Sponsors Link

6 Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah

Sponsors Link

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen vital pada komputer termasuk laptop, RAM merupakan salah satu faktor penentu performa suatu komputer, oleh karena itu mengetahui spesifikasi RAM akan sangat bermanfaat untuk kita.

ads

(Baca juga : Fungsi RAM)

Mengapa kita perlu mengecek RAM laptop?

  1. Untuk menyesuaikan dengan system requirement suatu perangkat lunak

Saat kita hendak menginstall suatu perangkat lunak atau sistem operasi, ada baiknya jika kita perhatikan terlebih dahulu spesifikasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan sistem operasi atau perangkat lunak tersebut secara optimal. Hal itu disebut dengan kebutuhan sistem atau system requirement, hampir semua perangat lunak atau sistem operasi menyertakan minimum system requirement dan recomended system requirement, sebagian ada yang menyertakan informasi mengenai maximum system requirement.

Minimum system requirement merupakan informasi mengenai spesifikasi minimal yang harus ada pada laptop atau komputer, jadi jika laptop atau komputer kita tidak memenuhi syarat minimum pemasangan suatu perangkat lunak atau sistem operasi, maka perangkat lunak atau sistem operasi tersebut tidak dapat diinstall, atau kalaupun bisa diinstall hasilnya tidak optimal. Oleh karena itu sebelum menginstall suatu perangkat lunak pada laptop, misalnya saja game, perhatikan dulu system requirement pada perangkat lunak tersebut, misalnya membutuhkan RAM dengan kapasitas 2GB (abaikan jenisnya), maka kita harus memeriksa apakah laptop target memenuhi syarat yaitu salah satunya memiliki RAM 2GB.

(Baca juga : Penyebab RAM Berkurang)

  1. Untuk keperluan upgrade RAM

Laptop umumnya dilengkapi dengan dua buah slot RAM, namun biasanya hanya satu slot yang dipakai, hal itu memungkinkan kita menambah RAM pada slot satunya yang kosong, namun sebelumnya kita harus mengetahui jenis RAM apa yang cocok untuk slot tersebut. Upgrade RAM memang cukup menjadi solusi untuk meningkatkan performa laptop terutama pada laptop yang digunakan untuk gaming, video editing dan pekerjaan “berat” lainnya, selain kemampuan pemrosesan yang meningkat, upgrade RAM juga meningkatkan performa grafis.

Prinsipnya adalah dengan memperbesar kapasitas dedicated graphic adapter yang memang mengalokasikan kapasitas RAM untuk VGA (video graphic adapter), sehingga semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin besar pula graphic nya. Namun upgrade RAM tidaklah sembarangan, jenis RAM laptop berbeda-beda, selain itu juga sebaiknya (sangat disarankan) untuk Anda yang hendak memasang dua buah RAM agar menggunakan RAM yang identik, minimal kapasitasnya yang sama.

Sponsors Link

Dengan kata lain saat satu slot RAM dipasangi satu buah keping RAM berkapasitas 2GB, maka untuk menambah satu buah keping RAM pada slot lain, sebaiknya menggunakan RAM yang identik setidaknya yang memiliki ukuran yang sama-sama 2GB.

(Baca juga : Penyebab RAM PC Penuh)

Apa yang perlu diketahui dari RAM laptop?

  1. Kapasitasnya

Kapasitas RAM merupakan aspek penilaian yang penting dari suatu laptop, semakin besar kapasitas RAM maka (biasanya) semakin mahal harga laptop tersebut, oleh karena itu kapasitas RAM merupakan hal yang wajib diketahui (dicek).

(Baca juga : Kapasitas RAM Terbesar Saat Ini)

  1. Jenisnya

Terdapat beberapa jenis RAM yang digunakan pada laptop, namun umumnya laptop menggunakan RAM jenis DDR3, namun beberapa laptop masih ada yang menggunakan RAM jenis DDR2, apa bedanya? Jelas beda, laptop yang menggunakan RAM jenis DDR3 tentu memiliki slot RAM DDR3 pula, sehingga apabila dipasangi dengan RAM DDR2 tidak akan masuk, begitupun sebaliknya. Jadi mengecek RAM tidak hanya kapasitasnya saja, jenisnya juga, dengan demikian saat kita mencari RAM baru entah itu untuk mengganti RAM yang rusak atau upgrade RAM, kita akan mencari RAM yang jenisnya sama.

(Baca juga : RAM Komputer)

  1. Mereknya

Selain kapasitas dan jenisnya, hal yang (menurut Saya) perlu diketahui dari RAM adalah mereknya, apa perlunya? Tentu saja untuk mencari RAM yang identik (untuk upgrade ke multiple RAM) atau karena pertimbangan kualitas. Brand minded, mungkin itu istilah yang cocok untuk orang yang memandang suatu merek sebagai kualitas (sepertinya Saya juga demikian), RAM dengan kapasitas yang sama dan jenis yang sama tapi merek ini lebih bagus dari merek itu.

(Baca juga : Perbedaan RAM dan ROM)

Bagaimana Cara Cek Ram Komputer ?

  1. Cek Stiker Pada Laptop (bila ada)

Cara paling mudah, tanpa harus menyalakan laptop, tanpa harus membongkar laptop, informasi mengenai kapasitas dan jenis RAM biasanya tertera pada laptop (dekat keyboard), namun informasi tersebut nampaknya kurang akurat karena mungkin saja pada stiker laptop tertera kapasitas RAM 2GB naumn nyatanya telah di upgrade atau di downgrade.

(Baca juga : Penyebab Laptop Susah Dihidupkan)

ads
  1. Cek BIOS

Untuk masuk ke BIOS, kita harus menyalakan laptop lalu menekan tombol khusus tergantung jenis BIOSnya, AMI BIOS biasanya diakses dengan menekan Del, sedangkan InsydeH2O diakses dengan menekan tombol F2. Pada BIOS tertera informasi dasar mengenai sistem pada laptop, termasuk kapasitas RAM, informasi tersebut cukup akurat karena sesuai dengan kapasitas RAM yang terpasang pada motherboard laptop.

(Baca juga : Jenis-jenis BIOS)

  1. Cek Stiker Pada RAM (buka cassing bawah laptop jika memungkinkan)

RAM pada beberapa jenis laptop dapat diakses dengan mudah, hanya dengan membuka panel khusus pada bagian bawah laptop, namun tidak semuanya demikian, beberapa jenis laptop mengharuskan kita membuka keseluruhan cassing laptop untuk dapat mengakses RAM didalamnya. Pada RAM laptop, terdapat stiker yang mencantumkan informasi mengenai kapasitas, jenis, dan merek RAM, stiker tersebut biasanya menyatu dengan segel garansi yang menempel pada chip RAM.

(Baca juga : Pengaruh RAM Terhadap Kerja Komputer)

  1. Cek Computer Properties atau System Information (tekan tombol Win + Pause pada keyboard)

Jika laptop Anda telah terinstall sistem operasi Windows, maka untuk memeriksa RAM yang terpasang cukup menekan tombol Win + Pause untuk membuka System Information, pada jendela System Information terdapat informasi mengenai kapasitas RAM dan kapasitas yang dapat digunakan.

Ya, tidak semua kapasitas RAM dapat digunakan oleh laptop, misalnya jika pada suatu laptop terpasang RAM 4GB sedangkan sistem operasi yang digunakannya berarsitektur 32-bit, maka yang terpakai hanya kurang-lebih 3,3GB saja.

(Baca juga : Fungsi Touchpad)

  1. Cek DirectX Diagnostic Tool (cari “dxdiag” di Start Menu)

Informasi mengenai RAM juga dapat diketahui melalui DirectX Diagnostic Tool, dapat diakses dengan menekan tombol Win + R untuk menjalankan aplikasi RUN, lalu mengetik “dxdiag” (tanpa tanda kutip) kemudian tekan OK, atau Anda dapat mencarinya dengan mengetik “dxdiag” (tanpa tanda kutip) pada Start Menu.

(Baca juga : Ciri-ciri RAM Komputer Rusak)

  1. Gunakan perangkat lunak CPU-Z

Perangkat lunak ini tidak hanya menampilkan informasi mengenai RAM, tapi juga informasi mengenai processor, graphic dan lain sebagainya. Pada bagian Memory (RAM), perangkat lunak ini menampilkan informasi mengenai kapasitas, jenis dan merek RAM. CPU-Z dapat didownload secara gratis, bagi Anda yang keberatan untuk menginstall perangkat lunak ini, pihak developer menyediakan versi portablenya (tidak perlu diinstall).

(Baca juga : Penyebab Kerusakan RAM Pada Laptop)

Demikian pembahasan mengenai cara cek RAM laptop, semoga dapat bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 22nd, February 2017 / 05:42 Oleh :
Kategori : Ram