Sponsors Link

7 Kelebihan dan Kekurangan Harddisk SSD

MungkinSSD banyak dari anda yang belum mengenal teknologi yang satu ini. Ya, SSD atau Solid State Drive merupakan salah satu inovasi dari perkembangan harddisk saat ini. SSD memilki fungsi yang sama persis dengan harddisk, yaitu untuk menyimpan data – data dari komputer. (Baca juga mengenai Fungsi Harddisk)

ads

Bentuk dan juga ukuran dari SSD pun juga sama dengan harddisk pada umumnya, yaitu berbentuk kotak dengan ukuran 2.5”. Yang memberdakan harddisk biasa dengan SSD adalah struktur penyimpanan datanya. Apabila harddisk biasa menggunakan piringan atau cakram dalam menyimpan dan juga membaca data, maka SSD menggunakan sejenis microchip untuk membaca dan juga menyimpan data.

Sama seperti flash drive

Karena menggunakan chip, maka teknologi yang digunakan pada SSD sama seperti teknologi flash drive, dimana sebuah microchip dengan kapasitas tertentu ditanamkan pada perangkat SSD sehingga dapat berfungsi untuk merekam dan membaca data.

Tentu saja, sebagai salah satu perangkat keras komputer, SSD juga memilki kelebihan dan juga kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan juga kekurangan dari SSD :

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh SSD :

  1. Proses pembacaan data yang cepat

Kelebihan dari sebuah SSD yang pertama adalah mampu membaca data dengan sangat cepat, jauh lebih cepat dibandingkan dengan harddisk biasa. Perbandingannya dengan harddisk biasa, apabila pada harddisk biasa dibutuhkan waktu 10 menitan untuk melakukan proses booting, maka SSD mampu melakukannya hanya dalam waktu 1 hingga 2 menit.

Hal ini tentu saja sangat berguna bagi anda yang membutuhkan kecepatan dalam membaca dan juga mengolah data, seperti bermain game, dan juga dapat digunakan untuk kepentingan server.

  1. TIdak menimbulkan suara berisik

Harddisk biasa menggunakan piringan atau cakram yang berputar untuk dapat bekerja membaca dan juga memproses data. Perputaran cakram itu kemudian seringkali menimbulkan suara yang mengganggu. Hal ini tidak akan ditemui pada penggunaan SSD, karena SSD tidak menggunakan cakram, sehingga tidak akan menimbulkan gesekan dan juga bunyi yang mengganggu.


  1. Cocok untuk sistem operasi

Karena memilki kecepatan membaca yang lebih cepad, dan juga tahan terhadap bentuk kerusakan, maka SSD merupakan komponen yang sangat tepat untuk diinstall sistem operasi. Proses booting akan menjadi lebih cepat, dan begitu pula proses aplikasi lainnya.

  1. Transfer data menjadi lebih cepat

Selain itu, dengan menggunakan SSD, transfer data juga menjadi lebih cepat dan juga lebih efisien. Proses transfer data menggunaan SSD jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan harddisk biasa.

  1. Hemat daya

Ternyata, penggunaan SSD hanya memakan daya 10% dibandingkan dengan harddisk. Hal ini tentu saja akan membuat kebutuhan daya listrik anda menjadi berkurang apabila menggunakan SSD sebagai drives storage anda.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, namun demikian, ternyata SSD juga memilki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimilki oleh SSD :


  1. Harga yang terlalu mahal

Kekurangan yang pertama adalah SSD merupakan salah satu komponen yang memiliki harga yang sangat mahal. Harga jual dari sebuah SSD dengan kapasitas 128 GB saat ini berkisar diatas 600 hingga 700 ribu, hampir setara dengan harddisk dengan kapasitas 1 TB.

Karena itu, tidak banyak produk laptop atau komputer yang menggunakan SSD, dikarenakan harganya yang masih sangat tinggi untuk dipasarkan.

  1. Masih sulit untuk ditemui

Toko – toko yang menjual SSD pun masih tergolong jarang ditemui. Bahkan ada beberapa sales yang mungkin belum tahu apa itu SSD. Hal ini mungkin bisa dimaklumi, karena SSD merupakan teknologi yang masih tergolong baru, sehingga sedikit orang yang mengetahuinya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 19th, September 2015 / 04:37 Oleh :
Kategori : Harddisk