Sponsors Link

7 Keuntungan Menggunakan WLAN daripada Media Kabel

Sponsors Link

Di era keramahan teknologi yang begitu pesat perkembangannya, semua dibuat mengikuti kemajuan zaman dan semakin dibuat simple, tujuaanya tidak lain untuk mempermudah manusia. Begitu juga dengan koneksi (jaringan), dimasa sekarang penggunaan WLAN sudah marak digunakan dibanding dengan menggunaakan media kabel sebelumnya. Kenapa? Karena media wireles yang tidak kasat mata ini menawarkan banyak kemudahan dan tentu juga menghadirkan banyak keuntungan.

Jaringan LAN, MAN dan WAN sendiri adalah jenis jaringan yang berbeda-beda, mulai dari jaringan LAN yang merupakan tingkatan kecil yang memiliki ruang lingkup yang sedikit sampai jaringan WAN dengan cakupan ruang lingkup yang besar. Untuk jaringan MAN memiliki cakupan lingkungan yang midle, yaitu tidak kecil dan juga tidak besar seperti lingkup kotamadya. Oleh karenanya jenis-jenis jaringan komputer ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, begitu juga dengan WLAN.

Mau tau apa aja keuntungan menggunakan WLAN dari pada media kabel? Yuuk simak artikelnya. Ini dia beberapa keuntungan menggunakan WLAN daripada media kabel;

  1. Meningkatkan Produktivitas

Jaringan WLAN sangat rapi dalam penampakan fisiknya karena tanpa seutas kabel dan sangat mudah diterapkan. Sangat fleksibel juga karena tidak terikat sama kabel dan bisa berpindah sesuai yang diinginkan anda sebagai penggunaya, tidak harus terikat pada satu tempat saja.

Dengan semua keuntungan ini, tentu memberikan dampak bagi pekerjaan anda, membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat karena tidak terpaku sama masalah-masalah fisiskal pada jaringan PC komputer anda. Berdasarkan faktor inilah Wireles LAN tentu bisa meningkatkan prodktivitas kerja anda, karena tidak menutup kemungkinan akan banyak kerepotkan yang menghambat pekerjaan jika masih menggunakan media kabel. (baca juga: jenis-jenis kabel jaringan komputer)

  1. Cepat dan Sederhana

Penerapan jaringan Wireles LAN terbilang mudah dan sederhana. Sederhana karena anda hanya perlu memiliki sebuah perngkat penerima dan pemancar untuk membangun sebuah jaringan wireles. Setelah semua tersedia, konfigurasi sedikit dan anda sudah dapat menikmati sbuah jaringan komunikasi data baru didalam tempat anda.

Dipastikan tidak akan sesederhana ini jika anda menggunakan media kabel, karena anda harus berkutat dengan kabel yang akan sedikit melelahkan dan menambah pekerjaan anda. Namun, perlu diwaspadai jika jaringan WLAN ini sering terjadi gangguan oleh karenanya para pengguna WLAN harus membuat jaringan khusus saat terjadi gangguan ini. (baca juga: penyebab jaringan LAN putus nyambung)

  1. Fleksibel

Bisa dipastikan Fleksibilitas media wireles ini benar-benar terjamin, karena anda bisa memasang dan menggunakan wireles ini dimana saja dan kapan saja, misal di taman, di ruang meeting dadakan, di dapur dan ditempat-tempat mana saja yang anda kehendaki. Karena media wireles LAN ini dapat mewujudkan dan menghubungkan anda dengan jaringan, pada tempat-tempat yang tidak bisa di wujudkan oleh media kabel.

Sponsors Link

  1. Mengurangi Biaya Investasi

Tanpa kabel berarti juga tanpa biaya, karena tidak usah repot-repot mengeluarkan untuk biaya kabel, biaya perawatan, dan lain sebagainya. Apalagi, jika anda membangun LAN yang sering berubah-ubah, berpindah-pindah, tentu biayanya akan semakin membengkak jika menggunakan media kabel.

Oleh karenanya, wireles LAN sangat cocok dan pas bagi anda yang ingin menghemat biaya yang akan dikeluarkan untuk membangun sebuah jaringan komunikasi data.

  1. Skalabilitas

Dengan menggunakan media wireles LAN, ekspansi jaringan dan konfigurasi ulang terhadap sebuah jaringan tidak akan rumit untuk dilakukan, ketimbang menggunakan media kabel yang sdikit akan dibuat repot. Disinilah nilai skalabilitas menggunakan jaringan WLAN cukup dirasakan.

  1. Mobilitas Tinggi

Jaringan WLAN sangat memungkinkan clien untuk mengakses informasi secara real-time sepanjang masih dalam jangkauan, hal ini akan meningkatkan kualitas layanan dan produktifitas yang rasanya tidak mungkin diberikan oleh jaringan LAN biasa. Diamana pun anda sebagai pengguna, baik diarea kantor maupun area publik (hotspot), anda akan selalu dapat tersambung dengan layanan internet, sehingga akan memungkinkan dan sangat mendukung komunikasi, data, dan transfer informasi secara cepat.

sponsored links

  1. Kecepatan Instalasi

Instalasi WLAN sangat mudah dan cepat, tanpa harus menarik dan mengulur kabel melalui dinding dan atap. Kabel dibutuhkan hanya untuk menghubungkan AP (access point) ke jaringan (HUB/switch/router), sedangkan koneksi dari komputer anda yang terhubung ke jaringan adalah melalui frekuensi radio (wirelessly). (baca juga: fungsi hub, fungsi switch, fungsi router)

Berbeda dengan menggunakan media yang lain, maka setiap station (komputer) yang tersambung ke jaringan LAN akan tetap memerlukan kabel satu persatu menuju ke HUB/switch. Ini akan sedikit merepotkan bukan?

Itulah beberapa kemudahan dan keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunkan media wireles LAN ketimbang menggunakan media kabel yang tentu akan sedikit merepotkan anda dengan segala kerumitannya. Bagaimana? Kenapa masih ragu menggunakan WLAN jika menggunkan WLAN lebih ekonomis dan mudah.

artikel terkait:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 25th, February 2016 / 10:11 Oleh :
Kategori : Konsep Jaringan