Sponsors Link

12 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Sponsors Link

Komputer saat ini sudah bukan merupakan benda asing lagi bagi kebanyakan orang di seluruh dunia. Hampir semua orang di seluruh penjuru dunia sudah mengetahui seperti apa itu komputer. Komputer sudah berevolusi dari sebuah mesin hitung raksasa yang minim fitur, hingga menjadi sebuah alat elektronik yang sifatnya multi tasking, dan berteknologi tinggi.

ads

Jenis – Jenis Komputer

Pada dasarnya, hingga saat ini ada beberapa jenis komputer yang banyak digunakan. Jenis – jenis komputer tersebut dibedakan menurut beberapa aspek dari komputer itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis dari komputer :


Berdasarkan data yang diolah

Apabila dilihat berdasarkan jenis data yang diolah, maka sebuah komputer bisa dibedakan menjadi tiga jenis. Berikut ini adalah tiga jenis komputer berdasarkan data yang dapat diolah :

  • Komputer Analog

Merupakan jenis kompute yang digunakan untuk menerima dan juga mentransmisikan sinyal dan data analog, seperti data seismografik, dan lainnya.

  • Komputer Digital

Merupakan jenis komputer yang digunakan untuk menerima dan mentransmisikan sinyal dalam bentuk digital. Contohnya adalah jenis komputer yang saat ini banyak digunakan secara umum oleh user.

  • Komputer Hybrid

Gabungan dari komputer jenis analog dan juga digital.


Berdasarkan penggunaan

Ada dua jenis komputer, apabila ingin dibedakan berdasarkan tujuan penggunaan dari sebuah komputer itu sendiri, yaitu :

  • Komputer untuk tujuan khusus (Special purpose).
  • Komputer untuk tujuan umum (general purpose).

Bentuk dan Ukuran

Apabila dilihat dari segi bentuk dan juga ukurannya, maka komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis dari komputer berdasarkan ukuran dan juga bentuknya :

  • Super Computer
  • Mainframe Computer
  • Mini Computer
  • Workstation Computer
  • Micro Computer / Personal Computer

Generasi

Apabila dilihat berdasarkan generasi dan juga era pembuatanna, maka ada beberapa jenis komputer yang bisa anda ketahui, yaitu :

  • Generasi pertama (1946 hingga 1959)
  • Generasi kedua (1959 hingga 1964)
  • Generasi ketiga (1964 hingga 1970)
  • Generasi Keempat (1970 hingga 1990)
  • Generasi kelima (1990 hingga sekarang)


Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Anda mungkin memang sudah akrab dengan komputer, berikut softwarenya, bahkan sudah bisa menjadi super user dari sebuah komputer. Namun demikian, perlu untuk diketahui oleh anda, bahwa definisi dari sebuah computer juga penting untuk dipelajari. Kita akan lebih mengenal sebuah komputer ketika kita memahami apa sebenarnya arti dari sebuah komputer.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberap pengertian dan juga definisi dari komputer, menurut beberapa ahli, tokoh dan juga mereka yang sering berperan di dalam bidang ilmu komputer dan teknologi :

  1. C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky

Hamacher, Vranesic, & Zaky (dalam Wimatra dkk, 2008) mengatakan bahwa komputer didefinisikan sebagai sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

  1. American Standard Institute

ads
Masih di dalam buku yang disusun oleh Wimatra, dkk (2008), disebutkan oleh American Standard Institute bahwa komputer pada dasarnya merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yag besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesan.

  1. Wimatra, dkk (2008)

Wimatra, dkk membuat kesimpulan mengenai arti penting dari sebuah komputer. WImatra, dkk (2008) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sebuah komputer adalah suatu sistem perangkat elektronik yang memilki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.

Ditambahkan pula, bahwa suatu komputer harus memiliki beberapa elemen agar bisa bekerja dengan baik dan juga bermanfaat, yaitu elemen brainwae (user), hardware (perangkat keras komputer) dan juga software (perangkat lunak komputer).

  1. Arif Susanto

Susanto (2009) mengatakan bahwa apa yang disebut dengan komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.

Disebutkan pula bahwa komputer berasal dari bahasa Latin, yaitu Computare. Computare sendiri memiliki arti untuk menghitung. Pada awalnya, kata ini ditujukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, baik secara manual maupun menggunakan alat bantu hitung.

  1. Robert H. Blissmer

Blissmer (dalam Susanto, 2009) mengatakan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

  1. Donald H. Sanders

Pendapat lainnya yang terdapat pada paper milik Susanto (2009) mengenai definisi dan pengertian dari komputer berasal dari pendapat yang dikemukakan oleh Sanders. Sanders (dalam Susanto, 2009) mengatakan bahwa komputer merupakan suatu sistem elektronik utk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi2 program yg tersimpan di memori (stored program).

  1. William M. Fouri

Dalam bukunya yang berjudul The Tool of Bussines, Fouri menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yg dapat melakukan perhitungan yg besar dan cepat termasuk perhitungan arithmatika yg besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yg mengoperasikan selama pemrosesan

  1. Gordon B. Davis

Davis, dalam buku yang diberi judul Introduction to The Computer menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan komputer adalah merupakan suatu tipe khusus dari alat penghitung uang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

  1. Elias M.Awad

Awad mengatakan bahwa apa yang dimaksud dengan sebuah komputer adalah suatu alat hitung yang memiliki kegunaan dan juga fungsi untuk memproses data yang kemudian dapat disajikan dalam bentuk data, baik secara digital, maupun secara analog.

  1. Larry Long dan Nancy Long

Long & Long mengatakan bahwa yang dimaksud dengan komputer adalah sebuah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.

  1. Williams Sawyer

Sawyer mengatakan pendapat lain mengenai arti dari sebuah komputer. Menurut Sawyer, komputer merupakan sebuah mesin multguna yang dapat dilakukan pemrograman, dan dapat deprogram, dimana mesin – mesin tersebut dapat meerima data berupa fakta dan gambar kasar, lalu kemudian memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi sebuh informasi yang bisa digunakan oleh usernya.

  1. Jhon J. Longkutoy

Jhon J. Longkutoy, berpendapat bahwa apa yang dimaksud dengan computer adalah suatu alat atau mesin pemecah persoalan dan atau sebuah mesin dan alat pengolah data yang mana dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan dan juga berguna bagi usernya

Kesimpulan dari Pengertian Komputer

Apabila dilihat berdasarkan beberapa pendapat tokoh yang sudah disebutkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan mengenai definisi dari sebuah komputer. Berikut ini adalah beberapa kesimpulan mengenai definisi dari sebuah komputer :

  • Komputer pada dasarnya merupakan sebuah mesin elektronik yang memiliki fungsi utama untuk melakukan proses penghitungan (to compute)
  • Komputer membutuhkan perangkat brainware, hardware dan juga software, yang merupakan elemen dari sebuah komputer untuk dapat bekerja mengolah, memanipulasi, dan juga merubah sebuah data menjadi informasi yang berguna
  • Komputer dapat menyajikan output berupa informasi dalam bentuk analog maupun digital
Sponsors Link

Elemen – Elemen yang Terdapat pada Komputer

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Wimatra, dkk (2008) membuat sebuah rangkuman mengenai definisi dan juga elemen – elemen yang dapat mendukung bekerjanya sebuah sistem komputer. Ketiga elemen tersebut adalah :

Brainware

Brainware merupakan elemen pertama dari sebuah komputer. Brainware mengacu pada user alias manusia yang menggunakan dan juga mengoperasikan komputer tersebut. Brainware sendiri sering dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu :

  • Laterat

Laterat mengacu pada user atau brainware yang paham mengenai seluk beluk komputer. Biasanya adalah seorang programmer, teknisi komputer, dan juga ahli – ahli komputer.

  • Kompeten

Kompeten merujuk pada brainware alias user komputer yang bisa melakukan pengopereasian dari sebuah komputer. TIdak perlu memahami hingga seluk beluk komputer, yang penting dapat mengoperasikannya.

Hardware

Hardware komputer atau perangkat keras komputer merupakan sekumpulan perangkat keras yang memiliki bentuk fisik dan secara nyata bisa dilihat dan dipegang. Lebih lengkapnya, anda bisa membaca mengenai perangkat keras komputer.

Berikut ini adalah beberapa contoh hardware :

Software

Software atau perangkat lunak mengacu pada sebuah sistem yang dapat membantu menjalankan sebuah fungsi dari masing – masing hardware komputer, serta membantu usernya dalam menjalankan sebuah komputer.

Software bisa tediri dari :

  • System software, seperti Windows, Linux, Mac
  • Programming software, speerti software – software untuk membuat program
  • Application software seperti aplikasi word, games, dan banyak lagi.

Manfaat Komputer

Komputer sendiri bagi kita sudah pasti memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat komputer :

  • Membantu mempermudah pekerjaan, seperti melakukan pengetikan dokumen, pencatatan data, dan sebagainya
  • Dapat menjadi sumber informasi
  • Membantu menyediakan hiburan bagi usernya
  • Bisa saling terhubung dengan menggunakan konsep jaringan komputer (Baca : Pengertian Jaringan Komputer)
  • Dapat melakukan koneksi terhadap jaringan internet (Baca : Pengertian Internet).

Daftar Referensi

  • Wimatra, A. Simanulang, P. Sunardi. Saputro, R. (2008). Dasar – dasar komputer. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan. Medan
  • Susanto, A. (2009). Pengenalan komputer. IlmuKomputer.com
  • http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/24218/4/Chapter%20II.pdf


Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 22nd, September 2015 / 23:36 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar