Penyebab Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Sponsors Link

Keyboard merupakan salah satu alat input komputer yang sudah banyak digunakan sejak pertama kali diciptakannya komputer. Hingga saat ini, keyboard menjadi salah satu perangkat keras komputer yang vital. Sebagai salah satu perangkat input dan output komputer, fungsi keyboard cukuplah penting untuk membuat komputer maupun laptop berjalan dengan semestinya. Di laptop sendiri, keyboard diciptakan menyatu dengan badan laptop, sehingga membuat laptop menjadi lebih kompak dan ringkas.

Akan tetapi, terkadang seringkali muncul berbagai macam masalah yang ditimbulkan oleh keyboard laptop ini, salah satunya adalah penyebab keyboard laptop menyala sendiri. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab keyboard laptop mengetik sendiri. Apa saja?

Berikut ini adalah beberapa penyebab keyboard laptop menyala sendiri :

  1. Ada debu atau kerikil kecil yang menyelip di bagian tombol keyboard

Penyebab pertama dari keyboard laptop yang mengetik sendiri adalah karena ada kotoran, debu ataupun kerikil yang menyelip pada bagian keyboard laptop. Kotoran ini nantinya akan menyebabkan tombol keyboard laptop menjadi super sensitive, dan pada akhirnya menyebabkan tombol tersebut seolah mengetik sendiri, padahal kita hanya menekan tombolnya satu kali saja, bahkan hanya dengan menyentuh tombolnya saja, tanpa menekannya, sudah keluar kata yang kita sentuh.

Mengapa kerikil bisa masuk ke dalam sela-sela keyboard?

Mungkin anda bertanya-tanya, kok bisa sih ada batu, kerikil, dan debu yang masuk ke sela-sela keyboard laptop saya? Ada banyak hal yang menyebabkan kondisi ini terjadi pada keyboard laptop anda, seperti :

  • Penggunaan laptop yang sering digunakan di ruang terbuka, seperti kafe, lapangan, taman, dan lokasi lainnya yang berada di luar ruangan. (baca juga: penyebab tombol keyboard komputer tidak berfungsi)
  • Debu yang menumpuk di dalam ruangan, yang disebabkan karena ruangan dan laptop jarang dibersihkan.
  • Remah-remah makanan yang terjatuh ke dalam keyboard ketika kita sedang menggunakan laptop.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan adanya debu, kotoran, dan batu yang menyelip pada keyboar laptop anda.

Bagaimana mengatasi hal ini?

Untuk mengatasi hal ini, maka cara yang paling mudah adalah membersihkan sendiri bagian keyboard laptop anda. cari ini sebenarnya cukup simple dan juga mudah, namun anda harus teliti dalam melakukannya, karena apabila salah, anda bisa merusak komponen keyboardnya.

Sponsors Link

Berikut ini langkah langkah melakukan pembersihan pada keyboard :

  • Gunakan pisau cutter atau benda keras tipis lainnya yang bisa digunakan untuk mencongkel tombol keyboard yang mengalami error tersebut.
  • Setelah itu, simpan dengan baik tombol keyboard yang anda congkel, dan ingat-ingat posisi tombol keyboard tersebut.
  • Setelah itu, anda akan melihat keyboard, yang berbentuk bulat, dan dikelilingi sebuah karet kotak berwarna hitam (mungkin berbeda-beda setiap merk laptop).
  • Yang harus anda lakukan adalah, gesekkan perlahan cutter atau benda tajam yang anda gunakan untuk mencongkel tadi pada bagian keyboard.
  • Berhati-hatilah dalam membersihkan, karena apabila terlalu kasar, maka akan menyebabkan kerusakan pada PCB keyboard anda. (baca juga: cara menjaga keyboard agar tidak cepat rusak)
  • Setelah selesai, bersihkan kembali dengan menggunakan tisyu atau lap kering (lebih baik menggunakan microfiber).
  • Kemudian pasang kembali tombol keyboard yang anda buka tadi.

Itulah cara mengatasi masalah keyboard laptop yang sering mengetik sendiri.

  1. Tombol keyboard menempel dengan keyboard akibat terlalu sering ditindih oleh benda berat atau terlalu sering digunakan

Penyebab kedua dari keyboard laptop mengetik sendiri adalah bisa terjadi karena kesalahan kita juga sebagai user, atau yang dikenal sebagai human error. Biasanya, secara tidak sadar, kita sering meletakkan sesuatu yang sangat berat di bagian keyboard. Hal ini akan menyebabkan keyboard menjadi tertekan sangat keras dan sangat kuat, sehingga tombol keyboard menjadi sangat sensitive.

Selain itu, bisa juga kita yang hobi bermain game, terlalu sering memencet satu atau lebih timbol secara ekstrim. Biasanya hal ini akan menyababkan kondisi keyboard laptop menjadi sangat sensitive, dan bisa membuat keyboard mengetik sendiri. (baca juga: bahaya main game online di laptop)

sponsored links

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi penyebab keyboard laptop mengetik sendiri akibat tekanan benda keras dan akibat terlalu sering ditekan, maka anda bisa membersihkan bagian keyboard anda, dengan cara yang sama seperti poin pertama. Selain itu, anda juga bisa membersihkan bagian tombol keyboard anda. cara lainnya, anda bisa mengganti satu set keyboard laptop anda, apabila kerusakan mengetik sendiri sudah sangat parah (dimana hampir semua tombol bisa mengetik sendiri)

Bagaimana cara merawat keyboard laptop agar tidak mengalami kerusakan dengan mengetik sendiri?

Nah, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kondisi keyboard laptop mengetik sendiri adalah suatu kondisi yang menyebalkan tentunya, dan terkadang sangat merugikan. Karena itu, sebagai seorang user laptop yang bijak, kita bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk mencegah penyebab keyboard laptop mengetik sendiri, dan juga untuk menjaga masa pakai dari keyboard laptop itu sendiri.

Berikut ini adalah cara merawat keyboard laptop :

  • Apabila memungkinkan, gunakan keyboard eksternal, untuk mencegah agar keyboard tidak menganggung beban kerja yang telalu berat.
  • Selalu rajin bersihkan keyboard laptop, terutama sela-selanya dengan menggunakan vacuum cleaner mini.
  • Hindari menggunakan laptop di lokasi yang rentan akan debu dan juga benda kecil lainnya.
  • Jangan makan dan minum di depan laptop.

artikel terkait lainnya:

Penyebab tombol power tidak berfungsi
Sejarah keyboard QWERTY
Jenis-jenis keyboard komputer 
Fungsi port pada komputer

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 22nd, February 2016 / 04:39 Oleh :
Kategori : Keyboard