Sponsors Link

9 Jenis Jenis Mouse Komputer dan Penjelasannya

Mouse merupakan salah satu perangkat keras komputer yang digunakan sebagai alat input, yang berarti, mouse bertugas untuk memberikan perintah kepada sistem operasi, yagn dalam hal ini untuk menggerakkan kursor. Semua sistem operasi tentu saja memiliki kursor, dan penggunaan mouse ini akan sangat membantu setiap user dalam melakukan pergerakan kursor, yang berguna untuk melakukan seleksi, perintah – perintah, double click, dan lain sebagainya. (Baca Juga: Fungsi Keyboard Dan Mouse , Fungsi Mouse Pada Perangkat Komputer)

ads

Mouse sendiri memiliki banyak sekali jenis jenis dan juga tipe. Berikut ini adlah beberapa penjelasan mengena jenis jenis mouse komputer yang umum digunakan :

Jenis jenis mouse secara umum :

Secara umum, ada dua jenis mouse yang beredar di pasaran. Kedua jenis mouse itu adalah jenis mouse kabel dan juga jenis mouse wireless. Apa saja perbedaan antara kedua jenis mouse yang ada di pasaran secara umum tersebut? dan apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari masing – masing jens mouse komputer tersebut? berikut ini adalah beberapa penjelasannya mengenai jenis – jenis mouse secara umum :

  1. Mouse kabel

Jenis mouse yang pertama, sesuai dengan namanya adalah mouse kabel, yaitu mouse yang sistem transmisinya masih menggunakan sistem kabel. Ini berarti, mouse mendapatkan sumber atau tenaga listrik untuk mengaktifkan mouse dari listrik yang mengalir pada kabel, plus mampu memberikan perintah input kursor menggunakan media kabel. Kabel yang digunakan sangat mempengaruhi kualitas input kursor dari mouse. (Baca Juga: Macam Macam Mouse Pada , Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Kabel)

Kelebihan penggunaan mouse kabel

  • Harganya relative lebih murah apabila kita bandingkan dengan mouse wireless
  • Tidak membutuhkan baterai atau sumber energy tambahan lainnya
  • Arus listriknya lebih stabil
  • Tersedia mouse kabel dengan tipe socket atau port PS/2 untuk komputer yang belum memiliki port USB di dalamnya
  • Support dengan mouse yang menggunakan sistem trackball maupun optic

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optic , Jenis Jenis Keyboard Komputer)

Kekurangan dari penggunaan mouse kabel

  • Terkadang kualitas kabel yang dimilki sangat buruk, sheingga cepat putus dan rusak
  • Kabel yang terlalu pendek
  • Kabel yang terlalu panjang, sehingga terkesan ribet dan juga merepotkan user
  • Agak sulit untuk dibawa – bawa karena faktor kabel yan cukup mengganggu
  1. Mouse wireless

Jenis mouse secara umum yang kedua adlaah mouse wireless. Penggunaan mouse wireless ini mulai populer seja era perkembangan laptop di dunia. Kebayakan memang mouse wireless ini digunakan untuk para user yangbiasa mengopereasikan laptop, karena dianggap lebih praktis dan juga mudah untuk dibawa / portable. Mouse wireless ini menggunakan koneksi wireless alias tanpa kabel, dimana banyak yagn menggunakan teknologi Bluetooth. Receiver pada mouse wireless ini dihubungkan dengan port USB pada laptop ataupun komputer, sehingga bisa menerima perintah kursor dari unit mouse. Mouse wireless memang merupakan salah satu jenis mouse yang sangat praktis dan juga simple dalam digunakan (Baca Juga: Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi , Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wireless)

Kelebihan dari mouse wireless

  • Simple dan juga praktis, sehingga mudah untuk dibawa kemana – mana, karena tidak membutuhkan kabel
  • Support berbagai macam sistem operasi
  • Menggunakan port USB sebagai media penghubungnya, yang sifatnya universal
  • Tidak perlu repot dengan pemandangan kabel yang mengganggu

(Baca Juga: Fungsi Transport Layer , Fungsi Sistem Operasi)

Kekurangan dari mouse wireless

  • Menggunakan sumber energy tambahan, berupa baterai, yang cenderung boros dan juga cepat habis, terutama ketika mouse tersebut memiliki fitur yang lengkap dan juga sering digunakan
  • Ketika receiver hilang ataupun mengalami kerusakan, maka tidak bisa diperbaiki, sehingga mouse harus diganti

Jenis Mouse Berdasarkan Portnya

Selain dibedakan berdasarkan jenisnya secara umum, mouse juga bisa kita bedakan berdasarkan port penghubungnya dengan komputer ataupun laptop. Port in bertugas untuk menghubungkan komputer dengan mouse, sehingga mouse bisa bekerja memberikan input kursor ke dalam sistem operasi komputer. Berikut ini adalah kedua jenis mouse berdasarkan port nya :

  1. Port USB

Jenis mouse berdasarkan port nya yang pertama adalah jenis mouse dengan port USB. Jenis mouse ini merupakan jenis mouse yang sekarang ini sangat populer dan juga banyak digunakan. Hal ini disebabkan karena USB merupakan salah satu port standar yang ada di setiap komputer dan juga laptop keluaran terbaru, sehingga pasti semua komputer dan juga laptop memiliki port ini. port USB ini memungkinkan setiap komputer, baik desktop maupun laptop, mampu untuk menggunakan mouse, baik mouse jenis kabel atau wireless, and juga jenis atau model mouse lainnya. (Baca Juga: Penyebab Keyboard Laptop Rusak , Penyebab Keyboard Laptop Mengetik Sendiri)

Penggunaan port USB ini juga membuat kebutuhan akan kabel menjadi lebih kecil. Port USB sudah memiliki arus dan juga tegangan yang kecil, sehingga mouse akan sangat aman apabila menggunakan kabel yang ukrannya kecil dan juga tipis, tanpa takut mengalami korsleting atau terbakar akibat kabel yag tidak kuat menahan tegangan listrik. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kabel Coaxial , Keuntungan Menggunakan WLAN daripada Media Kabel)

  1. Port PS/2

Port PS/2 merupakan salah satu port standar pada era PC desktop jaman 80 – 90 an, dimana komputer mulai booming dan juga banyak digunakan. Port PS/2 ini merupakan port, yang berbentuk bulat dengan beberapa pin. Biasa digunakan untuk menghubungkan mouse dan juga keyboard serta beberapa peralatan input lainnya. Saat ini, penggunana port PS/2 sudah hampir ditinggalkan, karena hanya sedikit sekali komputer yan gmasih menggunakan port ini (dimana kebanyakan sudah menggunakan port USB). Selain itu, port PS/2 pun memiliki kelemahan, berupa sensitivitas yang tidak sebaik USB. (Baca juga: Jenis – Jenis Port Jaringan , Fungsi Port pada Komputer)

Penggunaan port PS/2 ini juga membutuhkan kabel yang berkualitas dan tebal, karena port PS/2 mengeluarkan tegangan dan juga arus listrik yang cukup tinggi. selain itu, port PS/2 juga tidak mampu menyediakan konektivitas wireless.

Jenis Mouse Berdasarkan Fisiknya (Ukuran dan Bentuk)

Apabila kita melihat berdasarkan bentuk fisik dan juga ukurannya, kita bisa membedakan jenis – jenis mouse komputer ini berdasarkan beberapa ukuran. Berikut ini adalah beberapa jenis – jenis mouse berdasarkan fisiknya, baik dari segi ukuran dan juga bentuknya :

  1. Mouse standar

Sesuai dengan namanya, mouse standar merupakan jenis mouse yang memiliki ukuran fisik standar. Ketika kita melihatnya dari sisi fisik, mouse standar ini memilki ukuran yang paling besar, dan pas untuk digenggam secara utuh menggunakan tangan. Biasanya mouse standard ini bisa menggunakan kabel, wireless, dan juga bias menggunakan trackball (yang sudah sangat ditinggalkan saat ini). mouse standard ini adalah jenis mouse yang ukurannya sangat pas dan juga ergonomis dengan genggaman tangan, dan menjadi salah satu jenis mouse yang paling banyak digunakan. (Baca Juga: Perangkat Input dan Output Komputer , Fungsi Bluetooth pada Komputer)

  1. Mouse mini

Selain mouse standard, tentu saja ada mouse yang ukurannya lebih kecil. Mouse ini seringkali disebut sebagai jenis mouse mini. Mouse mini ini memiliki bentuk fisik yang sama persis dengan mouse standard, namun yang membedakan hanyalah dari ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan mouse standard. Ukuran mouse mini ini bisa dua kali lebih kecil dari mouse standard. Biasanya mouse mini ini banyak digunakan oleh para user laptop yang sering menggunakan mouse secara portable. Namun demikian, kenyamanan menggunakan mouse mini ini agak berkurang, karena faktor genggaman yang cenderung kurang pas di tangan user. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online , Jenis Scanner dan Fungsinya)

  1. Mouse fancy

Mouse fancy sebenarnya merupakan jenis mouse yang bentuknya jauh dari bentuk standar mouse pada umumnya. Mouse fancy merupakan jenis mouse yang sengaja dibuat denga desain khusus, baik sebagai mouse hiasan, ataupun sebagai mouse yang menunjukkan hobi semata. Salah satu contoh mouse fancy ini adalah mouse dengan bentuk seperti mobil, mouse dengan bentuk baju kaos, mouse berbentuk bola, dan lain sebagainya. (Baca Juga: Perbedaan Notebook dan Laptop , Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya)

Mouse fancy ini merupakan mouse yang kualitasnya sedikit dipertanyakan, karena mouse ini biasanya tidak mengindahkan standar kualitas, namun banyak mengedepankan desain yang unik saja. Selain itu, kebanyakan mouse fancy ini juga memiliki merk yang terkesan ‘abal – abal’ tidak seperti mouse standard dengan merk yang sudah terjamin kualitasnya, seperti Logitech, razor, HP, dan merk lainnya.

Jenis Mouse Berdasarkan Fungsinya

Jenis – jenis mouse komputer juga bisa kita bedakan berdasarkan fungsinya. Ada mouse yang berfungsi standar, dan juga ada mouse yang memiliki fungsi lebih dan memilki banyak fitur. Berikut ini adalah kedua jenis mouse komputer berdasarkan fungsinya :

  1. Mouse standar

Apabila kita lihat dari segi fungsinya, mouse standard adalah jenis mouse yang fungsinya palng simple. Mouse standard biasanya hanya mengadopsi tiga buah tombol saja, bahkan beberapa hanya memberikan dua tombol saja. Tombol tombol tersebut adalah tombol klik kiri, klik kanan, dan juga tombol scroll. Mouse ini tidak memiliki fitur – fitur tambahan apapun, seperti misalnya pilihan DPI, fitur sensitivitas, tombol back forward, dan lain sebagainya. (Baca Juuga: Jenis SSL Website , Bahasa Pemrograman Web Paling Populer)

Kelebihan mouse standard

  • Harga relative lebih murah
  • Cocok untuk kebutuhan standard user, seperti office, browsing, dan kebutuhan standard lainnya.

(Baca Juga: Ciri Ciri Browser Kena Virus , Perbedaan Browser dan Search Engine)

Kekurangan mouse standard

  • Sensitivitas yang biasa saja, dan tidak bisa dilakukan pengaturan
  • Modelnya yang tidak menarik (tanpa adanya lekukan – lekukan tambahan untuk meningkatkan sisi ergonomis.

  1. Mouse gaming / design / full featured

Mouse berdasarkan fungsinya yang berikutnya adalah jenis mouse gaming atau juga sering disebut sebagai mouse full featured. Jenis mouse ini adalah jenis mouse yang fungsinya paling lengkap, yang minimal memiliki 5 buah tombol, yaitu klik kiri, klik kanan, scroll, tombol previous, dan juga tombol forward. Beberapa mouse lainnya memiliki tambahan berupah pengaturan sensitivitas atau DPI, kecepatan kursor, tombol khusus untuk bermain game, dan sebagainya. (Baca Juga: Tips Memilih Power Supply yang Bagus Untuk PC Gaming , Fungsi Tombol ESC)

Kelebihan dari mouse full featured

  • Sangat cocok untuk gaming dan juga design
  • Memiliki fitur – fitur yang sangat lengkap
  • Terdapat pengaturan sensitifitas
  • Desainnya yang menarik
  • Peningkatan kenyamanan berkat bahan – bahan dan juga sisi ergonomis yang tinggi
  • Bisa digunakan di atas kaca
  • Jauh lebih sensitive dibandingkan mouse standar

(Baca Juga: Jenis – Jenis VGA Card , Tips Membeli Kapasitas Ram Yang Sesuai Kebutuhan)

Kekurangan dari mouse full feature

  • Harganya yang cenderung mahal
  • Boros baterai (mouse wireless)
  • Bobotnya yang cukup berat

Tips Dalam Merawat Mouse

Bagi anda yang sering menggunakan mouse dalam pekerjaan anda, berikut ini ada beberapa tips sederhana dan juga simple yang bisa anda coba lakukan supaya mouse anda tetap baik kondisinya dan juga tahan lama :

1. Selalu matikan mouse wireless ketika sedang tidak digunakan

Bagi anda yang menggunakan mouse wireless, ada baiknya bagi anda untuk selalu mematikan mouse wireless anda menggunakan tomboll off yang tersedia. Meskipun bberapa mouse wireless menyediakan fitur auto off setelah beberapa menit tidak digunakan, namun mematikan mouse wireless secara manual menggunakan tombol power sangat penting dilakukan. Hal ini untuk membantu mencegah agar baterai tidak cepat habis. dan juga berguna untuk mencegah agar mouse wireless anda tidak sengaja terpencet atau klik ketika anda membawa – bawa mouse wireless anda tersebut. (Baca Juga: Cara Agar Baterai Android Awet , Software Untuk Melacak Lokasi Nomor Handphone)

2. Hindari terlalu sering membanting mouse, baik sengaja maupun tidak sengaja

Bagaimanapun kualitas dari sebuah mouse, mouse memang tidak didesain untuk dibanting, terjatuh, dan terlempar, baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Karena itu, hindarilah membanting atau melempar mouse, karena komponen – komponen elektronik di dalam mouse sangatlah sensitive, terutama pada bagian optic dan juga transmitter (apabila menggunakan mouse wireless). Selain itu, kerusakan juga akan sangat mudah terjadi pada bagian tombol – tombol mouse tersebut. (Baca Juga: Fungsi Data Link Layer , Fungsi Tombol F1 sampai F12)

3. Klik seperlunya, jangan terlalu bernafsu dalam mengklik

Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya mouse tidak akan bertahan selamanya. Mouse memiliki durasi klik yang terbatas, dimana mouse bisa saja menjadi rusak apabila sudah melewati lebih dari 10 ribu hingga 1 juta kali klik. Proses ini tentu saja akan menjadi sangat panjang, terutama apabila anda jarang melakukan klik terhadap mouse. Namun, ketika anda terlalu berlebihan dalam menggunakan mouse, misalnya untuk bermain game extreme, maka hal ini akan memperpendek usia klik dari mouse tersebut. jadi, bijaklah dalam menggunakan mouse anda. (Baca Juga: Keuntungan OLX Dari Mana?)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 14th, November 2016 / 00:35 Oleh :
Kategori : Mouse