Sponsors Link

10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer

Sponsors Link

Physical layer merupakan salah satu bagian dari OSI Reference model, yang terdiri dari 7 buah lapisan atau layer. Physical layer, sesuai namanya merupakan lapisan yang berhubungan dengan perangkat-perangkat fisik di dalam suatu jaringan komputer. Physical layer jaringan komputer sendiri memiliki beberapa fungsi yang tentu saja sangat dibutuhkan dalam sebuah proses transmisi data di dalam jaringan komputer, berikut ini adalah beberapa fungsi dari physical layer :

  1. Physical layer akan berhubungan langsung dengan hardware jaringan

Fungsi pertama dari physical layer adalah menjadi layer atau lapisan penghubung yang menghubungkan langsung sebuah jaringan komputer dengan perangkat keras jaringan komputer. Dengan fungsinya sebagai penghubung inilah, maka physical layer merupakan sebuah lapisan yang membantu menghubungkan semua sistem jaringan yang telah melewati layer-layer sebelumnya ke dalam perangkat keras jaringan komputer.

Berikut ini adalah beberapa macam perangkat keras jaringan yang nantinya akan terhubung ke dalam physical layer :

  1. Physical layer membantu melakukan definisi terhadap media transmisi jaringan

Fungsi berikutnya dari physical layer adalah untuk melakukan definisi tehadap media transmisi jaringan. Ya, dalam suatu jaringna atau network, dibutuhkan medi-media yang harus didefinisikan terlebih dahulu, agar nantinya informasi yang mengalir pada jaringan tersebut bisa diterima di kompute user, dan ditampilkan, sehingga user dapat memahami isi dari informasi tersebut.

Tanpa adanya physical layer, maka transmisi jaringna tidak akan berjalan dengan baik, karena media yang ditransmisikan tidak mampu untuk didefinisikan, dan kompouter user tidak dapat memberikan informasi mengenai media yang ditransmisikan.

  1. Physical layer melakukan definisi terhadap metode persinyalan yang akan digunakan dalam proses transmisi

Selain melakukan proses definisi terhadap media yang digunakan dalam proses transmisi jaringan, physical layer juga memiliki fungsi lainnya, yaitu untuk membantu mendefinisikan metode persinyalan yang akan digunakan dalam proses transmisi data di dalam jaringan. Dengan begitu, physical layer nantinya akan membantu mendefinisikan bagaimana data dan juga informasi akan ditansmisikan ke dalam dan melalui jaringan komputer. Dengan begitu, setiap data dan juga informasi nantinya akan dapat dengan mudah ditransmisikan, karena sudah ditentukan terlebih dahulu, baik media, maupun metode yang digunakan untuk mentransmisikan data.

  1. Melakukan proses sinkronisasi terhadap bit data

Fungsi berikutnya dari physical layer adalah melakukan proses sinkronisasi terhadap bit data. Hal ini berarti physical layer akan melakukan sinkronisasi data yang dikirmkan dan juga data yang diterima, apakah memang berasal dari pengirim yang sama, dan juga memiliki isi yang sesuai degnan apa yang sudah dikirimkan sebelumnya. Hal ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk memastikan bahwa data yang akan diterima atau dikirim sudah sesuai, mulai dari isi, format, hingga segala bagian dari bit – bit yang sudah ditransmisikan di dalam sebuah jaringan.

Sponsors Link

  1. Melakukan pengaplikasian terhadap topologi jaringan komputer yang digunakan

Fungsi berikutnya dari physical layer adalah mengaplikasikan penggunaan topologi jaringan komputer yang digunakan pada jaringan tersebut. Seperti kita ketahui, sebuah jaringan komputer haruslah memiliki sebuah topologi yang membantu proses transmisi data agar berjalan degan lancar dan juga normal. Dengan adanya physical layer, maka proses transmisi data akan berjalan dengan baik, dan pengaplikasian dari topologi jaringan komputer akan menjadi lebih optimal.

artikel terkait:

  1. Mendefinisikan LAN Card

Physical layer juga memiliki tugas yang tidak kalah penting, yaitu membantu medefinisikan LAN Card yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer. Karena memang merupakan layer atau lapisan yang berkaitan dengan perangkat keras jaringan komputer, maka sudah pasti NIC atau LAN Card ini juga berkaitan dengan physical layer. (baca juga: fungsi LAN card)

  1. Physical layer mampu untuk berkomunikasi secara langsung dengan berbagai jenis media transmisi

Fungsi lainnya dari physical layer adalah melakukan proses komunikasi secara langsung dengan berbagai jenis media transmisi yang ada. Setiap media transmisi yang terhubung ke dalam sebuah jaringan, semuanya akan melewati physical layer.

  1. Physical layer menentukan kebutuhan listrik, prosedural dan fungsional dari jaringan komputer

Physical layer, selai berkaitan dengan berbagai macam perangkat keras jaringan komputer, juga memiliki fungsi lainnya untuk menentukan kebutuhan dari sebuah jaringan, seperti kebutuhan akan listrik dalam suatu jaringan, kebutuhan procedural dan juga kebutuhan – kebutuhan fungsional dari sebuha jaringan komputer yang diaplikasikan tersebut.

sponsored links

  1. Dapat melakukan proses penonaktifan hubungan fisik antar sistem

Ketika kita akan menghubungkan sebuah komputer dengan sebuah jaringan, maka kita membutuhkan suatu proses mengaktifkan dan juga menonaktifkan hubungna fisik. Untuk melakukan proses penonaktifan hubungan fisik antar sistem ini, maka di gunakanlah sebuah proses yang melibatkan kemampuan dari physical layer.

  1. Melakukan proses pemindahan bit antar device atau alat

Physical layer juga berfungsi untuk melakukan proses pemindahan bit yang berada atau ditransmisikan melalui jaringan, antar device atau antar alat yang ada. Jadi, setiap perpindahan bit di dalam suatu jaringan, semuanya melewati lapisan yang kita kenal dengan nama physical layer ini.

artikel terkait lainnya:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 16th, February 2016 / 07:44 Oleh :
Kategori : Teknologi Jaringan