Sponsors Link

11 Bahaya Virus Komputer – Jenis dan Cara Mengatasinya

Virus komputer merupakan salah satu bentuk Malware atau malicious software yang sangat mengganggu kinerja komputer. Sudah banyak sekali user yang menjadi frustasi akibat menjadi korban dari serangan virus komputer ini. Virus komputer biasaya masuk ke dalam komputer dari banyak lubang, mulai dari internet, penggunaan flash drive, dan sebagainya. Biasanya, virus komputer berbentuk exe, dan merupakan jenis file yang bisa dijalankan. Namun, ketika dijalankan, tidak akan muncul apa-apa, malahan komputer anda akan terserang virus.

ads

Banyak sekali user yang berupaya cara mencegah komputer terkena virus yang dapat mengganggu mereka saat melakukan apa saja di komputer mereka terutama yang dapat merusak data user di komputer maupun laptop. Biasanya saat komputer sering hang atau malah ciri-ciri motherboard rusak yang mengakibatkan jalannya perangkat lunak pada komputer yang semakin lama dapat menjadi penyebab komputer terkena virus.

Jenis Virus Komputer

Berikut ini adalah beberapa jenis virus komputer yang cukup populer, yaitu :

  1. Trojan

Pada dasarnya, Trojan merupakan bentuk dari malware atau malicious software, yang merupakan software berbahaya yang dimasukkan ke dalam komputer untuk tujuan tertentu. Namun dalam perkembangannya, Trojan hingga kini juga sering dikaitkan dengan virus komputer, karena sering bersanding pula dengan virus komputer. Trojan merupakan jenis malware yang masuk ke dalam sistem komputer kita sebagai pintu masuk bagi malware lainnya ke dalam komputer. Singkatnya, ketika kita sudah mengeksekusi virus, dan ternyata virus tersebut berisi Trojan, maka hal tersebut akan menyebabkan malware menjadi masuk dan menginfeksi komputer kita.

Mengapa Trojan berbahaya?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan bahwa virus yang mengandung Trojan ini sangat berbahaya. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan mengapa Trojan menjadi begitu berbahaya :

  • Trojan merupakan pintu masuk bagi malware lainnya dan juga virus lainnya dalam menyerang komputer
  • Apabila Trojan tidak dimusnahkan dengan segera, maka komputer akan mengalami gangguan virus yang sangat banyak dan bisa saja berada pada level berat dan parah.
  1. Worms

Sama seperti Trojan, worms sebenarnya juga termasuk ke dalam malware, namun seringkali masuk ke dalam komputer akibat kita mengeksekusi file yang bervirus. Worm merupakan malware yang masuk ke dalam komputer melalui virus dan menyebabkan komputer anda akan menjadi lambat. Worm dapat menyusup kebagian file mana saja yang anda miliki, dan anda harus melakukan full scanning pada komputer anda untuk mendeteksinya. (baca juga: cara agar laptop tidak lemot)

Mengapa Worm berbahaya?

Ada beberapa hal yang menyebabkan worm yang masuk ke dalam kompter melalui virus komputer itu berbahaya. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat worm menjadi salah satu malware yang sangat berbahaya :

  • Worm dapat dengan mudah berpindah – pindah direktori pada komputer anda
  • Worm dapat menyebabkan perangkat dan sistem komputer menjadi lambat
  • Worm dapat menyebabkan kerusakan pada hardware, karena dapat menyebabkan komputer menjadi panas
  1. Web Scripting virus

Web scripting virus merupakan jenis virus berikutnya yang cukup populer. Sesuai dengan namanya, Web Scripting Virus ini merupakan sebuah virus yang ditempatkan pada sebuah website. Ketika kita mengunjungi situs tersebut, maka segala sesuatu yang kita ketikan akan direkam dan disimpan oleh si virus, untuk keperluan tertentu. ketika hal ini terjadi, maka segala macam bentuk, seperti password, nomor kartu kredit, identitas, dan sebagainya sudah dicopy oleh script di dalam situs tersebut.

Mengapa Web Scripting Virus Berbahaya?

Tentu saja, keberadaaan Web Scripting Virus ini sangat berbahaya, karena dapat sangat merugikan para user yang sedang asik berinternet ria di browser. Berikut ini adalah beberapa bahaya dari Wb Scripting Virus :

  • Pencurian username dan password game online, social media, user di portal dan media
  • Pencurian nomor kartu kredit
  • Pencurian data pribadi, seperti nomor telepon dan alamat rumah.
  1. Multipartite Virus

Sesuai dengan namanya, multipartite viruse merupakan jenis virus yang sifatnya menyebar dengan cepat (multi) dengan jumlah yang dapat berlipat ganda dan bertambah banyak dengan cepat. Virus jenis Multipartite ini biasanya merupakan jenis virus yang menyerang sistem operasi, boot sector, bios dan juga DOS. Untuk menghancurkan virus jenis ini, kita harus benar-benar menghapus seluruh bagian virus ini dari direktori secara keseluruhan. (baca juga: bahaya laptop sering diinstall ulang)

Mengapa Multipartite Virus berbahaya?

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa multipartite virus berbahaya. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan virus Multipartite ini berbahaya :

  • Virus ini menyerang bagian vital dari sebuah komputer, yaitu menyerang system, OS, Booting, dan BIOS serta DOS
  • Virus ini dapat bergerak dengan sangat cepat dan sulit dikendalikan
  • Virus ini sangat mengganggku kinerja dari keseluruhan sistem komputer
  1. FAT Virus

FAT Virus merupakan jenis Virus yang menyerang FAT atau File Allocation Table yang terdapat pada drive komputer. FAT virus masuk dan bersembunyi di dalam FAT, dan berpotensi merusak informasi penting di dalam komputer, dan mencegah adanya akses masuk ke dalam informasi – informasi penting tersebut.

Mengapa FAT Virus Berbahaya?

Berikut ini adalah beberapa alasan yagn dapat menyebabkan FAT virus itu merupakan salah satu virus yang berbahaya :

  • FAT virus menyerang FAT, dan menyimpan banyak informasi penting. Hal ini menyebabkan akses ke dalam informasi penting teswebut menjadi susah dan sering ditolak
  • FAT Virus dapat menyebabkan kerusakan informasi di dalam drive komputer
  1. Companion Virus

Companion virus emrupakan jenis virus yang cukup mengganggu pada era MS – DOS. Companion virus ini memang tidak mengubah dan merusak sistem dan juga file apapun. Yang dilakukan Companion Virus adalah melakukan proses copy terhadap file-file exe, dan menggantinya dengan ekstensi .com pada saat dijalankan, sistem akan menjalankan file tersebut, sehingga akan muncul kesalahan dalam pengoperasian. Selain itu, virus Companion juga agak sulit terdeteksi, karena dapat muncul dimana-mana, dan juga dapat mengcopy file apa saja, dan meletakkannya sesuka virus tersebut secara acak.

  1. Directory Virus

Merupakan salah satu virus yang sangat menyebalkan, karena virus ini merubah direktori dari komputer dan juga sistem operasi kita. komputer merupakan bentuk mesin yang sudah memiliki programnya sendiri, ketika dia harus mengeksekusi file A di dalam direktori Z, maka itulah yang akan dilakukan. Ketika virus dorectory ini muncul, maka direktori asli akan dirubah, sehingga ketika komputer menjalankan perintah yang sama, hasil yang keluar bukanlah sebuah program, namun merupakan sebuah virus. Disinilahh letak bahaya dari directory virus, karena bekerja mengganti direktori dar isi komputer anda.


  1. Shortcut Virus

Shortcut Virus sepertinya merupakan salah satu jenis virus yang sangat populer, karena hampir semua orang perngah mengalaminya. Baik di dalam flashdisk, harddisk, maupun di PC atau laptop. Shortcut Virus ini, sesuai dengan namanya, bekerja dengan cara mengganti seluruh ekstensi file yang ada menjadi ekstensi shortcut. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu siapapun yang sedang bekerja menggunakan komputer. Terkadang, muncul pula shortcut-shortcut baru, yang apabila kita klik, akan memasukkan virus lain di dalam komputer ataupun drive kita. (baca juga: cara menghilangkan virus shortcut)

  1. Hidden Virus

Hidden Virus juga merupakan jenis virus yang populer. Virus ini menyembunyikan file di dalam direktori tertentu, sehingga tidak dapat dilihat, meskipun sudah dibuka setting hidden foldernya. Hal ini membuat pengguna atau user menjadi panic, dan cenderung melakukan format drive mereka, padahal data mereka tidak hilang, hanya disembunyikan saja.

Itulah beberapa jenis virus komputer. Masi banyak sekali jenis – jenis virus komputer lainnya yang belum dijelaskan. Hal ini disebabkan karena cirus komputer semakin hari semakina berkembang, sesuai degan keajuan teknologi yagn digunakan untuk membuat virus tesebut.

Cara Mengatasi Virus Komputer

Untuk mengatasi virus komputer itu sendiri bukanlah perkara mudah. Apabila masih berada dalam tahap awal, dan virus yang berekstensi .exe belum dijalankan, maka komputer anda akan aman dari virus, dan dapat dengan mudah dibersihkan dengan menggunakan antivirus. Paling tidak, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi virus, yaitu :

  1. Selalu gunakan antivirus pada komputer anda, dan cukup gunakan satu buah antivirus saja
  2. Jangan pernah mendownload content-content mencurigakan yang ada di dalam sebuah situs yang bahkan anda tidak tahu peruntukkanya, karena hal ini bisa jadi merupakan keylogger dan jenis virus atau malware lainnya
  3. Jangan asal melakukan klik pada file berekstensi .exe, karena bisa jadi file tersebut adalah virus
  4. Selalu lakukan pengecekan atau scanning pada hard drive komputer anda secara berkala untuk melihat apakah ada viru di komputer anda
  5. Selalu update antivirus anda untuk mendeteksi jenis – jenis virus lainnya yang sedang berkembang
  6. Gunakan firewall ketika sedang melakukan browsing di internet

(baca juga: cara menjaga keamanan jaringan komputer)

Bahaya dari Virus Komputer

Pada dasarnya, virus komputer memang cukup berbahaya, karena dapat menyebabkan banyak sekali masalah pada komputer anda. berikut ini adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan dari virus komputer :

  1. Kinerja komputer anda menjadi sangat lambat
  2. Proses booting sistem operasi menjadi lambat
  3. Banyak kapasitas harddisk yang terpakai percuma
  4. Komputer menjadi cepat panas
  5. Kerusakan hardware, terutama CPU, VGA, dan juga RAM
  6. Kapasitas RAM dan CPU Usage yang menjadi tidak normal
  7. Suhu komputer menjadi sangat panas
  8. File dan juga data yang menjadi corrupt
  9. Kehilangan data dan informasi penting
  10. Pencurian data diri dan data pribadi
  11. Penyadapan dan juga mata-mata

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 15th, February 2016 / 08:23 Oleh :