Sponsors Link

Cara Mengembalikan Data Flashdisk Yang Terhapus Permanen

Sponsors Link

Mengembalikan data yang terhapus dari flashdisk memang tidak semudah mengembalikan data yang terhapus dari hard disk drive, pasalnya data yang terhapus dari hard disk drive akan di simpan terlebih dahulu ke lokasi khusus sebelum akhirnya di hapus permanen, pada komputer dengan sistem operasi Windows data dari hard disk drive yang terhapus akan di simpan ke Recycle Bin. (Baca juga : Cara Merecovery Data Yang Hilang)

ads

Mengembalikan data dari Recycle Bin sangat mudah, data yang di kembalikan pun akan utuh sebagaimana kondisi data sebelumnya, namun lain halnya jika data tersebut terhapus dari flashdisk, pada flashdisk data yang terhapus akan di “hilangkan” secara permanen dan tidak akan di temukan di Recycle Bin sekalipun Anda menghapusnya pada komputer dengan sistem operasi Windows. (Baca juga : Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya)

Oleh karena itu, menurut Saya kita tidak bisa mengembalikan data dari flashdisk tanpa “campur tangan” perangkat lunak khusus yang memang di buat untuk mengembalikan data yang terhapus, berbagai perangkat lunak gratis maupun yang berbayar (termasuk versi uji coba) banyak di tawarkan di pasaran. (Baca juga : Cara Mempercepat Transfer Data Flashdisk)

Data Recovery Software, begitu kira – kira keyword yang dapat Anda gunakan untuk mencarinya di search engine (Saya gunakan Google), berikut ini Saya himpun beberapa perangkat lunak yang dapat di gunakan untuk me – recover data yang hilang. (Baca juga : Cara Bootable Flashdisk)

Data Recovery Software

  1. Runtime GetDataBack for NTFS atau Runtime GetDataBack for FAT
  2. Recuva
  3. EaseUS Data Recovery Wizard
  4. TestDisk
  5. Stellar Data Recovery
  6. Undelete 360
  7. PhotoRec
  8. Pandora Recovery
  9. Minitool Partition Recovery
  10. Wise Data Recovery
  11. Puran File Recovery
  12. PC Inspector File Recovery
  13. Restoration
  14. DMDE
  15. Glary Undelete
  16. Disk Drill
  17. SoftPerfect File Recovery

Baca juga :

Runtime GetDataBack for NTFS

Pada pembahasan kali ini Saya akan menguraikan cara mengembalikan data flashdisk yang terhapus dengan menggunakan perangkat lunak runtime GetDataBack, berikut ulasannya:

  1. Download perangkat lunaknya di situs web resmi http://www.runtime.org/datarecovery.htm
  2. GetDataBack untuk Windows di distribusikan dalam dua versi, GetDataBack for FAT dan GetDataBack for NTFS.
  3. Silahkan pilih satu sesuai dengan file system flashdisk yang bersangkutan, untuk mengetahui apakah suatu flashdisk (atau drive lain) memiliki file system FAT (maupun FAT32) atau NTFS silahkan klik kanan pada drive yang bersangkutan lalu pilih Properties.
  4. Jika sudah di download, silahkan install dengan mengikuti petujuk (wizard) pada saat proses instalasi.
  5. Saat pertama kali di jalankan, GetDataBack akan menampilkan opsi yang di sebut “data loss scenario”, di antaranya terdapat opsi “I want to recover deleted files“, pilih opsi tersebut (karena kita akan mencoba mengembalikan data yang terhapus), klik “Next”.
  6. Pada tampilan selanjutnya, Anda di haruskan memilih drive (partisi) yang akan Anda pindai (scan) pilih drive flashdisk yang bersangkutan, klik “Next”.
  7. Pada tampilan selanjutnya, Anda di haruskan memilih rentang sektor dari file system yang akan di pindai, pilih “NTFS at sector 0” atau “FAT at sector 0” untuk memindai flashdisk secara lengkat dari sector ke 0, klik “Next”.
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai.
  9. Setelah selesai Anda akan melihat daftar file dan folder yang terdapat pada flashdisk Anda termasuk file dan folder yang masih ada.
  10. ads
    Diantaranya Anda akan melihat nama file atau folder yang di coret misalnya seperti folder dengan nama Naskah Skripsi.
  11. Folder tersebut berarti telah terhapus namun ada kemungkinan masih dapat di kembalikan, silahkan Anda klik (atau double – click) untuk melihat dan memeriksa data dalam folder tersebut.
  12. Apabila sudah yakin bahwa data tersebut adalah data terhapus yang ingin Anda kembalikan, klik data tersebut.
  13. Kemudian klik tombol Copy yang ada di panel bagian atas aplikasi, atau bisa juga dengan klik – kanan lalu pilih Copy, atau cukup tekan tombol F5 (Baca juga : Fungsi Tombol F1 sampai F12).
  14. Pilih folder atau direktori (misalnya My Documents) untuk menyimpan data yang akan di recover tersebut, lalu klik OK, tunggu hingga proses Copy (restore) selesai.
  15. Silahkan buka My Documents (jika Anda memilih folder tersebut) untuk melihat dan memeriksa apakah data yang Anda restore berhasil dengan baik atau ada kesalahan.

Jika Anda tidak berhasil mengembalikan data yang hilang dengan Runtime GetDataBack, coba perangkat lunak Recuva, selain gratis perangkat lunak ini banyak di rekomendasikan oleh reviewer di banyak situs web, selain itu sejauh pengalaman Saya pribadi dan juga berdasarkan pengalaman beberapa teman, perangkat lunak ini memang yang lebih dapat di andalkan.

Baca juga :

Recuva

Berikut adalah langkah – langkah mengembalikan data yang hilang dari flashdisk dengan recuva:

  1. Saya asumsikan data tersebut hilang karena tanpa sengaja terhapus dari flashdisk, bukan karena flashdisk tanpa sengaja terformat, flashdisk yang terformat akan menurunkan persentase keberhasilan pengembalian data yang hilang.
  2. Download perangkat lunak recuva dari situs web resminya (https://www.piriform.com/recuva), hindari men – download perangkat lunak gratis dari situs web yang tidak resmi, karena ada kemungkinan file yang Anda download telah tersisipi / di sisipi malware.
  3. Pilih versi gratis (klik tombol Download Free Version, lalu klik Free Download, terakhir klik Download from : Piriform.com)
  4. File dengan nama rcsetup135.exe (135 merupakan versi perangkat lunak) akan segera di download, ukurannya tidak terlalu besar, sekitar 5.3MB untuk versi yang saat ini Saya download.
  5. Install perangkat lunak recuva pada komputer Anda, ikuti saja sesuai instruksi.
  6. Setelah proses instalasi Recuva selesai, Anda dapat mengklik Run Recuva untuk langsung menggunakan perangkat lunak ini.
  7. Saat pertama kali di jalankan, Recuva akan menampilkan Wizard klik “Next >”.
  8. Pada tampilan berikutnya, Anda dapat menentukan jenis file apa yang ingin Anda coba untuk di kembalikan, terdapat pilihan All Files, Pictures, Music, Documents, Video, Compressed, atau Emails.
  9. Jika Anda yakin jenis file apa yang terhapus dan ingin mengembalikannya, pilih salah satu (misalnya Documents untuk mengembalikan file jenis dokumen), namun jika Anda tidak yakin pilih All Files saja, kemudian klik “Next >”.
  10. Pada tampilan berikutnya, Anda dapat menentukan lokasi file yang terhapus, terdapat pilihan I’m not sure, On my media card or iPod, In My Documents, In the Recycle Bin, In a specific location, atau On a CD / DVD.
  11. Karena pembahasan kita mengenai cara mengembalikan data yang hilang dari flashdisk, maka pilih “In a spesific location” kemudian “Browse” ke drive flashdisk Anda, selanjutnya klik “Next >”.
  12. Pada tampilan berikutnya, Anda dapat mengaktifkan fitur Deep Scan, namun mengaktifkan fitur tersebut akan membuat waktu yang di butuhkan untuk “scanning” semakin lama, jadi untuk saat ini fitur tersebut kita abaikan dulu, selanjutnya klik “Start” untuk memulai proses scanning.
  13. Hasil scanning akan di sajikan dalam sebuah tabel, terdapat tanda lingkaran di samping kiri nama file yang terpindai, warna lingkaran tersebut mewakili status suatu file dapat di kembalikan atau tidak.
  14. Warna merah menandakan file tersebut unrecoverable artinya Recuva tidak sanggup mengembalikan file tersebut, sedangkan warna jingga (orange) menandakan file tersebut sulit untuk di kembalikan (kemungkinannya sangat kecil), warna hijau menandakan file tersebut dapat di kembalikan dan kemungkinan besar kembali dalam keadaan utuh.
  15. Klik checkbox pada file yang ingin Anda kembalikan.
  16. Kemudian klik Recover (tombol di sudut kanan bawah).
  17. Tentukan lokasi untuk menyimpan file tersebut, misalnya My Documents, lalu klik OK.
  18. Buka My Document untuk melihat file yang telah di recover tersebut.

Jika Anda termasuk orang yang “kurang beruntung” karena data Anda yang terhapus dari flashdisk tidak dapat di kembalikan, maka ada perangkat lunak lain yang Saya rekomendasikan, EaseUS Data Recovery Wizard, sejatinya perangkat lunak ini berbayar, namun pihak EaseUS menyediakan versi gratis (bukan uji coba / trial) namun dengan batasan tertentu, batasan yang paling mencolok adalah ukuran data yang dapat di recover (di kembalikan) hanya 500 MB, tapi walau bagaimanapun perangkat lunak ini layak Anda coba.

Baca juga :

EaseUS Data Recovery Wizard

Berikut adalah langkah – langkah mengembalikan data yang hilang dari flashdisk dengan EaseUS Data Recovery Wizard:

  1. Download EaseUS Data Recovery Wizard di http://www.easeus.com/resource/drive/usb-flash-drive.htm
  2. Klik tombol “Download for PC” untuk men – download perangkat lunak EaseUS Data Recovery Wizard untuk versi yang kompatibel dengan sistem operasi Windows
  3. File dengan nama “drw_free.exe” akan segera di download, tunggu hingga prosesnya selesai, ukurannya nampak lebih besar dari Recuva, yaitu sekitar 17 MB.
  4. Setelah file installer perangkat lunak EaseUS Data Recovery Wizard ter – download, double – click file tersebut (drw_free.exe) untuk meng – install, cukup ikuti saja petunjuk pemasangan pada wizard.
  5. Setelah proses install selesai, jalankan perangkat lunak EaseUS Data Recovery Wizard.
  6. Menu pertama yang tampil adalah lokasi (drive) dimana Anda kehilangan data, karena dalam pembahasan ini kita akan mencoba mengembalikan data yang terhapus dari flashdisk, maka pilih partisi flashdisk yang bersangkutan, kemudian klik “Scan”. 
    Sponsors Link

  7. Tunggu hingga proses pemindaian selesai, EaseUS Data Recovery Wizard melakukan pemindaian dalam dua cara, pertama adalah Quick Scan, seperti namanya pemindaian ini selesai dengan cepat, dan kedua adalah Deep Scan, waktu yang di butuhkan akan jauh lebih lama di bandingkan dengan Quick Scan namun data hilang yang terpindai akan jauh lebih banyak.
  8. Tapi walaupun proses pemindaian dengan mode Deep Scan belum selesai, Anda dapat melihat hasil scan dengan mode Quick Scan, perhatikan apakah data Anda yang hilang ada pada daftar.
  9. Jika Ada, seleksi data yang ingin di recovery dengan men – check pada nama data tersebut, lalu klik tombol “Recover”.
  10. Pilih folder untuk menyimpan data yang akan coba di recover tersebut, setelah di tentukan, klik OK.
  11. Proses recover akan berlangsung beberapa saat, waktu yang di butuhkan untuk me – recover suatu file atau data tergantung dari ukuran file atau data tersebut.
  12. Setelah proses recover selesai, Anda dapat melihat file atau data yang di recover tersebut pada folder yang tadi di tentukan.

Baca juga :

Demikian cara mengembalikan data yang hilang dari flashdisk dengan bantuan beberapa perangkat lunak, memang tidak 100% data dapat kembali dan sekalipun data dapat di kembalikan, tidak 100% data dapat kembali dalam keadaan utuh, jadi semoga Anda berhasil, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 27th, May 2017 / 05:31 Oleh :