Sponsors Link

9 Jenis Jenis Modem dan Fungsinya

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal modem? Semua orang termasuk anda pasti kenal dengan barang yang satu ini. Modem biasanya digunakan untuk menerima dan mengirim data setiap saat ketika berinteraksi online di dunia maya. Tapi tahukah anda bahwa modem memiliki beragam jenis dan fungsi yang berbeda? Berikut beberapa penjelasannya. (Baca juga : Jenis Booting Komputer)

Pengertian modem

Modem merupakan singkatan dari modulator dan demulator. Modulator berfungsi untuk  menghantarkan data dalam bentuk sinyal informasi ke sinyal pembawa (carrier) agar dapat dikirim pemakai melalui media-media tertentu. Proses ini disebut dengan proses modulasi. Dalam proses ini data yang berbentuk sinyal digital di komputer akan diubah menjadi sinyal analog. Sedangkan demulator berfungsi untuk mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini, data akan dipisahkan dari  frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan dirubah kembali menjadi sinyal digital agar dapat dibaca oleh pengguna komputer. (Baca juga : Jenis Kerusakan Keyboard Laptop)

Berdasarkan Pemasangannya

1. Modem Internal

Biasanya modem ini dipasang pada bagian dalam CPU seperti slot PCI. Modem internal dapat digunakan untuk card modem komputer, slot PCI, slot ISA (kadang-kadang). Modem internal komputer digunakan dengan koneksi internet dial-up melalui sepasang koneksi RJ-1 yang juga dikenal dengan kabel telepon tembaga. Keunggulan dari modem ini adalah cara pemasangan modemnya yang sangat mudah dan harganya yang relatif murah. Modem ini sering dikenal dengan On-Board Modem. Modem internal biasanya juga modem 56K yang artinya modem ini mampu menerima data sebsar 56 Kbits/detik.

2. Modem Eksternal

Modem ini biasanya dipasang di bagian luar CPU seperti serial port atau USB CP. Modem external memiliki fungsi yang sama dengan modem internal hanya saja modem external berbentuk kotak kecil yang menggunakan jenis antar muka lain yang terhubung pada komputer. Keunggulan dari modem ini adalah dapat mudah dibawa kemana-mana dan mudah dipindahkan kemanapun.

Baca juga:

sponsored links

Berdasarkan Jaringan Modem

1. Modem dengan kabel

Jenis modem ini dapat diakses dengan menggunakan jaringan kabel seperti kabel telepon. Modem kabel menggunakan sumbu kabel jaringan televisi untuk menyediakan bandwith yang kuat dibandingakn dengan modem komputer. Akses internet nya sangat cepat dengan kekuatan downstream hingga 38 Mbits/s dan upstream hingga 1 Mbits/s, contoh dari jenis modem ini adalah:

  • TV Kabel
  • Jaringan Telepon
  • Dan masih banyak lainnya.

2. Modem tanpa kabel (wireless)

Jenis modem ini tidak menggunakan kabel sebagai media perantaranya. Keunggulan dari jenis modem ini adalah dapat mudah dibawa dan dipindah kemanapun anda mau. Namun sayanganya, modem ini sangat berpengaruh terhadap cuaca sekitar. Artinya kecepatan koneksi modem ini dapat melemah jika cuaca di sekitarnya tidak mendukung. Contoh dari modem tanpa kabel antara lain adalah:

  • Modem GSM
  • Modem CDMA
  • Modem HSDPA
  • Modem HSUPA

Baca juga: Manfaat IPTEK

Berdasarkan Teknologi atau Jenis Koneksinya

Berdasarkan jenis koneksinya, modem dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu adalah:

1. Modem analog (modem dial-up)

Modem ini merupakan modem yang dapat menerima data dalam bentuk sinyal analog yang melalui jaringan transmisi data dan dirubah menjadi data digital untuk dikirimkan ke komputer ataupun sebaliknya. Modem ini biasanya digunakan untuk koneksi dial-up melalui jaringan telepon atau dengan kata lain akses jaringan komputer melalui jalur telepon dengan menggunakan modem. Dial-up biasanya  digunakan secara pribadi di rumah. Komputer yang dapat menggunakan modem dial-up umumnya adalah komputer tunggal/PC. Modem ini tersedia dalam berbagai pilihan kecepatan seperti 14,4 kbps, 28,8 kbps, 56 kbps.

sponsored links

2. Modem DSL ( Digital Subscriber Line )

Jenis modem ini digunakan untuk menerima dan mengirimkan data dengan teknologi digital melalui suatu jaringan yang terdedikasi (dedicated line). Teknologi ini akan membuat data yang diterima atau terkirim modem DSL menjadi data digital sehingga akses internet akan lebih cepat bila dibandingkan dengan modem analog. Terdapat dua jenis modem DSL yaitu ASDL (Asymmetric Digital Subscriber Line ) dengan kecepatan download lebih cepat daripada upload dan SSL (Symmetric Digital Subscriber Line) dengan kecepatan download sama dengan kecepatan upload.

3. Modem Kabel

Modem kabel atau cable modem merupakan perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini yang kemudian digunakan sebagai koneksi internet dengan kecepatan maksimum adalah 27 Mbps downstream dan 2,5 Mbps upstream. Untuk dapat digunakan sebagai modem kabel, komputer anda harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card)

4. Modem CDMA

Jenis modem ini menggunakan sistem komunikasi internet melalui jalur CDMA (Code Division Multyple Acces). Pada umumnya modem CDMA ini berbentuk seperti USB Flashdisk yang dapat anda gunakan kapanpun. Kecepatan internet CDMA dapat mencapai tiga kali lipat koneksi dial-up.

5. Modem GSM

Jenis modem ini memiliki kemiripan dengan modem CDMA. Modem ini memiliki jalur komunikasi internet dengan GSM (Global System for Mobile Communication). Seperti modem CDMA, Modem GSM juga berbentuk seperti USB. Modem ini dapat anda gunakan pada laptop maupun PC. Keunggulan dari modem ini adalah dengan fitur 3G, 4G, dan HSPA yang dapat membuat transfer data akan semakin cepat.

Baca juga:

Fungsi Modem

Fungsi modem secara umum yaitu untuk merubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sebaliknya. Sinyal yang dikirimkan dari komputer/laptop akan dirubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem kemudian akan ditransmisikan melalui kabel koneksi untuk diantarkan ke komputer-komputer lainnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, modem juga telah dikembangkan dengan berbagai fitur seperti voice modem yang dapat berfungsi sebagai saluran radio, percakapan telepon ataupun audio lainnya. Modem juga memiliki fungsi khusus yaitu untuk meminimalisir tingkat kesalahan ketika melakukan transmisi sinyal dan modem juga akan memeriksa informasi yang diterima apakah dalam kondisi rusak atau tidak dengan metode checksurn. Bila terjadi kesalahan dan kerusakan maka data tersebut akan dikembalikan lagi ke tempat semula (pengirim).

(Baca juga: Ciri-Ciri LCD Laptop Rusak)

Nah itu tadi beberapa informasi seputar jenis jenis modem yang saat ini sering digunakan banyak orang. Semoga informasi di atas dapat membantu anda.

Baca juga:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 14th, December 2016 / 07:58 Oleh :
Kategori : Modem