Sponsors Link

Perbedaan Quad Core dengan Dual Core Pada Laptop dan Komputer

Sponsors Link

Kita mengetahui bahwa peran processor sangat penting, karena processor berfungsi sebagai otak dari mesin komputer. Bahkan sekarang ini teknologi processor juga telah sampai kepada parangkat mobile yang kita kenal saat ini, iya betul, kita telah mengenal sebuah perangkat smartphone, perangkat mobile tersebut kini juga telah dibekali dengan kemampuan processor yang hampir sama dengan yang ada pada mesin perangkat komputer.

ads

Dari tahun ke tahun perkembangan processor telah sampai pada masa yang yang lebih kompleks, teknologi pada processor kini sudah bisa rasakan perbedaanya. Kita mungkin saja telah mengenal teknologi processor dual core dan quad core, meskipun ada banyak komentar tentang kekuatan dan kinerja kedua processor tersebut namun kita masih saja bingung karena banyak perbedaan pendapat tentang kinerja keduanya. Ada pendapat yang mengatakan bahwa processor dual core justru lebih cepat dari quad core, begitu sebaliknya, oleh karena itu mari kita ulas satu per satu perbedaan pada processor dual core dan quad core.

Saat ini telah ada banyak sekali processor komputer ataupun smartphone yang berteknologi dual core ataupun quad core, tapi sebelum mengetahui itu mari kita sedikit bahas dahulu teknologi yang ada pada kedua jenis processor tersebut. Baik processor keluaran Intel dan AMD sama-sama memiliki processor yang berteknologi Dual Core maupun Quad Core.

Teknologi Processor Dual Core

Arti dari dual core adalah memiliki inti ganda, berarti maksudnya bahwa processor dual core menggunakan dua buah inti pada proses penghitungannya. Dual Core atau bisa kita sebut inti processor ini ditempatkan pada sebuah Central Processing Unit (CPU) untuk dapat meningkatkan kinerjanya.

Banyak yang salah maksud dari inti ganda yang dimiliki oleh processor dual core ini, yaitu yang pasti benar adalah bahwa setiap core dari inti processor ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan sebuah clockspeed yang sama, tetapi Karena Dual Core ini memiliki inti ganda sehingga proses penghitungannya dibagi menjadi dua pada masing-masing inti processor tersebut. Ini yang dimaksud memiliki dua kepala lebih bagus daripada memiliki 1 kepala, dan teknologi ini pertama kali diterapkan pada teknologi processor Dual Core.

Processor multi-core akan dapat mempercepat perhitungan sebuah algoritma yang dikerjakan oleh komputer. Produsen processor seperti AMD dan Intel telah mengembangkan teknologi Dual Core ini. Awal mula teknologi Dual Core ini dibangun karena tuntutan banyaknya aplikasi-aplikasi yang semakin tinggi dan kompleks dalam hal perhitungan Algoritma.

Sponsors Link

  • Kekurangan pada Processor Dual Core

Teknologi pada processor Dual Core masih menggunakan arsitektur Netburst yang mana teknologi arsitektur ini masih dikenal memiliki boros daya dan cepat panas. Selain itu processor Dual Core memiliki performa yang tidak bagus apabila untuk pekerjaan komputasi yang membutuhkan kekuatan multi-tasking diatas standar. Namun setelah kita berbicara kekurangan dari processor Dual Core, faktanya processor ini dari berbagai sumber dikatakan mudah untuk di lakukan overclock, dan harga dari processor Dual Core rata-rata masih murah dan terjangkau pada masanya.

  • Produk pada Processor Dual Core
  1. AMD Phenom II X2, AMD Athlon 64 X2.
  2. Processor Intel Core Duo.
  • Processor Intel Pentium.
  • Processor Intel Celeron.
  • Processor Intel Centrino & Intel Pentium M
  • Processor Inter Server

Teknologi Processor Quad Core

Jika ada yang mengatakan bahwa quad core itu tidak ada bedanya dengan dual core, ungkapan tersebut justru sangat disayangkan jika tanpa data yang jelas. Jelas pengertiannya bahwa Core pada processor memiliki tujuan yaitu mampu mengeksekusi intruksi apapun pada proses komputasi, jadi bisa diterjemahkan bahwa dual core berarti hanya memiliki dua inti ganda, sedangkan quad core memiliki 4 core, dan setiap masing-masing core pada quad core mampu menjalankan intruksi yang berbeda-beda. Dari sini sudah bisa kita simpulkan bahwa quad core dan dual core adalah dua hal dari teknologi processor yang berbeda.

Memiliki 4 core berarti dapat lebih banyak melakukan intruksi dalam satu waktu, ketimbang hanya memiliki 2 core, sehingga proses multi-tasking akan bisa lebih maksimal pada processor quad core.

Processor quad core ini juga sudah berbasiskan arsitektur Silvermont, yang mana arsitektur jenis ini memiliki perbedaan yang jauh jika dibandingkan dengan processor lainnya. Processor quad core  dibangun dengan teknologi nano sebesar 22nm, inilah yang membuat quad core memang sengaja dirancang khusus untuk penggunaan daya yang rendah. Maka dari itu processor ini sangat cocok untuk perangkat mobile, kita sendiri sering jumpai smartphone sekarang hampir menggunakan teknologi processor quad core.

Sponsors Link

  • Processor Quad Core dibalut dengan Intel HD Graphics

Keempat inti processor pada Quad core masing-masing mempunyai unit pengolah grafis, yaitu dipadukan dengan Intel HD Graphics untuk menghasilkan performa yang apik saat mengolah konten video dan bermain game. Teknologi pada Intel HD Graphics dapat memutar konten video yang beresolusi tinggi hingga Full HD dan bahkan dapat mencapai resolusi 4K.

  • Teknologi Burst Frequency Technology (BFT) pada Quad Core

Teknologi BFT adalah salah satu juga yang membuat processor Quad Core dapat lebih kencang dan hemat daya. Dengan teknologi ini processor quad core dapat secara otomatis meningkatkan kecepatannya dan unit pengolah grafisnya kalau dibutuhkan. Jika komputer sedang dalam kondisi diam atau idle, maka processor quad core secara otomatis mengistirahatkan dirinya sendiri.

Dari ulasan diatas maka sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa processor Quad Core dan Dual Core adalah dua teknologi yang berbeda, meskipun clockspeed pada processor Dual Core lebih besar dari Quad Core namun dengan teknologi empat kepala yang dimiliki oleh Quad Core maka sudah mampu mengerjakan beberapa tugas yang banyak bersamaan dalam satu waktu.

Pada aplikasi yang membutuhkan rendering grafis seperti software 3D dan aplikasi game, maka processor Quad Core adalah pilihan yang tepat untuk melakukan tugas tersebut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 26th, September 2016 / 02:46 Oleh :
Kategori : CPU