Sponsors Link

4 Manfaat Komputer dalam Bidang Industri

Sponsors Link

Tanpa disadari teknologi berkembang dengan sangat cepat. Tenaga manusia tergantikan oleh mesin dan kerja robot-robot yang canggih. Manusia hanya berperan sebagai operator untuk menjalankan segala instrumen yang sudah tersedia. Kita ambil contoh adalah komputer. Mulai dari mengetik, menghitung, mengolah data, pengoperasian mesin dan bahkan pengoperasian robot pun bisa dilakukan oleh komputer. Bahkan kegiatan perbankan pun dapat dilakukan lewat sistem komputer atau yang lebih dikenal dengan internet banking. (baca juga : jenis keyboard komputer)

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari lainnya pun kita tak pernah lepas dari penggunaan komputer. Di zaman yang dituntut untuk serba cepat seperti sekarang ini bayangkan jika tidak ada komputer. Semuanya dilakukan secara manual. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghitung pengeluaran suatu perusahaan jika hanya dilakukan secara manual. Faktor kesalahan dalam penghitungannya pun juga pasti lebih besar. (baca juga :  pengertian komputer menurut beberapa ahli)

Komputer juga memicu munculnya ide-ide atau temuan-temuan baru. Mulai dari awal kemunculannya hingga saat ini komputer terus mengalami perkembangan.  Komputer dirancang dengan tingkat kepekaan dan ketelitian yang tinggi sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan di hampir segala bidang. Peningkatan kualitas suatu produk dapat ditingkatkan dengan sistem komputerisasi yang memadai. (baca juga : peran komputer dalam dunia pendidikan)

Khususnya di bidang industri dimana penggunaan komputernya sangat aplikatif. Hampir di segala aspek perindustrian memerlukan komputer. Mulai dari proses produksi,pengemasan,dan distribusi. Management system and controller  di dalam suatu perusahaan juga pasti memerlukan komputer untuk pengolahan data. Tidak hanya industri skala besar yang memerlukan komputer. Industri skala kecil maupun menengah pun pasti juga membutuhkan komputer demi terciptanya kelancaran usaha.

Berikut akan dijelaskan beberapa jenis atau penggolongan komputer yang biasa digunakan dalam bidang industri atau manufacturing :

  1. Computer Aided Design (CAD)

Dapat dikatakan CAD sebagai pengganti meja gambar. Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa komputer ini digunakan untuk mendesign. Kebanyakan berupa aplikasi 3 dimensi. Dalam dunia industri,komputer jenis ini dapat digunakan untuk membuat design kemasan sebuah produk. Dapat juga digunakan untuk mendesign beberapa brosur atau pamflet yang akan digunakan sebagai media promosi.

  1. CAM (Computer-Aided Manufacturing)

Computer-Aided-Manufacturing atau biasa disingkat CAM adalah komputer yang digunakan untuk membantu mengoperasikan mesin-mesin produksi. Di dalam industri khususnya industri dengan skala produksi yang besar di dalam pengolahan bahan mentahnya hingga menghasilkan produk jadi dilakukan oleh robot atau mesin agar pengerjaannya cepat dan sesuai standar baku. Berjalannya mesin dan robot ini tak lepas dari kontrol komputer. Sehingga komputer jenis ini sangat banyak ditemukan pada industri skala besar.

sponsored links

  1. MRPII (Manufacturing Resource Planning)

Komputer jenis ini di dalam industri berguna untuk membuat rancangan dari segala sumber daya produksi. Dalam membuat rancangan produksi apalagi untuk industri skala besar tentu bukan hal yang sepele. Harus dipikirkan matang-matang segala aspeknya.  Segala sesuatunya harus terstruktur. Karena jika perencanaannya saja sudah keliru maka bisa berdampak untuk proses kedepannya. Komputer jenis MRPII ini memudahkan dalam membuat perencanannya.

  1. CIM (Computer-Integrated Manufacturing)

CIM ini merupakan komputer yang mengontrol seluruh kerja komputer lainnya. Jadi berperan sebagai kontrol atau lebih mudah dikatakan sebagai “komputer induk”. Segala sistem komputerisasi dapat terkontrol dan bekerja secara otomatis.

komputer-komputer tersebut terhubung dalam satu jaringan sehingga saling terkait satu sama lain. Setelah mengetahui jenis-jenis komputer yang biasa digunakan untuk menunjang kegiatan industrial. Sekarang,mari kita bicarakan beberapa manfaat komputer dalam bidang industri dilihat dari beberapa aspek :

  1. Aspek Produksi

Di dalam industri-industri besar yang menghasilkan jumlah produk dalam skala besar tidak mungkin jika proses produksinya dilakukan secara manual. Kekuatan, kecepatan dan ketepatan manusia sangat terbatas berbeda dengan mesin yang memang sudah dibuat sedemikian rupa untuk dapat melakukan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Mesin-mesin yang beroperasi tidak lepas dari kontrol sistem komputerisasi.

  1. Aspek Pengemasan

Pengemasan sebenarnya masuk dalam proses produksi. Jadi dari proses pengolahan bahan mentah hingga menjadi barang jadi kemudian dikemas semua dilakukan oleh mesin secara otomatis. Yang dimaksud pengemasan disini adalah pembuatan design suatu produk. Setelah suatu produk dinyatakan lolos untuk dapat diproduksi maka tahap selanjutnya adalah pelabelan atau pengemasan produk.

Bagaimana produk tersebut akan dikemas dan bagaimana design kemasannya agar masyarakat dapat selalu mengenal produknya dan lebih tertarik pada produk nya. Pengemasan juga mempengaruhi nilai jual suatu produk. Dalam membuat design suatu kemasan juga memerlukan bantuan komputer agar lebih mudah dan cepat dalam pengerjaannya.

sponsored links

Penggunaan komputer dalam membuat suatu design sangat dibutuhkan terutama dalam industri pakaian dan properti dimana pembuatan rancangan design akan lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan komputer.

  1. Aspek Promosi dan Distribusi

Promosi menjadi bagian terpenting dalam pemasaran suatu produk. Cara promosi yang unik dan penuh ide serta inspirasi mampu menarik masyarakat menggunakan produk yang ditawarkan. Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa melalui media elektronik seperti melalui iklan di televisi maupun radio, melalui situs website maupun blog. Promosi bis ajuga dilakukan melalui media cetak seperti memasang iklan pada baliho di pinggir-pinggir jalan atau tempat-tempat strategis bisa juga melalui koran atau majalah.

Buatlah iklan se-menarik mungkin agar  masyarakat tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan dan akhirnya menjadi pelanggan. Sistem periklanan entah dalam bentuk apapun pasti menggunakan komputer dalam pengerjaannya. Suatu industri harus pintar memilih cara promosi yang seperti apa yang harus digunakan agar produk dapat dikenal oleh masyarakat namun tetap mempertimbangkan efisiensi penggunaan biaya agar tidak terlalu “membengkak”. Untuk industri skala besar proses distribusi atau pemasaran barangnya tidak langsung ke konsumen tetapi melalui jasa seorang distributor.

  1. Aspek Administrasi

Kegiatan administrasi tak akan pernah lepas dari komputer. Administrasi dalam suatu industri meliputi banyak hal. Seperti misalnya :

  1. Kegiatan surat-menyurat dan kontrak perusahaan dengan pihak lain. dengan berbagai pihak yang akan diajak bekerjasama atau antar bagian dalan perusahaan. Misalnya adalah bekerjasama dengan pemasok bahan-bahan baku, dengan distributor,dengan jasa layanan iklan dan pihak-pihak lain yang berhubungan dengan industri. Kerjasama yang terjalin tersebut didalam industri harus melalui prosedur kontrak yang jelas. Sehingga ketika di tengah kerjasama terdapat masalah dapat diselesaikan sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. Kegiatan surat-menyurat dan pembuatan kontrak atau perjanjian tidak lepas dari kerja komputer.
  2. Membuat akumulasi dana yang dibutuhkan setiap tahun atau bulannya, membuat rekapan hasil penjualan produk, menghitung laba dan rugi,menghitung gaji para karyawan dan masih banyak lagi. Kegiatan-kegiatan tersebut berkaitan dengan pelaporan suatu hasil. Pembuatan pelaporan akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan program komputer. Kemudian setelah dilaporkan data-data tersebut disimpan sebagai arsip perusahaan. Segala arsip yang tersimpan hendaklah bersifat “rahasia” dan jangan sampai terjadi kejadian cybercrime akibat segala sistem yang digunakan melalui jaringan komputer. Komputer juga harus dijaga agar terhindar dari bahaya virus komputer.

Itulah tadi beberapa manfaat komputer di dalam berbagai aspek di industri. Ternyata hampir di segala aspek di industri memerlukan komputer. Jika disimpulkan komputer membawa beberapa manfaat bagi industri secara umum yaitu :

  1. Meningkatkan efisiensi waktu dan produktivitas
  2. Memudahkan komunikasi
  3. Menjaga kestabilan kualitas suatu produk
  4. Penggunaan Sumber Daya Manusia secara lebih manusiawi

Demikian telah kita bahas mengenai berbagai manfaat komputer khususnya di bidang industri. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca dan memberi inspirasi. Sampai bertemu di artikel berikutnya dengan pembahasan lain yang tidak kalah menarik lagi.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 08th, November 2016 / 07:58 Oleh :
Kategori : Hardware