Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Paling Mudah

Sponsors Link

Printer merupakan salah satu peripheral komputer yang keberadaannya sangat berguna untuk pencetakan berbagai jenis dokumen, gambar, atau foto. Dengan adanya printer, proses pencetakan jadi lebih mudah dan cepat. Namun seringkali printer mengalami berbagai permasalahan yang mrnyebabkan printer gagal mencetak.

ads

Banyak hal yang menjadi penyebab printer tidak bisa mencetak. Bisa karena terjadinya error pada perangkat sehingga printer tidak bekerja atau not responding, bisa juga karena tinta printer tidak keluar, atau karena kerusakan pada perangkat. (baca juga: cara mengatasi printer not responding , cara mengatasi printer error)

Biasanya jika terjadi error pada perangkat kita bisa mengetahui penyebabnya lewat blink yang diberikan oleh lampu indikator. Namun sayangnya tidak semua permasalahan terdeteksi dan juga tidak semua printer dibekali lampu indikator (baca juga: tips memilih printer yang bagus dan awet, tips memilih printer yang bagus dan murah)

Salah satu permasalahan yang cukup merepotkan adalah ketika tinta printer tidak keluar saat mencetak. Sehingga meskipun printer berjalan dengan normal, kertas yang keluar dari printer tetap kosong, alias gagal mencetak. Berikut akan dosenIT paparkan cara mengatasi tinta printer tidak keluar, untuk membantu anda mengatasi hal tersebut.

1. Isi Ulang Tinta Printer

Jika tinda printer anda habis, tentu saja catridge tidak akan dapat mengeluarkan tinta untuk mencetak. Indikasi bahwa tinta telah habis bisa anda lihat dari hasil cetakan printer yang bergaris-garis, lalu lambat laun semakin memudar hingga sama sekali tak tampak. Anda bisa membaca penyebab printer bergaris dan cara mengatasi hasil print bergaris sebagai tambahan referensi.

Jika anda menggunakan tinta inject, anda bisa memperkitakan isi tinta dari berat catridge. Catridge yang telah ringan, kemungkinan tintanya telah habis, anda juga bisa mengingat-ingat kapan terakhir kali mengisi tinta, dan pemakaian tinta yang anda lakukan. Jika tinta memang telah habis, segera lakukan pengisian. Sesuaikan pengisian tinta dengan ukuran catridge. Jangan terlalu banyak agar nantinya tidak luber dan merusak catridge. (baca: kelebihan printer laser dibanding inkjet)

Jika anda menggunakan tinta infuse, akan jauh lebih mudah. Biasanya tabung infuse cukup transparan, sehingga isi tinta dalam tabung bisa dilihat dengan  mudah. Jika memang telah habis, tentu anda harus mengisinya kembali. Sebaiknya jangan tunggu tinta habis untuk mengisinya.

2. Lakukan Cleaning dan Deep Cleaning

Setiap printer biasanya dibekali fitur maintenance pada driver bawaannya. Salah satu fitur maintenance yang penting adalah cleaning dan deep cleaning, yang berfungsi membersihkan catridge dari sumbatan yang mungkin terjadi pada saluran atau pada kepala catridge. Namun cara ini hanya akan berhasil jika sumbatan yang terjadi tidak terlalu parah. (Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop , Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis)

Berikut cara melakukan cleaning/ deep cleaning:

  • Klik Start > Devices and Printer
  • Klik kanan pada printer bermasalah yang terpasang pada komputer anda
  • Pilih opsi Printing preferences
  • Pada Tab Maintenance, akan muncul banyak opsi maintenance printer yang bisa anda lakukan. Klik opsi Cleaning/ Deep cleaning.
  • Tunggu hingga proses selesai. Lakukan 2 sampai 3 kali untuk hasil lebih memuaskan.

Baca juga

ads

3. Bersihkan Sumbatan pada Head Catridge

Adanya sumbatan pada head catridge, akan menyebabkan tinta tidak dapat keluar, sehingga printer tidak dapat melakukan pencetakan. Jika sumbatan yang terjadi tidak terlalu parah, anda bisa mengatasinya dengan deep cleaning. Namun jika deep cleaning tidak dapat membantu, anda bisa mencoba merendam head catridge dengan air hangat untuk membersihkan sumbatannya. (Baca juga : Cara Menambah RAM PC , Cara Menambah VGA Laptop Dengan Software)

Hal ini biasanya terjadi pada printer yang telah lama tidak dipakai, sehingga tinta pada head mengering. Berikut langkah-langkah membersihkan sumbatan pada head catridge:

  • Siapkan air hangat dalam sebuah wadah yang cukup besar untuk merendam catride. Sebaiknya jangan terlalu tinngi, dan gunakan bahan kaca agar bekas tinta dapat dibersihkan dengan mudah.
  • Siapkan tisyu/ kain drill
  • Lepaskan dan keluarkan catridge dari printer
  • Rendam head carridge pada air hanget selama beberapa menit. Hanya rendam head catridge, bukan seluruh catridge.
  • Setelah dirasa mencukupi, ambil kembali catridge. Sebagai indikator bahwa catridge sudah tidak lagi tersumbat, air akan berwarna – tercampur tinta yang kelaur dari catridge.
  • Lap head catridge dengan perhalan dan hati-hati menggunakan tisyu/ kain drill.
  • Angin anginkan hingga head benar-benar kering. Anda bisa mengoleskan alcohol untuk hasil lebih baik.
  • Pasang kembali catridge ke dalam printer dengan hati-hati.

Baca juga:

4. Hilangkan Rongga Udara pada Selang Tinta Infuse

Jika anda menggunakan tint infuse, mungkin anda sering menemukan terdapat rongga-rongga udara pada selang infuse yang tidak terisi tinta. Hal ini bisa menyebabkan tidak lancarnya pengeluaran tinta dari catridge, bahkan bisa menyebabkan tidak keluarnya tinta. (Baca juga : Software Untuk Melacak Lokasi Nomor Handphone, Macam-macam Software Editing Video)

Jika rongga-ronga tersebut hanya berukuran kecil, anda bisa mengatasinya dengan deep cleaning. Namun jika rongga udaranya terlalu panjang, hingga lebih dari 5 cm, deep cleaning tidak akan dapat membantu banyak. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan jarum suntik (tanpa jarum) untuk melakukan langkah berikut:

  • Siapkan jarum suntik, gunakan tanpa jarum.
  • Masukkan ujung jarum suntik ke dalam tempat pengisian tinta yang bermasalah pada tabung. Sebaiknya jepit terlebih dahulu selang tinta.
  • Lepaskan catridge, dan keluarkan dari printer dengan hati-hati.
  • Lepaskan selang yang bermasalah dari catridge. Lepaskan pula jepitan selang.
  • Tekan jarum suntik, sehinggga udara masuk melalui tabung dan mendorong tinta masuk ke selang. Lakukan hingga seluruh rongga udara pada selang tinta hilang dan terisi tinta seluruhnya.
  • Setelah seluruh rongga udara pada selang hilang, pasang kembali selang pada catridge.
  • Pasang kembali catrige pada printer. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu head catridge.
  • Jika selang yang bermasalah lebih dari satu (misalnya selang tinta hitam, merah, atau kuning juga), lakukan langkah diatas pada semua tabung tinta tersebut.

Baca juga:

5. Perbaiki/ Ganti Catride

Jika keempat langkah diatas tidak dapat membantu menyelesaikan masalah tinta yang tidak keluar pada printer anda, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan pada catridge printer anda. anda bisa mencoba memperbaikinya ke tempat service printer, mencoba membongkarnya sendiri atau membeli catridge baru. (Baca juga : Cara Melacak Orang dengan GPS)

Sebenarnya jika head catride mengalami kerusakan, mau tidak mau anda harus membeli catridge baru. Namun kadang kala penyebab rusaknya catridge disebabkan usia catridge sudah tua, atau tidak dipakai dalam jangka waktu lama; sehingga pada bagian dalam catridge menjadi kotor dan banyak tinta yang mengering. (Baca juga : Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static , Kelebihan dan Kekurangan Linux)

Sponsors Link

Jika anda merasa cukup siap untuk bereksperimen (dengan resiko ditanggung sendiri) anda bisa mencoba melakukan langkah berikut pada catridge anda sebelum membeli catridge baru. Sebagai tambahan referensi anda juga bisa membaca cara memperbaiki cartridge.

  • Lepaskan catridge dan keluarkan dari printer
  • Bongkar penutup bagian atas catridge. Lakukan dengan sangat hati-hati
  • Ambil busa dari dalam catridge, rendam dengan air hangat
  • Bersihkan busa, hingga tidak ada lagi tinta yang mengering pada busa
  • Setelah bersih, keringkan busa.
  • Selanjutnya bersihkan sumbatan pada head catridge dengan penyedot tinta (pembersih tinta).
  • Masukkan kembali busa ke dalam catridge, lalu pasang kembali tutup catridge menggunakan lem. Pastikan melekat sempurna tanpa rongga.
  • Pasang kembali catridge pada printer. Anda bisa mengisi tinta kembali dan mencoba mengeprint.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi tinta printer tidak keluar ini. untuk mengatasinya anda bisa mencoba mengisi tinta, melakukan deep cleaning, membersihkan catridge, atau menghilangkan rongga udara dari selang infuse tinta printer anda. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan.

Anda juga bisa membaca cara mengatasi printer canon IP2770 lampu kuning berkedip 3 kali, cara mengatasi printer canon IP2770 lampu kuning berkedip 5 kali, dan cara mengatasi printer offline untuk membantu anda mengatasi masalah printer lainnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 04th, May 2017 / 00:51 Oleh :
Kategori : Printer