Sponsors Link

7 Penyebab Layar Laptop Blank

Sponsors Link

Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang mungkn saat ini sudah sangat banyak digunakan karena kepraktisan dan juga kemampuannya yang sangat baik. Namun demikian, seperti kebanyakan elektronik lainnya, laptop pun memiliki potensi yang tinggi untuk mengalami masalah. Salah satu masalah yang cukup sering muncul adalah layar laptop blank. Apa saja penyebab layar laptop blank? Berikut ini adalah beberapa penyebab layar laptop blank : (Baca Juga: Fungsi Monitor LCD , Fungsi LCD Proyektor)

1. Display driver laptop anda mengalamai masalah teknis

Penyebab pertama dari masalah layar laptop anda yang blank adalah karena kemungkinan display driver pada laptop anda mengalami gangguan secara teknis. Display driver merupakan aplikasi atau software yang bertanggung jawab dam memiliki peran penting dalam menampilkan hasil Pemrosesan informasi ke dalam output, salah satunya adalah layar laptop anda. Apabila display driver anda mengalami gangguan teknis dan kesalahan tertentu, maka hal ini akan menyebabkan layar laptop anda menjadi blank, dan anda tidak melihat apapun di layar laptop anda. (Baca Juga: Penyebab Printer Offline , Fungsi Bluetooth pada Komputer)

Hal ini biasanya bisa terjadi karena ada beberapa file dari driver display laptop anda yamg mengalami corript. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakikan repair, atau bisa juga dengan menginstall ulang driver display pada laptop anda.

2. Display driver laptop anda memiliki versi yang tidak sesuai

Penyebab Layar laptop blank lainnya, selain karena kerusakan teknis pada driber display laptop anda. Hal ini juga bisa disebabkan karena kemungkinan display driver pada laptop anda memiliki versi yang tidak sesuai dan juga tidak kompatibel dengan spesifikasi komputer dan juga sistem operasi yang anda miliki. Bisa jadi hal ini memang disebabkan karena driver display anda memiliki versi yang sudah terlalu lama, atau memang hal ini disebabkan karena anda salah menginstall display driver yang tidak sesuai dengan sistem operasi dan juga spesifikasi dari laptop anda. (Baca Juga: Penyebab Keyboard Laptop Rusak , Jenis Sistem Operasi Komputer)

Bagaimana Mengatasi kerusakan pada driver ini?

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan update pada display driver laptop anda yang sesuai dengan spesifikasi hardware laptop anda. Atau anda juga bisa melakukan proses install ulang driver display laptop anda sehingga bisa berfungsi kembali dengan normal dan bisa anda gunakan seperti sedia kala. (Baca Juga: Bahaya Laptop Sering diinstal Ulang)

3. Kerusakan pada VGA dan juga Graphic Cards

Kerusakan pada VGA dan juga Graphic vards juga memegang peranan yang sangat penting dalam menjadi penyebab layar laptop anda menjadi blank dan tidak bisa digunakan lagi. Kerusakan pada VGA dan juga graphic carda ini bisa jadi disebabkan karena kesalahan dalam penggubaan laptop, ataupun disebabkan karena kualitas hardware yang buruk. Misalnya saja karena laptop anda terjatuh, mengalami oberheat sehingga VGA Card dan juga Graphic card teebakar dan kemungkinan lainnya yang disebabkam oleh penggunaan laptop yang buruk.

Baca Juga:

Kerusakan pada VGA dan juga Graphic Card pada laptop bisa disebut sebagai kerusakan yamg sangar berat dan juga mahal. Karena itu, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk mengganti laptop anda, atau melakukan tukar tambah dengan part yang baru.

Sponsors Link

4. LCD atau LED laptop mengalami kerusakan hardware

Penyebab berikutnya darinlayar laptop anda yang menjadi blank adalah karena disebabkan oleh lerusalan pada bahian LCD ataupun LED laptop anda. Hal ini merupakan salah satu hal yang memang jarang terjadi. Namin demikian, apabila layar alias LCD atau LED laptop anda mengalami kerusakan hardware, maka hal ini tentu saja akan menyebabkan layar laptop anda menjadi blank. (Baca Juga: Perangkat Input dan Output KomputerTips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis)

Biasanya, layar LCD atau LED laptop ini bisa menjadi blank dan mengalami kerusakan hardware disebabkan oleh kecerobohan user, dimana user tidak sengaja menggores dan merusak bagian Lcd dan juga LED laptopnya. Atau hal ini juga bisa terjadi ketika laptop anda terlalu tertekan oleh bemda yamg sangat berat, sehingga menyebabkan LED atau LCD laptop anda menjadi bermasalah, rusak dan akhirnya menimbulkan gejala layar laptop menjadi blank.

5. Kabel elastis atau fleksibel pada laptop mengalami kerusakan dan bermasalah

Penyebab kerusakan berupa layar laptop menjadi blank berikutnya bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada bagian fleksibel alias kabel elastis pada laptop anda. Perlu diketahui, untuk membuat sebuah laptop yang layarnya bisa dibuka tutup seperti sekaran ini, dibutuhkan sebuah kabel yang mampu menahan beban yang cukup besar. Maka dari itu, dibuatlah sebuah kabel elastis, alias fleksibel yamg dapat digerakkan dan mampu mendukung penggunaan laptop yang layarnya bisa dibuka tutup. Sayangnya, penggunaan yang mungkin kurang hati – hati seringkali menyebabkan bagian ini menjadi bagian yang rentan rusak (Baca Juga: Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer , Kelebihan Serat Optik Dibanding Kabel Biasa)

Gejala kabel elastis atau kabel fleksibel yang bermasalah :

Ketika bagian ini mengalami kerusakan, maka hal ini tentu saja akan menyebabkan munculnya gangguan berupa layar laptop menjadi blank. Gejala awalnya adalah biasanya seperti berikut ini :

  • Layar terlihat bergaris – garis
  • Muncul bintik hitam pada layar /dead pixel
  • Dead pixel bertambah banyakndan meluas
  • Layar laptop akan mengalami blank total

6. Menjalankan program atau aplikasi yang tidak sesuai dengan spek, seperti terlalu tinggi ataupun terlalu rendah dan tidak kompatibel dengan graphic card

Masalah blank pada layar laptop ini juga bisa saja terjadi karena adanya masalah dari kompatibillitas. Hal ini bisa terjadi ketika anda menjalankan suatu program ataupun aplikasi di dalam laptop anda yan mungkin tidak kompatibel dan juga tidak sesuai dengan spesifikasi dari laptop yang anda miliki. Biasanya, ketika anda menjalan program yang tidak kompatibel, maka program tersebut bias mengalami error, dan bisa menyebabkan system operasi anda menjadi crash. System operasi yang crash ini berpotensi menyebabkan keseluruhan laptop anda menjadi hang dan juga error, yang gejalanya bisa terlihat dari layar laptop yang tiba – tiba blank. (Baca Juga: Fungsi Domain , Contoh Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya)

Bagaimana mengatasinya?

Untuk mengetasinya, apabila laptop anda layarnya tetap blank dan tidak mau menyala, maka terpaksa harus dilakukan hard reset, dimana anda bisa mematikan laptop anda secara paksa, yaitu dengan menekan tombol power. Setelah computer kembali menyala, segera lakukan uninstall pada program yang menjadi biang keladi dari layar laptop anda yang blank tersebut.

sponsored links

7. Corrupt atau adanya masalah pada file explorer.exe.

Masalah lainnya yang bisa menyebabkan computer anda mengalami blank dan tidak bisa menampilkan apapun mungkin disebabkan karena file explorer.exe anda mengalami masalah. File explorer ini merupakan file yang digunakan oleh system operasi windows untuk memunculkan windows explorer dan juga desktop. Biasanya, ketika laptop anda mengalami corrupt dan juga masalah pada file explorer ini, maka laptop anda layarnya akan menjadi blank dan terkadan tidak muncul menu apapun. Masalah ini biasanya disebabkan oleh virus. (Baca Juga: Ciri Ciri Komputer Terkena Virus , Cara Menghilangkan Virus Shortcut)

Bagaimana mengatasinya?

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah melakukan penyetelan atau konfigurasi secara manual dengan menggunakan system operasi DOS. Dengan ini, anda bisa menghapus virus terlebih dahulu, lalu kemudian bisa memperbaiki file esplorer.exe yang corrupt. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows)

Menjaga agar layar laptop tidak mudah rusak dan blank

Nah, untuk menjaga agar layar laptop anda menjadi lebih awet dan juga lebih optimal dalam bekerja, sehingga tidak mudah menjadi rusak dan juga blank, ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan untuk menjaga agar layar laptop tidak cepat rusak. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga agar layar laptop tidak cepat rusak : (Baca Juga: Cara Menjaga Laptop Agar Tidak Cepat Rusak)

  1. Gunakan pembatas kain halus ketika anda akan menutup layar laptop anda
  2. Sebisa mungkin gunakan antigores dan proteksi lain pada layar laptop anda untuk menghindari goresan pada LC atau LED
  3. Jangan menekan – nekan layar laptop dengan jari
  4. Hindari penggunaan benda tajam berada di layar laptop
  5. Hindari penggunaan laptop hingga memanas atau overheat
Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 13th, October 2016 / 05:13 Oleh :
Kategori : Hardware