7 Fungsi Tombol ESC Pada Keyboard Komputer

Sponsors Link

Seorang pengguna komputer yang masih awam barangkali sangat jarang melirik ke pojok kiri atas dari papan keyboardnya. Ada apakah di sana? Sebenarnya hanya sebuah tombol biasa, tapi mungkin termasuk yang paling jarang disentuh oleh penggunanya. Itulah tombol ESC.

ESC dikenal pertama kali setelah Bob William Bremer, seorang ahli komputer asal Michigan, Amerika Serikat, menciptakan sejumlah karakter ASCII (American Standard Code for Information Interchange) sebagai bahasa pemrograman. Sejak tahun 1960, karakter ASCII dioperasikan dalam fungsi sistem operasi Windows dan MS-DOS. Fungsi karakter ASCII (saat ini sudah digantikan dengan karakter Unicode) adalah membantu programmer beralih dari satu kode ke kode lain untuk memudahkan saat melakukan programming.

Salah satu dari 255 kode ASCII tersebut adalah karakter Esc atau Escape, yang diwakili nilai unicode (heksadesimal) 001B atau nilai ANSI desimal 27. Karakter-karakter ASCII tersebut digunakan dengan menekan tombol Alt+[nomor nilai ANSI (desimal)]. Penamaan Escape atau ESC itu sendiri telah terstandarisasi berdasarkan standar ISO/IEC 9995.

Tombol ESC dapat digunakan tersendiri sebagai perintah No (tidak), Stop (hentikan), Abort (membatalkan), Quit (kembali), atau Exit (keluar). Juga dapat digunakan sebagai shortcut dengan menekan tombol lainnya pada keyboard untuk menjalankan sebuah fungsi.

Nah, untuk lebih mengenal tentang tombol ESC sebagai salah satu dari fungsi tombol keyboard komputer, maka di bawah ini akan dijelaskan fungsi-fungsi apa saja yang dijalankan oleh tombol ESC tersebut.

Baca Juga:

1. Membatalkan perintah/dialog

Tombol ESC digunakan untuk membatalkan atau menghentikan secara cepat sebuah perintah yang terlanjur diberikan. Fungsinya kira-kira sama seperti saat kita menutup sebuah kotak dialog dengan menggunakan mouse (tetikus) yakni mengklik tanda silang (x) pada pojok kanan atas di kotak dialog tersebut.

Ketika akan membuka sebuah halaman web di browser, menekan tombol ESC akan meng-cancel halaman yang hendak dibuka tersebut sehingga proses loading-nya dibatalkan. Sementara di beberapa jenis browser, menekan tombol ESC akan menghentikan proses pencarian web.

Tombol ESC pun berfungsi sebagai pilihan No dari sebuah kotak dialog yang muncul dengan pilihan Yes dan No. Contoh, ketika pengguna secara tidak sengaja menekan tombol Shift, Ctrl, atau Alt sebanyak lima kali berturut-turut maka akan muncul kotak dialog untuk mengaktifkan Sticky Keys. Apabila pengguna tidak ingin mengaktifkannya, bisa langsung menekan tombol ESC, yang berarti sama dengan mengklik No.

Sekadar menambahkan contoh lainnya sebagai praktik, bukalah Start Menu lalu tekan ESC untuk membatalkannya. Atau, ketika pengguna sedang membuka Microsoft Word, tekan Ctrl + O sebagai perintah Open untuk membuka file lainnya. Apabila hendak membatalkannya atau ingin menutup kotak dialog Open tadi, cukup dengan menekan tombol ESC.

Baca Juga:

sponsored links

2. Membuka Start Menu

Tombol ESC bisa berfungsi sebagai shortcut untuk membuka Start Menu pada layar komputer Windows yakni dengan menekan tombol Ctrl lalu menekan ESC (Ctrl + ESC). Start Menu di pojok kiri bawah layar komputer akan terbuka dengan cepat dan pengguna dapat memilih menu-menu program yang tersedia.

Yang harus diperhatikan bahwa shorcut tersebut tidak bisa dibalik atau ditekan secara bersamaan. Maksudnya, perintah tidak bisa dilaksanakan jika pengguna menekan Ctrl dan ESC secara bersamaan, atau menekan ESC lebih dulu baru kemudian Ctrl. Jadi, shortcut tidak bisa dibolak-balik karena telah diatur sedemikian rupa untuk hanya bisa mengerti satu jenis perintah.

Baca Juga:

3. Menjalankan Program Sebelumnya

Ada juga fungsi lain dari tombol ESC yang relatif jarang diketahui, khususnya oleh pengguna awam, yakni untuk menjalankan atau membuka kembali program yang terakhir digunakan. Maksudnya, ketika pengguna sedang membuka sebuah program dan ingin beralih ke program yang telah ditutup satu tahap sebelumnya, cukup dengan menekan tombol Alt dan ESC secara bersamaan.

Contohnya, seorang pengguna telah menutup program Microsoft Word lalu membuka program Notepad. Selanjutnya, pengguna tersebut ingin kembali menjalankan program Microsoft Word maka cukup dengan menekan shortcut Alt + ESC. Cara ini tentu lebih cepat dibandingkan menggerakkan mouse ke Start Menu, mencari program yang hendak dipilih, kemudian mengklik untuk menjalankannya kembali.

Baca Juga:

4. Membuka Task Manager

Tombol ESC yang digunakan bersama dengan tombol Ctrl dan Shift (shortcut Ctrl + Shift + ESC) berfungsi untuk membuka Task Manager dengan lebih cepat dan mudah. Task Manager adalah tool yang terdapat pada sistem Windows yang fungsinya untuk mengontrol atau memberikan informasi kepada pengguna tentang aplikasi dan service apa yang sedang berjalan.

Dengan Task Manager ini seorang pengguna dapat melihat proses apa yang sedang berjalan dan seberapa besar penggunaan sumber dayanya. Pengguna bisa menghentikan suatu aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang apabila tidak dibutuhkan. Sebab, kalaupun dibiarkan, aplikasi yang tidak dibutuhkan itu akan memberatkan kinerja komputer.

Terkadang seorang pengguna tidak sengaja menghapus tema yang menjadi penyebab layar laptop blank atau terjadi kesalahan pada file sistem sehingga tidak bisa membuka sebuah program secara normal. Maka, Task Manager bisa digunakan untuk membuka program yang dibutuhkan tersebut dengan cara menjalankan fungsi New Task (Run) melalui tab File. Ketika muncul kotak dialog, pengguna dapat mengetikkan nama program yang akan dijalankan lalu klik pilihan OK untuk membukanya.

Fungsi lain Task Manager adalah menampilkan informasi tentang hardware komputer, mengubah prioritas program, mencari lokasi file, dan melihat informasi pengguna.

Baca Juga:

Sponsors Link

5. Fungsi Pause pada Game Komputer

Hampir pada semua game komputer, tombol ESC berfungsi untuk menghentikan sementara sebuah game yang sedang berjalan atau sebagai fungsi Pause. Misalnya, ketika sedang bermain game komputer, pengguna ingin melakukan aktivitas lainnya maka pengguna tersebut menekan tombol ESC untuk menghentikan game sementara. Dengan begitu pengguna tidak perlu keluar dari game yang bisa menyebabkan dia kehilangan progres yang belum tersimpan.

Baca Juga:

6. Membuka Menu Game Komputer

Saat game komputer sedang berjalan, lalu pengguna ingin membuka pilihan menu game tersebut maka tombol ESC dapat digunakan untuk membukanya. Dengan demikian pengguna dapat mengubah pengaturan game secara lebih mudah dan ringkas. Jadi, pengguna tidak harus keluar dari game yang sedang berjalan untuk mengakses setting pada menu utama.

7. Keluar dari Game Komputer

Untuk sebagian jenis game di komputer, tombol ESC berfungsi sebagai pilihan Quit atau Exit. Misalnya saja digunakan apabila pengguna ingin keluar dari game yang berjalan untuk kembali ke menu utama.

Itulah beberapa fungsi dari tombol ESC yang dapat dijabarkan pada artikel ini. Mengenali fungsi-fungsi dari komponen komputer termasuk fungsi tombol keyboard komputer, akan membantu kita untuk memahami cara kerja dan manfaatnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 25th, October 2016 / 06:22 Oleh :
Kategori : Keyboard