11 Cara Menjaga Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Sponsors Link

Memiliki laptop saat ini sudah merupakan suatu kebutuhan, yang mungkin saja merupakan kebutuhan primer bagi beberapa orang. Semua pekerjaan dan juga hiburan bisa dilakukan dengan menggunakan laptop. Karena itu, ketika akan membeli laptop user juga harus memperhatikan spesifikasi dari laptop agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah memiliki laptop, maka yang harus kita lakukan adalah dengan cara menjaganya agar tidak rusak. Kerusakan pada laptop bisa digolongkan menjadi 2 hal, yaitu kerusakan software dan juga kerusakan hardware. Berikut ini adalah cara menjaga agar laptop tidak cepat rusak:

Menjaga Dari Sisi Software

Kerusakan pada software laptop biasanya tidak jauh dari kerusakan pada sistem operasi, ataupun kerusakan dari aplikasi (crash, tidak kompatibel, ataupun terdetect sebagai virus). Berikut ini adalah beberapa cara agar laptop tidak cepat rusak, terutama kerusakan yang terjadi pada software:

1. Gunakan Sistem Operasi Genuine atau Asli

Sistem operasi atau OS merupakan software yang membantu usernya dalam menggunakan laptop. Saat ini banyak penggunaan sistemoperasi bajakan yang kemudian dapat berbahaya, karena apabila ter-detect laptop akan langsung terblokir. Maka dari itu untuk menjaga agar kerusakan software tidak terjadi, akan lebih baik bila menggunakan sistem operasi yang genuine atau asli.

2. Gunakan Antivirus

Jangan remehkan antivirus (AV), sebab penggunaan antivirus ini sangat penting untuk membuang virus-virus yang berpotensi pada laptop yang nantinya akan merusak software pada komputer, seperti trojan. Virus-virus seperti ini bisa mengendalikan software laptop user, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada software, yang dapat berdampak pada kerusakan hardware juga apabila tidak diatasi dengan segera. Akibat kerusakan ini dapat menyebabkan laptop menjadi lemot karena virus akan mulai menyebar ke data yang ada pada drive, untuk itu user harus tau bagaimana cara agar laptop tidak lemot akibat kerusakan yang terjadi pada software.

3. Space yang Cukup untuk Harddisk

Kapasitas dari harddisk biasanya terbatas. Apabila user terlalu memaksakan kapasitas dari harddisk laptop, maka hal ini akan menyebabkan laptop menjadi lemot dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini akan berpengaruh ke hardware, karena kinerja CPU mnenjadi lebih berat, sehingga menyebabkan laptop menjadi semakin cepat panas dan tidak optimal lagi. Akan lebih baik jika space pada laptop tidak terlalu penuh sehingga CPU dapat bekerja secara normal dengan performa yang baik.

4. Jangan Coba-coba Software Unknown

Hal ini banyak ditemui pada para pemula yang ingin mencoba-coba software tertentu pada laptop. Jika salah, bisa saja software sistem operasi yang di install dalam laptop kita akan menjadi rusak dan corrupt. Hal ini akan membuat kita menjadi repot,karena harus melakukam proses install ulang kembali yang memakan waktu dan juga biaya, tidak hanya itu data-data yang terdapat di Drive C akan hilang karena proses penginstalan sistem operasi mulai dari awal.

Menjaga Dari Sisi Hardware

Apabila kerusakan software bisa diatasi dengan cara melakukan proses install ulang, maka kerusakan hardware tidak semudah itu. Kerusakan hardware membutuhakn biaya yang tidak sedikit, karena diharuskan mengganti onderdil pada laptop sesuai dengan spesifikasi laptop yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa komponen hardware yang rentan mengalami kerusakan:

  • LCD / Layar
  • Speaker
  • Harddisk
  • Chipset
  • Baterai

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga laptop agar tidak cepat rusak, terutama pada bagian hardwarenya:

sponsored links

1. Jangan Gunakan Laptop Saat Dicharge

Ya, jangan pernah menggunakan laptop, ketika sedang dicharge. Hal ini akan menyebabkan baterai dari laptop menjadi melemah, yang sering kita kenal dengan istilah baterai bocor. Harga baterai laptop sangatlah tinggi, dan baterai laptop merupakan salah satu komponen yang paling sering mengalami kerusakan, yang kebanyakan disebabakan karena penggunaan yang tidak tepat.

2. Gunakan Laptop Secara Perlahan

Buka dan juga tutup dari layar laptop secara kasar bisa memberikan resiko tinggi. Resiko terburuk adalah engsel menjadi patah. Apabila hal ini terjadi, maka sebaiknya user mengganti laptop dengan yang baru, karena biayanya yang telalu mahal dan sulit untuk diperbaiki. Berhati – hatilah dalam membuka dan juga menutup layar laptop, agar hal ini tidak terjadi.

3. Jangan Membanting Laptop

Semua pasti sudah tahu, membanting laptop akan menyebabkan malfungsi pada beberapa hardware. Jadi cara paling baik untuk menjaga laptop agar tidak cepat rusak adalah dengan cara tidak membanting laptop, baik itu sengaja ataupun tidak sengaja. JIka hal itu terjadi kemungkinan komponen dalam yang ada pada laptop terjadi kerusakan terutama papan prosesor yang cukup rentan dengan kabel.

4. Jangan Gerakan Laptop Saat Hardisk Bekerja 

Hal ini juga sering terjadi kepada para pengguna laptop. Biasanya menggoyangkan laptop, ataupun menenteng laptop ketika sedang melakukan pembacaan terhadap harddisk seperti ketika booting, install aplikasi, ataupun sedang menjalankan aplikasi sangat berisiko merusak harddisk. Karena itu berhati-hatilah dalam merawat laptop agar hal in itidak terjadi.

5. Bersihkan Laptop Dengan Vaccum Cleaner dan Cairan Pembersih

Debu dan juga kotoran merupakan salah satu musuh besar dari laptop. Debu -debu halus dapat masuk ke dalam laptop, dan mengganggu proses hardware yang sedang bekerja. Hal ini dapat dideteksi dari laptop yang menjadi sangat panas dari biasanya, padahal hanya membuka sedikit aplikasi saja. Hal ini dapat user atasi dengan cara melakukan pembersihan laptop secara rutin, dengan menggunakan penyedot debu mini dan juga menggunakan cairan pembersih khusus laptop.

Sponsors Link

6. Gunakan Netbook Cooler

Netbook cooler juga merupakan salah satu elemen penting yang membantu kinerja dari hardware menjadi lebih baik. Netbook cooler dapat membantu mendinginkan dan juga membuang udara panas yang dihasilkan dari proses hardware yang terjadi. Dengan begitu, kinerja dari hardware akan terjaga dan komponen hardware menjadi lebih tahan lama.

7. Gunakan Komponen Komputer Sesuai dengan Spesifikasi

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kerusakan laptop adalah penggunaan substitusi hardware yang tidak kompatibel dengan sepesifikasi laptop user. Hal ini dapat terjadi ketika pemahaman user mengenai hardware tidak cukup, sehingga hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan hardware yang tidak sesuai dan tidak kompatibel dengan laptop. Sangat di anjurkan menggunakan komponen pada komputer yang sesuai terutama sama dengan brand laptop yang dimiliki, seperti RAM, Hard disk, chipset dan lainnya.

Selain beberapa hal teknis diatas, ada beberapa hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak:

  • Jangan pernah menggunakan laptop dengan alas kain atau kapuk.
  • Hindari melakukan charging lebih dari 24 jam.
  • Hindari melakukan standby pada laptop selama lebih dari 24 jam.
  • Gunakanlah pelindung layar dan juga pelindung keyboard.
  • Apabila memungkinkan, gunakanlah keyboard eksternal, dan juga mouse dalam mengoperasikan laptop.
  • Jangan menggores laptop.
  • Selalu jaga port-port, USB, VGA, HDMI, dan sebagainya agar tetap bersih dan tidak tersumbat debu.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga agar laptop tidak cepat rusak. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan juga dapat membantu anda dalam merawat laptop agar tidak cepat rusak. Terima Kasih.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 27th, August 2015 / 09:20 Oleh :