Sponsors Link

Pengertian Cloud Server – Kelebihan dan Kekurangannya

Sponsors Link

Cloud server mungkin merupakan salah satu solusi terbaik saat ini sebagai salah satu media penyimpanan yang universal dan bisa digunakan oleh siapa saja. Apabila kita artikan, cloud server merupakan sebuah server yang berada di awan. Maksudnya adalah, cloud server adalah sebuah server yang mampu menampung berbagai macam data dan juga file pada jaringan internet. jadi, apabila anda menggunakan cloud server ini, anda tidak membutuhkan storage fisik untuk menyimpan file anda lagi, cukup dengan melakukan upload file anda ke dalam situs penyedia cloud server ini. (Baca Juga : Fungsi Dropbox , Fungsi Software Basis Data)

ads

Cloud server sendiri saat ini sudah banyak sekali bermunculan. Meskipun sebenarnya mulai sejak era 2000-an, cloud server sudah cukup populer dan dikenal, meskipun waktu itu fungsinya masih terbatas pada penyimpanan dalam jumlah yang terbatas. Seiring dengan berjalannya teknologi, hingga saat ini ada banyak sekali cloud server yang bisa anda manfaatkan untuk menyimpan data data penting anda, sepeti : (Baca Juga: Cara Membuat Email Baru)

  • Dropbox
  • Photobucket
  • One Cloud
  • iCloud
  • MiCloud
  • MediaFire
  • UptoBox
  • 4shared
  • Indowebster
  • Dan masih banyak lagi

Banyak situs ataupun user biasa menggunakan dan memanfaatkan cloud server ini untuk membuat sebuah situs yang kontennya download able, misalnya saja situs download film, ataupun situs download movie. Situs – situs semacam itu, akan lebih mudah memanfaatkan cloud server dalam menyimpan data atau konten dibandingkan harus menggunakan server secara fisik.

Baca Juga:

Kelebihan Cloud Server

  1. Tidak perlu repot membeli media storage yang harganya mahal untuk menyimpan data

Berapa harga harddisk eksternal ataupun flash drive saat ini? kira – kira berkisar antara 100 ribu hingga jutaan rupiah untuk membeli perangkat tersebut bukan? Nah dengan adanya cloud server, maka anda tidak prlu mengeluarka biaya tingi untuk menyimpan file dan juga data anda. harga investasi yagn harus anda bayarkan akan jauh lebih murah apabila anda menggunakan cloud server. Selain itu anda juga tidak perlu repot – repot mencari harddisk ataupun flash drive lagi. (Baca Juga: Fungsi Sistem Operasi Komputer , Kelebihan dan Kekurangan Sistem Basis Data Terdistribusi)

  1. Kecil kemungkinan kehilangan data

Berapa banyak data anda yang saat ini sudah hilang dan tidak bisa diselamatkan karena kerusakan pada harddisk, flash drive dan media storage fisik lainnya? Hal ini tidak akan terjadi apabila anda memanfaatkan cloud server sebagai media penyimpanan anda. penggunaan cloud server sebagai media penyimpanan anda akan sangata memperkecil kemungkinan kerusakan dan juga kehilangan data, sehingga data anda akan menjadi jauh lebih aman dari kerusakan ataupun corrupt. (Baca Juga: Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca , Cara Menghilangkan Virus Shortcut)

ads
  1. Data anda akan selalu bisa anda akses selama anda memiliki koneksi internet, yang tentu saja sudah bisa diakses dimana saja (penyimpanan terpusat)

Anda butuh data yang sudah ada di PC anda untuk ditampilkan di smartphone ataupun di PC lain? tidak perlu repot menyambungkan smartphone atau flashdrive anda ke PC, lalu mencopynya. Hal ini sangat merepotkan. Gunakan saja cloud server ini untuk melakukan hal tersebut. Selama anda memiliki koneksi internet, maka data anda yang sudah masuk ke dalam cloud server akan bisa anda akses dimanapun, dan juga kapanpun anda butuhkan, hanya denan sekali klik, tanpa perlu melakukan proses copy paste atau menghubungkan USB ke dalam PC lagi. (Baca Juga: Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya , Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia)

  1. Anda tidak perlu repot membawa harddisk yang berat, ataupun kehilangan flash drive yagn bentuknya kecil

Berapa banyak user yang mengeluhkan flash drive kecilnya hilang? Atau berapa banyak orang yang mengeluh bahwa tasnya sudah terlalu penuh, jadi tidak bisa membawa harddisk eksternal lagi? Hal ini tidak akan terjadi ketika anda memanfaatkan cloud server. Kelebihan dari cloud server ini tentu saja sangat praktis dan sangat mudah digunakan, sehingga anda tidak perlu repot – repot membawa media storage fisik. Manfaat dan juga keunggulannya sama seperti pilihan, ketika anda harus membawa uang cash, atau hanya perlu membawa selembar kartu ATM / kartu uang elektronik.

Baca Juga:

  1. Tersedia banyak sekali ribuan cloud server yang bisa anda akses dengan mudah

Seiring dengan berjalannya waktu dan juga berkembangnya teknologi informasi, terutama internet, cloud server sudah banyak sekali digunakan. Saat ini sudah lebih dari ratusan situs penyedia jasa cloud server yang kredibel dan bisa diandalkan. Jadi, tidak ada lagi alasan bagi anda untuk meragukan bahwa clouserver merupakan salah satu media penyimpanan yang merepotkan dan tidak praktis lagi. (Baca Juga: Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan , Karakteristik Sistem Informasi)

  1. Cloud server memungkinkan anda untuk melakukan manajemen data, sama seperti yang anda lakukan pada storage fisik

Kelebihan lainnya dari cloud server adalah fungsi dan juga utilitasnya dalam melakukan manajemen data. Dengan menggunakan cloud server, anda juga bisa melakukan proses manajemen data, layaknya yang anda lakukan di dalam storage fisik anda. anda bisa melakukan rename, delete, copy and paste, membuat folder baru, melakukan preview file, mengecek versi dan juga informasi file, serta beragam fitur lainnya. Tentu saja hal ini menjadi sebuah keunggulan tersendiri dari sebuah media penyimpanan yagn memanfaatkan cloud server. (Baca Juga: Perbedaan Data dan Informasi Beserta Contohnya ,  Kelebihan dan Kekurangan Database Oracle)

  1. Kapasitas yang tidak terbatas

Berada besar storage yang anda miliki saat ini? kebanyakan user personal computer hanya memiliki kapasitas harddisk paling tidak 500 Gb hingga 2 Tb saja. Ini menunjukkan, bahwa sebesar apapun storage fisik yang anda miliki, masih memiliki batasan bukan? Nah, keunggulan dan juga kelebihan dari cloud server ini adalah kapasitasnya yang tidak terbatas. Anda bisa memperbesar storage cloud anda sesuai dengan apa yang anda inginkan dengan mudah. Ketika anda kehabisan storage, maka tidak perlu membeli flash drive baru, namun anda hanya perlu memesan storage tambahan di dalam cloud server anda. simple dan juga mudah bukan? (Baca Juga: Software Gratis Untuk Edit Video , Pekerjaan IT Paling Diminati)

Sponsors Link

Kelemahan Cloud Server

  1. Cukup sulit untuk diakses ketika server sedang mengalami traffic yang tinggi, atau down

Sudah bukan rahasia lagi apabila ketika kita sedang melakukan browsing dan mengakses internet, maka koneksi kita akan melambat apabila traffic pada jaringan mengalami masalah ataupun sangat padat. Hal ini pula lah yang menjadi salah satu kelemahan dari cloud server. Ketika server mengalami down, maka data yang anda simpan di dalam cloud server pun akan menjad sulit untuk diakses. Dan biasanya, proses perbaikan atau pemulihan dari cloud server yang mengalami down ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dan tidak dapat ditentukan secara pasti.

  1. Data pribadi anda bisa dicuri ketika ada hacker yang melakukan peretasan terhadap cloud server

Kunci keamanan yang kita miliki sebagai user dari cloud server adalah username, email dan juga password. Apabila hal tersebut berhasil diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, baik dari pencurian data ataupun menggunakan teknik – teknik hacking tertentu, maka hal ini akan menyebabkan data dan juga informasi yang kita simpan di dalam cloud server akan mudah diambil dan juga dicuri. Sudah banyaks ekali kasus yang menimpa pengguna cloud server, salah satunya adalah kasus pembocoran foto – foto dari para artis Hollywood yang bocor akibat diretas oleh para hacker. Hal ini tentu saja akan menimbulkan kerugian tersendiri bagi mereka yang mengalami peretasan. (Baca Juga: Cara Menjaga Keamanan Jaringan Komputer , Perbedaan Hacker dan Cracker)

  1. Untuk file berukuran besar, dibutuhkan kecepatan internet yang tinggi

Kelemahan berikutnya dari penggunaan cloud server ini adalah kebutuhan akan internet yang cukup besar, apalagi ketika anda akan menyimpan data yang memiliki ukuran yang besar. Hal ini tentu akan menjadi kesulitan tersendiri bagi anda yang memilki kecepatan internet yang pas pasan. Terlebih lagi, masih banyak sekali penggunaan internet di Indonesia terutama, yang masih mengandalkan sistem kuota internet, yang tentu saja akan menguras kuota anda. (Baca Juga: Bahaya Main Game Online di Laptop , Fungsi ISP Dalam Jaringan Internet)

  1. Kebanyakan cloud server hanya menyediakan kapasitas 2 GB untuk bagian yang gratis, selebihnya harus menyewa dalam jangka waktu beberapa bulan hingga tahun.

Kekurangan dan juga kelemahan dari cloud server berikutnya adalah hanya gratis pada kapasitas tertentu. kebanyakan cloud server gratis untuk penyimpanan sebesar 2 GB saja. Untuk memperoleh kapasitas storage lebih besar, anda perlu menyewa cloud storage selama beberapa bulan ataupun selama beberapa tahun kedepan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 07th, October 2016 / 22:54 Oleh :
Kategori : Software Jaringan