Sponsors Link

6 Tips Memilih Printer Yang Bagus dan Awet

Sponsors Link

Printer merupakan salah satu jenis perangkat keras alias hardware yang saat ini sudah banyak sekali dibutuhkan oleh banyak orang, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan pekerjaannya. Printer sendiri sejak pertama kali ditemukan pada era tahun 80-an, dimana merupakan pengganti dari mesin tik yang sudah memiliki banyak sekali perubahan, mulai dari jenis dan juga teknologi yang digunakan. Apabila pada awalnya, printer membutuhkan waktu yang lama untuk mencetak dokumen, dan hanya bisa menggunakan tinta berwarna hitam putih, maka saaat ini, printer sudah bisa mencetak degnan sangat cepat, bahkan bisa mencetak dokumen dengan gambar dan juga warna yang sangat tajam dan bagus.

ads

Saat ini jenis printer yang digunakan sudah memiliki banyak fitur pelengkap, berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa di dapatkan dalam suatu printer:

  • Fitur mencetak foto berwarna hingga ukuran besar.
  • Mencetak dengan cepat (pada laser jet printer).
  • Fungsi melakukan pemindaian atau scanning dokumen.
  • Printer wireless.
  • Printer portable.
  • Mini Printer (untuk ukuran kertas kurang dari A4).

Itu adalah beberapa fitur pelengkap dari printer yang saat ini masih terus dikembangkan, terutama dari segi kecepatan mencetak, ketajaman hasil cetakan,, dan juga penggunaan tinta ataupun cardritge yang lebih efisien.

Memiliki printer yang bagus dan juga awet, serta bisa digunakan dalam berbagai macam kondisi tentu saja merupakan salah satu hal yang kita inginkan dan juga kita harapkan dari sebuah printer. Maka dari itu, para user juga harus pintar – pintar memilih printer yang bagus dan awet. Berikut ini adalah beberapa tips memilih printer yang bagus dan awet yang bisa di aplikasikan untuk dicoba :

  1. Membeli Printer Sesuai Dengan Kebutuhan

Yang paling utama adalah pastikan untuk apa anda membeli sebuah printer. Kalau hanya ingin untuk melakukan print dari dokument word atau excel biasa, dan dalam jumlah yang sedikit, maka pilihan deskjet dengan cardritge bisa jadi pilihan yang tepat. Jenis printer ini lebih tahan lama, dan membutuhkan perawatan yang mudah, terutama apabila hanya digunakan untuk melakukan proses print dalam jumlah sedikit. Namun apabila anda membutuhkan printer yang multifungsi, maka pastilah printer tipe laser dengan tinta berwarna merupakan pilihan yang tepat.

  1. Usahakan Membeli Printer Dalam Kondisi Baru

Diusahakan, dan juga sebaiknya untuk user membeli printer dalam kondisi yang baru. Mengingat biasanya printer merupakan salah satu perangkat yang mudah mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik, maka bisa saja anda mendapatkan kondisi printer second yang tidak bagus. Karena itu, anda disarankan untuk membeli printer yang baru, karena selain harganya yang juga tidak terlalu mahal, anda juga akan memperoleh garansi dari distributor dan juga pabrik yang membuat printer tersebut. Para userpun setidaknya harus tau bagaimana memilih printer yang bagus dan murah agar setelah membeli printer tersebut tidak mudah cepat rusak dengan harga yang mahal.

Sponsors Link

  1. Perhatikan Garansi Oleh Toko dan Pabrik Pembuatan Printer

Satu hal lainnya yang penting untuk anda perhatikan adalah melihat garansi yang diberikan oleh distributor. Apabila garansinya hanya sebentar, maka sebaiknya cari printer dengan jangka waktu garansi yang lama. Jangka waktu garansi yang lama menunjukkan keseriusan dari pabrik ataupun distributor terhadap kualitas dari produk yang mereka buat dan juga mereka jual.

  1. Pilihlah Merk Printer Dengan Kualitas yang Bagus

Merk juga merupakan salah satu indikator printer dengan kualitas yang bagus dan juga awet. Pilihlah merk – merk printer yang sudah teruji kualitasnya. Ada banyak sekali printer yang sudah teruji kualitasnya. Beberapa merk printer, seperti merk HP, Epson, Canon, dan beberapa merk lainnya merupakan pemain lama di dalam bisnis printer. Karena itu, anda bisa memilih tipe tipe printer dari beberapa merk tersebut.

  1. Cek Kondisi Fisik dari Printer

Kondisi fisik dari printer juga wajib untuk diperhatikan. Meskipun anda membeli printer dalam kondisi baru, namun demikian bisa saja printer tersebut mengalami cacat produk, dan mengalami gangguan operasional. Jadi selain dengan cara melakukan cek fisik dari printer, anda juga harus bisa memastikan bahwa printer tersebut bisa bekerja dengan baik dan tidak mengalami gangguan.

  1. Perhatikan Layanan After Sales dari Distributor Printer

Selain melihat kondisi fisik, user juga perlu untuk memperhatikan layanan after sales dari distributor. Pilih distributor yang memiliki after sales yangg baik, karena hal ini berhubungan erat dengan klaim garansi dan juga proses service printer apabila terjadi kerusakan. Ketika anda memilih printer dengan layanan after sales yang buruk, maka hal ini akan membuat anda juga merasa tidak nyaman.

Sponsors Link

Itulah beberapa tips memilih printer yang bagus dan awet. Namun demikian, printer tidak akan awet dan tetap baik apabila anda tidak merawatnya dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat printer dengan baik dan juga benar:

  • Jangan letakkan printer pada tempat yang terlalu panas.
  • Install driver printer hingga tuntas.
  • Gunakan selalu tinta berkualitas untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Jangan pernah meletakkan barang yang terlalu berat diatas printer.
  • Isitrahatkan printer apabila sudah terlalu panas.
  • Gunakan printer yang anda miliki sesuai dengan peruntukkannya. Misalnya jangan menggunakan ukuran kertas yang terlalu besar ataupun terlalu kecil, atau memaksakan kerja printer untuk mencetak gambar yang memiliki detail tinggi, padahal printer tersebut tidak support untuk print HD.

Itulah beberapa tips untuk memilih printer yang bagus dan awet, serta bebrapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat printer anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan juga dapat menambah wawasan anda semua. Terima Kasih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 11th, September 2015 / 03:19 Oleh :
Kategori : Printer