Sponsors Link

Manfaat IPTEK Dalam Berbagai Bidang

Sponsors Link

Seiring dengan perkembangan zaman, peradaban manusia di muka bumi ini semakin maju dan semuanya perlahan- lahan serba modern dan juga canggih. Perkembangan kehidupan manusia ini terjadi dalam segala bidang yang terdapat dalam kehidupan sehari- hari manusia. Tidak hanya di sektor – sektor tertentu saja, namun perkembangan ini terjadi di beberapa sektor sekaligus, dan bahkan semua sektor, seprti transportasi, perdagangan, pertanian dan perkebunan, perikanan, komunikasi, pendidikan,hingga seni dan lainnya. Sektor- sektor ini berkembaang dengan irama yang teratur dan dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat. (Baca Juga: Teknologi Digital dalam Fisika , Peran Teknologi Dalam Pendidikan)

ads

Yang perlu diketahui dari peradaban yang semakin maju ini, bahwa perkembangan semua sektor tersebut dilatarbelakangi oleh satu cabang ilmu baku yang berkembang sangat pesat didalamnya. Kemajuan dan kemodernan sektor-sektor tersebut mungkin saja tidak akan terjadi tanpa perkembangan satu satu cabang ilmu ini. Cabang ilmu yang melatarbelakangi perkembangan semua sektor tersebut adalah cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK.

Ya, ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK ini memang keberadaannya semakin dan semakin berkembang dengan pesatnya. Bahkan karena adanya perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, maka akan membawa sektor- sektor lain untuk ikut berkembang. Hal ini karena semua kemodernisasian dari semua sektor tersebut (terutama peralatannya) dapat diciptakan karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini. Sehingga bisa dikatakan bahwasannya sektor ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan ibu dari perkembangan semua sektor yang ada. (Baca Juga: Penyebab Teknologi Komputer Berkembang Cepat , Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli)

Sebenarya, Apa Itu IPTEK?

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau biasa disebut dengan IPTEK merupakan sebuah sumber yang dapat meningkatkan wawasan seseorang di bidang teknologi. Ada juga yang berpendapat bahwasannya IPTEK merupakan suatu cabang ilmu yang berorienasi pada pemenuhan kebutuhan manusia, dengan menggunakan atau mengembangkan bidang teknologi tentunya. (Baca Juga: Manfaat Firewall , Ciri ciri Keyboard Laptop Rusak)

Keberadaan IPTEK ini bisa masuk atau berkaitan pada sektor apa saja, karena sesungguhnya IPTEK ini akan mempelajari dan juga mengembangkan segala hal yang akan memajukan berbagai sektor tersebut. Dari dahulu manusia di Bumi berusaha untuk selalu maju dalam bidang ilmu yang satu ini.

Mengenai perkembangan IPTEK yang semakin dan semakin berkembang pesat ini, tentu saja kita sebagai penikmat teknologi akan merasa sangat senang dan juga berterima kasih kepada para pengembang teknologi atas diciptakannya berbagai benda yang dapat memudahkan dalam kehidupan sehari- hari. Namun, terkadang juga kita dapat menemukan dampak negatif yang dapat dihasilkan dari perkembangan IPTEK ini. (Baca Juga: Fungsi Komputer , Bahaya Kecanduan Internet)

ads

Apabila kita melihat secara kasat mata dan secara langsung, adanya perkembangan IPTEK ini akan membawa dampak positif atau manfaat yang luar bisa, terutama bagi manusia. Dan hebatnya lagi, hasil perkembangan IPTEK tidak hanya bisa diterapkan pada satu sektor saja, namun juga berbagai sektor dan bahkan semua sektor yang ada. Dan hal ini akan semakin membuat manusia bahagian. B=apbila kita harus menyebutkan, sebenarnya apa saja manfaat yang akan kita peroleh dari IPTEK ini? (Baca Juga: Fungsi Algoritma , Cara Mencegah Cybercrime)

Manfaat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya cabang ilmu IPTEK ini dapat masuk atau diterapkan dalam berbagai sektor dalam kehidpan manusia. Sehingga manfaat yang diperoleh dengan adanya IPTEK juga tergolong di berbagai bidang atau sektor tertentu.

Secara umum, IPTEK mempunyai fungsi yang sangat besar dalam mempermudah kehidupan manusia seharu- hari. IPTEK juga akan mempermudah manusia dalam bepergian ke luat tempat tinggal, berkomunikasi dengan orang yang sedang berada di jarak jauh, hingga menuruti manusia yang ingin pergi ke luar angkasa. Semua itu dapat terjadi akibat perkembangan IPTEK oleh otak- otak genius dari para ilmuwan yang luar biasa. Namun, secara lebih khsusus, IPTEK ini mempunyai manfaat di bidang- bidang atau sektor- sektir tertentu. (Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi , Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan)

1. Manfaat IPTEK bagi kelestarian lingkungan hidup

IPTEK mempunyai manfaat salah satunya bagi kelestarian lingkungan hidup atau bagi kelestarian alam yang kita tempati bersama. Beberapa manfaat IPTEK yang akan kita dapatkan untuk kelestarian lingkungan hidup antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pemanfataan kotoran ternak menjadi pupuk kompos yang sangat bisa menyuburkan berbagai tanaman.
  • Sampah dan juga kotoran ternak dapat dimanfaatkan menjadi bio gas yang dapat menjadi energi alternatif yang alami sebagai pengganti gas alam, yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk keperluan memasak, tenaga gerak, hingga penerangan.
  • Dapat mengubah air yang terkontaminasi menjadai air yang bersih dan juga jernih dengan menggunakan detoksifikasi surya. (Baca Juga: Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis , Cara Melacak Orang dengan GPS)

2. Manfaat IPTEK dalam bidang komunikasi

Dalam bidang komunikasi, IPTEK sungguh mempunyai peranan yang sangat penting bagi terciptanya peralatan komunikasi dua arah yang dapat digunakan dengan mudah, kapan saja dan dimana saja, serta dengan jarah yang sangat jauh. Beberapa kontribusi IPTEK dalam memajukan bidang komunikasi antara lain:

  • Menciptakan adanya radio sebagai alam komunikasi klasik yang mungkin pertama kali digunakan di Indonesia. Adanya radio ini bisa menginformasikan mengenai sesuatu yang berada di daerah tertentu kepada semua orang yang berada di wilayah manapun dan dalam waktu yang bersamaan. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat daripada kita harus mengabarkan kepada orang yang bersangkurtan secara satu per satu. Namun, terkadang kita menemukan kelembahan pada radio ini karena hanya bisa di dengan oleh wilayah dalam radius tertentu saja. (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 4G)
  • Menemukan adanya televisi sebagai alat kominikasi visual serta alat hiburan. Televisi ini lebih dikembangkan daripada radio, yakni degan menambahkan gambar- gambar sevara lebih jelas dan jelas. Dengan adanya gambar visua ini maka kita akan dapat melaihat sevara langsung di tempat yang bersangkutan, tidak menimbulkan ambiguitas, dan juga lebih menarik. Belakangan ini banyak dikembangkan teknologi TV kabel yang akan menjangkau hampir di seluruh dunia. (Baca Juga: Fungsi Domain  , Fungsi Monitor LCD)

3. Menemukan telepon sebagai alat komunikasi dua arah yag efektif

Telepon dikenal sebagai alat komunikasi dua arah yang sangat efektif dan juga efisien. Keberadaan telepon sangat menunguntungkan bagi siapa saja karena dapat mengetahui kabar seseorang secara lebih efektif, tepat sasaran dan juga cepat. Hal ini sangat jauh sekali dengan surat sebagai alat komunikasi sebelumnya. Setelah telepon dinilai tidak begitu praktis karena sulit untuk dibawa kemana- mana, maka diciptakanlah handpohone sebagai solusinya, yakbi bisa dibawa kemana- mana dengan bentuk yang kecil dan muat jikankita memasukkannya ke dalam saku. Handphone perkembangannya sangat pesat, dari mulai dilengkapi dengan kamera dan juga mp3, belakangan dikembangkan smartphone yang sangat canggih. Smartphone ini merupakan handphone yang dilengkapi berbagai fitur yang sangat menarik serta canggih sehingga sangat menudahkan kehidupan manusia dan membuat kehidupan manusiamenjadi praktis. (Baca Juga: Software Untuk Melacak Lokasi Nomor Handphone , Kelebihan dan Kekurangan OS Android)

4. Penemuan internet

Intenet sudah seperti induk dari perkembangan teknologi yang ada. Zaman sekarang yang namanya teknologi tidak pernal terlepas dengan internet, bahakn identik dengan internet. Internet inilah yang sangat berguna bagi siapa saja yang ingin terhubung ke dunia luar dan juga orang- orang yang berada di seluruh dunia. Maka dari itu internet mempuyai julukan tersendiri sebagai suatu dunia sendirim yakni dunia maya. (Baca Juga: Penggunaan Internet Banking , Perbedaan Intranet, Internet dan Extranet)

Sponsors Link

5. Manfaat IPTEK dalam bidang kesehatan, antara lain:

  • Ditemukan alat- alat hingga jenis terapi atau pengobatan yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya yang sangat susah disembuhkan.
  • Ditemukan alat kontrasepsi yang berguna bagi pengontrol laju pertumbuhan penduduk.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan CMS Prestashop , Cara Merecovery Data Yang Hilang)

6. Manfaat IPTEK dalam pertanian, antara lain:

  • Ditemukannya berbagai alat yang mampu menunjang aktivitas pertanian petani di sawah, seperti traktor, mesin diesel, alat pemotong padi, dan lain sebgainya. Sehingga petani lebih efektif dan efisien dalam mengelola lahan pertaniannya.
  • Ditemukan berbagai macam pupuk yang dapat membuat tanaman petani tumbuh subur.

(Baca Juga: Manfaat Jaringan Komputer , Manfaat Komputer dalam Bidang Industri)

7. Manfaat IPTEK di bidang transportasi

  • Ditemukan alat- alat transportasi seperti mitor dan mobol yang asanag berbugan bagi manusia ketika akan bepergian kemana saja.
  • Ditemukan alat transportasi umum yang manjadi solusi menghadapi mendan tertentu seperti kapal yang dapat digunakan untuk menyeberang lautan.
  • Ditemukannya pesawat terbang sehingga laju lau lintas tidak begitu padat di daratan, dan dapat menghantarkan manusia ke tempat yang jauh dengan waktu yang singkat.

(Baca Juga: Pengertian Worm , Fungsi Transport Layer)

Itulah beberapa manfaat dari IPTEK yang nyatanya tidak dapat di sebutkan satu persatu karena saking banyaknya. Semoga kita bisa menjadi generasi pengembang IPTEK yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 04th, December 2016 / 15:28 Oleh :
Kategori : Teknologi Jaringan