Kelebihan dan Kekurangan Komputer Generasi Kelima

Sponsors Link

Anda semua pasti sudah tidak asing lagi dengan barang ini. Komputer namanya. Ya! Komputer adalah salah satu buah pikir umat manusia yang berusaha untuk mempermudah kerja manusia. Berdasarkan sejarahnya, komputer ini muncul sejak perang dunia kedua. Mereka dibagi menjadi lima generasi.

Generasi pertama

Komputer generasi pertama hadir ketika perang dunia kedua berlangsung. pada awalnya, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer untuk membantunya mendesain pesawat terbang dan peluru kendali bernama Z3. Setelah itu banyak negara-negara yang mulai mengembangkan komputer untuk membantu operasional mereka. Amerika mengembangkan sebuah kalkulator raksasa, lalu berkembang hingga muncul ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer, lalu EDVAC yang di desain dengan sebuah memori yang mampu menampung banyak data, hingga komputer komersial pertama yang diberi nama UVIAC. Komputer generasi pertama, memiliki ciri pasti yakni memiliki bentuk yang sangat besar.

Generasi kedua

Secara singkat, komputer generasi kedua adalah kembangan dari komputer generasi pertama. Titik fokusnya berada pada ditemukannya transistor yang mengganti fungsi tube vakum yang membuat komputer menjadi lebih kecil. Dari sana perusahaan-perusahaan komputer mulai muncul, seperti IBM yang mengembangkan superkomputer yang mereka sebut Stretch dan LARC, milik Sprery-Rand. Komputer generasi kedua mulai masuk dalam dunia bisnis yang mengalami kesuksesan besar.

Generasi ketiga

Sama halnya dengan komputer generasi kedua, komputer generasi ketiga “sedikit” lebih baik dari generasi pendahulunnya. Karena pada masa ini, ditemukan IC atau Integrated Circuit oleh Jack Kilby. Penemuan ini memungkinkan para pengembang memasukkan banyak komponen ke dalam sebuah chip tunggal yang mereka sebut semi konduktor. Alhasil, komputer generasi ketiga menjadi lebih kecil dan praktis. Selain itu, dari masa ini muncul operating system yang mana memungkinkan komputer menjalankan beberapa program dalam satu waktu bersamaan.

Generasi keempat.

Komputer generasi keempat adalah komputer yang banyak anda gunakan sekarang. Di era ini ditandai dengan ditemukannya LSI atau Large Scale Integration yang memungkinkan ratusan chip dimasukkan hanya ke dalam sebuah chip. Lalu berkembang lagi menjadi V-LSI, hingga sampai pada titik Ultra LSI yang mampu membuat jutaan chip “dirangkum” dalam satu chip tunggal.

Generasi kelima

Agak sulit sebenarnya menjelaskan tentang keberadaan dan perkembangan komputer generasi kelima. Hal ini lantaran komputer generasi kelima masih dalam tahap pengembangan dan dicanangkan sebagai sebuah komputer masa depan. Hal yang menjadi perhatian dalam pengembangan komputer generasi kelima adalah diciptakannya AI atau artificial intelegence atau bisa juga disebut kecerdasan buatan. Penjelasannya cukup simple, AI bermaksud membuat komputer menjadi “seperti” manusia.

Jika kita bicara komputer generasi kelima, maka banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan tapi juga terdapat kekurangannya. Kali ini saya akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Sponsors Link

Kelebihan Komputer Generasi Kelima

Kelebihan komputer generasi kelima memang cukup penting dalam mendongkrak perkembangan teknologi informasi.

1. Lebih Canggih

Sudah barang tentu komputer generasi kelima lebih canggih. Dalam soal pemograman, komputer generasi kelima lebih “lengkap” ketimbang komputer generasi sebelumnya. Ia bisa melakukan apapun dalam satu waktu dan membuat apapun dengan kemudahan yang tak terbatas. Hal ini juga disebabkan karena teknologi ram komputer yang semakin besar kapasitasnya.

2. Lebih Praktis

Semakin berkembang zaman, praktis adalah sebuah tuntutan. Maka tak heran jika komputer generasi kelima akan menjadi lebih praktis. Dalam beberapa imajinasi tentang komputer generasi kelima, ada yang berbentuk hanya seperti bolpoin yang sangat praktis dan bisa dibawa kemana pun tanpa merasa berat seperti layaknya kita membawa laptop.

3. Lebih Cepat.

Dalam komputer generasi kelima, kecepatan pemograman pasti menjadi perhatian penting. Karena ini adalah sebuah langkah kembangan dari generasi sebelumnya, maka kecepatan operasi untuk memudahkan manusianya bekerja , diperlukan.

4. Lebih Fungsional

Komputer generasi keempat hanya bisa digunakan dalam beberapa hal yang masih terbatas. Dalam generasi selanjutnya, komputer ini dicanangkan menjadi lebih fungsional. Ia mampu mengerjakan apapun, bahkan rumus matematika pun ia bisa mengerjakannya. Selain itu pula ada beberapa cita-cita dari kecerdasan buatan untuk membuat komputer generasi kelima ini memiliki logika dan pertimbangan selayaknya manusia!

sponsored links

5. Lebih Murah

Pasti tak dipungkiri, harga menjadi salah satu hal penting dalam pengembangan komputer generasi kelima ini. Karena sudah pasti ia akan di pasarkan ke seluruh dunia dan akan menjadi tidak efisien jika komputer generasi kelima memiliki harga yang fantastis.

6. Lebih besar kapasitas memorinya

Kapasitas memori tentu membuat komputer beroperasi lebih cepat. Komputer generasi kelima memiliki hal tersebut. Dalam bayangannya (karena komputer generasi ini belum muncul dipasaran), komputer generasi kelima mampu berlaku seperti otak manusia yang memiliki long term memory dan hal-hal luar biasa lainnya.

Kelebihan yang dimiliki komputer generasi kelima memang sangat banyak dan menguntungkan bagi manusia. Akan tetapi, ia juga memiliki sebuah kekurangan fundamental yang mana mampu mempengaruhi manusianya.

Kekurangan komputer generasi kelima.

Menghancurkan eksistensi manusia

Hal ini tentu dibahas secara fundamental. Memang benar bahwa semua akan jauh lebih mudah. Komputer generasi kelima akan lebih mirip manusia karena kecerdasan buatan yang mereka miliki. Mereka mampu mengobrol dengan manusia, mampu memutuskan sesuatu, mampu memecahkan masalah yang mana manusia butuh waktu untuk melakukan itu, memiliki logika, dsb. Jika semua fungsi manusia digantikan oleh komputer generasi kelima, apa yang terjadi dengan manusianya sendiri? Hal yang mengerikan terlintas dalam benak saya ketika membayangkan bahwa manusia tak lagi mau berpikir, menyerahkan semua pada kemampuan komputer generasi kelima dan otak manusia yang sebenarnya mampu jauh lebih canggih dari komputer generasi kelima, menjadi otak yang “sia-sia”.

Manusia menjadi ada yang tiada. Ini satu kekurangan yang menakutkan dari kecanggihan teknologi yang semaki lama semaki berkembang pesat. Teknologi memang sangat berguna bagi manusia, akan tetapi manusia mesti tahu bahwa mereka tidak boleh melulu mengandalkan semua pada teknologi. Karena manusia pada dasarnya adalah pencipta teknologi itu dan akan memalukan jika mereka dikendalikan oleh barang ciptaan mereka. Gunakan teknologi seperlunya. Terima Kasih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 02nd, December 2015 / 08:49 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar