Sponsors Link

Disk Defragmenter – Penjelasan, Proses, Dampak dan Manfaatnya

Sponsors Link

Pernah mendengar istilah yang satu ini? Bagi anda yang sering melakukan proses proteksi dan juga manajemen pada hardisk defragmenterisk, pastilah sudah sangat sering melakukan hal ini. Defragmenter, apabila diartikan secara harafiah, berarti melakukan proses defragmentasi. Dalam sebuah sistem komputer, proses ini terjadi pada hardisk defragmenterisk komputer kita.

Jadi dapat disimpulkan bahwa proses disk defragmenter adalah sebuah proses yang dilakukan untuk melakukan defragmentasi pada hardisk defragmenterisk komputer kita. Hal ini dilakukan untuk memperlancar kerja dari harddisk itu sendiri, agar harddisk juga tidak mudah rusak. (baca juga: penyebab kerusakan harddisk)

Apa Itu Disk Defragmenter?

Disk defragmenter merupakan sebuah tools atau peralatan yang dimiliki oleh sebuah hardisk defragmenterisk secara mandiri. Itu berarti fitur disk defragmenter ini terdapat pada hardisk defragmenterisk itu sejak pertama kali dibuat. Selain merupakan salah satu tools bawaan dari sebuah hardisk defragmenterisk, sebuah fitur disk defragmenter juga dapat kita temui pada sistem operasi komputer yang kita gunakan.

Fitur ini memilki tujuan yang sama, yaitu untuk melakukan proses defragmentasi pada hardisk defragmenterisk yang tersambung ke dalam komputer kita. Jadi pada dasarnya, fitur atau tool disk defragmenter ini memang memilki hubungan dan juga kaitan yang sangat erat dengan perangkat keras komputer, hardisk defragmenterisk.

Mengapa Disk Defragmenter Diperlukan?

Mungkin banyak orang yang meremehkan fungsi dari disk defragmenter, karena tidak terlalu banyak berguna untuk hardisk defragmenterisk di dalam komputer. Namun demikian, ternyata disk defragmenter memiliki fungsi yang sangat penting terhadap hardisk defragmenterisk komputer kita.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan fitur dan juga tools disk defragmenter ini sangat penting dan harus digunakan pada hardisk defragmenterisk kita:

  1. Proses copy dan juga paste pada sebuah hardisk defragmenterisk yang terkadang asal.
  2. Ada kemungkinan jumah file yang saling bertumpuk satu sama lain di dalam sebuah drive penyimapanan hardisk defragmenterisk.
  3. Adanya file-file di dalam hardisk defragmenterisk yang letaknya tidak beraturan dan berurutan.

Nah, karena adanya ketiga hal yang dapat terjadi pada hardisk defragmenterisk tersebut, maka penggunaan tool dan juga ftur disk defragmenter ini sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan adanya disk defragmenter, setiap file yang berantakan dan tidak rapih di dalam hardisk defragmenterisk komputer akan menjadi lebih rapi dan juga berurutan peletakannya.

Ibaratnya, disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk komputer mirip seperti ketika kita membersihkan kamar kita. Semua barang-barang di kamar akan diibaratkan sebagai file di dalam hardisk defragmenterisk kita. Nah, barang-barang yang ada di dalam kamar kita itu seringkali kita pindah-pindah dan kita letakkan tidak pada tempatnya, sama seperti file-file di dalam hardisk defragmenterisk, yang meskipun kita anggap sudah berada pada folder yang tepat, namun pada dasarnya belum masuk pada lokasi yang tepat di dalam sector hardisk defragmenterisk.

Maka dari itu, kita dapat meletakkan barang-barang di kamar kita seperti seharusnya, misalnya jam tangan di kotaknya, baju di dalam lemari, dan sebagainya. Disinilah fungsi dari disk defragmenter diperlukan. Disk defragmenter akan membantu melakukan perapihan dan juga pengurutan terhadap setiap file dan juga data yang ada di dalam hardisk defragmenterisk komputer kita.

Dengan adanya fungsi dari tools disk defragmenter ini, maka hardisk defragmenterisk komputer kita akan menjadi lebih rapih dan juga teratur penataan file dan datanya.

Mengapa isi file dan data pada hardisk defragmenterisk sering tidak beraturan di dalam sector hardisk defragmenterisk?

Kita sebagai user mungkin sudah merasa menempatkan file dan juga data pada folder-folder yang tepat, dan pada drive hardisk defragmenterisk yang tepat pula. Namun demikian, ternyata meskipun sudah diletakkan, ada beberapa file yang terdeteksi tidak rapih posisinya di dalam sector-sector hardisk defragmenterisk, yang mana nantinya harus dibereskan oleh fitur dari tools disk defragmenter.

Lalu, mengapa sebuah file dan juga data mengalami ketidak teraturan di dalam sector hardisk defragmenterisk? Berikut ini adalah bebrapa hal yang mungkin dapat menyebabkan file dan juga data anda menjadi tidak teratur dalam mengisi sector-sector di dalam hardisk defragmenterisk:

  • Terlalu sering melakukan copy paste di dalam drive.
  • Melakukan penghapusan file-file di dalam drive.
  • Tidak melakukan cut saat melakukan copy paste.
  • Terlalu sering melakukan install dan juga uninstall dari sebuah software.
  • Menutup aplikasi atau software secara tidak wajar (misalnya force close dan juga force shutdown).

Itulah beberapa hal yang bisa saja menyebabkan sector-sector pada hardisk defragmenterisk anda mengalami ketidak beraturan.

Apa dampak dari file dan juga dokumen yang tidak teratur letaknya?

sponsored links
Tentu saja data dan juga file anda yang tidak teratur di dalam hardisk defragmenterisk akan menyebabkan beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat terjadi ketika file dan juga data di dalam hardisk defragmenterisk anda tidak teratur :

  • Proses pencarian dan eksekusi file atau data menjadi lambat, karena hardisk defragmenterisk kesulitan mencari data dan juga file yang tidak teratur.
  • Proses loading menjadi lebih lambat.
  • Bisa saja mengalami gangguan pada hardisk defragmenterisk, seperti bad sector.
  • Ada beberapa file ataupun data penting anda yang mungkin mengalami corrupt.

Nah, itulah beberapa hal yang mungkin saja bisa terjadi apabila seluruh data dan juga file yang ada di dalam hardisk defragmenterisk kita mengalami penumpukan dan juga letaknya tidak beraturan. Mungkin dampaknya tidak akan terasa untuk file yang ukurannya kecil, namun demikian, bagi file eksekusi dengan ukuran besar, hal ini akan mempengaruhi kecepatan eksekusi dari file tersebut

Bagaimana melakukan proses disk defragmenter?

Nah, anda sudah mengetahui apa itu disk defragmenter, mengapa disk defragmenter diperlukan, dan hal-hal apa saja yangmungkin bisa terjadi apabila hardisk defragmenterisk anda tidak menggunakan fitur dari tools disk defragmenter ini. Maka dari itu, anda harus melakukan proses disk defragmenter ini untuk kesehatan dari hardisk defragmenterisk anda.

Untuk melakukan prosedur dari disk defragmenter ini, pada dasarnya sangat mudah untuk dilakukan. Biasanya, pada produk hardisk defragmenterisk terbaru sudah memiliki fitur-fitur disk defragmenter bawaan, jadi anda bisa langsung mengoperasikannya. Akan tetapi apabila hardisk defragmenterisk anda tidak memiliki fitur disk defragmenter secara mandiri jangan khawatir, karena sistem operasi anda seperti Windows contohnya sudah mendukung fitur atau tools dari disk defragmenter ini.

Caranya sangat mudah, berikut ini adalah cara melakukan disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk menggunakan windows XP dan juga windows 7:

  1. Langkah pertama, klik start – accessories – pilih disk defragmentation (pada penggunan Windows XP)
  2. Untuk pengguna Windows 7, pilh start, lalu search disk defragmentation, lalu jalankan programnya.
  3. Setelah programnya berjalan, maka akan keluar jendela disk defragmenter di layar komputer anda. ketika muncul, aka nada pilihan drive akan diproses, yaitu drive D, C, dan juga system reverse. (Jumlah ini tergantung dari jumlah drive yang anda gunakan sebagai partisi pada hardisk defragmenterisk yang anda gunakan di dalam komputer)
  4. Pilih drive C terlebih dahulu (sebagai lokasi drive sistem operasi)
  5. Klik pada drive C, lalu pilih analyze disk terlebih dahulu. Analyze disk digunakan untuk melakukan analisa kebutuhan defragmentisasi pada drive tersebut.
  6. Setelah selesai dilakukan proses analyze, maka saatnya anda melakukan proses defragmentasi. Klik pada drive C, lalu pilih defragment disk. Ketika sudah dipilih, maka sistem operasi anda akan secara otomatis bekerja dengan cara mengurutkan dan juga merapihkan file dan juga data – data anda yang tidak teratur, sehingga menjadi lebih teratur.
  7. Tunggu proses defragmentasi hingga selesai. Setelah selesai, pindah ke drive berikutnya, yaitu drive D, untuk melakukan analisa dan juga defragmentasi pada drive D di hardisk defragmenterisk anda.
  8. Lakukan langkah yang sama seperti ketika anda akan memproses disk defragmenter pada drive C hardisk defragmenterisk anda.

Itulah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menjalankan fungsi dan juga tools disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk anda. Mudah sekali bukan untuk dijalankan? Proses ini akan berjalan dengan cepat, sesuai dengan kapasitas hardisk defragmenterisk dan juga drive yang anda miliki.

Kapan kita harus melakukan proses disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk?

Untuk melakukan proses disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk di dalam komputer kita, maka kita harus melakukannya secara rutin, namun tidak sering. Ya, terlalu sering melakukan disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk malahan akan menyebabkan hardisk defragmenterisk kita mengalami kerusakan.

Paling tidak, anda harus menjalankan fungsi dan juga tools disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk ini sebanyak sebulan atau dua bulan sekali. Jangka waktu sebulan atapun dua bulan sekali sudah dianggap cukup dan merupakan interval waktu yang pas untuk melakukan proses disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk anda.

Apabila anda takut kelupaan untuk melakkan proses disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk anda, maka anda bisa menggunakan fitur auto defragment pada sistem operasi anda. Caranya cukup dengan memiliki option schedule pada jendela disk defragmenter yang anda buka, lalu pilih interval waktu yang anda inginkan utnuk melakukan proses disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk komputer anda.

Fitur ini akan membuat komputer anda seara otomatis melakukan proses disk defragmenter sesuai dengan interval waktu yang sudah anda masukkan. Hal ini akan membantu anda yang mungkin sering kelupaan untuk melakukan proses disk defragmenter secara rutin.

Perlu diperhatikan juga, bahwa dalam proses disk defragmenter hardisk, terutama bagi anda yang sering melakukan proses manajemen file, seperti install uninstall, copy paste, dan juga editing dan juga manajemen file dan data lainnya, ada baiknya proses disk defragmenter dilakukan lebih banyak.

sponsored links

Dampak dan juga manfaat dari proses disk defragmenter

Setelah melakukan proses disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk anda, maka tentu saja proses ini akan memberikan dampak dan juga manfaat yang sangat penting bagi hardisk defragmenterisk anda. berikut ini adalah beberapa dampak dari penggunaan fitur disk defragmenter pada hardisk defragmenterisk anda:

  • Seluruh file dan juga data yang terdapat pada hardisk defragmenterisk anda akan tersimpan secara berurutan, dan tidak berantakan.
  • Sektor – sector pada hardisk defragmenterisk yang tadinya kosong karena ketidakteraturan file kini menjadi terisi, sehingga tidak ada sector yang menjadi kosong.
  • Jarak antar sector dan juga file – file di dalam hardisk defragmenterisk menjadi lebih padat dan juga rapat.
  • Dapat mengurangi kinerja dari perputaran disk di dalam hardisk defragmenterisk, sehingga umur hardisk defragmenterisk bisa menjadi lebih panjang.
  • Hardisk defragmenterisk komputer anda menjadi lebih mudah untuk dilakukan proses manajemen.
  • Dapat melakukan fixing pada boot sector hardisk defragmenterisk dan memperbaiki error program.
  • Mengurangi latency time yang dibutuhkan oleh sebuah hardisk defragmenterisk dalam mencari data yang tersimpan di masing – masing partisi drive hardisk defragmenterisk.

Selain dampak bagi komputer dan juga hardisk defragmenterisk, proses disk defragmenter yang dilakukan secara rutin pada komputer dan juga hardisk defragmenterisk anda juga memberikan beberapa manfaat, yaitu:

  • File penting dan juga data anda dapat terhindar dari kemungkinan corrupt
  • Proses pembacaan data menjadi lebih cepat, yang berpengaruh pada kepuasan anda dalam memanggil data
  • Komputer menjadi terasa lebih cepat
Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 13th, October 2015 / 09:22 Oleh :