Sponsors Link

Peran Charles Babbage dalam Bidang Komputer

Sponsors Link

Profil Charles Babbage

ads

Bagi anda yang mempelajari mengenai ilmu komputer pasti sudah pernah mendengar nama ini. ya, Charles Babbage adalah salah seorang ilmuwan yang menjadi salah satu tokoh di bidang ilmu komputer, matematika dan berbagai rekayasa perangkat keras komputer lainnya. Charles Babbage adalah seorang matematikawan, juga seorang pegiat komputer yang sempat turun juga ke dalam bidang politik.

Charles Babbage adalah orang berkebangsaan Inggris, lahir pada tanggal 26 Desember 1971 di London, ibukota inggris dan meninggal pada tanggal 18 Oktober 1871 di Marylebone, Inggris. Charles Babbage menempuh pendidikan di Trinity College di Cambridge, dan memiliki spesialisasi dan terkenal sebagai seorang yang merupakan pakar di dalam bidang matematika juga komputer.

Bapak Komputer

Charles Babbage, oleh beberapa kalangan sering disebut – sebut sebagai Bapak Komputer, karena merupakan ilmuwan yang pertama kali mengembangkan dan menciptakan komputer. Meskipun komputer yang dikembangkan oleh Charles Babbage bukanlah merupakan sebuah komputer seperti yang kita kenal saat ini, dan tidak memiliki kesamaan dengan komputer generasi pertama sekalipun.

Akan tetapi, penemuan juga pengembangan yang dilakukan oleh Charles Babbage membuat banyak penelitian dan pengembangan lainnya yang merujuk kepada pengembangan komputer, sehingga Charles Babbage seringkali dikenal sebagai bapak komputer.

(baca juga: kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama)

Penemuan Charles Babbage

Seperti kita ketahui, komputer sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu komputer analog dan komputer digital. Komputer analog merupakan jenis komputer yang paling sederhana, dimana biasanya komputer analog hanya digunakan untuk satu kepentingan atau tujuan tertentu saja, berbeda dengan komputer digital yang sifatnya multifungsi dan memiliki banyak sekali kegunaan.

Komputer pertama yang dikembangkan oleh Charles Babbage termasuk ke dalam jenis komputer analog, dimana pada saat itu, Charles Babbage menciptakan sebuah komputer analog dengan bentuk mekanikal, namun memiliki struktur dan susunan dasar yang mirip seperti komputer modern seperti saat ini. Charles Babbage membuat sebuah argument bahwa apa yang kita kenal dengan matematika juga proses berhitung dalam matematika bisa juga kita kerjakan secara mekanikal, dengan bantuan alat.

Sponsors Link

Charles Babbage kemudian akhirnya berhasil membuat sebuah mesin yang menggunakan tenaga uap yang dapat membantu proses penghitungan matematis dengan menggunakan alat tersebut. Mesin ini, yang juga kita kenal dengan komputer mekanikal / komputer analog merupakan cikal bakal berkembangnya komputer secara meluas, mulai dari penggunaan komputer sebagai alat hitung (computer = alat untuk menghitung / to compute) hingga menjadi komputer dengan fungsi yang kompleks yang kita kenal pada saat ini.

Komputer atau mesin hitung yang dikembangkan dan juga dibuat oleh Charles Babbage ini terhitung sebagai mesin hitung pertama yang diciptakan, sehingga hal ini merupakan sebuah gebrakan besar bagi ilmu pengetahuan, terutama dalam proses penghitungan matematis. (baca juga: pengertian komputer menurut para ahli)

Selain mencuatnya temuan mengenai proses penghitungan matematis dengan menggunakan mesin bertenaga uap ini, Charles Babbage juga mengembangkan arsitektural dasar dari komputernya yang ternyata memiliki kemiripan dengan komputer modern saat ini. Pengoperasian dari komputer tersebut adalah pengoperasian yang berdasarkan instruksi (instruction based) serta memiliki program memory yang terpisah.

Sponsors Link

Penemuan dan pengembangan yang dilakukan oleh Charles Babbage ini tentu saja sangat membantu para ilmuwan generasi selanjutnya dalam mengembangkan komputer atau alat hitung yang lebih canggih dan lebih multifungsi untuk membantu mempermudah kehidupan manusia. Dengan adanya penemuan dari Charles Babbage ini, komputer – komputer dengan fungsi yang lebih kompleks menjadi semakin banyak ditemukan dan dikembangkan hingga saat ini.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 15th, January 2016 / 09:30 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar