Sponsors Link

Cara Memilih Komputer Server

Sponsors Link

Komputer server merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang paling penting untuk diperhatikan kualitasnya. Mengapa? Karena keseluruhan jaringan komputer yang akan dibuat membutuhkan server agar bisa menyuplai data dan juga informasi yang dibutuhkan di setiap komputer client. Komputr server biasanya berisi database dan juga berbagai macam informasi yang digunakan untuk mendukung kebutuhan akses informasi oleh user atau clientnya. (Baca juga perbedaan komputer server dengan komputer biasa).

Karena memiliki fungsi yang sangat besar bagi kelangsungan sebuah jaringan, maka dari itu, biasanya komputer server memiliki spesifikasi dan juga perlakuan yang lebih dimanjakan, agar tidak mengalami gangguan jaringan akbat kegagal server. Berikut ini adalah beberapa perlakuan yang harus dilakukan pada server

  • Server harus mampu beroperas 24 jam penuh sehari, sehingga membutuhkan ruangan dengan suhu udara yang dapat membantu mempercepat proses pendinginan pada server.
  • Server membutuhkan kapasitas RAM dan juga harddisk yang cukup besar dan juga cepat.
  • Server membutuhkan kinerja processor yang juga cepat.

Memilih Komputer Server

Pada dasarnya, dalam memilih komputer server, hal yang harus dilakukan adalah menentukan budget atau keuangan dan juga tujuan utama dari jaringan komputer tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih server, yang dilihat dari aspek jenis servernya:

1. Value Server

Value server juga sering dikenal dengan nama entry level server. Penggunaan entry level server ini biasanya digunakan dalam sebuah jaringan yang memiliki komputer sedikti, kira kira sebanyak 10 komputer saja. Server bisa berbentu tower ataupun rackmount.

Spesifikasi Value atau Entry Level Server

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi dari entry level server :

  • Single processor, biasanya menggunakan Intel core i3 hingg I7.
  • Kapasitas RAM minimal adalah sebesar 2 GB.
  • Menggunakan kapasitas Harddisk minimal 1 terabyte.

Penggunaan Server Entry Level atau Value Server

Server jenis entry level atau value level ini cocok digunakan pada lokasi dimana komputer client hanya sedikir, seperti:

  • Ruangan kantor kecil.
  • Ruang laboratorium komputer.
  • Warnet.
  • Sangat cocok untuk kebutuhan server dan jaringan komputer dengan budget rendah dan kapasitas yang kecil.

2. Midrange Server

Midrange server merupakan jenis komputer server berikutnya yang lebih besar kapasitasnya dibandingkan entry level server. Kebanyakan server dalam level mid-range ini dimuat dalam bentuk tower, dan mampu menangani berbagai macam pekerjaan berat, dan tentu saja memiliki spesifikasi yang baik dan tinggi

Spesifikasi Midrange Server

Komputer server dengan level midrange server ini memiliki beberap spesifikasi yang jauh lebih cepat dan juga lebih tinggi apabila dibandingkan dengan entry level server. Berikut ini adlaah spesifikasi lengkap dari kebanyakan komputer server dengan level midrange:

  • Menggunakan 2 hingga 4 buah processor Intel Xeon, ataupun AMD Opteron (Jarang digunakan pada komputer PC personal biasa).
  • Penggunaan RAM atau memory minimal 8 GB.
  • Biasanya menggunakan lebih dari satu storage drive, kebanyakan menggunakan 10 storage drive yang mendukung penyimpanan data dalam skala yang sangat besar.

Sponsors Link

Penggunaan dari Midrange Level Server

Dengan kemampuan yang sangat baik, mkaa midrange level server sanggup untuk menangani kebutuhan transmisi antar data dalam jaringan yang berisi 20 hingga 100 user atau komputer. Contoh penggunaannya biasanya menjadi sebuah server dari satu kantor yang terletak pada satu gedung.

3. Blade Server

Blade server merupakan jenis server ketiga, yang tentu saja memiliki spesifikasi jauh lebih hebat dibandingkan dengan server yang menggunakan midrange. Blade server ini memiliki keunikan, apabila dibandingkan dengan server level entry ataupun midrange, karena server ini terseusun pada sebuah rak khusus yag saling terintegrasi. Hal ini dapat memungkinkan kebutuhan pendinginan, power supply serta komponen lainnya dari server blade ini menjadi satu di dalam rak tersebut.

Spesifikasi Blade Server

Pada dasarnya, blade server memiliki spesifikasi yang tidak istimewa, karena bisa berjalan dengan menggunakan satu buah single core processor saj. Namun, yang membuat blade server ini unggul adalah, karena mampu mendukung jumlah processor hingga mencapai ratusan processor, sehingga tidak perlu diragukan lagi kecepatannya.

Penggunaan dari Blade Server

Blade server sendiri banyak digunakan untuk web hosting. Banyak web developer yang menggunakan server jenis blade ini sebagai servernya.

Selain sebagai server pada web hosting, anda juga bisa menggunakan blade server ini sebagai data center anda. Blade server mendukung penyimpanan data hingga puluhan terabyte, dan ternyata henya membutuhkan konsumsi daya listrik yang sedikit.

4. Enterprise Server

Jenis server berikutnya adalah jenis server enterprise. Sesuai dengan namanya, enterprise sever ini banyak digunakan pada perusahaan berskala besar. Hal ini disebabkan karena kemampuan dari server ini yang sanggup menangani pekerjaan – pekerjaan yang sangat berat dan juga banyak.

Server dengan jenis enterprise ini biasanya disusun di dalam ruangan khusus, dengan bentuk sepert rak – rak berisi komputer. Membutuhkan ruangan yang cukup luas dan juga besar, sehrta membutuhkan sistem pendingin ruangan yang juga optimal agar bisa bekerja dengan baik.

Spesifikasi dari Enterprise Server

Enterprise server ini biasanya memiliki spesifikasi yang sangat tinggi dan juga berkualitas, seperti:

  • Penggunaan 4 hingga 8 buah processor dengan kecepatan 32 hingga 63 bit.
  • Beberapa server enterprise yang hi-spec menggunakan hingga 64 buah processor.
  • Menggunakan sisitem operasi linux atau unix.

sponsored links

Penggunaan dari Enterprise Server

Enterprise server ini membutuhkan spesifikasi dan juga biaya yang tidak main-main, karna dalam pembuatannya, enterprise server dapat menghabiskan dana jauh lebih mahal daripada harga satu buah mobil SUV keluarga, bahkan bisa melebihi harga dari sebuah mobil sport. Karena itu, enterprise server banyak digunakan pada perusahaan tertentu, seperti :

  • Perusahaan penerbangan skala nasional dan internasional.
  • Universitas yang memiliki laboratorium penelitian terpadu dan berteknologi tinggi.
  • Kantor pemerintahan.
  • Perusahaan retail besar.
  • Stasiun televisi.

Kemampuan dari server ini, sanggup untuk menghandel kebutuhan lebih dari 1000 user, dimana kegagalan pada server ini dalam waktu semenit saja, akan menyebabkan ketimpangan finansial yang sangat signifikan bagi perusahaan tersebut.

Itu adalah beberapa jenis server yang ada. Setelah membaca mengenai jenis dan juga penggunaan dari server yang ada, maka pastinya anda sudah dapat memahami, kira-kira tips yang bisa anda terapkan dalam memilih komputer server, sesuai dengan kemampuan finansial dan juga kebutuhan anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 24th, September 2015 / 00:32 Oleh :
Kategori : Hardware Jaringan