Sponsors Link

40 Manfaat Mempelajari Ilmu Komputer Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sponsors Link

A. Mengenal Komputer

Dewasa ini komputer menjadi kebutuhan bagi semua kalangan dalam berbagai bidang. Komputer merupakan alat untuk memudahkan kinerja manusia dalam waktu yang lebih singkat dalam  mengolah data, menghitung bahkan sebagai sarana menyampaikan informasi yang akurat. Ketersediaan jaringan internet akan menunjang kinerja komputer dari segi manfaatnya. Semakin bertambahnya waktu, perkembangan teknologi komputer akan semakin canggih. Tentu saja mempelajari komputer akan mendatangkan banyak manfaat bagi pribadi maupun kehidupan lingkungan sekitar.

B. Adaptasi Program Studi atau Jurusan  Komputer di Indonesia

Di Indonesia tidak menerapkan kelima jurusan atau mata kuliah yang sama persis seperti aturan yang terdapat pada jurusan atau program studi  komputer di dunia. Namun jurusan yang ada di adaptasi, berikut adaptasi pembelajaran komputer di Indonesia :

  1. Teknik Informatika atau ilmu komputer sebagai adaptasi program studi atau jurusan Computer Science
  2. Sistem komputer atau teknik komputer sebagai adaptasi program studi atau jurusan Computer Engineering
  3. Sistem Informasi dan Manajemen Informatika sebagai adaptasi program studi atau jurusan Information System

C. Lima Program Studi Komputer berdasarkan Computing Curricula

Program studi atau jurusan komputer mempunyai panduan mengenai penyelenggaraan, penamaan mata kuliah berdasarkan bobot atau kualitasnya. Berikut penyusunan yang terdapat pada 5 program studi komputer :

  1. Teknik Komputer atau Computer Engineering (CE)

Pada jurusan atau program studi teknik komputer atau computer engineering  ini nantinya akan menghasilkan lulusan yang mampu membuat desain beserta penerapannya secara terintegrasi dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)

  1. Computer Science atau Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Pada jurusan atau program studi computer science atau teknik informatika  ini nantinya akan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan serta kredibilitas berdasarkan teori, konsep, serta pengembangan sofware yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan perusahaan atau sebuah organisasi terkait.

  1. Information System (IS) atau Sistem Informasi (SI) dan Teknik Informatika

Pada jurusan atau program studi sistem informasi atau information system dan teknik informatika   ini nantinya akan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk membuat analisa segala kebutuhan dan proses beserta menerapkan desain antarmuka (interface) sesuai kebutuhan perusahaan atau organisasi terkait.

  1. Teknologi Informasi atau Information Technology (IT)

Pada jurusan teknologi informasi atau information technology ini akan menghasilkan lulusan yang mampu membuat perencanaan, penerapan (impementasi), konfigurasi serta perawatan (maintenance) segala infrastruktur yang ada didalam suatu perusahaan ataupun organisasi secara efesien dan efektif sesuai kebutuhan perusahaan atau organisasi terkait.

  1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau Software Engineering (SE)

Pada jurusan rekayasa perangkat lunak atau software engineering ini akan menghasilkan lulusan yang bisa membuat pengelolaan segala aspek pengembangan software berdasarkan skala yang ditarget dalam tiap tahap secara konsisten.

D. Manfaat Mempelajari Komputer Secara Pribadi

Komputer merupakan alat modern yang bisa dikatakan canggih karena menawarkan efisensi dan efektivitas dalam berbagai bidang. Tentu saja segudang manfaat mempelajari komputer bisa dirasakan secara pribadi (perorangan) maupun untuk kepentingan masyarakat luas. Berikut penjabaran manfaat mempelajari komputer secara pribadi :

  1. Terlihat Lebih Keren

sponsored links
Percaya atau tidak komputer merupakan ilmu yang tergolong elit dan sangat diminati oleh kalangan terpelajar. Segala hal yang berbau teknologi masa kini tidak akan bisa lepas dari komputer bahkan pengembangan teknologi menggunakan komputer untuk ditingkatkan kemampuannya untuk meringankan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia secara manual.

  1. Terlihat Lebih Pintar

Option (pilihan) kedua setelah fakultas kedokteran pasti akan jatuh ke jurusan komputer. Dalam perhitungan ujian masuk berdasarkan passing grade pun fakultas komputer merupakan peringkat kedua setelah fakultas kedokteran.

  1. Prospek yang Menjanjikan

Dengan memilih untuk mempelajari komputer, anda akan mempunyai investasi masa depan berupa prospek yang menjanjikan. Ilmu komputer tidak hanya mengutamakan pembaharuan (up date) akan tetapi bisa diterapkan disegala macam bidang profesi. Percaya atau tidak, anak IT akan mempunyai niai lebih jika dibandingkan dengan anak jurusan lain. Lapangan pekerjaan yang nantinya akan dipilih juga sangat luas dan mencangkup segala aspek.

  1. Memudahkan Pekerjaan Rumit

Dengan modal bisa mengoperasikan komputer maka pekerjaan yang sebelumnya memerlukan waktu dan tenaga lebih bisa teratasi dengan mudah. Bahkan dalam pengerjaan dokumen yang banyak terjadi kesalahan jika dikerjakan dengan mesin tik dan tentu tidak bisa diperbaiki atau diedit. Maka komputer bisa menangani permasalahan tersebut dengan lebih baik, data yang diolah bisa dengan mudah diedit bahkan setelah disimpan dalam jangka waktu lama.

  1. Menunjang dan Meningkatkan Karir

Seseorang yang menguasai teknologi komputer akan mampu bekerja lebih produktif dengan waktu dan tenaga yang minim. Bahkan mempelajari komputer merupakan investasi masa depan yang memiliki prospek bagus.

E. Manfaat Komputer Sebagai Sarana Hiburan

Komputer tidak hanya berperan dalam menunjang karir atau pengolahan data semata. Akan tetapi komputer merupakan piranti yang digunakan sebagai sarana hiburan. Berikut penjelasannya :

  1. Mendengarkan lagu yang bisa diputer melalui jaringan internet
  2. Mengolah film dengan efek 3 dimensi dengan bantuan komputer
  3. Menonton video atau film yang bisa diputar secara online
  4. Bermain game yang di install didalam komputer atau bahkan dimainkan secara online.
  5. Bisa menjalin komunikasi lewat suara bahkan video
  6. Fasilitas saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer
  7. Chanel TV online

F. Manfaat komputer Sebagai Sarana Komunikasi Sosial

Untuk dapat menikmati fasilitas yang terdapat pada komputer maka anda wajib mempelajari bagaimana cara mengoperasikan komputer itu sendiri. Komunikasi yang sebelumnya hanya bisa dilakukan melui face to face atau bertatap muka maka dengan kemajuan teknologi komputer bisa mempermudah manusia dalam menjalin komunikasi. Berikut beberapa fasilitas komputer sebagai sarana komunikasi sosial :

  1. Melakukan panggilan luar negeri tanpa biaya pulsa melalui aplikasi yang terpasang pada komputer
  2. Melakukan video call menggunakan webcam
  3. Berkirim data atau dokumen penting melalui email
  4. Membuat obrolan santai dengan teman atau kerabat (Chating)

 G. Manfaat komputer Sebagai Sarana Pendidikan atau Media Pembelajaran

Komputer sebagai media pembelajaran sudah banyak dijumpai pada sekolah dasar sekalipun. Dengan membuat materi pelajaran yang dikemas dengan teknologi akan memicu ketertarikan dan semangat belajar para siswa. Berikut penjabarannya :

  1. Menyampaikan materi pelajaran menggunakan slide pada power point tentu akan menciptakan sensasi baru dalam pembelajaran (menghilangkan kebosanan siswa)
  2. Guru bisa memcari metode pembelajaran yang efisien melalui koneksi internet
  3. Dengan menggunakan browser, siswa bisa belajar secara mandiri bahkan otodidak mengenai suatu ilmu
  4. Siswa dan guru bisa melakukan komunikasi terkait pembelajaran dengan mudah melalui fasilitas internet tanpa dibatasi ruang dan waktu
  5. Siswa bisa meninjau kembali (review) pelajaran yang telah disampaikan oleh guru dengan materi yang tersimpan didalam komputer
  6. Siswa bisa mencari tambahan materi yang lebih lengkap dengan mengakses internet
  7. Dengan adanya teknologi komputer, manusia dapat menempuh pembelajaran walaupun tidak hadir di kelas tersebut melalui fasilitas pembelajaran online

H. Manfaat komputer sebagai Sarana Informasi

Komputer sangat bermanfaat dalam berbagi dan mencari suatu informasi. Lalu informasi apa saja yang biasa kita butuhkan? Berikut penjabarannya :

  1. Informasi mengenai pendidikan. Didalamnya terdapat informasi mengenai lokasi, nama intitusi bahkan cara registrasi ketika pendaftaran.
  2. Informasi mengenai Hiburan. Didalamnya terdapat informasi mengenai jenis hiburan, tempat bahkan info detail mengenai harga.
  3. Informasi mengenai Travel. Didalamnya terdapat informasi mengenai biro travel, pemesanan tiket transportasi bahkan biaya terkait.
  4. Informasi Mengenai Produk. Didalamnnya terdapat informasi mengenai suatu produk sesuai yang dicari lengkap dengan spesifikasinya.
  5. Informasi Mengenai Pekerjaan. Didalamnya terdapat informasi mengenai lowongan pekerjaan lengkap dengan lokasi serta jenis  pekerjaan dan tawaran gaji.
  6. Informasi Mengenai Berita. Didalamnya terdapat informasi mengenai berita atau peristiwa yang terjadi di dalam maupun manca negara
  7. Informasi Mengenai Cuaca. Didalamnya terdapat informasi mengenai perkiraan cuaca terbaru dari badan penelitian klimatologi resmi.
  8. Informasi Mengenai Lalu lintas. Didalamnya terdapat informasi mengenai jalur lalu lintas dan situasi terbaru jalan raya
  9. Informasi Mengenai Kesehatan. Didalamnya terdapat informasi mengenai tempat pengobatan, mengetahui jenis – jenis penyakit dan gejala penderita.
  10. Info Mengenai Politik. Didalamnya terdapat informasi mengenai wacana kebijakan pemerintah, tokoh politik terkait bahkan diskusi umum mengenai politik oleh seorang atau beberapa tokoh.
  11. Info Mengenai Usaha dan Perdagangan. Didalamnya terdapat informasi mengenai saham, metode perdagangan, bahkan nilai tukar mata uang tertentu dalam dolar

I. Bisakah Komputer Menghasilkan Uang?

Komputer merupakan piranti yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang sedemikian rupa menggunakan pemprograman yang rumit sehingga bisa digunakan untuk meminimalkan tenaga manusia dalam menangani suatu pekerjaan. Lalu apakah dengan mempelajari komputer juga dapat menghasilkan pundi – pundi rupiah? Tentu saja bisa. Berikut beberapa jenis usaha yang menggunakan komputer sebagai peralatan dasar yang wajib ada :

  1. Jasa Rental Komputer
  2. Warung Internet atau warnet
  3. Jasa Video Editing
  4. Jasa Pembuatan Animasi film
  5. Jasa Penjualan Wallpaper, animasi bahkan ringtone handphone
  6. Service Komputer (Hardware dan Software)
  7. Jasa Desain Grafis untuk advertising (iklan)
  8. Jasa Pembuatan sistem atau website online
  9. Jasa Pelatihan atau kursus ilmu komputer

J. Peran Manusia akan Tergantikan oleh Komputer?

Semakin berkembangnya teknologi komputer maka akan semakin sedikit tenaga manusia yang dikerahkan untuk menangani suatu pekerjaan. Lalu apakah bisa dikatakan bahwa peran manusia akan tergantikan oleh komputer? Komputer secara fisik memang memudahkan dan bisa menggantikan pekerjaan yang sebelumnya ditangani oleh manusia secara manual. Akan tetapi komputer itu sendiri merupakan alat yang diciptakan oleh manusia dan butuh pengoperasian dari manusia pula. Jadi bisa disimpulkan bahwa peran manusia tidak sepenuhnya tergantikan oleh komputer, hanya saja pekerjaan yang dulunya dilakukan secara manual akan terbantu dengan kinerja pengoperasian komputer itu sendiri. Berikut beberapa peran manusia yang terbantu oleh teknologi komputer :

Sponsors Link

  1. Pengontrolan keamanan menggunakan kamera security atau kamera tersembunyi untuk memantau keadaan
  2. Pengoperasian mesin pada sebuah pabrik produksi
  3. Pengawasan Escalator
  4. Pengawasan tata lampu (pencahayaan) didalam studio
  5. Pengoperasian traffic lalu lintas jalan raya
  6. Pengoperasian sistem networking

K. Tips Mempelajari Komputer secara Mandiri

Ilmu komputer memang tidak digolongkan pada jenis ilmu yang mudah karena dalam mempelajarinya memerlukan wawasan dan ketelitian yang rumit. Namun bukan hal yang mustahil untuk bisa mahir dalam bidang komputer dengan pembelajaran mandiri atau otodidak. Berikut langkah – langkahnya :

  1. Kuasai Materi

Untuk bisa menguasai materi diperlukan iktikad belajar yang baik bukan? Pengetahuan komputer bisa didapat dari buku – buku komputer yang tersedia dalam bentuk fisik dan e book. Jika meresa sayang dan sulit mendapatkan buku komputer yang berkualitas, tentu alternatif kedua adalah mencari materi tersebut  secara online dengan cara browsing

  1. Practice Make Perfect

Ilmu komputer bukan hanya dipelajari secara materi saja karena pada dasarnya ilmu komputer merupakan ilmu terapan. Setelah mendapatkan pemahaman secara teori maka praktekan pengetahuan tersebut secara berkesinambungan. Tekankan pada diri anda pada paribahasa “practice make perfect”.

  1. Dekati Master

Master disini dimaksudkan kepada orang – orang yang berkecimbung dalam dunia komputer dan mempunyai kredibilitas tinggi. Dengan mendekati mereka maka secara tidak langsung akan memberikan pengetahuan yang didapat secara santai. Anda bisa belajar dari mereka dan melihat bagaimana pengoperasian komputer yang benar. Ada banyak hal di dunia ini yang tercipta dari terbiasa. Banyak orang yang mahir dalam suatu bidang karena terbiasa.

Salam, Semoga Bermanfaat…

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 16th, August 2015 / 15:03 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar