Sponsors Link

12 Penyebab Laptop Lemot Harus Diketahui

Sponsors Link

Laptop yang lemot, alias lola (loading lama) benar-benar mengganggu rasanya. Tak ayal kalau emosi kita jadi naik dibuatnya. Kondisi laptop seperti ini pernah dialami penulis ketika menggunakan laptop milik ortu. Spefifikasi laptop tersebut bisa dibilang cukup tinggi. Processornya intel i3, Ram nya memang hanya 2 GB namun jika ditilik dari penggunaannya yang hanya untuk word processing dan sesekali pengolah angka serta power point, ram sebesar itu seharusnya mencukupi. (Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri  , Penyebab Laptop Mati Total)

ads

Saya benar-benar heran, karna laptop lama saya yang hanya dual core, dengan ram yang sama masih jauh lebih cepat responnya dari pada laptop tersebut, yang notabene processornya lebih canggih! Akhirnya saya mencari tahu, dan setelah ditilik – tilik ada beberapa hal yang membuat laptop tersebut menjadi lemot, salah satunya program startup yang terlalu banyak. (baca juga:  modem 4g terbaik , Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas)

Jika saat ini anda sedang merasa kesal karena laptop anda sangat lemot, dan sedang mencari tau cara untuk menyelesaikannya, artikel kali ini mungkin dapat membantu anda. Kali ini dosenIT akan membahas beberapa penyebab laptop lemot. Sebagai referensi tanbahan anda juga bisa membaca: cara agar komputer tidak lemot.

1. Spesifikasi Laptop Tidak sesuai

Spesifikasi Laptop yang tidak sesuai dengan OS yang diinstall, akan membuat laptop menjadi lemot. Windows 10 misalnya, windows 10 mensyaratkan RAM minimal 1 GB dan space hardisk minimal 16 GB untuk versi 32 bit, kartu grafis harus mendukung API Direct X9 keatas, dan kecepatan processor minmal 1 GHz keatas (baca juga: penyebab laptop mati tiba tiba , Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Cepat Habis)

Ketika Ram, kecepatan processor, atau juga VGA anda hanya memenuhi spesifikasi standar apalagi kurang tentu saja laptop anda akan menjadi lemot. Selain itu, jika kebutuhan pekerjaan anda menuntut kinerja laptop yang tinggi seperti desain grafis, atau game maker, sedangkan spesifikasi laptop anda hanya standar saja, maka laptop anda juga akan terasa sangat lemot ketika dipakai. (Baca juga : Cara Agar Laptop Tidak Panas , Penyebab Charger Laptop Tidak Mengisi)

2. Kapasitas RAM Tidak Mencukupi

RAM (Random Acces Memory) berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data/ instruksi dari processor. Jika memori RAM kurang, data/ instruksi dari processor tidak dapat disimpan dengan benar karena ruang memori yag terbatas. Akibatknya komputer menjadi lemot, program yang dijalankan mengalami crash sehingga laptop menjadi hang. (Baca juga : LCD Laptop Pecah , Fungsi Monitor LCD)

Jika kapasitas RAM anda kecil, sebaiknya upgrade RAM anda. Jangan menjalankan terlalu banyak program secara bersamaan, versi program yang dinstall pun pilih yang sesuai dengan spesifikasi laptop anda. Juga gunakan pula versi OS yang mendukung (baca juga: penyebab ram berkurang).

3. Program Startup dan Service telalu banyak

Ketika menyalakan laptop, akan ada sejumlah layanan/ service serta program yang langsung berjalan secara otomatis saat startup (program startup). Jika terlalu banyak, program – program startup serta service ini akan menyebabkan proses loading windows menjadi lama. (baca juga: cara merubah jpeg ke pdf)

Untuk itu sebaiknya ada memilah – milah program startup serta layanan  tersebut, matikan program atau layanan yang tidak perlu. Anda bisa mengatur program startup melalui Tab Startup pada jendela System Configuration. Untuk mengaksesnya, tekan Win + R pada keyboard lalu tulis msconfig. Sedangkan untuk mengatur service, tekan Win + R lalu tulis service. (Baca juga : Ciri Ciri Adaptor Rusak)

ads

4. Appearance and Personalitazion

Desktop background yang berupa animasi atau gambar/ foto yang berganti setiap beberapa menit apalagi beberapa detik sekali akan menyebabkan beban kerja laptop bertambah. Akibatnya kinerja laptop menjadi lebih lambat. JIka anda menggunakan desktop background berupa animasi, sebaiknya ganti menjadi gambar/ foto saja. atur pula durasi pergantian foto. Minimal beberapa jam sekali atau sehari sekali lebih baik. (Baca juga : Penyebab Laptop Susah Dihidupkan , Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Lampu Kuning Berkedip 3 Kali)

Jika anda menggunakan Windows 10, efek transparent pada start menu, taskbar dan Action Center memang membuatnya terlihat elegan. Namun fitur tersebut memerlukan spek tinggi, sehingga bisa menyebabkan lambatnya proses navigasi di start menu dan action center. Anda bisa mengatasinya dengan menonaktifkan fitur transparent.

Visual effect shadows and animation pada windows 10 juga cukup membebani kinerja laptop, dengan mematikannya anda bisa membuat kinerja laptop anda menjadi lebih cepat. (baca juga: penyebab monitor berkedip, cara memperbaiki layar laptop bergaris).

5. Junk Files (Sampah)

File yang anda hapus dari drive pada hardisk biasanya akan tersimpan di recycle bin, kecuali file tersebut berukuran cukup besar atau anda  menghapusnya secara permanent (shift + deleted). File yang menumpuk di recycle bin tersebut lama kelamaan akan memenuhi ruang pada hardisk jika anda tidak pernah menghapusnya (baca juga: cara menyambungkan wifi ke laptop).

Temporary file juga lama kelamaan akan memenuhi ruang memori anda jika tidak di bersihkan secara berkala. Untuk itu bersihkan pula temporary file pada laptop anda, bersihkan juga cookies, cache, dan history peramban anda. Data-data yang disimpan peramban (browser) ketika anda menjelajah internet akan membuat peramban menjadi lambat. Banyaknya add-on yang anda pasang juga akan sangat mempengaruhi kecepatan loading peramban anda. Kurangi pemakaian add-on yang tidak perlu. (Baca juga : Ciri ciri Keyboard Laptop Rusak , Fungsi Tombol ESC)

6. Program yang diinstall terlalu banyak

Saat membeli laptop, biasanya laptop telah diisi berbagai program yang kadang kala tidak kita gunakan. Malahan mungkin program yang kita perlukan belum terinstall, jadi kita harus menginstallnya sendiri. Namun perlu diketahui bahwa banyaknya program yang terinstall pada laptop akan mempengaruhi kinerja laptop anda (baca juga: cara masuk bios windows 8).

Jika program yang terinstall pada laptop terlalu banyak, ruang memori yang digunakan juga semakin besar, akibatnya laptop akan menjadi lebih lambat.  Oleh karena itu sebaiknya anda menghapus/ uninstall program yang jarang atau malah tidak terpakai dan mengurangi beban memori laptop anda. Jika memerlukannya anda bisa menginstallnya kembali. (Baca Juga: Penyebab Laptop Sering Not RespondingCara Mengatasi Komputer Restart Sendiri)

7. Program Terlalu Berat

Dalam memilih program untuk di install, pilihlah versi yang sesuai dengan spesifikasi laptop anda. Sama seperti OS, program aplikasi juga memiliki spesifikasi minimal penggunaannya. (Baca juga : Cara Mengembalikan Layar Laptop Terbalik )

Jika anda menginstall program yang terlalu berat bagi laptop anda, ketika menjalankan program tersebut laptop akan berkerja sangat keras. Karena anda memaksanya bekerja melebihi kemampuan yang bisa diberikan laptop dengan spesifikasi tersebut. Akibatnya laptop akan menjadi sangat lemot atau bahkan menjadi hang dan overheat. (Baca juga: Cara Bootable Flashdisk )

8. Multitasking terlalu banyak

Windows memampukan kita untuk melakukan multitasking atau menjalankan beberapa program sekaligus secara bersamaan. Namun jika menjalankan program terlalu banyak, bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat. Sebaiknya matikan program yang sudah tidak anda butuhkan. Toh anda bisa membukanya kembali jika anda memerlukannya nanti. Selesaikan pekerjaan anda satu persatu, agar beban kerja Processor serta Ram menjadi lebih ringan. (Baca juga : Penyebab Laptop Mati Sendiri , Penyebab Kerusakan Hard Disk)

9. Virus

Laptop yang terkena virus bisa menyebabkan kinerja laptop tersebut menjadi lambat. Hal tersebut bisa terjadi jika virus telah menyerang sistem pada laptop anda. Untuk mengatasinya anda perlu menginstall antivirus, gunakan antivirus terbaru yang terpercaya dan pastikan untuk selalu mengupgrade antivirus anda. Sebaiknya gunakan satu atau maksimal dua antivirus saja untuk PC anda, karena jika terlalu banyak malah akan memberatkan laptop ada. (Baca juga: Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop)

Lakukan scanning secara menyeluruh pada laptop anda, terutama pada system C atau tempat dimana file System Operasi tersimpan. Lakukan scanning melalui save mode untuk agar proses scanning berjalan dengan baik dan aman. Jika scanning tidak berhasil menghilangkan virus, ada baiknya jika anda melakukan install ulang (baca juga: jenis jenis bios).

Untuk menghindari virus, sebaiknya jangan mendownload file sembarangan dari internet. Internet merupakan sumber penyebaran virus yang paling rentan. Selain itu, setiapkali memasang flashdisk ke laptop anda, pastikan anda menscanningnya terlebih dahulu. Sehingga jika terdapat virus didalamnya, anda bisa segera mengkarantinanya dan menghapusnya. (Baca juga : Cara Mengatasi Lupa Password Laptop)

10. Kapasitas Hardisk Penuh

Hardisk yang penuh akan menyebabkan aliran data menjadi lambat, sehingga kinerja laptop menjadi lambat. Jika kapasitas hardisk anda sudah nyaris memenuhi limit, sebaiknya pindahkan data-data anda segera ke tempat penyimpanan lain agar tetap tersedia ruang memori yang kosong. Membiarkan hardisk yang terlalu penuh bukan hanya membuat laptop menjadi lambat, namun juga berpotensi merusak hardisk. (Baca Juga: Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static)

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah melakukan Disk Cleanup untuk Disk cleanup adalah program bawaan dari Windows yang bisa membantu anda untuk menghapus file-file sampah yang tidak berguna, dan menambahkan ruang kosong pada hardisk anda. Jika ingin membeli hardisk artikel harddisk eksternal terbaik bisa memberikan referensi hardisk terbaik sebagai pertimbangan anda.

Sponsors Link

11. Hardisk Perlu di Defrag

Data dalam hardisk yang berantakan dan tidak tersusun rapi juga akan menyebabkan laptop menjadi lambat. Untuk merapikannya anda harus melakukan defragment pada hardisk tersebut. Selain itu, dengan merapikan struktur data pada hardisk, ruang memori yang kosong juga akan bertambah, karena data menjadi tersusun rapi dan padat. (Baca juga : Penyebab Laptop Restart Sendiri )

Untuk melakukan defragment pada drive hardisk laptop, anda bisa mengaksesnya dengan membuka menu Start -> All Program -> Accesories -> System Tool -> Disk Defragmenter (baca juga: cara mengatasi komputer tidak-bisa booting)

12. Overheat

Laptop yang mengalami overheat akan mempengaruhi kinerja seluruh komponen laptop. Jika terlalu panas, laptop akan menjadi lambat, hang atau bahkan mati secara tiba-tiba. Overheat juga berpotensi membuat komponen hardware komputer mengalami kerusakan. Untuk itu jika laptop anda mengalami overheat, segera matikan laptop tunggu beberapa saat hingga laptop menjadi dingin, baru menyalakannya kembali. (Baca juga: Cara Mengatasi Komputer No Signal)

Untuk mencegah laptop mengalami overheat, anda bisa memeriksa komponen pendingin laptop/ pastikan fan berjalan normal, dan tidak tertutup debu. Selain itu, jangan menjalankan program berat terlalu lama, apalagi hingga 24 jam tanpa istirahat. Meskipun mesin, laptop juga perlu istirahat (baca juga: cara mengubah bahasa di laptop).

Demikian artikel mengenai penyebab laptop lemot ini. Ada 12 penyebab yang mungkin terjadi pada laptop anda yang membuat kinerja laptop anda menjadi lambat. Spesifikasi laptop yang tidak memenuhi spesifikasi OS yang dipakai, kapasitas ram terlalu kecil, program startup dan service yang berjalan terlalu banyak, pengaturan display yang membebani kinerja laptop. (Baca Juga: Cara Memperbaiki Blue Screen)

Junk files (sampah) yang menumpuk dan memenuhi ruang memori, terlalu banyak program yang diinstall di laptop, atau juga program yang diistall tersebut terlalu berat, multitasking terlalu banyak, virus yang menyerang sistem komputer, kapasitas hardisk penuh, hardisk perlu di defrag, atau juga laptop yang mengalami overheat (baca juga: macam macam software akuntansi).

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, pemambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih..

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 28th, March 2017 / 13:38 Oleh :
Kategori : Troubleshooting