Sponsors Link

3 Langkah Cara Ganti Password Wifi Speedy

Sponsors Link

Koneksi nirkabel dewasa ini kian populer, penyediaan layanan koneksi internet melalui jaringan nirkabel tidak hanya di area perkantoran (khusus untuk karyawan perusahaan) namun juga banyak tempat usaha seperti kafe dan restoran yang menyediakan layanan internet grafis (via wireless) untuk para pelanggannya.(Baca juga : Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop , Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wireless)

ads

Selain karena kemudahan instalasi dibandingkan dengan jaringan kabel, jaringan nirkabel dapat dikonfigurasi tanpa harus menghubung-lepaskan kabel ethernet pada komputer, serta keamanan koneksi (dengan password) dan konfigurasi (misalnya pembagian bandwidth). (Baca juga : Penggunaan Internet Banking , Perbedaan Intranet, Internet dan Extranet)

Namun untuk tempat usaha (publik) yang menyediakan layanan akses internet melalui jaringan nirkabel sebaiknya secara berkala mengganti password Wi-Fi yang digunakan untuk menghindari “pencurian” bandwidth oleh akses ilegal. (Baca juga : Software yang Digunakan untuk Mengakses Internet)

Untuk jaringan dari provider Telkom Speedy (provider lain umumnya juga sama atau hampir sama) berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah Mengganti Password Wifi Speedy

Langkah-langkah cara mengganti password Wi-Fi Speedy (pernah Saya coba) dapat diterapkan pada modem-modem dengan model berikut ini:

Daftar modem speedy

Modem Speedy TP-LINK TD-W8950N

Modem Speedy TP-LINK TD-W8950ND

Modem Speedy TP-LINK TD-W8951ND

Modem Speedy TP-LINK TD-W8960N

Modem Speedy TP-LINK TD-W8968 V3

Modem Speedy TP-LINK TD-W8968 V4

Baca juga :

Untuk mengetahui model modem yang Anda gunakan, silahkan cek pada stiker yang ada dibagian bawah modem, pada bagian “Model No:” terdapat nomor model modem yang digunakan.

1. Cari IP Address, Username, dan Password dari Modem Speedy yang Anda gunakan.

Cara paling mudah untuk mengetahui IP Address, Username, dan Password dari Modem Speedy yang Anda gunakan adalah dengan melihat bagian bawah modem, detail akun tersebut merupakan akun default (bawaan) modem. (Baca juga : Fungsi Modem ADSL , Kelebihan dan Kekurangan Browser Internet Explorer)

Umumnya IP Address modem adalah 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 dengan default Username “admin” dan Password “admin”, pada modem yang Anda gunakan mungkin berbeda, dalam artikel ini Saya asumsikan akun default modem Anda sama dengan diatas. (Baca Juga: Fungsi Control Panel)

2. Buka web browser, disarankan Google Chrome, tidak disarankan Internet Explorer

Masukkan IP Address modem Anda (biasanya: 192.168.1.1) pada address bar web browser, kemudian tekan ENTER, web browser akan menampilkan halaman otentikasi (halaman login) yang meminta Anda memasukkan Username dan Password.(Baca juga : Ciri Ciri Web Browser Kena Viru , Bahasa Pemrograman Web Paling Populer)

Masukkan Username default biasanya “admin” (tanpa tanda kutip) dan Password default biasanya “admin” (tanpa tanda kutip), lalu tekan ENTER atau klik tombol Log In (atau Submit, Masuk, Confirm) pada form login. (Baca Juga: Penyebab Laptop Susah Dihidupkan)

Sponsors Link

3. Akses antarmuka (interface) Aplikasi TP-LINK

Buka menu Interface Setup > Wireless > WPA2-PSK, pada bagian Pre-Share Key berisi password Wi-Fi Speedy, silahkan ganti dengan karakter huruf, angka, dan/atau juga simbol minimal 8 karakter maksimal 26 karakter. (Baca juga : Macam-macam Software Jaringan , Fungsi Ctrl)

Sebaiknya gunakan password dengan kombinasi karakter huruf, angka, dan simbol, namun pertimbangkan juga siapa yang akan menggunakan jaringan wireless tersebut, jangan gunakan password yang mudah ditebak untuk menghindari pengguna ilegal.

Masalah yang Mungkin Dialami dan Solusi yang Disarankan

Server 192.168.1.1 tidak dapat diakses

Beragam pesan kesalahan (error message) yang menunjukkan bahwa server 192.168.1.1 tidak dapat diakses, diantaranya:

192.168.1.1 too long to respon

192.168.1.1 request time out

Atau pesan kesalahan lain yang mungkin muncul tergantung browser dan konfigurasi yang digunakan, mungkin dalam bahasa lain (bahasa Indonesia misalnya).

Solusi yang disarankan:

1. Restart Komputer (jika memungkinkan)

Tutup semua perangkat lunak yang terbuka, pastikan Anda menyimpan terlebih dahulu semua pekerjaan yang sedang dikerjakan (untuk menghindari kehilangan data), namun jika komputer sedang digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang tidak dapat ditunda terlebih dahulu, cukup tutup semua aplikasi web browsernya saja.

2. Restart Modem (matikan modem lalu nyalakan kembali)

Untuk me-restart modem, cukup menekan tombol power yang (biasanya) terletak dibagian belakang modem, setelah lampu indikator modem mati, maka nyalakan kembali dengan menekan tombol power sehingga lampu indikator kembali menyala.

3. Buka Web Browser atau gunakan Web Browser lain

Jika anda mengabaikan langkah pertama (merestart komputer) namun Anda menutup (close) semua web browser yang terbuka maka Anda dapat mencoba mengakses kembali IP Address 192.168.1.1 (lalu tekan ENTER).

Namun apabila Anda mengabaikan lagkah pertama (merestart komputer) dan tidak menutup web browser yang sedang berjalan karena suatu alasan, misalnya sedang membuka suatu situs yang penting, atau sedang digunakan untuk chatting dan lain sebagainya, cukup buka web browser lain.

Saya sarankan menggunakan web browser yang support JavaScript, beberapa web browser seperti Internet Explorer nampaknya (berdasaarkan pengalaman pribadi) agak “rewel” jika digunakan untuk membuka situs yang menggunakan JavaScript.

Server 192.168.1.1 tidak ditemukan

Biasanya pesan kesalahannya “404 Not Found” atau “No route to host” dan lain sebagainya, namun inti pesan kesalahannya bahwa IP Address 192.168.1.1 tidak ada.

Solusi yang disarankan

1. Pastikan kabel ethernet atau koneksi nirkabel terhubung dengan baik

Konektor yang menghubungkan komputer dengan modem baik itu melalui switch/hub atau terhubung secara langsung terhapad komputer, maka pastikan keduanya (Konektor RJ-45) terhubung dengan baik.

Jika Anda terhubung ke modem menggunakan jaringan nirkabel (wireless), pastikan indikator koneksi wireless pada komputer (biasanya laptop atau notebook) menunjukkan koneksi yang baik, biasanya dengan ikon signal tanpa tanda seru (exclamation icon).

2. Cabut kabel ethernet atau matikan wireless adapter

Cabut konektor RJ-45 yang menghubungkan komputer dengan modem, lalu hubungkan kembali, lakukan hal yang sama pada konektor yang terhubung ke modem, jika komputer dengan modem terhubung dengan jaringan wireless maka matikan wireless adapter lalu aktifkan kembali.

3. Restart modem

Matikan modem dengan menekan tombol power yang terletak dibagian belakang modem lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol power tersebut, modem mati dan menyala ditandai dengan lampu indikator power pada modem.

4. Buka web browser lalu coba akses 192.168.1.1

Pastikan Anda tidak salah memasukkan IP Address, banyak kasus interface konfigurasi modem tidak muncul karena kesalahan dalam memasukkan IP Address modem, seperti halnya jika Anda men-Dial nomor telepon, salah satu angka saja tidak akan terhubung ke tujuan.

Baca juga :

Demikian cara mengganti password wifi speedy dengan mengakses konfigurasi bawaan dari modem speedy yang digunakan, ingat konfigurasi mungkin sedikit berbeda pada perangkat keras yang berbeda, namun umumnya hanya berbeda interfacenya saja, good luck.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 21st, March 2017 / 07:29 Oleh :
Kategori : Modem