Sponsors Link

5 Cara Memperbaiki Cartridge – Head dan Chip

Sponsors Link

Perangkat printer saat ini nampaknya telah menjadi salah satu kebutuhan dalam berbagai bidang pekerjaan, mulai dari pekerjaan yang memang membutuhkan hasil cetak berkualitas tinggi seperti studio foto (untuk mencetak foto berkualitas tinggi) hingga membantu pelajar untuk mencetak tugas – tugas sekolahnya (misalnya makalah dan lain sebagainya) yang notabene berkualitas standar saja. (Baca juga : Fungsi Printer pada Komputer , Software yang Digunakan untuk Mengakses Internet)

ads

Oleh karena itu, banyak printer dengan beragam spesifikasi beredar dipasaran, mulai dari printer yang hanya dapat mencetak dengan tinta warna hitam saja (seperti printer dot – matrix, walaupun yang digunakan bukan tinta cair melainkan semacam pita) hingga printer yang dilengkapi dengan scanner sehingga dapat digunakan layaknya mesin fotokopi, namun sebenarnya kualitas hasil cetak suatu printer salah satunya ditentukan oleh kualitas cartridge – nya. (Baca juga : Penyebab Printer Menjadi Offline , Macam Macam Software Pengolah Kata)

Saat cartridge printer bermasalah, maka sebagus apapun fitur – fitur yang terdapat pada printer, hasil cetakannya tidak akan optimal, oleh karena itu penting untuk Anda yang memiliki printer untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki cartridge printer yang bermasalah, mungkin Anda bisa minta bantuan pada teknisi komputer yang Anda percaya, namun tidak ada salahnya belajar untuk memperbaikinya sendiri. (Baca juga : Cara Mengatasi Printer Not Responding , Macam Macam Software Editing Video)

Cartridge printer yang cenderung rawan rusak biasanya cartridge printer yang bagian head cartridge (kepala pencetak), chip cartridge dan ink tank (wadah tinta) cartridge – nya menyatu, sebut saja salah satu printer favorit Saya yang menggunakan cartridge seperti itu, Canon Pixma iP2770. (Baca juga : Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Lampu Kuning Berkedip 5 Kali , Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Lampu Kuning Berkedip 3 Kali)

Ada beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada cartridge printer, dalam artikel ini kita akan membahas kerusakan head cartridge karena adanya penyumbatan tinta yang menggumpal, adapun kerusakan pada head cartridge yang disebabkan (misalnya) karena head cartridge cacat seperti tergores benda tajam, Saya pikir itu kerusakan fatal yang (kemungkinan besar) tidak dapat diperbaiki, teman – teman teknisi yang pernah Saya mintai tolong untuk memperbaikinya pun semuanya “angkat tangan”. (Basa juga : Cara Memperbaiki Error Number 5100 Printer Canon iP2770)

Kerusakan lain yang cukup sering dialami cartridge printer adalah tidak terbacanya perangkat cartridge printer oleh sistem operasi (atau lebih tepatnya perangkat lunak bawaan printer), biasanya kerena konektor chip cartridge kotor atau rusak, Saya pikir selama chip cartridge hanya kotor hal tersebut masih bisa diperbaiki, namun apabila rusak parah misalnya kabel fleksibel chip cartridge terbakar atau sobek, nampaknya kita harus “lembiru” (lempar, beli yang baru), berikut ulasannya.

Cara Memperbaiki Head Cartridge Printer yang Tersumbat

Cartridge printer menjadi tersumbat biasanya terjadi karena printer tidak digunakan untuk mencetak dalam waktu yang cukup lama, karenanya tinta diujung cartridge (dipangkal head cartridge) menjadi kering dan menghambat aliran tinta dari ink tank cartridge ke head cartridge, akhirnya hasil cetak menjadi tidak jelas (warna pudar atau ada bagian yang tercetak, belang). (Baca juga : Cara Mengatasi Printer Error , Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis)

Untuk memperbaiki cartridge printer yang tersumbat seperti itu, jika Anda menggunakan sistem operasi Windows maka Anda dapat mencoba beberapa cara dibawah ini, Saya contohkan perangkat printer yang di gunakan adalah Canon PIXMA iP2770:

ads

1. Bersihkan head dengan fitur Head Cleaning.

Cara membersihkan head printer

  • Buka Control Panel, cari saja di Start Menu dengan keyword “control panel” (tanpa tanda kutip).
  • Setelah jendela Control Panel terbuka, jika antar muka Control Panel menggunakan mode View by Category (lihat bagian kanan atas), maka klik View devices and printers pada kategori Hardware and Sound.
  • Jika antar muka Control Panel menggunakan mode View by Large icons atau View by Small icons (lihat bagian kanan atas), maka klik Devices and Printers.
  • Setelah jendela Devices and Printers terbuka, lihat printer yang bersangkutan (contoh Canon iP2770).
  • Klik kanan pada icon printer tersebut lalu pilih Printing Preferences.
  • Jendela Printing Preferences akan muncul, klik tab Maintenance.
  • Kemudian klik Head Cleaning.
  • Klik Start atau Ok atau Yes jika muncul jendela konfirmasi, proses pembersihan head akan berlangsung, tunggu hingga proses selesai yang ditandai dengan printer berhenti beroperasi.

Cobalah cetak (gambar, teks, apapun) pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada cartridge printer tersebut terkategori ringan, namun jika hasil cetak masih sama seperti sebelumnya, maka coba cara kedua.

2. Cabut cartridge printer, sedot tinta dari head cartridge dengan toolkit penyedot tinta khusus.

Anda dapat membeli toolkit penyedot tinta di toko komputer terdekat, namun bila Anda kreatif Anda dapat membuatnya sendiri dengan memodifikasi bekas suntikan tinta printer, tutorial cara pembuatannya dapat dengan mudah Anda temui di website atau blog bahkan di youtube, silahkan Anda searching. (Baca juga : Cara Menambah RAM PC , Cara Menambah VGA Laptop Dengan Software)

Cara menyedot tinta dari head cartridge

  • Cabut cartridge printer yang bermasalah dari printer (untuk printer Canon PIXMA iP2770, cukup dengan menyalakan printer lalu membuka penutup printer dan cartridge printer akan berpindah ke posisi releaseable)
  • Tempelkan bagian ujung penyedot tinta ke bagian head cartridge (bawah cartridge) lalu tarik tuas pada penyedot tinta hingga tinta dari dalam cartridge mengalir keluar dari head cartridge.
  • Lakukan terus hingga tidak ada tinta tersisa di dalam head cartridge.
  • Jika sekiranya sudah kosong, maka isi cartridge printer tersebut dengan tinta baru (sangat disarankan) atau tinta yang tadi disedot keluar oleh penyedot tinta (tapi tidak Saya sarankan menggunakan tinta “bekas” tersebut kecuali darurat).

Coba cetak beberapa gambar atau teks pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada cartridge printer tersebut terkategori sedang, namun jika hasil cetak masih sama seperti sebelumnya, maka coba cara ketiga.

3. Rendam bagian bawah cartridge printer dengan cairan head cleaner.

Sebenarnya sebagai alternatif jika Anda tidak mendapatkan head cleaner (atau untuk menghemat biaya) Anda dapat menggunakan air panas sebagai gantinya, hanya saja hasilnya akan lebih optimal apabila menggunakan cairan head cleaner, Anda bisa mendapatkannya di toko komputer terdekat. (Baca juga : Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static , Kelebihan dan Kekurangan Linux)

Cara menggunakan head cleaner

  • Siapkan wadah dengan ukuran yang sekiranya dapat masuk dua buah cartridge printer (Saya asumsikan cartridge printer yang bermasalah adalah cartridge hitam dan cartridge warna), Saya biasanya menggunakan tutup toples berukuran diameter sekitar 15cm.
  • Tuangkan head cleaner secukupnya, ketinggian sekitar 2mm hingga 5mm karena hanya akan digunakan untuk merendam bagian head cartridge, bukan keseluruhan cartridge printer.
  • Letakkan cartridge printer didalam wadah tersebut dengan posisi bagian head cartridge terendam oleh cairan head cleaner.
  • Biarkan hingga beberapa jam, Saya sarankan semalaman namun sesuaikan saja dengan kondisi, cukup hingga sekiranya cairan head cleaner mengikis tinta yang menggumpal pada head cartridge.
  • Jika dirasa telah cukup, angkat cartridge printer lalu bersihkan bagian head dengan tisu kering.

Coba cetak beberapa gambar berwarna pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada cartridge printer tersebut terkategori berat, jika tidak konsultasikan dengan teknisi komputer.

Baca juga :

Biasanya para teknisi memiliki vakum khusus (hasil rakitan) untuk menyedot dan membersihkan head cartridge, atau Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli cartridge baru yang sejenis.

Cara Memperbaiki Chip Cartridge yang Bermasalah

Bagian lain dari cartridge printer yang rentan rusak adalah bagian chip – nya (terletak di bagian belakang cartridge), saat chip cartridge rusak, layar komputer akan menampilkan pesan kesalahan (error message) saat digunakan.

  • Cartridge tinta tidak dikenal
  • Cartridge tinta tidak kompatibel
  • Cartridge tinta belum terpasang
  • Cartridge tinta tidak terpasang dengan benar
  • Dan lain sebagainya

(Baca juga : Jenis Processor AMD , Perbedaan Antara Intel dan AMD)

1. Cabut cartridge printer, lalu bersihkan bagian konektor chip – nya.

Chip cartridge memiliki konektor berbentuk titik – titik kecil berwarna kuning keemasan (khas jalur sirkuit pada board), jika Anda mendapati pesan kesalahan yang semakna dengan contoh diatas, maka kemungkinan chip cartridge printer Anda kotor karena terciprat tinta atau permukaan konektor chip mulai berkerak karena faktor usia. (Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Harddisk SSD , Jenis – Jenis Harddisk)

Cara membersihkan konektor chip cartridge

  • Siapkan tisu kering dan penghapus berbahan karet.
  • Cabut cartridge printer dari printer.
  • Bersihkan konektor chip cartridge dengan tisu kering, tisu kering di maksudkan untuk membersihkan konektor chip cartridge dari kotoran basah (cairan).
  • Kemudian bersihkan konektor chip cartridge dengan penghapus, penghapus (yang terbuat dari karet) di maksudkan untuk membersihkan konektor chip cartridge dari kotoran kasar seperti kerak.
  • Pasang kembali cartridge printer seperti semula.

Periksa apakah pada layar monitor masih muncul pesan kesalahan seperti di atas atau tidak saat printer digunakan, jika tidak maka coba cetak beberapa gambar atau teks pada beberapa lembar kertas dan perhatikan hasilnya, namun jika printer tidak dapat mencetak karena pesan kesalahannya masih muncul, coba cara kedua.

Sponsors Link

2. Solder ulang konektor chip cartridge (Kemungkinan kecil berhasil)

Cara ini dilakukan dengan asumsi chip cartridge rusak (bukan kotor) karena beberapa hal, biasanya terjadi korsleting listrik pada konektor atau arus listrik yang tidak stabil yang menyebabkan chip cartridge “terbakar” dan mengakibatkan konektor chip cartridge tidak dapat terhubung seperti seharusnya, dan untuk memperbaikinya tentu saja diperlukan peralatan khusus (mungkin standar industri) dan kapasitas teknisi yang memadai. (Baca juga : Kelebihan Printer Laser Dibanding Inkjet , Processor Paling Tinggi Saat Ini)

Namun ada cara untuk memperbaiki kerusakan pada chip cartridge yang layak dicoba yaitu menyolder (mematri) ulang konektor chip cartridge, tidak dibutuhkan timah solder dalam proses ini, hanya butuh beberapa alat dan berikut:

  • Solder dengan mata (ujung) yang runcing.
  • Flux solder.
  • Penghapus berbahan karet (penghapus pensil biasa).
Cara menyolder ulang konektor chip cartridge

  • Siapkan solder, pastikan mata solder bersih, lalu panaskan (hubungkan ke listrik).
  • Siapkan cartridge yang bermasalah, pastikan bagian sekeliling konektor chip cartridge tertutupi flux, hal tersebut dimaksudkan diantaranya untuk melindungi kabel fleksibel konektor chip cartridge agar tidak terkena dampak panas dari solder.
  • Tempelkan mata solder ke konektor chip cartridge satu per satu, jangan terlalu lama, masing – masing cukup sekitar 2 hingga 3 detik saja.
  • Setelah selesai, bersihkan konektor chip cartridge dengan penghapus.
  • Pasang cartridge printer pada printer seperti semula lalu lakukan uji coba.

Baca juga :

Oke, cukup sekian pembahasan kita mengenai cara memperbaiki cartridge printer, semoga bermanfaat untuk Anda yang hobi “ngoprek”, namun tetap utamakan keselamatan kerja dalam melakukan perbaikan apapun, jangan malu untuk meminta bantuan rekan Anda yang mungkin lebih berpengalaman jika Anda tidak yakin melakukannya sendiri, dan jangan lupa, do with your own risk.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 25th, April 2017 / 02:18 Oleh :
Kategori : Printer