Sponsors Link

Jenis – Jenis Malware Komputer

Sponsors Link

Malware atau yang sering dikenal dengan istilah malicious software adalah sebuah aplikasi atau program (software) yang tidak diinginkan oleh setiap user. Biasanya malware memiliki tujuan untuk mengambil dan mencuri informasi atau data penting dari user, mulai dari biodata, nomor kartu kredit, pin ATM, hingga username dan password juga file – file penting lainnya.

Malware banyak masuk ke dalam komputer melalui jaringan komputer yang kurang baik keamanannya, sehingga dapat menginfeksi komputer. Malware sendiri pada dasarnya terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis dari malware.

  1. Virus Komputer

Virus komputer adalah salah satu jenis dari malware yang paling sering kita temukan bersarang di dalam komputer kita. Virus komputer ini merupakan sebuah program atau sotware yang berekstensi .exe atau executable atau, sebuah software yang bisa kita jalankan. Kebanyakan virus komputer ini menyamar dalam bentuk installer sebuah aplikasi, shortcut, dan berbagai macam jenis aplikasi berkstensi .exe

Virus komputer ini sebenarnya tidak berbahaya apabila tidak kita jalankan software .exe nya. Naun demikian, kita terkadang tidak sadar bahwa yang kita jalankan adalah sebuah virus, dan akhirnya virus tersebut menyerang komputer kita. Salah satu langkah tepat user untuk mencegah komputer terkena virus adalah dengan memasang antivirus dan menggunakan firewall untuk melindungi data-data penting saat komputer terkoneksi dengan internet. Sebab fungsi firewall cukup memiliki peran penting pada jaringan komputer.

  1. Worm

Worm merupakan malware yang memiliki kemampuan berkembang biak seperti layanya seekor cacing. Cacing adalah salah satu hewan yang bisa berkembang biak dengan cara membelah diri dan masuk ke dalam tubuh manusia dengan mudah.

Sama seperti itu, malware bernama worm ini mampu masuk ke dalam komputer melalui kelemahan atau vulnerability dari jaringan komputer, yang kemudian menggandakan dan memperbanyak dirinya di dalam komputer, dan menginfeksi komputer anda secara perlahan hingga ke seluruh bagian komputer.

Ketika komputer anda sudah terserang worm, maka hal ini akan beraksi seperti layanya virus komputer, yang dapat menyusahkan anda, mulai dari memperlambat komputer, membuat CPU menjadi cepat panas, dan sangat mengganggu kebutuhan anda dalam menggunakan komputer.

artikel terkait:

  1. Spyware

Jenis-jenis malware yang ketiga adalah spyware. Secara tidak sadar, mungkin komputer kita juga sering dimasuki oleh malware yang bernama spyware ini. Spyware adalah sebuah jenis malware atau software yang tidak diinginkan yang fungsinya adalah memata – matai segala hal yang dilakukan oleh user di dalam komputer tersebut.

Hal ini sangat membahayakan, terutama bagi anda yang seringkali menyimpan kepentingan dan informasi pribadi dan rahasia di dalam komputer. Spyware akan mengcopy aktivitas yang anda lakukan dan informasi yang anda simpan di dalam komputer kepada perusahaan atau orang tertentu untuk kepentingan yang tentu saja tidak baik.

Sponsors Link

Ini sering terjadi saat melakukan surfing di Internet dengan menggunakan browser, terlebih jika komputer tersebut terdapat virus dan dengan browser yang kurang aman. Untuk itu user harus menggunakan browser terbaik agar keamanan data menjadi terjaga dan rahasia.

  1. Adware

Virus, worm dan spyware biasanya merupakan software yang akan terasa dampak buruknya ketika kita sudah membuka atau mengeksekusi suatu file tertentu atau karena kelemahan jaringan internet dan jaringan komputer kita. namun, berbeda dengan adware yang masuk ke dalam komputer kita bersamaan dengan program yang sengaja kita download.

Kita sebagai user secara sadar seringkali melakukan pendownloadan berbagai macam konten secara gratis. Namun ternyata kita juga tidak sadar, bahwa dibalik konten gratis tersebut, terdapat malware yang bernama adware. Perlunya kehati-hatian untuk user dalam mendownload konten agar tidak mendapat virus saat mendapatkannya. (baca juga: cara mencegah komputer terkena virus)

Adware merupakan program yang dibuat untuk menyisipkan suatu iklan – iklan tertentu yan dutujukan untuk kepentingan promosi suatu produk, jasa, juga situs – situs tetentu, yang terkadang keberadaannya sangat mengganggu usernya. Adware saat ini berkembang sangat pesat, seiring dengan kebutuhan dan penggunaan internet di seluruh dunia.

  1. Trojan

Trojan adalah sebuah legenda di daratan eropa sana, dimana sebuah Kuda raksasa berisi prajurit disusupkan ke dalam kerajaan musuh, yang mengakibatkan kerjaan musuh tersebut tidak siap menghadapi serangan tiba – tiba tersebut. Sama seperti legenda tersebut, malware berupa Trojan pun memberikan fasilitas bagi para malware lainnya, seperti virus, worm, dan sebagainya untuk masuk ke dalam komputer kita.

Bisa dibilang, Trojan adalah salah satu pintu masuk bagi hampir semua malware yang ada, sehingga ketika komputer kita sudah terinfeksi dengan Trojan, maka harus segera dilakukan penindakan, sebelum mengalami penyerangan oleh malware lainnya.

sponsored links

  1. Keylogger

Anda orang yang suka berbelanja dengan menggunakan kartu kredit? Atau anda memiliki account yang sangat penting, yang berisi informasi rahasia? Maka anda harus berhati – hati dengan malware yang satu ini. ya, keylogger adalah sebuah malware yang memiliki fungsi untuk merekam segala kegiatan yang berhubungan dengan tombol keyboard. Jadi apapun tombol keyboard yang anda tekan, maka kelogger akan merekamnya, dan mengirimkan informasi tersebut ke pihak yang membutuhkan.

Hal ini akan sangat berbahaya, terutama ketika anda harus menuliskan nomor kartu kredit anda, password account pribadi atau email anda, serta berbagai macam data – data dan informasi penting lainnya ke dalam komputer anda, ataupun di dalam sebuah web browser.

  1. Rootkit

Bagi anda yang sering melakukan pembajakan menggunakan keygen, crack, ataupun patch pada program dan aplikasi anda, maka berhati – hatilah terhadap malware yang satu ini. Rootkit merupakan aplikasi atau malware yang bersembunyi di dalam patch, crack ataupun keygen, yang dapat masuk ke dalam komputer anda, dan mencuri informasi – informasi penting di dalam komputer anda, dan tentu saja sangat merugikan diri anda sendiri.

  1. Phising

Phising sebenarnya bukanlah sebuah bentuk program yang anda install, namun phising biasanya menyamar sebagai sebuah situs yang mengharuskan anda untuk memasukkan informasi mengenai account anda, baik email, kartu kredit, dan sebagainya. Biasanya phising dibuat sedemikian rupa, sehingga berbentuk mirip seperti aslinya. Misalnya saja email. Phising dibuat di dalam web browser yang mirip dengan Gmail atau Yahoo misalnya, sehingga user percaya dan menuliskan informasi akunnya ke dalam situs phising tersebut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 13th, January 2016 / 05:50 Oleh :
Kategori : Security Jaringan