Sponsors Link

Tips Membeli Kapasitas Ram Yang Sesuai Kebutuhan

Sponsors Link

RAM merupakan kependekan dari Random Access Memory. Apabila diartikan secara harafiah, RAM komputer adalah suatu memory komputer yang digunakan untuk mengakses semua data yang dimiliki oleh komputer secara acak. Fungsi RAM jauh lebih cepat proses pembacaanya dibandingkan dengan harddisk. Karena itu, semua program yang berjalan di dalam sebuah komputer membutuhkan RAM sebagai memory penyimpanan sementara ketika sedang berjalan. Dengan adanya RAM, maka hal ini memungkinkan setiap komputer melakukan fungsi multitasking, alias bekerja dengan lebih dari satu software dalam satu waktu, hal ini dapt terjadi apabila kapasitas RAM dari sebuah komputer mendukung.

ads

Berbeda software atau aplikasi, maka bebeda pula kebutuhan untuk mengakses memory nya. Ada beberapa software atau aplikasi yang hanya membutuhkan kapasitas RAM hanya sebatas ukuran kilobyte saja, namun ada juga banyak aplikasi dan software yang membutuhkan kapasitas RAM sebesar lebih dari 1 GB. Karena fungsinya sebagai penyimpan data acak pada komputer, maka tentu saja kecepatan pemrosesan dari suatu komputer terhadap aplikasi atau software tertentu bergantung pada seberapa banyak kapasitas RAM yang mampu menghandle multi tasking.

Maka dari itu, setiap anda memilih komputer, kapasitas RAM adalah salah satu hal yang sangat penting untuk anda perhatikan, karena hal ini sangat bergantung pada kebutuhan anda dalam menggunakan beragam aplikasi dalam komputer.

1. Kapasitas Ram 1 GB

Untuk saat ini, penggunaan RAM dalam komputer paling tidak disarankan untuk memiliki minimal kapasitas sebesar 1 GB. Untuk RAM dengan kapasitas hanya sebesar 1 GB saja, bisanya hanya terdapat pada netbook, dengan ukuran layar 10 hingga 12 inch yang hanya mementingkan fungsionalitas saja. Dengan kapasitas RAM hanya sebesar 1 GB saja, maka sebuah komputer bisa melakukan :

  • Fungsi word processing
  • Fungsi entertainment, dengan menggunakan media player yang ringan
  • Hanya sanggup menjalankan paling tidak hanya 2 aplikasi sedang dalam waktu yang bersamaan, dengan catatan, satu aplikasi hanya memakan RAM sebesar 300 sampai 350 MB saja

Maka dari itu, amad sangat disarankan bagi anda yang memiliki komputer dengan kapasitas RAM 1 GB, untuk menggunakan komputer trsebut sebagai komputer cadangan, ataupun hanya untuk menggunakan fungsi office saja, seperti spreadsheet, word processing, ataupun hanya menggunaknnya untuk melakukan browsing di internet. Penggunaan RAM yang hanya 1 GB membuat komputer memiliki fungsi yang terbatas.

2. Kapasitas RAM 2 GB

Kapasitas RAM lainnya yang sering kita temui di dalam komputer adalah 2 GB. Kapasitas ini merupakan kapasitas pada komputer secara umum, kebanyakan komputer dan juga laptop saat ini menggunakan 2 GB sebagai standar kapasitas RAM nya. Dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB, anda sudah bisa memanfaatkannya untuk multi tasking, seperti mendengarkan lagu, browsing internet, dan melakukan fungsi office secara bersamaan. Atau bagi anda yang senang bermain game, anda juga masih bisa bermain game plus mendengarkan lagu dengan komputer atau laptop yang memilki kapasitas RAM 2 GB.

Sponsors Link

Dengan menggunakan RAM berkapasitas 2 GB, hampir semua fitur standar dan fitur penting dari sebuah komputer bisa anda jalankan. Namun demikian, terkadang kapasitas RAM 2 GB akan terasa kurang apabila anda memang seorang gamer atau desainer sejati, karena banyak sekali games dan juga aplikasi desain yang membutuhkan kapasitas RAM yang sangat besar. Tetapi, bagi anda yang hanya membutuhkan fungsi dasar komputer dan beberapa fungsi dasar dari games dan juga desain, maka komputer dengan kapasitas RAM 2 Gb sudah merupakan sesuatu yang cukup.

3. Kapasitas RAM 4 GB

Tidak banyak komputer, terutama laptop menyediakan kapasitas RAM sebesar 4 GB untuk ukuran personal use. Maka dari itu, laptop dengan kapasitas 4 GB bisa tergolong sebagai laptop mid hingga hi end laptop, dan memiliki harga yang relatif lebih tinggi, karena biasanya digabungkan juga dengan CPU dan juga VGA card yang memiliki spesifikasi tinggi pula. Komputer yang menggunakan RAM 4 GB merupakan salah satu jenis komputer yang banyak ditujukan untuk keperluan gaming, desaing, dan juga multitasking dalam jumlah yang banyak.

Sebagai personal user, anda tidak akan mengalami kendala berarti apabila menggunakan komputer dengan kapasitas RAM 4 GB. Selain itu, untuk sebuah organisasi kecil, RAM dengan kapasitas 4 GB juga bisa dijadikan sebagai mini server, yang hanya melayani beberapa client saja, dan tentu saja tidak memiliki data yang banyak.

4. Kapasitas RAM RAM 8 GB

Kapasitas RAM 8 GB umum untuk digunakan dalam hi-end gaming PC, namun jarang ditemukan pada laptop. Faktanya, saat ini hanya ada sedikit sekali laptop yang menggunakan spesifikasi kapasitas RAM lebih dari 8 GB. Kebanyakan selain untuk hi-end gaming dan hi-end designing PC, kapasitas RAM yang lebih besar dari 8 GB sangat cocok untuk digunakan sebagai server dari organisasi menengah hingga atas. Semakin besar level organisasi, maka sudah pasti memiliki data yang lebih banyak, sehingga kebutuhan untuk menghandle jaringan pun menjadi lebih berat.

Sponsors Link

4. Kapasitas RAM diatas RAM 16 GB

Biasanya RAM jenis ini termasuk perangkat keras jaringan komputer yang artinya kebanyakan digunakan oleh komputer server (baca : Perbedaan komputer server dan komputer klien biasa). Kapasitas RAM sudah cukup kuat untuk memberikan kinerja server yang maksimal.

Kapasitas ram terbesar saat ini bahkan telah mencapai 300TB, tapi penggunaannya masih terpada pada organisasi internal dan untuk riset. Jadi perkembangan ram ini akan berdampak pada teknologi.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai pengaruh RAM dan juga beda kapasitas penggunaannya pada sebuah komputer. Semakin besar RAM, maka sudah pasti kecepatan pemrosesan di dalam sebuah komputer menjadi lebih baik lagi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Baca juga : Cara membedakan RAM DDR 1 DDR2 DDR 3

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Tuesday 15th, September 2015 / 16:13 Oleh :
Kategori : Ram