Sponsors Link

6 Penyebab Printer Menjadi Offline

Sponsors Link

Printer offline merupakan suatu pertanda bahwa terdapat masalah dalam jaringan antara komputer anda dan printer anda. Printer offline berarti printer tersebut sedang tidak terhubung ke dalam sumber listrik, komputer, dan printer tersebut tidak dapat menerima tugas untuk mencetak dokumen, foto maupun gambar.

Fungsi printer pada komputer yang merupakan salah satu perangkat keras komputer untuk mencetak dokumen baik itu dokumen berupa kertas, fax, maupun visual seperti gambar. Printer menjadi salah satu hardware yang dibutuhkan dimanapun baik itu perkantoran, sekolah maupun rumah sakit memiliki peran penting dalam hal administrasi, namun jika terjadi error maka fatal juga akibatnya karena banyak pekerjaan akan tertunda.

Apa saja sih penyebab printer offline ini? berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab printer offline :

  1. Printer yang tidak kompatibel

Masalah ini mungkin jarang ditemui, namun demikian terkadang bisa saja terjadi pada beberapa merk dan tipe printer. Printer dengan beberapa jenis merk terkadang memang tidak kompatibel ataupun seringkali mengalami masalah ketika dipasangkan dengan komputer jenis tertentu. Ketika akan diinstall, memang printer akan menyala, printer terdeteksi dan driver dapat terinstall dengan baik. Akan tetapi, masalah kompatibilitas ini dapat mengganggu kinerja printer, mulai dari hasil cetakan yang kurang bagus dan seringkali terdeteksi printer menjadi offline dan tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi hal ini, cara paling penting yang harus anda lakukan adalah cek kompatibilitas dari printer yang akan anda gunakan dengan PC, atau laptop yang anda miliki. Pastikan keduanya bisa bekerja sama dengan baik, sehingga tidak menimbulkan masalah yang menyulitkan, seperti printer yang offline tersebut.

  1. Masalah pada driver atau driver belum terinstall dengan baik

Printer, sama seperti perangkat keras komputer lainnya, membutuhkan software untuk dapat berjalan di dalam sebuah komputer. Software tersebut kita kenal dengan istilah driver. Driver ini biasanya sudah berada di dalam satu paket penjualan printer, dan kita tinggal menginstallnya saja di komputer kita.

Namun, terkadang, driver yang sudah terinstall seringkali mengalmai masalah. Masalah tersebut biasanya berkaitan dengan kesalahan user saat akan menginstall driver dari printer tersebut. Ketika masalah pada driver muncul, atau driver dari sebuah printer tidak terinstall dengan baik dan sempurna, maka akan muncul beberapa gejala seperti printer yang offline, dan hasil cetakan yang buruk, serta ada beberapa dokumen yang tidak dapat dicetak dengan sempurna.

Untuk mengatasi masalah ini, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menginstall driver sesuai dengan buku manual, alias buku petunjuk penggunan printer. Gunakan settingan default dalam menginstall driver, agar nantinya printer dapat bekerja sesuai dengan spesifikasi dari pabriknya.

Sponsors Link

  1. Kabel power printer mengalami masalah / loss power

Biasanya, penyebab printer menjadi offline bisa terjadi apabila adanya loss power, alias masalah pada kabel power printer. hal ini biasanya terjadi pada printer yang sudah cukup berumur, dan sudah seringkali digunakan. Biasanya, hal ini terjadi ketika kabel printer sudah using, dan sering terjepit, sehingga power atau tenaga listrik yang harusnya mengaliri printer menjadi tidak optimal, dan menyebabkan printer menjadi offline.

Untuk mengatasi masalah ini, cara terbaik adalah dengan cara mengganti kabel power pada printer anda dengan kabel printer original dan baru. Selalu usahakan membeli produk original, karena produk original sudah melalui proses control yang ketat dan sudah diuji dengan baik di pabriknya.

  1. Kertas atau tinta habis dan kosong

Biasanya, penyebab lain dari printer yang offline adalah karena kertas dan tinta di dalam printer akan habis atau kosong, beberapa printer dapat mendeteksi kertas yang habis dan juga kosong, lalu melaporkannya melalui pop up di dalam komputer. Namun ada beberapa jenis printer yang tidak melakukan itu, dan hanya memberikan notifikasi bahwa printer yang anda gunakan sedang offline.

Saran terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah selalu menyediakan kertas cadangan, terutama ketika anda harus mencetak dokumen dalam jumlah banyak, dan selalu gunakan tinta atau cartridge printer yang original, sehingga tidak cepat habis, dan kualitas dari hasil cetakan akan menjadi sangat optimal.

sponsored links

  1. Printer terlalu banyak menerima beban kerja

Kondisi printer offline akibat beban kerja biasanya banyak terjadi pada lokasi yang membutuhkan banyak sekali proses mencetak, seperti di kantor, percetakan, dan juga warnet atau rental komputer. Biasanya, ketika printer menerima terlalu banyak tugas untuk melakukan proses mencetak, printer bisa mengalami ‘kelelahan’ akibat terlalu banyak beban kerja. Karena itu, terkadang pada tempat dengan beban kerja printer yang tinggi, seringkali ditemui masalah printer yang menjadi offline.

  1. Kerusakan pada hardware printer

Apabila setelah dicek dan diteliti, ke – lima penyebab printer offline tersebut tidak ada, namun printer anda tetap offline, mungkin saja penyebabnya berasal dari printer itu sendiri. Kondisi printer yang sudah tua, dan mungkin saja kualitas dai hardware printer yang kurang baik dapat menjadi pemicu dan juga penyebab dari printer yang sering offline.

Untuk mengatasinya, bila anda memiliki printer yang sudah tua, maka ada baiknya mengganti printer dengan baru, karena apabila diservis, kemungkinan harga part nya cukup mahal dan juga sangat sulit untuk dicari. Apabila printer tersebut masih relative baru, anda dapat melakukan klaim garansi ke distributor printer yang anda gunakan.

artikel terkait:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, February 2016 / 04:16 Oleh :
Kategori : Printer