12 Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Sponsors Link

Jaringan komputer saat ini sudah merupakan bagian dari kebutuhan manusia akan komputer dan juga komunikasi. Jaringan komputer membantu kita, sebagai user dalam mempermudah melakukan pekerjaan terkait sistem komunikasi dan juga mempermudah user dalam mengerjakan tugas. Jaringan komputer yang banyak memiliki kegunaan dapat dimanfaatkan untuk mengkoneksikan beberapa komputer untuk saling terhubung, oleh karena itu manfaat jaringan komputer ini sangat dimanfaatkan dalam dunia bisnis, sistem belajar mengajar hingga untuk keperluan kesehatan pada data pasien.

Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Perkembangan jaringan komputer saat ini memiiliki sejarah yang cukup panjang mulai dari awal dicetuskannya ide mengenai kebutuhan akan komputer yang dapat saling bekerja sama melakukan banyak tugas dalam satu waktu, hingga kebutuhan untuk saling berkomunikasi antr jaringan. Pada awalnya cikal bakal dari jaringna komputer dimulai pada era 40-an, hingga terus berkembang menjadi berbagai macam jenis jaringan, mulai dari koneksi LAN, hingga terciptanya internet sebagai salah satu jaringan interkoneksi yang sangat luas dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Tetunya sejarah jaringan komputer ini cukup panjang untuk ditelusuri, dengan mengetahui sejarah dari jaringan komputer ini dapat membuka wawasan para user dalam ilmu teknologi terlebih pada komputer. Disinilah peranan penting dari manfaat mempelajari ilmu komputer yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Untuk lebih memahami tentang pengertian dan juga hal-hal penting mengenai jaringan komputer, maka berikut ini adalah beberapa pengertian jaringan komputer dan juga info tambahan mengenai jaringan komputer itu sendiri.

  1. Yayasan Sandhykara

Jaringan Komputer merupakan hubungan dua atau lebih sistem komputer yang terpisah, melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lain guna berbagi sumber daya (resource).

  1. Jafar Noor Yudianto (2007)

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

  1. Umi Proboyekti

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Dua buah komputer misalnya dikatakan terkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksi dapat melalui: kawat tembaga, serat optik, gelombang mikro, satelit komunikasi.

  1. Anonim

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

  1. Abdul Kadil (2003)

Jaringan Komputer adalah hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya adalah untuk melakukan pertukaran data.

sponsored links

  1. Tanaenbaum (2002)

Jaringan Komputer merupakan kumpulan dari perangkat keras dan lunak di dalam suatu sistem yang memiliki aturan tertentu untuk mengatur seluruh anggotanya dalam melakukan aktivitas komunikasi. Satu komputer yang terkoneksi ke jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut. Sedangkan host secara umum diartikan sebagai komputer yang terkoneksi ke jaringan yang dapat memberikan layanan jaringan (network service).

  1. Izaas El Said

Jaringan Komputer adalah suatu sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, untuk saling dapat berbagai informasi dan juga sumber daya yang dimilikinya.

  1. Madcoms

Jaringan komputer merupakan kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya, yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi satu sama lainnya.

  1. Techi Wire House

Jaringan komputer adalah suaut kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain, yang memiliki suatu koneksi tertentu

  1. Kristanto (2003)

Kristanto (dalam Tiranda, 2014) menyebutkn bahwa Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan satu sama lain, dengan menggunakan satu protocol kompunikasi sehingga selruh komputer yang saling terhubung tersebut dapat berbagi informasi, program, sumber daya dan juga dapat saling menggunakan perangkat keras lainnya secara bersamaan, seperti printer, harddisk dan lain sebagainya.

  1. Wikipedia

Wikipedia Indonesia menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari banyak komputer (lebih dari satu komputer) yang sengaja didesain untuk dapat saling berbagai sumber daya atau resources, saling berkomunikasi satuu sama lain, dan juga dapat saling mengakses informasi satu sama lain.

Lebih lanjut disebutkan pula oleh Wikipedia, bahwa tujuan utama dari pembuatan jaringan komputer ini adalah agar setiap bagian di dalam jaringn komputer dapat meminta dan juga memberikan layanan atau service, sehingga dapat mempermudah komunikasi antar client dan juga servernya.

  1. Zymon Machajewski

Machajewski mengatakan bahwa yang dimaksud dengan jaringan komputer adalah seperangkat komputer yang saling terkoneksi secara bersamaan satu sama lainnya dengan tujun utama, yaitu untuk saling membagikan atau men-share resources alias sumberdaya. Salah satu sumberdaya yang saat ini banyak digunakan di dalam sebuah jaringan komputer adalah sumber daya internet.

Sponsors Link

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

Yudianto (2007) mengatakan pula bahwa pada dasarnya, jaringan komputer merupakan suatu bentuk interkoneksi atau hubungan antar komputer, yang pada dasarnya memilki beberapa jenis, ditinjau dari 4 aspek atau bagian. Berikut ini adalah beberapa jenis dari jaringan komputer :


1. Berdasarkan Jangkauan Geografis

Apabila dibedakan menurut jangkauan geografisnya, maka jaringan komputer dapat dibagi dan dibedakan menjadi 3 jenis jaringan, yaitu :

  • Jaringan Lokal (LAN) atau Local Area Network.
  • Jaringan perkotaan (MAN) atau Metropolitan Area Network.
  • Jaringan luas (WAN) Wide Area Network.


2. Berdasarkan Distribusi Data atau Sumber Informasi

Aspek berikutnya dalam pembagian jenis jaringan adalah berdasarkan distribusi data. Apabila dilihat berdasarkan distribusi data, maka, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

  • Jaringan terpusat
  • Jaringan terdistribusi


3. Berdasarkan Media Transmisi dari Jaringan Komputer

Jaringan komputer membutuhkan media untuk dapat mentransmisikan paket data yang akan dibagikan antar komputer. Karena itu, jaringan komputer juga dapat dibedakan menjadi 2 jenis jaringan apabila dilihat dari media transmisi jaringannya :

  • Jaringan kabel (Wired network).
  • Jaringan nirkabel (Wireless network).


4. Berdasarkan Peran Komputer Dalam Proses Transmisi Data

Dengan adanya banyak komputer yang saling terhubung satu sama lain di dalam sebuah jaringan, maka ada 2 jenis jaringan yang dibedakan menurut peranan komputer sebagai perangkat keras jaringan komputer. Berikut ini adalah jenisnya :


Itu adalah beberapa jenis jaringan komputer. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis – jenis, serta implementasinya di dalam jaringan, anda dapat membaca artikel mengenai jenis – jenis jaringan komputer.

Apa Saja yang Dibutuhkan Dalam Membuat Jaringan Komputer?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika seorang teknisi jaringan akan membuat sebuah jaringan komputer. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para teknisis jaringan komputer dalam membuat sebuah jaringan komputer:


Referensi

  1. https://deje.files.wordpress.com/2007/12/sisjarkom-modul-1.pdf
  2. Yudianto, M.J.N. (2007). Jaringan komputer dan pengertiannya. http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2013/01/Ilmu-komputer-Jaringan-Komputer-Dan-Pengertiannya.pdf
  3. Proboyekti, U. Jaringan Komputer. http://lecturer.ukdw.ac.id/othie/Jaringan_Komputer.pdf
  4. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20228/4/Chapter%20II.pdf
  5. http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/600/jbptunikompp-gdl-wahyusatri-29982-9-unikom_w-2.pdf


Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 22nd, September 2015 / 01:26 Oleh :
Kategori : Jaringan Komputer