6 Tujuan Mempelajari Jaringan Komputer

Sponsors Link

Hingga saat ini penggunaan jaringan komputer merupakan salah satu fungsi dari komputer yang paling banyak digunakan dan juga diaplikasikan, baik secara local maupun luas seperti penggunaan internet. Jaringan komputer sendiri pada dasarnya merupakan kondisi dimana dua atau lebih komputer saling terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu, dimana setiap komputer kemudian dapat saling berbagai satu sama lain. Seperti melakukan proses transfer data informasi, dan juga berbagai macam sumber daya dengan menggunakan satu jaringan saja.

Prinsip kerja jaringan komputer itu sendiri mengfokuskan untuk menghubungkan semua komputer di berbagai tempat satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu penggunaan manfaat jaringan komputer menjadi salah satu tujuan seseorang menggunakan perangkat komputer, terlebih untuk menyimpan data dan penyelesaian di hampir semua pekerjaan.

Tentu saja jaringan komputer memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Paling tidak berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan jaringan komputer secara global:

  • Mempercepat arus informasi
  • Mempermudah komunikasi antar individu
  • Mempercepat proses pengiriman cata dan juga sumberdaya
  • Membantu mengkoneksikan kantor cabang yang berbeda pulau dan juga benua
  • Dan masih banyak lagi fungsi jaringan komputer yang lainnya

Bagaimana jaringan komputer dapat dipelajari?

Pada dasarnya, semua orang bisa mempelajari mengenai jaringan komputer. Jadi tidak hanya mereka yang berasal dari ilmu komputer saja. Hal paling penting yang harus dipahamai pada saat ingin mempelajari tentang sistem dan juga cara kerja jaringan komputer adalah:

  • Kemauan untuk belajar dan berkembang
  • Ketekunan
  • Materi-materi yang komplit dan reliabel
  • Waktu yang cukup untuk melakukan praktek
  • Pembimbing dan juga instruktur yang kompeten
  • Sumber pembelajaran yang tepat
  • Perangkat-perangkat yang diperlukan memadai dan juga mendukung untuk dipelajari

Itulah beberapa hal yang dapat anda persiapkan sebelum mempelajari mengenai sistem jaringan komputer. Setelah anda mempelajari mengenai jaringan komputer, maka sudah pasti anda akan memperoleh banyak sekali manfaat, sebagai hasil dari mempelajari jaringan komputer

Banyak jenis-jenis jaringan komputer yang ada yang  biasa digunakan sebagai keperluan data sharing ke berbagai user, mulai dari skala kecil hingga skala besar. Ini dinamakan topologi jaringan komputer, yang merupakan teknologi jaringan yang bisa digunakan di berbagai wilayah sesuai dengan kebutuhan user.

Lalu apa saja tujuan dan juga manfaat yang bisa diperoleh dari mempelajari jaringan komputer? Berikut ini adalah beberapa manfaat dan juga tujuan yang bisa dicapai ketika anda mempelajari jaringan komputer:

sponsored links

  1. Memahami konsep dasar dan pengetahuan umum mengenai jaringan komputer

Manfaat pertama tentu saja anda nantinya akan lebih memahami mengenai konsep dasar dan juga pengetahuan umum dari jaringan komputer. Seperti sejarah jaringan komputer, hingga bagaimana jaringan komputer bisa sangat bermanfaat dan juga banyak digunakan di seluruh dunia. Pengetahuan umum anda mengenai jaringan komputer akan bertambah, dan tentu saja pengetahuan merupakan salah satu harta yang paling berharga, sehingga akan sangat bermanfaat bagi diri anda kelak.

  1. Memahami peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam implementasi sebuah jaringan komputer

Dalam pengimplementasian jaringan komputer, sudah pasti aka nada banyak sekali peralatan yang kita butuhkan dalam membangun dan juga mengimplementasikan sebuah jaringan komputer. Paling tidak ada dua peralatan yang kita butuhkan, yaitu:

Dengan begitu, maka anda nantinya akan memahami fungsi dan juga perbedaan dari masing-masing perangkat yang akan anda butuhkan untuk membangun dan juga mengimplementasikan sebuah jaringan komputer.

  1. Dapat membangun dan mengimplementasikan jaringan komputer secara mandiri

Merupakan salah satu keuntungan dan tujuan yang sangat penting. Ketika anda sudah berhasil mempelajari jaringan komputer, maka dengan beberapa kali pengalaman praktek kerja sudah pasti nantinya anda akan mampu untuk membangun dan juga mengimplementasikan jaringan komputer yang anda buat secara mandiri. Dengan begitu, maka anda tidak perlu lagi memanggil ahli jaringan untuk membangun sebuah jaringan komputer sederhana, dan tentu saja anda dapat menghemat biaya operasional anda.

  1. Mampu melakukan troubleshooting masalah jaringan

Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang diimplementasikan oleh manusia biasa, sehingga pastilah terdapat kemungkinan error ataupun gangguan. Disinalah anda patut bersyukur apabila anda mempelajari mengenai jaringan komputer. Ketika anda mempelajari dan juga memahami tentang jaringan komputer, maka tentu saja anda akan mudah dalam melakukan perbaikan dan juga troubleshoot pada jaringan yang mengalami gangguan.

Sponsors Link

Gangguan dan juga masalah pada jaringan komputer bisa berupa server yang tidak merespon, proses transmisi data yang menjadi lambat. Kondisi hardware yang tidak mau bekerja, ataupun masalah pada sistem operasi jaringan dan masih banyak lagi.

  1. Mampu memperbaiki jaringan komputer yang megnalami kerusakan atau malfungsi

Hardware atau perangkat keras komputer juga terkadang memiliki beberapa masalah dan sering megnalami malfungsi. Misalnya saja adalah switch yang tidak mau menyala, sehingga harus dilihat kerusakannya ataupun kabel yang mungkin digigit oleh binatang pengerat. Dengan mempelajari jaringan komputer, maka pasti anda akan menjadi lebih mudah dalam memperbaiki kerusakan atau malfungsi pada sebuah jaringan komputer.

  1. Dapat menganalisa dan mengembangkan sistem jaringan komputer yang efisien, hemat biaya dan bermanfaat bagi banyak orang

Tujuan lainnya dari mempelajar jaringan komputer adalah anda nantinya akan dapat mengembangkan sebuah sistem jaringan komputer yang efisien dan juga hemat biaya, serta dapat menimplementasikan sistem jaringan komputer baru yang nantinya akan menajdi sangat berguna bagi banyak user.

Dengan mempelajari jaringan komputer, anda akan memahami seluk beluk jaringan, dan bukan tidak mungkin anda bisa mencptakan suatu sistem jaringan komputer yang baru.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 15th, October 2015 / 09:38 Oleh :
Kategori : Konsep Jaringan