputer kita, yaitu :

Sponsors Link

  • Jumlah inti (Core)

Jumlah inti dari processor sangat mempengaruhi kinerja yang akan dihasilkan oleh sebuah komputer. Semakin banyak jumlah inti, maka pekerjaan dari sebuah processor akan menjadi semakin ringan, karena bisa di handle oleh banyak inti. Inti dari sebuah processor dilambangkan dengan satuan core, mulai dari single core hingga octa – core.

  • Kecepatan Processor

Kecepatan processor dilambangkan dalam satuan GHz atau Giga Hertz, yang menunjukkan bagaimana sebuah processor dapat memproses informasi dan mengolah data yang diberikan kepadanya. Saat ini, banyak komputer menggunakan processor dengan kecepatan sebesar 1.8 hingga 2.4 GHz, yang sudah cukup mumpuni untuk kepentingan dasar hingga gaming semakin besar semakin bagus.

  • Teknologi yang digunakan

Teknologi yang digunakan biasanya tergantung dari pabrikan processor itu sendiri. Teknologi biasanya menyangkut bagaimana processor bisa dimodifikasi, kompatibilitas, hingga teknologi pendinginan dari sebuah processor itu. Semakin tinggi teknologi yang digunakan, maka semakin baik processor dapat bekerja.

  • Daya yang dibutuhkan

Daya yang dibutuhkan juga merupakan faktor penting dalam memilih processor. Sesuaikan daya yang dibutuhkan oleh sebuah processor dengan kemampuan listrik di dalam rumah anda. Jangan sampai processor mengalami kelebihan ataupun kekurangan daya, karena akan menyebabkan komputer tidak mau menyala, atau bahkan terbakar dan mudah panas.

Video Cara Kerja Processor

Baca juga : Komputer paling canggih di dunia

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 12th, November 2015 / 07:37 Oleh :
Kategori : CPU