Sponsors Link

6 Penyebab Laptop Mati Total yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Saat hendak mengerjakan sesuatu yang memerlukan komputer, tapi ketika dinyalakan komputer sama sekali tidak merespon alias mati total. Waah, itu benar – benar bikin panik. Tapi tenang, anda tidak perlu menjadi frustasi  karenanya. Ada banyak hal yang menyebabkan laptop mati total, mulai dari masalah kecil hingga masalah yang memerlukan penanganan serius yang mungkin akan menguras dompet anda. (Baca juga: Tanda Power Supply Komputer Rusak , Penyebab Laptop Mati Sendiri)

ads

Artikel kali ini akan membahas beberapa penyebab laptop mati total, untuk membantu masalah yang sedang anda hadapi, atau yang mungkin saja akan anda temui nanti. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca lebih lanjut ulasan dibawah ini.

1. Permasalahan pada Baterai

Apakah anda menghidupkan laptop anda menggunakan baterai? Kemungkinan baterai telah habis daya. Coba hubungkan laptop dengan adaptor listrik. Jika masih tidak mau menyala, tetap pasang adaptor dan biarkan hingga beberapa saat. Baterai yang habis total dayanya, perlu beberapa waktu untuk mengisi kembali supply daya pada baterai, setelah cukup daya yang dikumpulkannya, baru kemudian bisa menghidupkan komputer.

Jika setelah menunggu beberapa saat komputer tetap tidak mau menyala, coba lepas baterai. Jika setelah baterai dilepas, komputer bisa menyala, berarti kerusakan ada pada baterai atau konektor baterai. Jika komputer masih belum menyala meskipun baterai dilepas, lanjutkan ke point nomor 2. (Baca juga: Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Cepat Habis , Cara Agar Baterai Android Awet)

2. Permasalahan pada Adaptor

Cek pasokan listrik anda, pastikan daya listrik mengalir melalui stop kontak/ stabilizer/ UPS yang anda gunakan. Jika pada output stabilizer/ UPS tidak ada tegangan yang terukur, maka masalah ada pada stabilizer/ UPS anda. Menghubungkan charger langsung ke sumber listrik akan menyelesaikan masalah. (Baca Juga: Fungsi Stabilizer)

Cek lampu indikator, apakah menyala atau tidak. Jika tidak menyala, kemungkinan kerusakan karena adaptor anda. Periksa sambungan kabel adaptor, seringkali kabel power bermasalah (putus sambungan) karena pemakaian adaptor yang tidak hati-hati. (Baca Juga: Jenis Jenis Power Supply dan Fungsinya)

Jika kabel mengalirkan listrik, maka periksa komponen adaptor. Cek input dan outputnya, jika tegangan pada input masuk, tapi tegangan pada output tidak ada, maka kerusakan ada pada komponen adaptor. Cara termudah untuk mengecek adaptor adalah dengan menggunakan adaptor lain yang sesuai dayanya untuk menghidupkan laptop anda. Namun, jika adaptor serta kabelnya normal maka permasalahan bisa disebabkan pada kerusakan komponen power. Lanjut ke point 3 (Baca juga: Dampak Bahaya Mematikan Komputer tidak Sesuai Prosedur)

Sponsors Link

3. Permasalahan pada komponen power

Jika lampu indikator mati, sedangkan adaptor dalam keadaan baik, periksa socket DC pada laptop. Socket yang rusak menyebabkan listrik tidak mengalir dengan benar ke komponen dalam laptop, sehingga laptop tidak akan bisa menyala dan baterai laptop pun tidak akan terisi. Kadang kala socket menjadi longgar, anda bisa mencoba melepas dan memasangkan kembali jack adaptor untuk memasktikannya. Jika socket tidak bermasalah, kemungkinan permasalahan pada komponen power.

Lonjakan tegangan listrik yang sering terjadi, bisa menyebabkan kerusakan komponen power. Periksa tombol on/ off power, lalu periksa juga ic power. Input dengan daya listrik yang berbeda juga bisa menyebabkan laptop tidak menyala, lepaskan charger, lalu tekan tombol power 30 detik hingga daya habis. Lalu pasang kembali charger laptop, dan coba hidupkan. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca: Penyebab Tombol Power Laptop Tidak Berfungsi. Semoga bisa mengatasi masalah. (Baca juga:  Cara Melihat Spesifikasi Komputer)

4. Permasalahan pada RAM

Jika lampu indikator hidup, kipas menyala, dan mesin tampak berjalan dengan baik namun pada layar tidak ada tampilan apapun, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan pada RAM.  Coba lepaskan RAM dan bersihkan pinnya dengan penghapus pinsil, lalu pasangkan kembali. Pasang ke sosket yang berbeda jika tersedia dua socket RAM pada mainboard laptop anda. Pastikan RAM terpasang dengan sempurna. Jika laptop masih menampilkan layar blank, kemungkinan besar RAM rusak, coba ganti RAM. Untuk lebih pasti baca juga: Ciri-ciri RAM Komputer Rusak .

Layar blank bisa juga di  sebabkan oleh LCD/ kabel LCD yang bermasalah. Hubungkan laptop dengan monitor untuk memastikannya. Anda juga bisa membaca: Ciri Ciri Layar LCD Laptop Rusak sebagai referensi anda.

(Baca juga: Pengaruh RAM Terhadap Kerja Komputer, Penyebab RAM PC Penuh)

5. Permasalahan pada Processor

Processor adalah komponen inti (otak) dari komputer. Jika processor rusak. Bermasalah, maka keseluruhan system tidak akan berjalan dengan baik. Bersihkan semua debu dari fan processor serta heatsink, serta saluran pembuangan angin pada laptop. Buka processor, jika pasta processor (iso thermal) sudah tidak layak; bersihkan pasta yang menempel dan ganti dengan pasta yang baru. Kemudian pasang kembali dengan benar. Hati-hati saat memasang, pastikan jarum pin processor cocok dengan tempatnya, jangan sampai pin menjadi bengkok apalagi potong. Jika belum ada perubahan, gunakan processor lain untuk memastikannya.

(Baca juga: Penyebab Kerusakan ProcessorProcessor Paling Tinggi Saat Ini)

Sponsors Link

6. Permasalahan pada Mainboard

Jika seluruh komponen, baik charger, komponen power, ram, monitor, atau processor dalam keadaan baik. Maka kemunginan terbesar, mainboard anda bermasalah, atau ada korsleting pada komponen yang menyebabkan main board bermasalah. Lepaskan semua komponen termasuk hardisk, DVD, wifi card dkk. Bersihkan semua, termasuk debu-debu pada mainboard. Setelah dibersihkan, cek apakah mainboard berjalan ketika komponen lain tidak terpasang (cat: Ram dan monitor juga hardisk tetap terpasang). Jika laptop bisa menyala, kemungkinan ada kerusakan pada komponen lain seperti DVD, dkk. Pasang satu-persatu komponen untuk mengetahuinya. (Baca Juga: Macam-macam Software Jaringan , Jenis Jenis Router dan Fungsinya)

Jika mainboard tetap tidak bekerja meski semua komponen lain dilepas, makan main board anda yang bermasalah. Periksa apakah ada komponen yang terbakar pada mainboard. Jika ada komponen yang terbakar, sebaiknya ganti komponen tersebut. Cara termudah, ganti mainboard untuk menyelesaikannya. (Baca juga:  ciri motherboard rusakpenyebab kerusakan motherboard)

Laptop tidak menyala bisa di sebabkan oleh banyak hal. Baterai, adaptor, atau socket DC yang bermasalah di tandai dengan tidak menyalanya lampu indikator pada laptop. Sedangkan jika laptop indikator menyala, fan dan mesin juga menyala; kemungkinan kerusakan pada RAM, monitor atau komponen lain. Jika hanya lampu indikator yang menyala, maka permasalahan ada pada mainboar atau komponen power.

Demikian beberapa penyebab laptop mati total, yang bisa anda gunakan sebagai referensi untuk mengetahui permasalahan pada laptop anda. Semoga bisa membantu..

Artikel Terkait:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 08th, February 2017 / 23:11 Oleh :
Kategori : Troubleshooting