Sponsors Link

9 Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Client Server

Sponsors Link

Kelebihan jaringan client server

ads
  1. Setiap client dapat melakukan akses data dan juga memperoleh informasi yang sama seperti yang ada pada komputer server

Kelebihan pertama dari jaringan client server adalah mengenai akses data yang lebih optimal. Ya, setiap client yang sudah terhubung ke dalam jaringna client server ini sudah pasti akan memperoleh data dan juga informasi yang sama persis dengan apa yang terdapat pada server. Hal ini akan membantu mempermudah proses komunikasi antar client, dan juga tentu saja akan sangat membantu dalam mencegah terjadinya miskomunikasi, baik di dalam jaringna komputer itu sendiri, maupun terjadinya miskomunikasi antar user yang menggunakan jaringan tersebut.

  1. Arus informasi menjadi lebih cepat

Tentu saja, dengan menggunakan sistem jaringan komputer berbasis client server, arus informasi yang diinginkan akan menjadi lebih cepat. Sebanyak apapun user yang terhubung dengan server tersebut, maka kesemua client tersebut bisa melakukan request dan juga akses terhadap informasi dalam waktu yang bersamaan. Hal ini, selain dapat membantu mempercepat proses transmisi data kepada client, juga tentu saja akan menambah efektivitas waktu bagi para client dan juga user dalam melakukan pengaksesan informasi.

  1. Dapat membantu menjaga keamanan data secara sentral, langsung dari servernya

Dari segi keamanan, pada dasarnya sistem jaringan client server juga memiliki keamanan yang cukup baik. Hal ini disebabkan karena sisitem jaringan client server menerapkan sentralisasi. Sehingga semua data yang sudah tersimpan di dalam database, akan disimpan di dalam satu server saja. Hal ini akan membantu mempermudah proses keamanan dari data dan juga server, baik secara logic (dengan menggunakan software keamanan, seperti antivirus, dsb) dan juga secara fisik (lokasi server yang terjaga dan juga aman dari pencurian hardware). Dengan begitu, dalam meningkatkan kemanaan tentu saja akan jauh lebih mudah diterapkan apabila menggunakan sistem jaringan client server ini.

  1. Proses transmisi beragam, bisa menggunakan banyak metode, mulai dari topologi jaringan, struktur dan perangkat jaringan, hingga protocol dan juga fungsi dari jaringaan tersebut

Kelebihan lainnya dari jaringan client server adalah dari segi transmisi jaringannya. Ketika akan melakukan proses transmsisi data, maka jaringan client server dapat menggunakan berbagai macam metode, sehingga proses transmiss data bisa berjalan dengan lancar. Hal ini membuat sistem jaringan client server sangatlah fleksibel untuk diterapkan pada jenis dan juga tujuan pembuatan jaringan apapun. Jaringan client server bisa menggunakan jenis jaringan kabel (Baca : Kelebihan dan kekurangan jaringan kabel – Jenis jenis jaringan Kabel) ataupun wireless untuk proses transmisinya, dan juga bisa menggunakan berbagai macam perangkat keras jaringan yang membantu proses transmisis data.

Sponsors Link

Kekurangan jaringan client – server

  1. Membutuhkan spesifikasi server yang baik, terutama ketika harus melayani client dalam jumlah yang banyak

Jaringan client server mampu untuk menjalankan sebuah jarignan yang terdiri dari banyak komputer. Meski mampu melayani banyak komputer, namun demikian, kita harus memiliki spesifikasi server yang mumpuni. Karena itu, kekurangan dari sistem jaringan client server ini adalah biaya perakitan komputer server yang cukup tinggi, karena membutuhkan beberapa spesifikasi khusus.

  1. Maintenance server merupakan hal yang mutlak, dimana server harus 24 jam nonstop bekerja

Manitenance dan juga teknissi tentu saja juga harus menyiapkan waktu khusus utnuk memantau kinerja dari server. Hal ini disebabkan karena server merupakan komputer yang bekerja secara non stop, sehingga perlu diberi perhatian lebih, agar ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, masalah akan segera dan juga cepat teratasi.

  1. Ketika terjadi kerusakan pada server, maka seluruh koneksi jaringan akan mati

Seperti sudah disebutkan, jaringan client server menggunakan satu buah komputer server untuk menjadi pusat dari jaringan tersebut. Namun demikian, sebagai sebuah pusat yang tersentralisir, hal in menimbulkan kelemahan, yaitu ketika server menagalami kerusakan dan juga gangguan, maka hal ini akan menyebabkan seluruh jaringan menjadi ikut mati. Hal ini akan sangat mempengaruhi dan berdampak besar bagi keseluruhan jaringan.

  1. Server bisa saja mengalami gangguan, terutama apabila arus permintaan informasi sangat padat

Spesifikasi komputer server yang mungkin kurang memadai kemungkinan akan mengalam masalah dan juga gangguan teknis ketika traffic dan juga arus informasi sedang padat – padatnya. Hal ini terjadi apabila dalam sebuah jaringan client server, jumlah client dan juga user terlalu banyak dalam satu periode tertentu, sehingga menyebabkan server mengalami gangguan. Hal ini cukup sering terjadi, terutama ketika sebuah jaringan client server memiliki spesifikasi yang tidak seimbang.

Sponsors Link

  1. Pemeliharaan terhadap jaringan dan juga server harus dibrikan kepada orang yang benar – benar paham dengan jaringan, dan memilki kepercayaan khusus, serta bertanggung jawab penuh

Pada dasarnya, pemeliharaan jaringan client server cukup mudah. Namun demikian, ketika terjadi kerusakan pada jaringan, membutuhkan seserang yang benar – benar memahami mengenai jaringan komputer. Hal ini tentu saja cukup merepotkan, tetrutama mereka yang bekerja pada bagian maintenance, karena harus stand by dan juga mampu menangani berbagai macam masalah yang bisa timbul dari sebuah jaringan client dan juga server.

Baca : Perbedaan komputer server dengan client biasa – Perangkat keras jaringan komputerperangkat lunak jaringan komputer

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 17th, December 2015 / 01:13 Oleh :
Kategori : Konsep Jaringan