Perbedaan Antara Intel dan AMD Processor

Sponsors Link

Sejarah tentang persaingan intel dan amd telah lama terbentuk sejak berdirinya kedua perusahaan tersebut. Hingga kini kedua produsen tersebut masih bersaing dalam produk chip microprocessor, dari semua produk buatan Intel dan amd tersebut sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan, tetapi satu sama lainnya saling mengisi kekurangan masing-masing, oleh karena itu wajar saja jika kedua produsen tersebut bisa menjadi primadona bagi penggemar IT di kelas microprocessor, khususnya pasar Indonesia.

Meskipun pada awalnya AMD telah meniru teknologi Intel, dan karena hal itulah sempat antara intel dan amd terjadi sebuah persengketaan, kemudian hasil dari sengekta tersebut dimenangkan oleh intel dan mengharuskan amd untuk mengembangkan teknologi processornya sendiri tanpa ada campur tangan dari pihak intel. Pada akhirnya inilah yang membuat amd semakin melejit, kita bisa melihat sendiri bahwa intel dan amd bisa bersaing secara teknologi, dan keduanya mempunyai kelebihan yang tidak dipunyai oleh pesaing-pesaing yang lainnya, namun pada hal tertentu justru AMD bisa mengungguli Intel.

Walaupun keduanya masih menjadi raja dalam hal pemasaran dan penjualan di Indonesia, namun tentu masih ada yang bingung diantara keduanya, bingung memilih antara amd atau intel, bingung mana yang baik dan bagus. Informasi yang kami berikan pada artikel tentang perbedaan intel dan amd bukan untuk menyudutkan salah satu produsen, pilihan yang bagus dan baik itu adalah pilihan yang subjektif, itu adalah pilihan akhir anda sendiri, namun menurut kami keduanya antara intel & amd sama-sama baik dan bagus tergantung kebutuhan dari kegiatan komputasi anda.

Intel Corp

Intel Corporation (NASDAQ: INTC) didirikan pada tahun 1968, merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat, lebih tepatnya di Santa Clara, California.  Perusahaan ini terkenal dengan rancangan dan produksi microprocessor yang berfokus diri dalam menciptakan sirkuti processor yang terpadu.

Tak hanya itu, Intel juga membuat kartu jaringan, chipser motherboard, komponen dan alat-alat lainnya. Perusahaan intel memiliki proyek riset yang sangat maju pada seluruh aspek yang memproduksi semikonduktor, termasuk salah satunya adalah MEMS. Intel sudah diperdagangkan secara publik di NASDAQ dengan simbol INTC. Perusahaan intel juga memiliki slogan yaitu “Intel Inside”.

Produk-produk mikroprocessor intel :

  • Intel Core.
  • Intel Pentium.
  • Intel Celeron.
  • Intel Centrino.
  • Intel Pentium M.
  • Intel Server

sponsored links

Keunggulan Processor Intel

Dari semua processor yang pernah dibuat oleh intel, maka bisa disimpulkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh processor buatan intel, berikut ini adalah keunggulannya :

  • Hemat Daya

Hemat daya menjadi salah satu keunggulan dari processor Intel, termasuk salah satunya adalah processor Quad Core buatan intel yang mampu secara otomatis meningkatkan kinerjanya sendiri ketika dibutuhkan dan mampu mengistirahatkan dirinya sendiri kita komputer sedang dalam keadaan diam.

  • Tidak Mudah Panas

Dari banyak sekian processor yang dibuat intel, hampir semuanya mempunyai teknologi yang bisa membuat processornya secara otomatis akan mengurangi kecepatannya jika keadaan processor terlalu panas.

  • Intel Turbo Boost

Teknologi ini ada pada processor core i5 dan core i7, yang mana processor akan meningkatkan performa frekuensi core sesuai dengan kebutuhaan pemakai pada saat itu. Pada saat ada aplikasi yang membutuhkan clockspeed tinggi maka processor akan meningkatkan clockspeed pada tingkat maksimum.

  • Intel HD Graphics

Meskipun teknologi ini hanya hadir pada core i3, i5 dan i7, namun paling tidak ini sudah menjadi kelebihan intel yang telah menyematkan grafiknya didalam core-I graphics yang juga sudah menggunakan teknologi High Definition (HD)

Kelebihan dari processor Intel berdasarkan literature lainnya :

  • Intel telah lebih dulu berkembang daripada AMD, maka dari itu secara brand image intel yang nomor satu.
  • Pada uji performa, processor intel tidak mudah cepat panas daripada AMD.

Kelemahan dari processor Intel berdasarkan uraian pengguna :

  • Dalam urusan grafis, intel harus menambahkan kartu grafis lagi, apalagi dalam urusan gaming dan program 3D.
  • Harga processor intel cenderung mahal dipasaran, sesuai dengan performa yang dihasilkan oleh processor.

AMD (Advanced Micro Devices)

AMD (NYSE:AMD) adalah perusahaan semikonduktor multinasional yang berasal dari AS, lebih tepatnya di Sunnyvale, California. Produk utama dari AMD adalah microprocessor, chipset motherboard, kartu grafis (GPU), processor untuk server, processor untuk workstation, processor perangkat komputer (PC), processor untuk mobile dan televisi (TV).

Dari sumber Wikipedia, menyebutkan AMD adalah terbesar kedua pemasok global microprocessor berdasarkan arsitektur x86 setelah Intel Corp, dan ketiga terbesar pemasok unit pengolahan grafis.

AMD kemudian mengakuisisi perusahan ATI Technologies pada tahun 2006 dan semakin memperbesar teknologinya. Pada tahun 2011 AMD mengeluarkan produk terbaru yang menggunakan teknologi AMD Accelerated Processing Unit (APU), teknologi inilah yang hingga kini masih terpakai pada chipset microprocessor AMD.

Teknologi AMD APU adalah teknologi yang menggabungkan unit processor, chipset northbridge, dan chipset Graphic Processing Unit (GPU) Radeon menjadi satu buah processor.

Produk-produk microprocessor AMD :

  • Opteron
  • AMD FX
  • APU A Series
  • APU G Series
  • APU Z Series

Kelebihan dari Processor AMD :

Berdasarkan pengalaman kami dan komentar dari para pemakai berikut ini adalah kelebihan dari processor AMD :

  • Cocok untuk aplikasi berbasis 64 bit.
  • Harga yang lebih murah dari pada Processor Intel (Subjektif).
  • Unggul dalam grafis.

Sponsors Link

Kelemahan dari Processor AMD :

  • Cepat panas

Karena hal ini pernah menjadi kekhawatiran para pengguna AMD, kemudian AMD meluncurkan teknologi ICE Cooler untuk mengatasi permasalahan tersebut, teknologi tersebut sudah tersemat pada beberapa produk ASUS.

Perbedaan antara intel dan AMD adalah terletak pada produknya masing-masing, khususnya produk semikonduktor microprocessor, oleh karena itu kedua produsen tersebut saling berlomba-lomba dalam hal teknologi microprocessor, keduanya sama-sama memiliki keunikan dan sejarah yang panjang dalam hal komputerisasi. Buktinya teknologi komputerisasi di Indonesia tidak pernah jauh-jauh dari Intel dan AMD, khususnya microprocessor.  Semoga bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Monday 19th, September 2016 / 03:16 Oleh :
Kategori : CPU