6 Penyebab RAM PC Penuh

Sponsors Link

RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu perangkat keras komputer yang sangat penting. Dalam perangkat keras ini, RAM berfungsi untuk menjadi memory atau penyimpan dari alikasi yang sedang berjalan. Biasanya kapasitas RAM pada sebuah PC berkisar antara 2 hingga 8 giga. RAM ini merupakan salah satu perangkat keras yang berperan dalam proses multitasking, dan sangat efektif untuk meningkatkan kinerja komputer dengan baik. (Baca Juga: Perbedaan RAM Dan ROM , Fungsi RAM Pada Komputer dan HP)

Namun demikian, terkadang maslah timbul ketika kapasitas RAM di PC menjadi penuh. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab RAM PC penuh. Berikut ini adalah beberapa penyebab RAM PC menjadi penuh :

  1. Terlalu banyak aplikasi startup yang berjalan di PC

Penyebab pertama dari RAM PC menjadi penuh adalah karena faktor aplikasi startup yang berjalan. Aplikasi startup merupakan aplikasi yang berjalan tepat ketika sistem operasi mulai berjalan, yaitu ketika komputer baru menyala. (Baca Juga: Cara Meningkatkan Kinerja Laptop yang Lemot)

Biasanya, beberapa aplikasi startup msalnya saja adalah aplikasi antivirus, aplikasi firewall, dan bebrapa aplikasi yang sifatnya utilitas lainnya, atau aplikasi yang sifatnya modding dan berhubungan dengan kebutuhan tertentu. aplikasi startup yang terlalu banyak selain dapat menyebabkan RAM PC menjadi penuh dan hanya tersisa sedikit, juga akan menyebabkan PC anda menjadi sangat lemot dan juga mengalami lag pada saat melakukan startup. Karena itu anda bisa coba untuk menonaktifkan beberapa aplikasi startup yang mungkin tidak terlalu penting dan tidak terlalu dibutuhkan, sehingga dapat mencegah agar RAM PC anda menjadi terlalu penuh.

Baca Juga:

  1. Ada aplikasi yang tidak sengaja berjalan pada saat membuka aplikasi lainnya

Multiple application, alias ada banyak aplikasi yang muncul dan juga berjalan ketika anda menjalankan aplikasi lain. misalnya saja anda membuka Winamp. Di dalam winapm, terinstall pula aplikasi – aplikasi tambahan seperti plugin. Nah, kemunculan aplikasi seperti ini juga menimbulkan konsumsi memory RAM PC yang cukup tinggi. hal ini tentu saja bisa menimbulkan masalah berupa RAM PC yang penuh. Terlebih lagi ketika memory yang anda gunakan di dalam PC sifatnya ekonomis, alias kecil kapasitas memory nya. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Magento , Kelebihan dan Kekurangan Prestashop)

Sponsors Link

  1. Antivirus yang terlalu berat dan memakan RAM

Penyebab RAM PC penuh berikutnya bisa saja disebabkan karena adanya antivirus yang bekerja terlalu berat, sehingga memakan kapasitas RAM yang sangat banyak dan juga besar. Hal ini murni disebabkan karena mungkin antivirus yang anda gunakan memang membutuhkan beban yang cukup berat. atau hal ini juga bisa saja disebabkan ketika anda menggunakan antivirus terlalu banyak, misalnya dua antivirus di dalam satu buah sistem operasi. Hal ini tentu saja akan menyebabkan RAM PC anda menjadi lebih cepat penuh dan kinerja komputer anda menjadi lebih berat apabila anda hanya menggunakan RAM PC dengan kapasitas yang kecil. (Baca Juga: Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia , Bahaya Virus Komputer)

  1. Plugins pada browser yang terlalu banyak

Browser juga merupakan salah satu aplikasi yang menyumbang banyak sekali penggunaan RAM PC anda. terlebih lagi apabila browser yang biasa anda gunakan ini memiliki banyak sekali plugin yang memberatkan. Hal ini akan menyebabkan browser anda akan membutuhkan banyak sekali kapasitas RAM sehingga menyebabkan RAM PC anda menjadi penuh. Selain itu, penggunaan lebih dari satu browser windows dalam sekali pemakaian pun juga sangat berpotensi menyebabkan RAM PC anda menjadi cepat penuh, dan dampaknya adalah PC anda dapat menjadi sangat lemot dan juga lambat. (Baca Juga: Kelebihan dan kekurangan OsCommerce , Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce)

sponsored links

  1. Virus komputer

Selain disebabkan karena aplikasi yang sengaja kita install dan juga sengaja kita jalankan, faktor penyebab RAM PC penuh berikutnya adalah faktor virus. Ya, beberapa virus memang sudah berkembang, dari sekedar aplikasi biasa yang menyebabkan corrupt pada file, menjadi aplikasi yang jahat, dan menyebabkan RAM PC anda terkuras habis. Virus ini merupakan salah satu virus yang sangat menjengkelkan, karena virus ini menyebabkan RAM PC anda kana termakan habis dan menjadi cepat penuh padahal anda sedang tidak menjalan program yang berat. (Baca Juga: Ciri Ciri Browser Kena Virus , Pengertian Trojan Virus)

Hal ini tentu saja harus dibasmi dan diberantas dengan menggunakan program antivirus yang sudah teruji, sehingga dapat mengurangi gejala RAM PC yang penuh.

  1. Program running in background yang banyak

Hal lainnya yang menyebabkan RAM PC menjadi penuh adalah karena adanya background program yang sedang berjalan, dan jumlahnya banyak. Background program mirip seperti program yang berjalan pada saat startup. Bedanya, background program ini tidak selalu muncul pada saat startup, namun bisa kita jalankan setelah startup, dan secara otomatis, program tersebut akan berjalan di background. Misalnya saja adalah program seperti Daemon Tools, IDM, Winamp, Plugin, dan berbagai aplikasi lain yang baru akan berjalan di background ketika kita perintahkan. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Browser Internet Explorer , Cara Mempercepat Startup Komputer)

Hal ini bisa kita atasi dengan menutup aplikasi tersebut. Caranya adalah anda bisa melihat pada sistem tray, pada bagian kanan bawah. Disana terdapat berbagai macam aplikasi yang berjalan pada background. Anda hanya perlu menutup aplikasi tersebut untuk mengurangi beban RAM PC anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Thursday 13th, October 2016 / 02:48 Oleh :
Kategori : Hardware