Sponsors Link

Cara Menggunakan Komputer Sesuai dengan Prosedur yang Benar

Sponsors Link

Sejak awal kemunculan komputer perangkat keras ini telah menjadi sebuah teknologi yang dapat membuat beberapa pekerjaan menjadi lebih efektif, terlebih melihat perkembangan komputer dari waktu ke waktu yang semakin canggih tentunya para user semakin menggunakan komputer atau laptop dalam setiap pekerjaan mereka. Untuk itu kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama hingga kini terus dikembangkan agar melahirkan komputer dengan kinerja terbaik.

Meskipun kita melihat komputer secara fisik apalagi untuk komputer yang beredar saat ini, ataupun komputer keluaran terbaru, yang pastinya lebih canggih. Tentu saja komputer terlihat cukup ringkas dan tidak rumit. Tapi tahukah anda bahwa ternyata tidak sesederhana seseorang yang memakainya, didalam komputer terdapat banyak sekali komponen bahkan jumlahnya bisa mencapai jutaan lebih komponen penyokong untuk satu komputer yang dirakit.  Perangkat keras komputer dan fungsinya ini telah menjadi magnet untuk kelangsungan berbagai pekerjaan saat ini.

Komponen satu dan komponen lainnya yang disematkan kedalam komputer ini kemudian harus disusun sedemikian rupa tentu harus dengan benar atau sesuai dengan fungsi dan tempatnya. Untuk kemudian terakit menjadi satu yang akhirnya terhubung dan dapat berjalan sesuai dengan sistem. Kemudian dengan semua yang rumit komponen leinnya yang cenderung merupakan mesin elektronik tersebut lalu dapat mengerjakan program-program bekerja dengan sistematis, rapi, dan teliti. Sesuai dengan program yang dijalankan.

Maka dari itu sangatlah penting bagi pengguna komputer atau bagi seorang user untuk menggunakan komputer ini sesuai dengan prosedur yang baik dan juga benar.

Cara Menyalakan Komputer dengan Benar

  1. Pastikan Peralatan Komputer Terpasang dengan Baik

Karena komputer merupakan serangkaian komponen maka pastikan untuk komponen yang menjadi sarana pendukung, atau mesin elektronik dan disini tentunya adalah kabel. Semua telah terpasang dengan benar, colokannya sudah sesuai, terpasang dengan benar sesuai dengan posisi dan kegunaan.

2. Perhatikan Aliran Listrik

Komputer tidak bisa menyala tanpa tenaga listrik, maka dari itu yang selanjutnya anda lakukan adalah menyambungkan kabel colokan komputer ke sumber listrik ( stop kontak). Pastikan juga sebelumnya bahwa daya yang digunakan dirumah ataupun ditempat anda menempatkan komputer tersebut listriknya memadai, untuk menghindari listrik anjlok, ataupun komputer yang tak mau menyala karena kekuatan listrik yang tidak memadai atau minimnua jumlah daya.

3. Gunakan Alat Bantuan dalam Tegangan Listrik

Jika ini adalah pertama kalinya anda menggunakan komputer ataupun pertama kalinya membeli komputer dan masih tidak terlalu teliti tentang apa saja yang dibutuhkan untuk mengaktifkan komputer anda dengan benar. Maka tidak perlu resah ataupun mempertanyakan keadaan komputer anda jika disertai dengan UPS ataupun yang lebih sering dan lazim digunakan atau untuk user pribadi biasa menggunakan perangkat yang disebut dengan Stabilizer.

Sponsors Link

Ini sangat normal digunakan, bahkan sebagai sebuah langkah pencegahan atau antisipasi agar komputer terhindar dari kerusakan yang bisa disebabkan oleh masalah kelistrikan. Karena fungsi perangkat ini memang untuk menjaga kondisi listrik tetap dalam keadaan stabil dan terjaga aliran naik dan turunya.

4. Menekan Tombol Power 

Setelah itu anda bisa mulai mengaktifkan dengan menekan tombol power yang berada di CPU / Casing.

5. Menunggu Proses Opening Windows

Jangan panik, karena memang butuh proses untuk menyala. Tunggu prosesnya lalu saat indikator menyala anda juga harus bersabar untuk proses booting sehingga dilayar komputer dapat anda lihat dekstop windows, jangan menggerakkan apapun terlebih dulu, hingga komputer siap digunakan.

6. Komputer Siap Digunakan

Akhirnya komputer siap digunakan, pastikan juga bahwa anda sudah memasang mouse untuk dapat menggerakkan kursor yang dapat membawa anda ke program yang anda inginkan.

Cara Mematikan Komputer dengan Benar

Yang juga tak kalah penting selain proses menghidupkan komputer yang tidak boleh asal-asalan begitu juga dengan proses mematikan komputer juga masih memerlukan prosedur yang runtut dan tentu saja ini adalah prosedur yang benar.

  1. Setiap komputer memiliki sebuah sistem windows yang berbeda-beda tapi mematikan prosedurnya hampir seluruhnya sama.
  2. Yakni tekan Start yang tertera dilayar Klik menggunakan Mouse.
  3. Setelah Start anda bisa meng-Klik Turn Off Computer.
  4. Selanjutnya bisa Turn Off atau untuk benar benar mematikan / meng-offkan bisa Klik Shut Down.

Untuk Windows lainnya juga bisa langsung Klik Start yang berada dilayar – Lalu Shut-Down.

Peringatan!

Jangan lupa sebelum mematikan komputer anda sudah menutup semua program yang sedang berjalan. Dan juga tentunya menyimpan atau Save As semua program atau file dan data yang masih diperlukan, sehingga anda bisa menggunakan atau membukanya kembali dilain waktu ataupun setelah itu.

sponsored links

Selain Cara cara tadi yakni menggunakan mouse ataupun meng-klik, Ternyata anda juga bisa menggunakan atau dibantu oleh keyboard untuk mematikan komputer. Tapi cara ini hanyalah cara alternatif saja, bila misalnya mouse anda mengalami kerusakan atau bisa digunakan disaat darurat meskipun prosedur ini juga baik dan benar.

  • Anda bisa menekan tombok power yang terdapat di keyboard.
  • Setelah semua program tertutup pada taksbar anda bisa menekan secara bersamaan ALT + F4 setelah itu pilih Turn Off atau tentu saja Shut Down.
  • Pada keyboard cari tombol Start setelah itu sama – Turn Off Computer – Turn Off / Shut Down.
  • Tekan tombol power yang berada pada casing (hanya untuk jenis komputer tertentu saja).

Bahaya Jika Tidak Sesuai Dengan Prosedur Yang Benar

Rusak, segala sesuatu pasti bisa mengalami kerusakan, apalagi komputer yang merupakan alat buatan manusia, dengan pemakaian sehari-hari atau sering digunakan dengan waktu yang kadang berjam-jam lamanya tanpa henti. Untuk itu untuk memastikan bahwa masa ataupun juga usia komputer anda bisa lebih lama untu digunakan maka gunakanlah dengan benar sesuai dengan prosedur.

Jika tidak misalnya anda langsung mematikannya begitu saja lama kelamaan program akan rusak, selain itu yang lebih fatal lagi yakni data atau file – file anda bisa hilang atau corrupt tentu itu hal yang tidak anda inginkan bukan?

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 16th, September 2015 / 04:15 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar