Sponsors Link

19 Manfaat Facebook bagi User

Sponsors Link

FacebookSiapa yang tidak kenal facebook saat ini? ya, facebook merupakan salah satu media sosial yang saat ini berperan sangat penting dalam dunia telekomunikasi dan juga jaringan internet (baca juga mengenai sejarah jaringan komputer dan manfaat jaringan komputer). Saat ini, facebook sudah digunakan oleh lebih dari puluhan juta user di seluruh dunia, dan sepertinya akan terus berkembang sangat pesat. Dan sebagian besar, pengguna facebook berasal dari wilayah Asia, salah satu diantaranya adalah di Indonesia.

Facebook saat ini berkembang lebih dari sekedar sebuah website pesaing twitter, Friendster, Myspace, dan media sosial lainnya yang ada di jaringna internet, menjadi salah satu kebutuhan dan juga gaya hidup dari banyak usernya. Banyak orang yang tergila-gila dalam mengakses facebook, bahkan beberapa diantaranya terdapat kasus kecanduan facebook yang membutuhkan penangann serius secara psikologis.


Sejarah Facebook

Facebook pada awalnya mulai didirikan pada tahun 2004, dengan nama Facebook.Inc. Pendiri dari Facebook, yaitu Mark Zuckerberg dan juga teman-temannya, yaitu Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan juga Chris Hughes merupakan sekolompok mahasiswa yang berasal dari universitas Harvard, Amerika Serikat. Pada awalnya, penggunaan situs ini ditujukan untuk kepentingan penggunaan pada mahasiswa Harvard saja, yang kemudian meluas hingga Boston. Setelah itu, penggunaan situs ini pun meluas hingga ke seluruh sekolah di Amerika Serikat, Dan pada akhirnya dipergunakan secara meluas.

Pada tahun 2009, Facebook.com ditempatkan sebagai layanan jejaring sosial atau social network yang paling banyak digunakan oleh user di seluruh dunia. Ternyata, sebelum muncul nama Facebook, Mark Zuckerberg sebelumnya sudah menciptakan suatu situs bernama Facemash pada tahun 2003. Penggunaan dari facemash ini berdasarkan dari data-data wajah dari para mahasiswa Harvard, yang saat itu tidak memiliki buku wajah atau facebook.

Saat ini, penggunaan situs Facebook.com sebagai salah satu social network sudah digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia, dan memang akan terus bertambah setiap harinya. Penggunanya pun bervariasi, mulai dari anak dibawah 10 tahun, hingga para lansia. Facebook, memang memiliki sejarah yang singkat, dan berhasil boomin dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini ternyata disebabkan oleh penggunaan facebook yan gsangat menyenangkan dan hingga saat ini masih memberikan banyak sekali manfaat bagi usernya.


Mengapa Menggunakan Facebook?

Ada banyak sekali alasan yang menyebabkan banyak orang menggunakan facebook sebagai salah satu pilihan media dan juga jejaring sosial. Berikut ini adalah beberapa alasan memilih facebook yang banyak digunakan orang:

  • User friendly, mudah dalam penggunaannya.
  • Memiliki banyak fitur seperti chat, games, portal berita, dan lainnya.
  • Pendaftaran gratis.
  • Mudah dalam melakukan proses upload dan juga share foto.
  • Memiliki fitur grup dan juga komunitas, serta mendukung fan page.

Selain alasan-alasan di atas, banyak orang juga menganggap bahwa facebook memiliki banyak sekali manfaat, sehingga banyak orang menggunakan facebook sebagai media sosial mereka.


Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh user dengan menggunakan facebook. Karena itu kami membagi beberapa manfaat dari facebook menjadi beberapa bagian, yaitu manfaat facebook secara sosial, manfaat secara ekonomi dan bisnis, serta manfaat secara personal bagi para usernya.

Manfaat Facebook Secara Sosial

Apabila dilihat melalui sisi sosial dan juga interaksi antar usernya, facebook memiliki banyak sekali manfaat, seperti :

sponsored links


1. Menambah Teman

Sesua dengan namanya, yaitu social networking, tujuan utama dan juga manfaat yang bisa diperoleh user dengan menggunakan facebook adalah tentu saja menambah relasi dan juga pertemanan. Dengan menggunakan facebook, setiap user bisa memperoleh teman-teman baru, yang pastinya akan dapat membantu menambah relasi mereka.

Hati hati dalam menambah teman!

Meskipun bisa menambah relasi dan juga pertamanan, namun demikian, anda sebagai user jga harus cerdas dalam memilih teman baru. Selalu teliti terlebih dahulu profil lengkap teman baru anda, agar tidak membawa pengaruh buruk bagi diri anda.


2. Berkomunikasi Dengan Banyak Orang dari Berbagai Tempat

Anda memiliki teman yang tinggal di luar pulau dan jug aluar Negara? Kalau begitu, Facebook adalah salah satu social network yang sangat tepat. Anda bisa berkomunikasi dengan mudah dengan sahabat dan juga kerabat anda yang berada jauh, dengan menggunakan fitur message dan jga fitur chat yang dimiliki oleh facebook. Jarak sudah bukan menjadi penghalang bagi anda untuk berkompunikasi dengan menggunakan facebook.


3. Mempererat Hubungan Kekeluargaan para User

Dengan mudahnya komunikasi antar user, maka hal ini juga akan berdampak pada bertambah eratnya hubungan kekeluargaan antara para user. Beberapa penelitian mengatakan bahwa apabila setiap individu rajin menjalin komounikasi dengan baik antar sesama, maka hal ini akan meningkatkan keeratan dari tali dan hubungan kekeluargaan antar individu.


4. Dapat Mencari Teman Lama

Anda memiliki teman lama yang tidak tahu berada di mana? Nah, apabila teman anda juga memilki facebook, maka anda pun pasti bisa menemukannya di dalam situs terseut. Yap, anda hanya tinggal mencari nama teman lama anda, lalu kemudian meng-add profil teman anda.

Apabila direspon, maka sudah pasti anda bias berkomunikas lagi dengn teman anda yang sudah lama tidak saling bertemu, bahkan bisa saling bertemu untuk melepas rindu.


5. Membantu Mendapatkan Jodoh

Manfaat lain yang bisa diperoleh secara sosial dari media facebook ini adlaah jodoh. Ya, bukan tidak mungkin, dengan memanfaatkan layanan jejaring sosial ini, ada user yang bisa saling jatuh cinta dan juga akhirnya menjalin hubungan special hingga ke jenjang yang lebiih serius. Sudah banyak kasus dimana user saling bertemu dengan bantuan facebook, pada akhirnya dapat menikah dan pernikahannya lancar, tanpa ada kendala .


6. Mempermudah Komunikasi

Facebook juga menawarkan kemudahan untuk saling berkomunikasi. Tdak hanya dengan mereka yang berada jauh di luar pulau atau Negara saja, bagi anda yang berada pada satu lokasi pun juga bisa memanfaatkan kemudahan kompunikasi yang ditawarkan oleh facebook. Jadi, anda pun tidak perlu repot menggunakan laat komunikasi yang canggih untuk bisa berkomunikasi dengan facebook.


7. Melakukan Sharing Files dan Foto

Selain bisa berkomunikasi, anda juga bisa salng mengirimkan files dan juga foto antar user, layaknya sebuah email. Jadi, sambil berkomunikasi dengan fitur chatting, anda pun bisa saling berbagi foto anda dan juga file – file anda dengan user menggunakan fitur message dan juga fitur chatting.


8. Mempertemukan Seseorang Dengan Komunitas Hobi yang Sama

Banyak komunitas terbentuk dengan menggunakan bantuan facebook. Ya, facebook memiliki ftur grup dan juga hobies, dimana anda bisa mencari grup yang sesuai dengan minat anda. dengan bergabung, anda bisa saling bertukar informasi penting mengenai hobi yang anda tekuni, sehingga dapat menambah pengetahuan dan juga wawasan anda.


9. Lebih Mengenal Tokoh Idola

Beberapa tokoh terkenal, seperti entertainer, tokoh politik, hingga banyak lagi tokoh tokoh dunia memiliki fan page di facebook. Dengan mengikuti fan page tersebut, anda bisa memperoleh informasi menarik seputar kegiatan para tokoh tersebut dan juga mengenai segala sesuatu yang penting mengenai tokoh idola anda.


10. Membantu Orang Lain

Facebook secara sosial juga bisa dimanfaatka untuk membantu orang lain. Caranya adalah dengan cara melakukan posting dan share mengenai musibah atau kejadian tetentu yang menimpa orang lain. Dengan banyaknya user di dalam facebook, maka hal ini pun akan menarik banyak simpati dari berbagai user, sehingga, bagi anda yang sedang membuthkan bantuan atau dukungan secara luas bisa memanfaatkan penggunaan media sosial facebook.


Manfaat Facebook Secara Ekonomi

Secara ekonomi dan bisnis, saat ini penggunaan facebook sangatlah bermanfaat. Berikut ini adalah manfaat dari facebook apabila dilihat dari segi bisnis dan ekonomi :


1. Online Shop

Saat ini, online shop pasti sudah bukan sesuatu yang asing di telinga anda. Ya, online shop merupakan salah satu bentuk dari E-Commerce, dimana terdapat penjualan suatu produk yang bisa dipesan secara online. Transaksi online shop cenderung mudah, anda hanya perlu memilih, lalu mentransfer uang, dan kemudian dalam waktu hitungan hari, pesanan anda sudah sampai di rumah, tanpa perlu lelah pergi ke mall ataupun pusat perbelanjaan.

Facebook telah melahirkan lebihdari puluhan ribu online shop, dan meningkatkan euphoria bisnis online di seluruh dunia. Banyak toko online yang meraup untuk melalui penggunaan facebook sebagai online shop. Banyaknya online shop yang menggunakan facebook tentu saja tidak lepas dai fitur gratis yang ditawarkan oleh facebook. Tanpa perlu menyewa domain, ataupun membuka toko, user sudah bisa memperoleh keuntungan penjualan.

Hati – hati terhadap toko online!

Meskipun banyak berjasa dalam meningkatkan minat terhadap toko online, namun anda juga perlu berhati – hati dengan toko online facebook. Fitur keamanan yang kurang, membuat banyak toko online beralih fungsi menjadi mesin ATM bagi para penipu. Anda harus jeli dalam memilih toko online yang ada di facebook, agar tidak tertipu.


2. Bursa Mencari Kerja dan Lowongan Kerja

Facebook juga saat ini juga sering dimanfaatkan untuk kepentingan para pencari kerja. Ya, banyak perusahaan menawarkan lowongan pekerjaan dengan menggunakan facebook. Banyak pula para user yang mencari pekerjaan di facebook. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kesempatan bagi para pencari kerja dan juga meningkatkan kemungkinan bagi sebuah perusahaan dalam memperoleh karyawan baru yang sesuai dengan kebutuhannya.


3. Sebagai Promosi dari Perusahaan Tertentu

Iklan juga merupakan salah satu manfaat penting dari facebook dari segi ekonomi dan juga bisnis. Penggunanya yang sudah melebihi angka 1 miliar membuat banyak perusahaan tergiur untuk menaruh iklan mereka di situs facebook sebagai sebuah usaha promosi. Dengan menggunakan facebook sebagai media promosi, maka tentu saja sebuah perusahaan mengharapkan pendapatan mereka akan meningkat setelah membuat iklan di facebook.


4. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Manfaat lainnya dari facebook apabila dilihat dari sisi bisnis dan juga ekonomi adalah dapat membantu menciptakan lapangan pekerjaan.Saat ini banyak moel pekerjaan baru, seperti administrator online shop, customer service, hingga operator dari online shop. Semua pekerjaan itu adalah jenis lapangna pekerjaan baru yang dihasilkan oleh facebook.


Manfaat Facebook Secara Personal

Apabila dilihat dari segi personal atau indvidu itu sendiri, maka facebook juga memiliki beberapa manfaat, seperti:

Sponsors Link


1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Individu

Apabila dikaitkan dengan manfaat facebook bagi personal atau individu itu sendiri, maka facebook bisa menambah kepercayaan diri dari usernya. Hal ini mungkin saja dapat terjadi. Hal ini tidak lain disebabkan karena di dalam facebook terdapat salah satu fitur comment, dimana di dalam comment tersebut bisa diisi oleh banyak orang.

Comment yang positif dan juga membangun dari user lain kepada indicidu akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Dengan banyak komen dan juga dukungan positif yang diberikan, hal ini akan membuat individu menjadi lebih meningkat kepercayaan dirinya.


2. Sebagai Tempat “Curhat”

Beberapa user juga seringkali memanfaatkan facebook sebagai diary dan juga tempat curhat mereka. Banyak kejadian yang dialamimungkin saja tidak mengenakkan, ataupun mungkin kejadian yang sangat menyenangkan. Setiap kejadian yang dialami bisa saja ditulis dan juga diposting ke dalam facebook.

Hal ini membuat facebook tak ubahnya menjadi salah satu diary pribadi dari si user tersebut. Namun demikian, terkadang tindakan posting isi hati ini memiliki dampak negative, seperti banyak orang yang kemudian menjadi tahu masalah kita, dan bukan tidak mungkin akan menyebarkan masalah kita ke orang yang tidak bertanggung jawab.


3. Sebagai Hiburan dan Melepas Stress

Dalam facebook terdapat banyak pilihan permainan, dan juga postingan yang ternyata menghibur, seperti gambar lucu dan juga video lucu. Hal ini tentu saja akan membantu seseoranga melepas rasa stress mereka, dan juga menjadi hiburan tersendiri. Banyak orang yang sengaja meluangkan waktu membuka facebook untuk mencari hal ini.


4. Pengisi Waktu Luang

Beberapa orang juga sering memanfaatkan facebook hanya sekedar untuk mengisi waktu luang, misalnya ketka sedang bosan atau tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan, maka mereka seringkali menggunakan facebook sebagai pengisi waktu luan gmereka.


5. Mendapatkan Informasi Terbaru

Beberapa informasi terbaru juga seringkali bisa dijumpai oleh user. Setiap user akan dapat dengan mudah mengupdate informasi dari dunia luar hanya dengan menggunakan social network yang satu ini. Berita, perkembangan kasus, gossip selebriti, hingga berbagai informasi meneraik seputar gaya hidup dan lain lain bisa anda peroleh di dalam facebook.

Hati – hatilah dalam membaca berita

Saat ini, banyak sekali portal berita yang asal – asalan dalam membuat berita, terutama di dalam facebook. Karena itu, pastikan anda membaca berita dari sumber terpercaya, karena apabila anda asal membaca, anda malahan akan memperoleh informasi yang salah dan malah merugikan diri anda sendiri.


Sisi Negatif dari Facebook

Layaknya sebuah uang koin, facebook memiliki dua sisi. Jadi, meskipun memiliki banyak seali manfaat di berbagai bidang, facebook juga memiliki beberapa sisi negative, yang patut anda waspadai. Pengaruh negative ini tentu saja nantinya akan berpengaruh kepada siapapun user yang mengaksesnya. Berikut ini adalah beberapa pengaruh dan juga sisi negative dari penggunaan facebook :

  • Konten pornografi dan juga SARA.
  • Menimbulkan perpecahan antar kelompok.
  • Penculikan, penipuan dan juga kegiatan kejahatan dan criminal lainnya.
  • Bullying.
  • Pelecehan terhadap komunitas tertentu.
  • Adiksi dan pengabaian terhadap dunia nyata.

Banyak sekali kasus – kasus diatas yang terjadi akibat penggunaan facebook. Maka dari itu, kita harus menjadi user yang bijak dalam memilih konten dan juga user lain yang kita temui di dalam facebook, jangan langsung percaya dan juga terpengaruh akan sebuah konten. Selalu waspada akan semua pengaruh buruk yang mungkin bisa terjadi dan kita temui di dalam facebook.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 14th, September 2015 / 22:21 Oleh :
Kategori : Internet