Sponsors Link

5 Software yang Digunakan untuk Mengakses Internet

Sponsors Link

Internet saat ini merupakan salah satu jaringan komputer yang paling banya digunakan, dan juga merupakan jaringan komputer terluas yang ada di dunia. Hampir semua orang, baik dengan menggunakan komputer biasa, ataupun dengan menggunakan smartphone bisa melakukan koneksi ke dalam internet dengan sangat mudah, cepat juga praktis.

Untuk dapat melakukan koneksi terhadap jaringan internet, selain beberapa perangkat keras jaringan komputer, seperti modem, router, network adapter, dan sebagainya, dibutuhkan juga beberapa software (perangkat lunak) atau aplikasi agar sebuah komputer bisa masuk dan terhubung ke dalam jaringan internet.

Nah, ada beberapa software krusial, yang sangat penting dan wajib dibutuhkan ketika anda akan menghubungkan komputer anda dengan jaringan internet. Berikut ini adalah beberapa software yang digunakan untuk mengakses internet, secara umum dan juga secara khusus :

  1. Sistem Operasi

Software pertama yang harus dan wajib kita install pada komputer kita sebelum mengakses internet adalah sistem operasi komputer. Ya, sistem operasi komputer adalah salah satu software mutlak yang wajib dimiliki oleh semua user, agar komputer itu sendiri bisa berjalan dan juga bekerja dengan optimal.

Sistem operasi, sesuai dengan namanya merupakan sebuah software yang dikembangkan dan juga diinstall pada sebuah komputer, yang memiliki kegunaan untuk membantu funsi operasional pada sebuah komputer. Dengan begitu, sebuah komputer bisa dengan mudah digunakan oleh usernya.

Fitur yang terdapat pada sebuah sistem operasi menyangkut kompatibilitas terhadap berbagai macam software untuk mengakses internet lainya, yang akan dibahasa pada point berikutnya. Saat ini, paling tidak ada 3 buah atau tiga jenis sistem operasi komputer yang populer dan juga banyak digunakan, yaitu sistem operasi Microsoft Windows, Linux, dan juga Mac OS. Macintosh. (baca juga: jenis sistem operasi komputer)

  1. Web Browser

Setelah sistem operasi sudah terinstall dan dipastikan dapat beroperasi sesuai dengan ketentuan yang ada, maka saatnya kita menginstall web browser. Web browser adalah sebuah aplikasi atau software yang sangat penting bagi anda yang akan melakukan akses ke dalam internet.

Web browser menjadi salah satu software  yang paling berperan atas penggunaan internet. Anda menggunakan web browser ini untuk melakukan browsing dan surfing ke berbagai macam situs yang tersedia di dalam jaringan internet. Dengan menggunakan web browser, maka anda akan benar-benar dapat merasakan manfaat penting dari koneksi internet di dalam komputer anda.

Sponsors Link

Web browser pun tersedia berbagai macam jenis. Beberapa macam web browser yang populer antara lain adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan Safari Browser. Dari jenis web browser yang ada tentnunya browser terbaik menjadi incaran para user untuk mengoptimalkan keperluan user melakuakn browsing.

  1. Network Driver

Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk mengakses internet adalah network driver. Network driver merupakan sebuah software yang bertugas untuk menjalankan hardware yang berhubungan dengan kemampuan komputer dalam terhubung ke sebuah jaringan. Karena salah satu caara menghubungkan komputer dengan internet adalah dengan melengapi perangkat untuk mengakses internet baik dari hardware maupun software.

Jadi, tanpa adanya network driver ini, maka setiap perangkat keras jaringan di dalam komputer tidak akan berfungsi dengan normal. Biasanya, network driver sudah menjadi satu paket bersama dengan laptop ataupun komputer yang dirakit, dan disesuaikan dengan jenis dan juga tipe network hardware yang digunakan pada komputer tersebut.

  1. Email Client

Email merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat di dalam sebuah jaringan komputer, terutama jaringan internet. Dengan menggunakan email, maka kita bisa berkirim surat dengan sangat mudah dan cepat dengan teman-teman dan juga relasi di seluruh dunia.

sponsored links

Email client sendiri merupakan sebuah software stand alone, yang berfungsi untuk menerima, mengirim, dan mengedit suatu pesan elektronik. Biasanya kita bisa menginstall email client ini di dalam komputer kita. salah satu email client yang pernah bersinar di masanya adalah Microsoft Outlook Express. Saat ini, email client juga menjadi andalan dari sistem operasi smartphone, seperti android dan juga iOS.

  1. Aplikasi atau software tambahan lainnya

Selain itu, ada banyak pula software dan aplikasi tambahan yang dapat membantu kita terhubung ke dalam internet. Beberapa aplikasi tersebut adalah :

  • IRC atau Internet Relay Chat
  • Software internet dan Video Call and Conference
  • Client dalam game online
  • Messenger
  • Software kemananan berinternet, seperti anti virus, firewall, dan juga anti malware

Selain menjaga keamanan dalam berselancar di internet yang perlu di perhatikan dalam berinternet adalah dengan menjaga keamanan jaringan komputer itu sendiri, yang tentunya juga di jalankan dengan software untuk kenyamanan user.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 18th, December 2015 / 09:52 Oleh :
Kategori : Internet