Sponsors Link

6 Cara Menjaga Keyboard Agar Tidak Cepat Rusak

Keyboard merupakan salah satu komponen penting dalam komputer. Biasanya di pakai untuk mengetik, membantu proses memasukan data input ke dalam output monitor. Komponen ini paling sering bersentuhan langsung dengan user, bekerja langsung pada mesin dan juga pengguna. Tentu saja tingkat kerawanan terjadi kecelakaan dan kerusakan menjadi lebih tinggi. Biasanya dalam seperangkat komputer, paling mudah bermasalah adalah mouse. Kemudian CPU, baru setelah itu adalah keyboard.

ads

Kerusakan pada Hardware Utama

Masalah CPU adalah karena kabel yang sering tertarik kemana mana, juga ketika teganagan tinggi paling mudah konslet. Ketika komputer sering hang, kursor mouse tidak mau bekerja hanya diam di tempat dan tidak bergerak. Banyak pengguna mengeluhkan masalah ini. Setelah itu bagian CPU atau kepala komputer. Semua mesin yang bekerja pada komputer di olah dan di operasikan atas perintah dari CPU.

Masalah yang paling sering muncul adalah CPU kotor atau kipas angin yang tidak mau berputar. Tentu saja penanganannya harus di bongkar dahulu. Akan tetapi jangan asal memperbaiki jika anda tidak tahu, sebab kerusakan pada CPU berpengaruh pada komponen lainnya seperti monitor, mouse dan keyboard. Hal ini bisa saja dapat merusak fungsi CPU jika terus berlanjut tanpa menanganan yang tepat.

Tentunya lama-kelamaan masalah pada komputer akan lebih melebar dari sebelumnya, karena komponen komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Untuk itu user dituntut untuk tau bagaimana cara menggunakan komputer sesuai dengan prosedur yang benar agar tidak merambat pada masalah komputer yang lebih melebar.

Merawat Keyboard Tidak Mudah Rusak

  1. Membersihkan Keyboard

Keyboard paling sering disentuh oleh user, entah dalam kondisi tangan bersih, kotor, bermnyak, berdebu, dan sebagainya. Bahkan ketika user mendiamkannya (posisi tidak di pakai) juga sama saja membiarkanya dalam kondisi kotor. Untuk itu dilakukan pembersihan menggunakan kuas, caranya dengan menyapukan ke sela sela keyboard untuk mengeluarkan kotoran.

Setelah itu gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang berada di sela-sela dan sulit di jangkau. Sedangkan untuk permukaan keyboard di bersihkan dengan kain atau lap yang di basahi dengan cairan pembersih kaca.

2. Pemberian Proteksi Perlindungan Keyboard

Untuk menjaga keyboard menjadi lebih aman gunakanlah proteksi perlindungan utnuk keyboard. Hal ini membantu user untuk mencegah dari debu yang bersarang, serta kebiasaan memegang keyboard dengan tangan yang kotor apalagi berminyak. Sebab keyboard yang terlalu lama di gunakan akan menghapus tanda letter yang ada di permukaan keyboard.

3. Jangan Menekan dan Mengetik dengan Keras

Keyboard sudah di desain dengan sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan anda. Termasuk tingkat sensitifitasnya untuk mengetik. Dalam mengetik hindari sampai menekan terlalu keras hingga berbunyi ‘ctak ctuk ctak ctuk’ hal ini akan merusak tuts yang ada pada lapisan bawah keyboard untuk membaca perintah huruf apa yang akan dituliskan. Karena tentu saja mempengaruhi mesin keyboard inilah yang perlu diperhatikan oleh user. Dengan cara ini user dapat mengawetkan hardware agar lebih tahan lama, selain itu perangkat keras komputer dan fungsinya berjalan dengan baik.


4. Biasakan Gunakan Joy Stick Saat Main Game

Main game memang mengasyikan, namun sayang sekali dengan keyboardnya jika di pakai hanya untuk bermain game. Sebab user akan terlalu lama, terlalu banyak, dan terlalu keras menekan keyboard pada tombol tombol tertentu. Tentu saja hal ini mempengaruhi kinerja, bentuk, dan sensitifitas dari tombol pada keyboard tersebut.

Bahkan keyboard pada gamers yang tidak mengandalkan joy stick beberapa diantaranya dapat terlepas dari tempat asalnya. Hal ini tentu saja akan merugikan dan membutuhkan cost lagi untuk mengganti keyboard yang lama dengan yang baru.

5. Hindari dari Makanan dan Benda Cair

Menggunakan komputer memang asyik di berengi dengan makan. Ternyata hal itu cukup berbahya, jika secara tidak sengaja anda menumpahkan cairan ke atas keyboard, tentu langsung akan konslet bukan? Jika komputer terkena benda cair, maka bukan tidak mungkin akan merusak kompnen dalam dari komputer tersebut. Hal ini bisa saja berdampak menjadi komputer sering hang bahkan mati. User harus pintar-pintar merawat bagaimana cara mengatasi komputer sering mati sendiri.

6. Jangan Meletakkan Barang Lain diatas Keyboard

Keyboard di desain bukan sebagai tempat untuk tumpukan barang. Jadi hindari untuk memberikan benda benda yang berat di atas keyboard. Tindakan ini mampu merusak per dalam keyboard. Anda pernah menjumpai output monitor yang menampilkan letter huruf atau angka tertentu padahal keyboard tidak ada yang menekan letter huruf atau angka tersebut? Ini salah satu kerusakan per dalam karena keyboard terlalu lama tertekan benda benda yang berat.

Kerusakan Awal pada Keyboard

Masalah sering muncul pada keyboard, biasanya berupa letter tidak bisa tampil di layar. Seperti ketika ingin mengetik huruf a, namun tidak keluar dalam output pada monitor. Kemungkinan kerusakan yang terjadi dapat berasal dari motherboardnya, atau bisa jadi karena perangkat lainnya. Saat perangkat lainnya sudah mulai hang, tentu saja tidak bisa menjalankan sesuai dengan fungsinya, termasuk dari fungsi motherboard itu sendiri.


Bahkan keluhan lainnya adalah ketika menyalakan komputer atau laptop, lalu memencet tombol Start. Setelah itu di bagian tab search muncul huruf atau angka, padahal anda tidak menekan apapun. Kerusakan ini sudah termasuk cukup parah, karena memunculkan perintah yang bahkaan tidak user inginkan. Cara menjaga laptop agar tidak cepat rusak adalah menjaga dan menggunakan perangkat komputer dengan baik.

Melakukan perawatan pada keyboard tentu menjadi keharusan demi memperpanjang umur piranti anda. Memerlukan biaya tambahan tentu saja, sebab sesuatu yang awet di topang dengan perawatan dan perlakuan khusus.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, September 2015 / 08:52 Oleh :
Kategori : Keyboard