Sponsors Link

4 Kelebihan Printer Laser Dibanding Inkjet

Kecanggihan teknologi yang sangat pesat, telah memunculkan berbagai macam inovasi dan variasi, tak terkecuali perangkat keras bernama printer. Kemunculan printer sebagai hardware dalam dunia teknologi memang manghadirkan banyak kemudahan dan manfaat. Terlebih printer adalah perangkat input dan output komputer yang penting dalam mencetak suatu dokumen.

ads

Saat ini fungsi printer selain sebagai mesin pencetak, baik cetak dokumen, gambar, grafik, maupun gabungan gambar dan dokumen, printer memliki kelebihan juga sebagai mesin pengganda, karena pesatnya teknologi yang memungkinkan manusia untuk berinovasi.

Sekarang banyak sekali inovasi dari berbagai perusahaan pengembang teknologi yang mengembangkan teknologi printer secanggih-canggihnya. Ada empat jenis printer yang mungkin sering kita temui, baik dirumah,sekolah, kampus maupun kantor.

  • Pertama jenis printer dot-matrix, ini jenis printer yang digunakan kepala cetak berupa sekumpulan jarum. Kumpulan jarum ini memukul pita dan menghasilkan cetakan pada kertas.
  • Kedua printer laser, ini merupakan jenis printer yang menggunakan sinar laser untuk mengendalikan pencetakan, sedangkan cetakan dihasilkan oleh bubuk toner.
  • Ketiga printer ink-jet, ini adalah jenis printer yang melakukan cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas.
  • Dan keempat thermal printer, ptinter ini sangat berbeda, sama seperti namanya, thermal printer yaitu menggunakan panas untuk mencetak kertas, bukan menggunakan cartridge tinta yang biasa digunakan oleh printer jenis lainnya, dengan teknologi ini, membuat thermal printer tidak bising (bahkan ada beberapa jenis yang tidak mengeluarkan suara).

Pada saat ini bahkan juga telah beredar printer multifungsi yaitu printer yang mampu melakukan fungsi pencetakan, fotokopi, scanner dan bahkan mesin faksimile. Terlepas dari semua kecanggihan printer dari berbagai variasi saat ini, disini akan dibahas mengenai apa saja yang kelebihan printer laser dibanding inkjet.

Kebanyakan orang saat ini, terutama di Indonesia masih banyak yang phobia terhadap printer laser, mereka banyak yang lari memakai printer inkjet, perbandingan pemakainya dengan printer inkjet kira-kira 8:2 kenapa bisa begitu? Karena harga yang terpaut begitu menjulang tinggi barangkali penyebabnya, bagaikan langit dan bumi, tetapi jika dipukul rata-rata dengan harga yang relatif lebih mahal, sebenarnya printer laser menawarkan teknologi yang memuaskan.

Karena masyarakat Indonesia yang begitu sangat hemat jadi lebih memilih printer inkjet yang relatif lebih murah, tetapi jika di telususri secara teknologi printer laser jauh lebih unggul. Kalau tidak percaya, mari simak ulasan berikut mengenai kelebihan Printer laser dibanding Inkjet;


1. Kecepatan

Printer laser memiliki kecepatan mencetak (print speed) mencapai sekitar 20 – 25 ppm harga 0.8 – 2 jutaan, artinya printer dapat mencetak sekitar 20 – 25 per menit. Sedangkan printer inkjet hanya memiliki kecepatan 16/12 ppm, dengan harga kisaran 400ribuan. Apalagi untuk printer laser dengan harga 3 juta ke atas kecepatannya sekitar 30 ke atas sampai sekitar 60 ppm. Itu untuk kecepatan mencetak B/W (black and white). Walaupun berharga sedikit lebih mahal, akan tetapi dengan kemampuan yang luar biasa rasanya tidak sia-sia.

2. Fitur

Sudah tak diragukan lagu, pada umumnya fitur printer laser jet lebih baik dari printer inkjet apalagi di bagian memory dan prosessor, printer laser memiliki kemampuan lebih tinggi dari printer inkjet, dengan kemampuan itu membuat printer laser jarang sekali troble.

3. Biaya Operasional

Dalam biaya operasional meliputi biaya perawatan dan penggantian cartridge, printer laser lebih unggul dibanding printer inkjet, karena printer laser penggantian cartridge relatif lebih lama, sedang printer inkjet harus sering lebih mengganti isi ulang (cartridge)


4. Kualitas Cetak

Walaupun dalam komposisi warna (real color) yang dihasilkan printer laser tidak sebagus printer inkjet, namun untuk hasil cetakan, baik hitam putih maupun cetak warna, hasil cetakan printer laser lebih baik, karena hasil cetakanya lebih cepat kering dan tahan air. Dan jika untuk pemakaian jangka panjang, printer laser jauh lebih hemat dari printer inkjet.

Begitulah ulasan kelebihan antara printer laser dengan ptinter inkjet, walaupun harganya relatif sedikit lebih mahal, tetapi dengan kualitas yang sangat baik rasanya tidak sia-sia untuk anda merogoh budget sedikit lebih dalam untuk mendapatkan kepuasan maksimal.

Akan tetapi semua pilihan akan kembali kepada diri anda, untuk memilih printer sesuai keperluan yang anda butuhkan. Tentu dengan mempertimbangkan budget, kebutuhan, dan keefisiennya serta kualitas yang sesuai dengan ekspektasi yang anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat!

artikel terkait:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 16th, January 2016 / 05:12 Oleh :
Kategori : Printer