Sponsors Link

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android dan Laptop

Sponsors Link

Munculnya iklan seringkali membuat kesal, apalagi jika iklan tersebut muncul berkali-kali dan mengganggu kegiatan yang sedang kita lakukan (baca juga: manfaat online shop). Misalnya ketika sedang asyik-ayiknya bermain game atau membaca, tiba-tiba ilkan muncul dan menutupi game atau artikel yang kita baca, sehingga kita terpaksa berhenti bermain untuk menutup ikan yang muncul tersebut.

ads

Munculnya iklan, memang wajar. Pada beberapa aplikasi memang diberi addon ilkan, kita bisa melihat keterangan ‘berisi iklan’ pada aplikasi yang akan memunculkan iklan. Banyaknya iklan yang muncul tergantung pengembang aplikasi tersebut, ada yang hanya beberapa kali dalam jangka waktu lama, ada pula yang cukup sering memunculkan iklan (baca juga: kelebihan dan kekurangan jualan online.

Namun pada kondisi dimana iklan terus menerus muncul, apalagi jika dibarengi performa smartphone yang semakin melambat, dan baterai yang boros, bisa jadi anda telah terserang malware, virus iklan (baca virus android paling berbahaya). Berikut ini akan dosenIT paparkan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan virus iklan.

Baca juga:

1. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Jika anda menemukan bahwa iklan tersebut muncul setelah anda melakukan pemasangan suatu aplikasi, besar kemungkinan bahwa aplikasi tersebut adalah penyebab munculnya iklan. Jadi anda bisa mengatasinya dengan mencopot aplikasi tesebut dari  smartphone anda (baca juga: manfaat youtube).

Anda bisa menghapusnya dengan cara membuka menu Pengaturan > Aplikasi > Semua Aplikasi

Hapus aplikasi tersebut, juga aplikasi lainnya yang tidak anda kenal atau menurut anda mencurigakan. Jika anda tidak yakin mengenai aplikasi mana yang harus anda copot pemasangannya, anda bisa mencoba menghapus tiga sampai lima aplikasi terakhir yang anda pasang (baca juga: cara mencegah komputer terkena virus).

2. Install aplikasi

  • Antivirus

Sebaiknya sedari awal anda memasang antivirus pada smartphone anda untuk menjaga keamanannya. Selain untuk menangkal virus berbahaya antivirus juga bisa bermanfaat untuk menghindarkan smartphone anda agar terhindar dari masuknya malware (baca: jenis jenis malware) yang bisa memunculkan banyak ilkan ke dalam smartphone anda.

Dalam memilih antivirus, sebaiknya gunakan antivirus telah memiliki nama seperti Avast atau lainnya, agar terhindar dari kesalahan pemasangan. Jangan sampai yang anda download malah aplikasi berisi virus. Pastikan juga anda mengunduhnya dari sumber terpercaya, misalnya play store.

Baca juga:

Sponsors Link

  • Addon Detector

Addon adalah fitur tambahan dalam suatu aplikasi dan Addon Dedector merupakan aplikasi yang  dapat membantu anda untuk mengidentifikasi dan menghapus addon dari suatu aplikasi yang terpasang pada smartphone anda (baca juga: cara mencegah cybercrime).

Seperti kita ketahui, beberapa aplikasi seperti game maupun aplikasi media online seringkali memiliki addon yang menampilkan iklan. Dengan addon decector anda bisa menghapus addon yang menampilkan iklan pada aplikasi game yang anda pasang, tanpa perlu menghapus/ mencopot pemasangan aplikasi tersebut.

Berikut beberapa fitur addon detector yang bisa anda gunakan untuk menghentikan munculnya iklan pada smartphone anda:

  1. Addon Push Notification: untuk mengetahui aplikasi apa saja yang memiliki addon untuk melakukan push notification/ menampilkan iklan meskipun aplikasi tidak aktif. Caranya: buka Addons Detector > Scan > Addons > Filter > Push Notification (akan muncul daftar aplikasi yang memiliki addon ini) > klik aplikasi > Manage App > klik Hapus
  2. Notification Monitor: fitur ini lebih efektif digunakan untuk mengetahui aplikasi mana yang menampilkan iklan, sebab fitur push notification kadang melewatkan beberapa aplikasi. Cara menggunakannya: buka Addons Detector > Notification Monitor > hidupkan (ON). Tunggu notif iklan muncul, begitu notif iklan muncul buka fitur Notification Monitor. Aplikasi yang memunculkan iklan akan ditampilkan > Hapus aplikasi
  3. Shortcut Monitor: untuk menghapus schorcut yang muncul. Cara menggunakannya: buka Addons Detector > Shortcut Monitor > hidupkan (ON). Tunggu notif iklan muncul, begitu notif iklan muncul buka fitur Shortcut Monitor. Aplikasi yang memunculkan shortcut akan ditampilkan > Hapus aplikasi
  • Anti Adware

Anti Adware dapat kita gunakan untuk mengetahui sumber pop up iklan yang muncul pada smartphone anda. Anda dapat melakukan scanning untuk mengetahuinya. Setelah anda mengetahui  aplikasi yang menjadi penyebab munculnya iklan, anda bisa menghapusnya (baca: cara menghilangkan virus shortcut).

Baca juga:

ads

3. Factory Reset

Factory reset adalah cara terakhir namun paling ampuh yang mungkin bisa anda lakukan untuk menghilangkan virus iklan, dan juga virus lainnya (baca virus ransomware). Dengan melakukan factory reset semua aplikasi yang tambahan yang dipasang pada smartphone juga data-data anda akan dihapus. Smartphone menjadi seperti semula, saat pertama kali keluar dari pabrik. Factory reset dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu saat perangkat dalam posisi menyala/ soft reset dan melalui save mode, yaitu hard reset.

Cara melakukan Soft Reset

  • Bakcup dahulu semua data penting pada smartphone anda. Pindahkan ke hardisk komputer tau tempat penyimpanan lain.
  • Buka menu Setting > tekan Backup and Reset > Factory data reset
  • Klik Reset Phone untuk mulai menjalankan factory reset
  • Ponsel akan restart, tunggu proses penghapusan selesai
  • Saat ponsel menyala kembali, ponsel anda akan kembali seperti saat pertama kali smartphone keluar dari box.

Cara melakukan Hard Reset:

  • Bakcup dahulu semua data penting pada smartphone anda. Pindahkan ke hardisk komputer atau tempat penyimpanan lain.
  • Matikan auto sinkron akun google, caranya: buka pengaturan > akun > goggle > klik akun> nonaktifkan sinkronisasi
  • Matikan Smartphone
  • Tekan power + volume up
  • Pilih bahasa yang ingin anda gunakan, tekan tombol power untuk melanjutkan
  • Akan muncul menu Recovery
  • Pilih opsi Wipe Cahce/ Factory Reset. Untuk mengarahkan gunakan tombol volume up / down, untuk memilih tekan tombol power.
  • Pilih Yes – deleted all user data
  • Tunggu proses penghapusan selesai
  • Reboot

Baca juga:

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan virus iklan ini. Untuk menghilangkan iklan yang terus saja muncul di smartphone dan cukup membuat naik darah, anda bisa mencoba menghapus aplikasi terakhir yang anda pasang. Jika anda tidak yakin, anda bisa mencoba menghapus aplikasi yang tampak mencurigakan, atau lima aplikasi terakhir yang anda pasang.

Jika anda tidak ingin menghapus aplikasi tersebut, anda bisa mencoba menginstall aplikasi Addon Detector. Dengan aplikasi ini anda bisa menghapus addon yang menampilkan iklan tanpa perlu menghapus aplikasi utamanya. Cara terakhir jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil, adalan dengan melakukan Factory reset. Semoga Bermanfaat! ^^

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 30th, May 2017 / 07:31 Oleh :
Kategori : Security Jaringan