Sponsors Link

4 Cara Format Memory Card di Android Termudah

Sponsors Link

Memory card merupakan salah satu jenis tempat penyimpanan eksternal, yang biasa dipakai atau  dipasangkan pada smartphone untuk meningkatkan kapasitas memori internal smarphone yang terbatas. Seperti tempat penyimpanan pada umumnya, memori card juga bisa menjadi penuh, sehingga perlu diformat.

ads

Baca Juga:

Adakalanya kita juga perlu menformat memory card untuk menghapus seluruh data kita yang tersimpan, ketika hendak berganti memori Atau ketika memory card mengalami corrupt atau terserang virus sehingga tidak dapat diakses, menformat memory card merupakan cara efektif untuk mengatasinya. Berikut ini akan dosenIT bahas beberapa cara untuk menformat memory card di Android.

Baca juga:

1. Format Menggunakan Fitur Bawaan Windows

Cara pertama ini dapat dilakukan dengan mudah pada semua jenis smartphone android yang mensupport memory card. Sebab cara ini menggunakan fitur bawaan yang ada pada semua versi smartphone android. Namun sayangnya pada beberapa kasus, seperti pada memory card yang error, kadang kala cara ini tidak berhasil dilakukan. Namun tidak ada salahnya mencobanya. (Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Windows Phone)

Berikut cara menformat memory card menggunakan fitur bawaan android

  • Buka menu Pengaturan > Penyimpanan
  • Tekan/ Pilih Kartu SD
  • Tekan ikon berupa tiga titik sejajar yang terletak pada bagian atas jendela menu Kartu SD
  • Akan muncul kotak dialog kecil, pilih Pengaturan (Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Windows 8)
  • Kemudian akan muncul jendela menu Pengaturan Kartu SD, tekan/ pilih Format.
  • Jika pilihan Format SD Card tidak dapat dilakukan, coba lakukan unmount SD Card terlebih dahulu dengan menekan opsi Cabut pada jendela menu Pengaturan Kartu SD
  • Akan muncul jendela berisi peringatan bahwa ‘penformatan akan menghapus semua data yang saat ini disimpan di Kartu SD. Untuk menghindari kehilangan data, pertimbangkan pembuatan cadangannya.’
  • Tekan opsi Penghapusan & Penformatan di ujung kanan bawah jendela.
  • Setelah selesai, kartu akan di format dalam tipe Sistem FAT 32 dan seluruh data dalam memori card akan terhapus. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Pro Final)
  • Tambahan: pada android marsmallow sperti yang penulis gunakan, akan ditampilkan dua opsi pilihan mode penyimpanan SD Card dalam smartphone anroid yang digunakan, yaitu:
    • Memory penyimpanan Internal: memory card yang anda pasang akan dianggap sebagai sistem penyimpanan utama pada perangkat yang digunakan. Jadi jika dicabut dari ponsel, memori card tidak akan bisa dibaca/ digunakan oleh komputer atau perangkat lain tanpa melakukan format.
    • Memory Penyimpanan Portabel: Memory card dianggap sebagai media penyimpanan portable. Jadi anda akan bisa melepasnya dan menghubungkannya dengan komputer atau perangkat lain.

Baca juga:

Sponsors Link

2. Format Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  • Paragon EXFAT, NTSF & HF+

Aplikasi ini dapat membaca berbagai format memori card, termasuk NTSF. Sehingga Paragon EXFAT, NTSF & HF+ dapat digunakan untuk melakukan penformatan memory card di android, ketika fitur bawaan android tidak bisa melakukannya. Sayangnya aplikasi ini mensyaratkan hp sudah diroot agar dapat digunakan.

Baca Juga:

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Jalankan aplikasi Paragon EXFAT, NTSF & HF+ lalu pilih / atur opsi SD Card akan diformat dalam format apa. Bisa dalam format EXFAT, NTSF & HF+ semua format tersebut bisa dibaca oleh aplkasi ini.

  • Erase SD Card

Aplikasi ini tidak mengharuskan smarphone dalam kondisi rooted. Erase SD Card akan membantu anda untuk menghapus semua isi konten si SD Card hanya dengan satu kali klik saja. sangat mudah. Aplikasi ini bisa membantu anda untuk melakukan penformatan dan memperbaiki memori card yang bermasalah. Namun dalam hal fungsi dan tingakt keberhasilan, Paragon Exfat lebih baik.

Baca juga:

Cara menggunakan apalikasi ini sangat mudah. Setelah mengunduhnya dari Google Play, pasang dan jalankan aplikasi Erase SD Card. Pilih memory, internal (Sdcard0) atau eksternal (Sdcard1) memory yang  akan anda format. Setelah yakin pilihan anda benar, klik tombol Erase SD Card.

3. Memperbaiki Memory Card yang Bermasalah

Seperti yang sebelumnya dikatakan diatas, memori card bisa saja menjadi bermasalah, misalnya tidak bisa dibaca. Hal tersebut bisa saja terjadi karena memory card mengalami corrupt yang disebabkan oleh virus, gagalnya pembuatan partisi pada memory, atau kesalahn penggunaan lainnya.

Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membantu anda memperbaiki memory card yang rusak adalah SD Fix Tool. Aplikasi ini mensyaratkan smartphone dalam keadaan rooted. Beberapa fitur SD Fix Tool antara lain meng –enable/ disable media scanner, rescan manual, serta ekperimen mencegah kesalahan SD card.

Baca juga:

4. Format menggunakan Komputer

Jika melakukan format menggunakan fitur bawaan android, serta aplikasi pihak ketiga gagal, anda bisa mencoba melakukan penformatan memory card melakui komputer. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut:

Sponsors Link

  1. Hubungkan kartu memori ke komputer. Untuk menghubungkannya anda bisa menggunakan slot SD Card yang tersedia pada komputer, atau menggunakan perangkat penghubung lain.
  2. Buka menu start > Computer
  3. Klik kanan pada Kartu SD Card yang akan anda hapus, lalu klik format.
  4. Akan muncul jendela Format
  5. Pada opsi Capacity dan Allocation Unit Size, biarkan sesuai bawaan
  6. Pada bagian File System pilih FAT32 agar dapat dibaca oleh beragam perangkat.
  7. Pada format option, checklist opsi Quick Format. Agar format dilakukan dengan cepat. Namun opsi ini akan menformat kartu tanpa memeriksa galat perangkat keras. Jika anda merasa ada permasalah pada kartu, sebaiknya unchecklist opsi ini
  8. Klik start untuk memulai proses format, tunggu hingga proses selesai.
  9. Klik Ok setelah format selesai dilakukan. Memory card anda akan kembali kosong.

Baca juga:

Demikian artikel mengenai cara format memory card di android ini. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan fitur bawaan dari android yang ada pada smartphone tersebut, menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Paragon EXFAT, NTFS, & HF+, atau menggunakan komputer.

Akhit kata, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, penambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 06th, June 2017 / 00:43 Oleh :