Sponsors Link

7 Ciri Ciri Layar LCD Laptop Rusak

Sponsors Link

LCD atau layar laptop tentunya menjadi salah satu bagian yang sangat penting pada laptop dengan berbagai fungsi monitor LCD. LCD yang termasuk menjadi bagian sistem output dari Laptop haruslah memiliki kondisi yang terbaik untuk membuat laptop bisa digunakan dengan maksimal. Menjaga layar atau LCD supaya bisa tetap dalam kondisi yang bagus dan terhindar dari kerusakan tentunya menjadi salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Ketika LCD laptop rusak sudah pasti laptop akan menjadi tidak berguna karena memang tidak bisa digunakan. Untuk itulah, sebelum kerusakan pada laptop menjadi lebih parah dan membuat laptop malah justru tidak bisa digunakan ada baiknya untuk mengetahui tentang ciri-ciri LCD Laptop rusak secara dini. Mengetahui kerusakan laptop dengan cepat akan membuat anda bisa untuk langsung mengambil tindakan pada laptop tersebut.

Berikut Ciri-Ciri LCD Laptop yang Rusak

  1. Adanya Goomy

Laptop terdiri dari dua perangkat, yaitu perangkat input dan output komputer. LCD menjadi bagian yang penting karena LCD menjadi bagian output pada laptop untuk menayangkan aktivitas pada laptop tersebut.  Ketika LCD rusak, akan memberikan berbagai ciri dimana salah satu cirri yang lumayan ringan dan sering tidak diperhatikan adalah adanya goomy pada layar. Goomy ini adalah bercak putih yang terdapat pada layar. Bercak putih ini terlihat lebih terang jika dibandingkan dengan bagian LCD lainnya.

Bentuknya juga tidak begitu besar hanya terlihat seperti bulatan kecil atau titik kecil pada LCD namun terlihat sangat jelas. Jika terdapat satu titik saja berarti kerusakan belum terlalu parah, namun jika anda sudah menemukan banyak titik yang hampir sama dengan goomy tersebut tentu saja akan sangat menganggu pada saat digunakan. Ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi laptop dibandingkan harus menunggu kerusakan menjadi lebih parah atau bahkan mati seketika.

  1. LCD Laptop Pecah

Untuk kerusakan pada salah satu macam perangkat keras komputer yang satu ini tentu saja sudah bisa dilihat secara jelas. LCD yang pecah bisa saja akan menampilkan tampilan LCD yang bergaris ataupun ada noda menghitam seperti tinta hitam yan tersebar pada LCD atau bahkan menutupi sebagian dari LCD tersebut. Pecahnya LCD bisa saja karena terjatuh, mendapatkan tekanan dari beban yang terlalu berat ataupun juga karena terkena benturan.

Ketika LCD mulai pecah dan hanya pada satu bagian saja yang pecah bisa saja menjadi menyebar ke bagian LCD yang lain dan tentu akan semakin membuat LCD tidak bisa dilihat dan bahkan menghitam secara penuh. Untuk kerusakan yang satu ini bisa dikatakan menjadi kerusakan yang sangat parah dan tidak ada lagi pertolongan pertamanya kecuali dengan menggantinya.

  1. LCD Bergaris

Setiap kerusakan pada laptop ataupun komputer sebenarnya bisa dideteksi dengan mudah. Misalnya saja ketika ketika RAM mengalami kerusakan bisa dilihat dari ciri ciri RAM komputer rusak. Dan begitu pula dengan LCD. Kerusakan yang satu ini menjadi salah satu kerusakan yang paling sering terjadi pada LCD laptop. Saat dinyalakan LCD pada laptop akan menampilkan garis baik itu secara vertical ataupun horizontal.

sponsored links

Garis ini akan menjadi kerusakan yang permanen atau artinya jika sudah sekali saja terjangkit dengan adanya LCD yang bergaris maka aka nada secara terus menerus dan tidak bisa dihilangi. Garis ini juga bisa saja berubah, saat pertama mungkin hanya akan muncul satu garis tipis baik itu vertical ataupun horizontal namun jika dibiarkan secara terus menerus akan semakin bertambah dan bertambah lagi hingga menjadi banyak dan bahkan menjadi penuh dan membuat LCD tidak terlihat lagi.

  1. LCD Blank

Satu hal ini juga bisa saja menjadi kerusakan yang sering terjadi yaitu kerusakan dimana LCD tidak menampilkan aktifitas ataupun tampilan apapun. Layar hanya akan menampilkan tampilan satu warna seperti hitam, putih ataupun warna lainnya. Jika laptop tetap bisa menampilkan tampilan secara normal ketika dipasangkan untuk LCD eksternal seperti proyektor, ada banyak sekali fungsi LCD proyektor selain digunakan untuk menampilkan tampilan dari laptop anda. Nah, jika pada proyektor tersebut keluar tampilan yang sesuai berarti tentu saja LCD laptop berada di kerusakan berupa blank. Untuk kerusakan yang satu ini bisa diberikan pertolongan pertama atau tidak langsung untuk menggantinya. Caranya adalah dengan membongkar LCD kemudian melepaska kabel yang ada kemudian dipasang kembali. Saat melakukannya tentu saja harus dilakukan secara berhati-hati dan jangan sampai malah akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah lainnya. Jika memang kurang yakin untuk melakukan pembongkaran anda bisa datang ke tempat service untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu.

  1. LCD Flicker atau Bergoyang

Layar pada komputer layaknya sebuah hard disk yang memiliki aneka fungsi harddisk pada komputer. Tanpa ada tampilan pada LCD sudah pasti akan membuat anda tidak bisa menggunkannya lagi. Fungsi dari LCD akan menjadi kurang baik dan bahkan tidak bisa digunakan ketika LCD mengalami masalah seperti kasus LCD yang bergoyang. Kasus yang satu ini biasanya banyak terjadi pada laptop yang terlalu banyak dilakuakn gerakan buka tutup pada laptop. Flicker disini adalah kondisi dimana LCD menampilkan garis yang sangat banyak ataupun kondisi dimana LCD akan menampilkan tampilan yang abstrak dan diikuti dengan tampilan yang bergetar. Kerusakan seperti ini bisa saja terjadi karena ada kerusakan atau ada bagian yang belum tepat pemasangannya pada bagian sudut tertentu.

Sponsors Link

  1. LCD Laptop Mati

LCD adalah salah satu hardware pada laptop yang memiliki aneka fungsi hardware yang berbeda untuk membuat Laptop memiliki fungsi terbaiknya. Ciri-ciri kerusakan LCD laptop  yang menampilkan tampilan layar yang mati atau tidak terlihat sama sekali ada banyak sekali kemungkinan penyebabnya. Namun ketika LCD yang matihanya menampilkan tampilan yang menghitam kemudian tidak bisa menampilkan warna sebagaimana mestinya apda bagian tertentu pada LCD maka dipastikan jika LCD mengalami kerusakan dead pixel. Ciri-cirinya adalah ada titik-titik kecil pada bagian LCD yang tidak menampilkan warna yang seharusnya dan justru lebih menampilkan warna lain seperti warna-warna yang berlawanan dengan warna yang seharusnya.

Untuk kasus yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan kasus kerusakan goomy tadi dan bahkan cirri-cirinya pun hampir sama, yang membedakan hanyalah pada kasus dead pixel ini hanya menampilkan tampilan titik-titik yang sangat kecil atau titik kecil saja sedangkan untuk goomy tadi berukuran lebih besar. Selain itu untuk kasus goomy tampilan yang ditampilkan hanyalah berwarna putih saja, sedangkan untuk kasus ini lebih ke banyak warna yang berbeda.

  1. LCD Menampilkan Tampilan Artifact

Meskipun kerusakan yang satu ini bisa saja menjadi satu kerusakan yang sangat jarang namun bisa saja terjadi pada salah satu perangkat hard ware pada laptop, yaitu LCD laptop kesayangan anda. Tampilan artifact yang dimaksud disini adalah LCD menampilkan tampilan dengan bentuk yang berbeda yaitu bentuk kotak-kotak, huruf atuapun karakter tertentu yang muncul dan memenuhi seluruh tampilan pada layar. Bahkan bisa saja tampilan pada layar menjadi tidak terlihat sama sekali yang kemudian membuat laptop ini menjadi tidak bisa digunakan.

Untuk cirri kerusakan yang satu ini, anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu tentang penyebab dari kerusakan ini. Bisa saja kerusakan dikarenakan adanya kerusakan pada beberapa komponen seperti LCD, kabel ataupun pda bagian VGAnya. VGA sendiri juga harus diganti sesuai dengan jenis yang tepat. Ada banyak sekali jenis jenis VGA card yang akan menjadi VGA yang tepat. Dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu tentunya akan membuat anda bisa lebih tahu dan mendapatkan cara memperbaiki LCD ini dengan cara yang lebih benar lagi.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 02nd, November 2016 / 07:23 Oleh :
Kategori : Monitor