Pengertian Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet

Sponsors Link

Sebelum memahami lebih lanjut mengenai Fast Ethernet dan juga Gigabit Ethernet, maka ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai apa itu Ethernet, dan fungsi-fungsi dari sebuah Ethernet card.

Apa itu Etherned Card?

Ethernet Card pada dasarnya merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang paling umum, dan memegang peranan vital dalam sebuah jaringan komputer. Ethernet Card atau yang biasa dikenal juga dengan istilah LAN Card, merupakan sebuah komonen jaringan komputer yang berbentuk seperti sebuah kartu papan PCB, yang merupakan sebuah perangkat standar dalam jaringan kompter.

Dengan adanya Ethernet card, maka setiap komputer dan juga perangkat yang memilkinya bisa membangun sebuah konektivitas jaringan kompuuter. Maka dari itu, selain dikenal dengan LAN Card, Ethernet Card ini juga seringkali dikenal sebagai Netwok Interface Card atau NIC.


Bagaimana Ethernet Card pertama kali muncul dan digunakan?

Apabila membicarakan mengenai pertama kalinya Ethernet Card digunakan secara umum dan luas. Maka hal ini sangat berhubungan erat dengan sejarah jaringan komputer, serta perkembangan dan timestamp dari sebuah jaringan komputer.

Pada awalnya, pembuatan konsep dari Ethernet card berawal dari sebuah gagasan dan ide bahwa setiap komputer memiliki kemampuan yang sama untuk bisa saling terhubung satu sama lain di dalam sebuah network atau jaringan komputer.

Dengan adanya pandangan dan ide seperti itu, maka para peneliti dan pengembang jaringan komputer membuat sebuah analisa bahwa agar setiap komputer bisa saling terhubung ke dalam jaringan. Terutama jaringan peer to peer, dimana dua komputer bisa saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan konektivitas kabel sederhana, aka dicetuskanlah sebuah interface terhadap jaringan atau network. Jaringan ini berbentuk seperti kartu, yaitu Ethernet Card, atau Network Interface Card, atau yang popular dikenal sebagai LAN card.


Penggunaan Ethernet Card

Pembuatan dan pengembangan LAN Card atau Ethernet Card ini sendiri sudah dilakukan pada tahun 1976 oleh perusahaan berlabel Xerox, yang kemudian pada tahun 1983, Ethernet card sudah menjadi sebuah standar yang harus ada di dalam komputer untuk terhubung ke dalam jaringam terutama jaringan LAN.

Ethernet yang menjadi salah satu perangkat keras jaringan komputer ini memang menjadi salah satu hardware yang perlu diperhatikan. Fungsi ethernet sendiri sebagai hardware yang memastikan konektivitas terhadap suatu jaringan LAN, MAN, dan WAN agar terkoneksi dengan baik ke seluruh client.

Kecepatan yang dihasilkan oleh ethernet ini memiliki speed yang berbeda, dengan penggunaan jenis tipe kabel ethernet juga. Hal inilah yang membedakan. Oleh karena itu, user perlu tahu perhitungan yang tepat atas penggunaan speed jaringan yang diinginkan.

Itulah gambaran dan juga definisi secara garis besar mengenai Ethernet card. Pada intinya adalah, Ethernet card merupakan perangkat jaringan komputer yang sangat penting untuk membangun sebuah konektivitas denga menggunakan kabel.


Fungsi dari Ethernet Card

Fungsi Ethernet card yang paling utama adalah dengan menghubungkan sebuah komputer terhadap sebuah jaringan atau network, khsusunya jaringan local dengan menggunakan sebuah kabel jaringan. Kabel jaringan yang biasa digunakan adalah kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair dan kabel Fiber Optic yang menggunakan standar port atau jack khusus Ethernet atau LAN card, yaitu RJ 45.

Selain dapat menghubungkan komputer dengan jarigan dengan menggunakan media transfer berupa kabel jaringan, Ethernet Card juga mendukung penerimaan dan juga pemancaran sinyal secara wireless dengan menggunakan antenna aksternal.

Sebuah antena eksternal bisa di sambungkan dengan perangkat Ethernet card anda. Hal ini akan sangat bermanfaat apabila anda memiliki perangkat komputer yang tidak mendukung konektivits wireless ataupun tidak memiliki wireless network adapter.

Dengan adanya wireless network adapter pulalah maka saat ini penggunaan Ethernet card seakan-akan sudah tidak digunakan. Karena dengan adanya wireless network adapter, sebuah komputer bisa saling terhubung ke dalam jaringan, baik itu jaringan LAN, MAN, WAN, dan juga jaringan internet dengan bantuan metode transmisi secara wireless atau nirkabel.


Jenis – Jenis dari Ehternet Card

Secara umum, sejak pertama kali diciptakan dan juga dikembangkan, Ethernet card atau NIC atau LAN Card ini terdiri dari beberapa jenis. Jenis dari Ethernet card tersebut terbagi menjadi 4 jenis, yang didasari oleh seberapa besar kecepatan yang bisa didukung oleh Ethernet card tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis dari Ethernet card tersebut:

  1. Ethernet 10 Mbps

Merupakan jenis Ethernet card yang merupakan Ethernet standar, dan saat ini sudah cukup jarang digunakan pada pemakaian sehari-hari. Kalaupun ada, biasanya hanya digunakan pada kompter PC desktop versi lawas, ataupun PC desktop dengan spesifikasi mnimum, yang jarang menggunakan konektivitas LAN.

Ethernet 10 Mbps ini terdiri dari beberapa seri lagi, seeprti:

  • 10 Base 2
  • 10 Base 5
  • Base T
  • Base F
  1. Ethernet 100 Mbps

Ethernet dengan kecepatan 100 Mbps merupakan jenis Ethernet standar yang saat ini banyak digunakan. Ethernet dengan kecepatan 100 Mbps ini banyak digunakan dan diimplementasikan pada komputer PC desktop ataupun laptop pribadi yang memiliki spek rendah, sedang dan beberapa hi end specification.

Beberapa perangkat elektronik lainnya juga mendukung konektivitas menggunakan LAN atau Ethernet Card 100 Mbps ini, seperti Media player, Speaker, Multimedia player, Smart TV, dan masih banyak lagi. Ada beberapa seri dari Ethernet 100 Mbps ini, yaitu:

  • 100 Base FX
  • Base T
  • Base T4
  • Base Tx
  1. Ethernet 1000 Mbps

Merupakan jenis Ethernet dengan konektivitas tercepat yang banyak dan umum digunakan saat ini. Dengan kecepatan 1000 Mbps, maka sudah pasti kecepatan transfernya sangat cepat, dan dapat membantu sebuah jaringan LAN dapat beroperasi secara efektif, cepat dan efisien. Ada beberapa seri yang digunakan pada Ethernet 1000 Mbps, yaitu:

  • 1000 Base CX
  • 1000 Base LX
  • 1000 Base SX
  • 1000 Base T

Sponsors Link

  1. Ethernet 10000 Mbps

Yang terkahir, jenis dari sebuah Ethernet card adalah 10000 Mbps. MErupakan jenis Ethernet yang tercepat hingga saat ini, dan merupakan pengembangan terbaru dari sebuah Ethernet card. Namun demikian, penggunaan Ethernet card 1000 Mbps yang sudah dirasa cepat, membuat Ethernet versi 10000 Mbps ini masih jarang digunakan dan juga jarang diimplementasikan dalam sebuah komputer.

Penggunaan dari Ethernet 10000 Mbps ini biasanya bisa diimplementasikan pada sebuah server besar, yang harus dapat menyediakan data untuk lebih dari 500 komputer, dengan spesifikasi yang tinggi (biasanya terdapat pada laboratorium teknologi dai dalam universitas, ataupun web server yang sangat sibuk).

Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet

Mengingat perkembangan jaringan komputer saat ini dari waktu ke waktu cukup pesat dan semakin meningkat, hal ini pula yang mendasari semakin terciptanya teknologi baru dalam memperbaiki kualitas suatu jaringan. Pada dasarnya, Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet menjadi suatu teknologi terbaru untuk penerapan kartu jaringan yang menggunakan kabel.

Oleh sebab itu fast ethernet dan gigabit ethernet lahir dengan kemampuan yang berbeda namun tetap menjadi pilihan terbaik user dalam memperbaiki kualitas dari suatu jaringan.

Fast Ethernet

Yang dimaksud degan Fast Ethernet, tidak lain dan tidak bukan adalah jenis Ethernet yang kedua, yaitu Ethernet yang bekerja pada kecepatan transfer 100 Mbps. Itu artinya, sebuah informasi dan paket data yang dikirimkan, dapat memiliki kecepatan transfer yang cepat dan tinggi, yaitu sebesar 100 megabit per detiknya.

Dengan kecepatan transfer seperti itu, maka aliran juga arus data pada sebuah komputer PC desktop ataupun Laptop standar menjadi jauh lebih cepat. Penggunaan Fast Ethernet ini sudah menjadi sebuah penggunaan kartu jaringan atau NIC standar yang banyak digunakan pada komputer dan juga PC desktop ataupun laptop versi low end hingga mid sampai high end.

Penggunaan dari Fast Ethernet

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, fast Ethernet ini banyak digunakan pada:

  • PC Desktop ataupun Personal Laptop dari level low hingga mid sampai high
  • Beberapa perangkat elektronik, seperti media player
  • Perangkat keras komputer, seperti proyektor dan juga monitor
  • Access Point, Router, Bridge, dan juga perangkat keras jaringan komputer lainnya

sponsored links

Gigabit Ethernet

Jenis berikutnya adalah Gigabit Ethernet. Sama seperti Fast Ethernet, kita sudah pernah menyinggung sedikit mengenai Gigabit Ethernet ini.Gigabit Ethernet merupakan sebuah Ethernet card atau NIC yang memilki kecepatan transfer data atau arus sebesar 1000 Mbps atau 1 Gbps.

Gigabit Ethernet merupakan salah satu NIC yang banyak digunakan secara luas, dan juga memiliki kecepatan tertinggi saat ini. Meskipun ada juga NIC dengan kecepatan 10 Gbps, tetapi NC tersebut masih jarang sekali digunakan di dalam jaringan.

Dengan menggunakan gigabit Ethernet ini maka setiap file, informasi dan paket data yang dikirmkan dapat dengan cepat ditransmisikan melalui jaringna kompter, karena memiliki kecepatan sebesar 1 gigabit ber detiknya.

Penggunaan dari Gigabit Ethernet

Gigabit Ethernet ini biasanya banyak digunakan untuk kepentingan sebuah server yang melayani jumlah klien yang sdang hingga besar. Hal ini akan membantu server dalam mentransmisikan data juga informasi yang dibutuhkan klien menjadi lebih cepat dan jauh lebih efisien dibandingkan dengan penggunaan Fast Ethernet. Biasanya, Gigabit Ethernet ini banyak digunakan pada:

  • Komputer server skala sedang hingga besar
  • Komputer atau PC desktop dan Laptop yang berspesifikasi tinggi (high end)
  • Jaringan LAN, MAN, dan WAN yang membutuhkan akses data cepat dan juga sibuk
  • Jaringan internet kabel

Meskipun memiliki banyak sekali fungsi penting, dan juga kecepatan transfer yang tinggi, namun demikian, saat ini ethernet card atau NIC sudah jarang digunakan, yang disebabkan karena penggunaan jaringan yang banyak menggunakan network wireless adapter, ataupun menggunakan modem yang bisa dihubungkan dengan menggunakan konektivitas USB saja.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 30th, October 2015 / 09:05 Oleh :
Kategori : Hardware Jaringan