Sponsors Link

6 Penyebab Keyboard Laptop Rusak

Sponsors Link

Keyboard merupakan sebuah papan yang digunakan pada sistem komputer untuk melaksanakan tugas input. Pada laptop, keyboard dipasang menyatu dengan badan laptop, membuat keyboard berada tepat di atas motherboard dan perangkat keras komputer lainnya, seperti chipset, processor, RAM, VGA, Harddisk, dan sebagainya.

ads

Keyboard laptop, biasanya juga sering mengalami beberapa kerusakan atau gangguan yang cukup menyebalkan. Berikut ini adalah beberapa gangguan dan juga kerusakan pada keyboard laptop :

  • Satu atau lebih tombol sangat keras ditekan
  • Satu atau lebih tombol bisa ditekan, tapi tidak muncul output di layar laptop
  • Keyboard tidak terdeteksi
  • Keyboard benar-benar mati total dan tidak bisa digunakan untuk melakukan proses input, meskipun sudah terdeteksi.

Dari beberapa masalah kerusakan keyboard tersebut, tentu saja ada banyak sekali penyebabnya. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa penyebab keyboard laptop rusak :

  1. Ada debu dan pasir yang menyangkut pada bagian bawah tombol

Hal pertama yang dapat menyebabkan keyboard laptop menjadi rusak adalah debu dan pasir yang kemungkinan menyelip di bagian bawah tombol keyboard. Umumnya, hal ini terjadi pada laptop yang sering digunakan di ruang lingkup outdoor, seperti taman, dan pekerja lapangan. Pasir dan juga debu yang mnyelip pada bagian bawah tombol keyboard ini biasanya menyebabkan tombol keyboar menjadi sulit untuk ditekan dan juga apabila ditekan tidak dapat memunculkan karakter.

Cara mengatasi masalah keyboard laptop yang terselip debu dan pasir ini adalah dengan cara membersihkannya. Anda dapat menggunakan sikat kalus untuk membersihkan debu dan juga pasir. Atau anda bisa jug amembuka (mencongkel) bagian tonbol keyboard yang terselip debu dan juga pasir, lalu kemudian membersihkannya hingga berfungsi seperti semula. (baca juga: penyebab keyboard laptop mengetik sendiri)

  1. Keyboard laptop ketumpahan cairan

Selain karena terselip pasir dan juga debu, penyebab lainnya dari keyboard laptop rusak adalah karena keyboard laptop ketumpahan cairan, seperti air, minuman, dan jenis cairan lainnya. Cairan yang tumpah ke keyboard laptop, akan menyebabkan tombol di keyboard tidak dapat menekan, sehingga tidak akan muncul karakter sesuai dengan apa yang diinginkan oleh user.

Untuk mengatasi masalah ini, cara yang bisa dilakukan sama seperti cara pertama, yaitu kita dapat membuka atau mencongkel tombol – tombol keyboard laptop, lalu membersihkan bagian yang kotor dan terkena tumpahan cairan tersebut.

Sponsors Link

  1. Terlalu sering memencet salah satu tombol

Bagi anda yang sering bermain game, pasti anda sering merasakan hal ini. ya, dalam bermain game, biasanya kit sering menekan beberapa tombol secara berkali – kali dan juga simultan. Hal ini apabila dilakukan terus menerus, otomatis akan merusak tombol keyboard anda. ciri utamanya adalah, kita harus menekan tombol keyboard lebih lama ketika ingin mengetik sesuatu.

Untuk memperbaikinya cukup sulit, karena hal ini berkaitan dengan keseluruhan sistem keyboard dari laptop. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengganti keyboard laptop yang mengalami kerusakan tersebut. Nah, sebelum hal ini terjadi, maka anda bisa mengurangi penggunaan keyboard komputer anda, dengan cara menggunakan keyboard eksternal yang menggunakan USB.

  1. Masalah pada driver keyboard laptop

Masalah yang muncul pada perangkat keras sebuah komputer ataupun laptop, kebanyakn tidak jauh – jauh dari masalah driver. Biasanya, driver mengalami masalah, karena sudah out of date, tidak kompatibel, dan juga mengalami kesalahan pada waktu proses instalasi. Hal ini bisa juga terjadi pada keyboard laptop anda. ketika driver keyboard mengalami masalah, maka keyboard anda seolah – olah seperti rusak, padahal tidak.

Cara yang bisa anda lakukan sangat mudah, yaitu anda hanya perlu melakukan install ulang dari driver keyboard laptop anda, atau melakukan pengupdate an dari driver keyboard laptop anda. (baca juga: penyebab kerusakan pada motherboard)

Sponsors Link

  1. Karet pada tombol keyboard yang mengalami kerusakan

Kerusakan lainnya juga bisa saja disebabkan karena karet – karet pada tombol keyboard mengalami kerusakan. Biasanya hal ini terjadi karena keyboard laptop anda terlalu banyak dan sering digunakan secara tidak wajar, ataupun karena pengaruh usia dari laptop anda. hal ini menyebabkan bagian karet yang terletak di balik tombol keyboard menjadi getas dan menipis, sehingga tidak dapatmenekan dengan optimal.

Untuk mengatasi hal ini, maka anda dapat mengganti tombol keyboard anda dengan yang baru dan original, sehingga keyboard laptop anda bisa digunakan lagi secara optimal. (baca juga: cara menjaga keyboard agar tidak cepat rusak)

  1. Laptop terjatuh

Laptop yang terjatuh merupakan salah satu bencan yang sangat besar, karena dapat mempengaruhi segala bentuk sistem hardware yang ada di dalamnya, mulai dari harddisk, RAM, Processor, hingga keyboard. Ketika keyboard laptop anda mengalami kerusakan, mungkin saja hal ini disebabkan karena laptop anda sudah pernah tejatuh. Ketika laptop anda jatuh, bukan tidak mungkin apabila bagian keyboard anda mengalami gangguan, seperti port atau socket yang lepas dan kendor, hingga keyboard yang retak dan mengalami masalah.

Ketika hal ini terjadi, maka solusi terbaik adalah mengganti saja keyboard laptop anda, dengan catatan, memang sudah benar – benar dipastikan bahwa yang menyebabkan kerusakan adalah karena laptop terjatuh, dan juga perangkat lainnya yang vital tidak mengalami masalah.

artikel terkait lainnya:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 22nd, February 2016 / 10:14 Oleh :
Kategori : Keyboard