Sponsors Link

6 Perbedaan GSM dan CDMA Dalam Jaringan & Internet

Sponsors Link

Sejak pertama kali sebuah teknologi handphone dan juga telepon genggam mulai diperkenalkan di Indonesia dan juga dunia, saat itu pula muncul dua jenis jaringan yang digunakan pada sebuah handphone. Kedua jaringan tersebut adalah GSM dan juga CDMA. Pasti anda semua sudah pernah mendengar istilah yang satu ini kan? GSM dan juga CDMA merupakan dua macam teknologi berbeda yang mendukung fungsionalitas dari sebuah handphone, terutama fungsi telepon dan juga fungsi SMS.

Apa saja perbedaan dari keduanya? Lalu apa saja yang membuat keduanya juga banyak digunakan? Mana yang lebih baik? Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan dari GSM dan juga CDMA dari beberapa aspek. Namun sebelum membahas mengenai perbedaan keduanya, maka ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu apa itu gsm dan juga CDMA.

Karena GSM dan CDMA merupakan teknologi jaringan yang diterapkan untuk ponsel smartphone, maka perlu diwaspadi agar tidak terjadi bahaya kecanduan internet terlebih untuk para pelajar. Mengapa? karena peranan internet terhadap prestasi belajar siswa juga perlu diperhatikan. Meski tak semua internet berdampak buruk namun para otangtua turut berperan agar tidak terjadi hal buruk pada anak akibat intenet.

GSM

GSM sendiri merupakan Gsm sendiri merupakan kependekan dari Global System for Mobile Communication. Dari namanya memang sudah sangat jelas, bahwa GSM memang sengaja diciptakan untuk kepentingan jaringan nirkabel menggunakan handphone. Pada saat pertama kali diluncurkan secara masal, GSM bekerja pada frekuensi jaringan 900 Mhz yang menjadi sistem komunikasi generasi kedua, atau yang biasa kita kenal dengan istilah 2G yang mana bisa melakukan akses terhadap internet.

GSM sendiri pada dasarnya bekerja dengan fitur timeslot, yang merupakan salah satu pengembangan dari teknologi Time Division Multiple Access, yang mana memungkinkan setiap user untuk dapat mengirimkan data dan juga informasi berdasarkan satuan yang terbagi oleh waktu. Hal ini membuat setiap paket data akan tebagi-bagi ke dalam timeslot tertentu. Timeslot ini merupakan slot yang akan digunakan oleh jaringan GSM selama beberapa waktu atau temporer.

Teknologi GSM saat ini sudah sangat berkembang, dimana sudah banyak opereator GSM yang masuk ke dalam jaringan 3G atau third Generation. Sistem generasi ketiga dari GSM ini dapat memungkinkan seseorang berkomunikasi lebih baik lagi dengan suara, teks dan juga data, dan sudah banyak digunakan di Indonessia.

CDMA

Lalu, bagaimana dengan CDMA? CDMA sendiri merupakan kependekan dari Code Division Multiple Access. Kepanjangan ini dapat diartikan sebagai suatu multiakses yang bisa dicapai dengan menggunakan kode-kode tertentu. Secara teknis, pengguna jaringan CDMA nantinya akan menggunakan code unik agar dapat mengakses channel yang sudah ada pada sistem. Kode unik, berarti setiap user akan memiliki kode-kode yang berbeda pula satu sama lain.

CDMA sendiri pada awalnya banyak digunakan untuk sistem komunikasi radio militer milik Amerika Serikat, yang mana kemudian pada tahun 90 dikembangkan oleh Qualcomm yang kemudian mempatenkannya. Pada tahun 1993, CDMA dijadikan sebagai standar seluler digital di Amerika Serikat.

Perbedaan dari Kedua Jaringan (GSM & CDMA)

Apabila dibandingkan secara head to head, maka tentu saja GSM dan juga CDMA memiliki banyak perbedaan. Meskipun ketika pertama kali diluncurkan, keduanya sama-sama menggunakan 2G atau sama-sama merupakan generasi kedua, namun dari banyak aspek keduanya sangat berbeda jauh. Perbedaan keduanya mencakup banyak aspek. Berikut ini adalah beberapa aspek yang membedakan GSM dengan CDMA:

sponsored links
  1. Luas Cakupan BTS

Aspek pertama yang bisa kita bandingkan antara GSM dengan CDMA adalah luas cakupan dan juga jumlah BTS yang ada. Dapat dilihat secara jelas, bahwa luas cakupan BTS yang dimiliki oleh GSM jauh lebih banyak dibandingkan dengan CDMA. Hal ini disebabkan karena beberapa wilayah tertentu tidak memiliki banyak pelanggan, sehingga hal in imembuat pembangunan BTS dari CDMA juga menurun.

Selain itu, popularitas GSM juga ikut meningkatkan pengaruh, mengapa jumlah BTS yang dimilki oleh GSM jauh lebih banyak apabila dibandingkan dengan CDMA.

  1. Kemampuan Roaming yang Dimiliki

Aspek kedua yang bisa kita bandingkan mengenai perbedaan GSM dan juga CDMA adalah mengenai kemampuan roaming. Roaming merupakan kemampuan sebuah jaringan telekomunikasi agar dapat bekerja pada wilayah-wilayah tertentu. Secara teknis, GSM memiliki kemampuan roaming, yang membuat GSM bisa digunakan dimana saja di dalam regional yang berada di wilayah Indonesia, secara umum.

Berbeda dengan GSM, CDMA tidak selamanya bisa digunakan secara bebas. Karena ketika anda menggunakan jaringan berbasis CDMA maka anda akan dikenakan biaya tambahan, yaitu biaya roaming. Untuk menghindari hal ini, maka biasanya beberapa operator jaringan CDMA akan mengenalkan fitur layanan combo untuk menghindari roaming, yang memungkinkan sebuah nomor operator CDMA memiliki nomor sama seperti nomor GSM, sehingga tidak terkena roaming.

  1. Jumlah Penggunanya

Apabila dilihat berdasarkan jumlah penggunanya, maka sudah pasti GSM merupakan operator yang paling banyak digunakan di Indonesia, bahkan dunia, terutama Eropa. Hal ini membuat banyak sekali operator GSM yang berkembang dan meluaskan jaringannya ke seluruh pelosok.

Kebalikan dari operator GSM, CDMA memiliki pengguna yang jauh lebih sedikit apabila dibandingkan dengan GSM. Hal ini membuat banyak operator CDMA kalah bersaing, dan saat ini tinggal sedikit yang bertahan di tengah persaingan operator seluler di Indonesia, bahkan dunia.

  1. Keamanan Komunikasi Jaringan

Salah satu aspek yang bisa kita pelajari dari GSM dan juga CDMA adalah aspek keamanan jaringannya. CDMA, yang menggunakan kode kode unik pada setiap jaringannya menyebabkan penggunaan CDMA menjadi jauh lebih aman ketimbang GSM yang hanya mengandalkan timeslot.

Keamanan jaringan CDMA ini sangatlah diperhitungkan, maka dari itu, jaringan seluler CDMA sering digunakan dalam transakasi keuangan, telepon pribadi, dan juga beberapa kepentingan komunikasi yang sifatnya penting lainnya, termasuk militer.

  1. Biaya Investasi

Perbedaan dari kedua jaringan seluler GSM dan juga CDMA ini bisa juga kita lihat dari biaya investasi yang dikeluarkan. Biaya investasi yang dikeluarkan untuk sebuah pengimplementasian sistem jaringan seluler menggunakan teknologi kode atau CDMA jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan GSM. Hal in idisebabkan karena implementasi dari jaringan CDMA cenderung lebih mudah dan juga lebih simple, yang kemudian tentu saja akan berpengaruh pada biaya investasinya.

Tidak hanya itu, semakin besar biasa yang dikerluarkan maka akan semakin bagus sinyal internet yang diterima, seperti paket data. Paket data sendiri menjadi jalur untuk masuk dan keluarnya data saat terhubung ke internet, yang kemudian ditransmisikan dalam jaringan baik itu menggunakan kabel ataupun nirkabel. Ini dinamakan prinsip kerja jaringan secara umum yang hanya berbeda media dalam penggunaannya.

  1. Harga Perangkat dan Layanan Sistem

Apabila kita meliha ke perbedaan biaya investasi yang harus dikeluarkan, maka sudah pasti nantinya akan berpengaruh kepada biaya perangkat dan juga biaya layanan sistem jaringan seluler. CDMA yang memiliki biaya investasi rendah akan menyebabkan perangkat telepon seluler yang bergerak pada jaringan CDMA memiliki harga yang lebih murah.

Salah satu contoh konkrit adalah perangkat telepon populer milik Apple, yaitu Iphone 4. Terdapat dua varian, yaitu CDMA dan juga GSM. Dari segi harga, iPhone CDMA memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan versi GSM. Selain harga perangkat, biaya langganan dan juga biaya lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan jaringan CDMA pun akan menjadi jauh lebih murah dibandingkan dengan GSM.

Persamaan GSM dan CDMA

Meskipun kedua jenis jaringan seluler ini memiliki perbedaan, namun ternyata keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu baik jaringan CDMA maupun GSM sama-sama dapat melakukan akses data, text, dan juga suara. Itu artinya, user yang ingin melakukan akses internet pun juga bisa menggunakan jaringan seluler GSM ataupun CDMA, karena memang keduanya sudah mendukung.

sponsored links

Lebih bagus GSM atau CDMA?

Untuk pertanyaan yang satu ini, mungkn agak sulit untuk dijawab. Mengapa? Karena pada dasarnya kebutuhan orang yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamaratakan lebih bagus GSM atau CDMA utnuk penggunaaj jaringan selulernya. Ada beberapa kebutuhan yang bisa anda perhatikan dalam memilih operator CDMA ataupun GSM. Beirikut ini adalah beberapa pertimbangan yang mungkin bisa anda perhatikan dalam memilih operator GSM ataupun CDMA:

  1. Mobilitas

Mobilitas merupakan kebutuhan user untuk sering pergi ke berbagai tempat, baik untuk urusan pekerjaan, ataupun hanya sekedar berwisata saja. Apabila anda adalah orang dengan mobilitas yang tinggi, maka nomor jaringan seluler GSM merupakan pilihan yang tepat. Hal ini disebabkan kerena GSM memiliki jaringan dan juga cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan CDMA, sehingga dapat anda andalkan untuk kebutuhan mobilitas.

  1. Kualitas jaringan dan sinyal di tempat tinggal

Kualitas jaringan di lokasi tempat anda tinggal pun bisa menjadi pertimbangan. Apabila ternyata kualitas jaringan yang bagus di lingkungan tempat tinggal anda adalah jaringan seluler CDMA, maka anda bisa menggunakan CDMA untuk kebutuhan di rumah anda, seperti penggunaan modem dan juga telepon sehari-hari.

GSM dan CDMA sama-sama bisa digunakan sebagai perangkat modem yang minimalis dan fleksibel, karena hanya dengan menggunakan port USB. Fungsi modem dengan model USB ini sangat sering digunakan oleh pelajar, terlebih bagi mahasiswa.

  1. Fungsionalitas

Dari segi fungsionalitas GSM dan juga CDMA bisa menjadi pilihan, karena keduanya memiliki fungsionalitas yang hampir beragam. Namun, untuk kestabilan dan juga wilayah cakupan, mungkin GSM sedikit lebih unggul apabila dibandingkan dengan CDMA.

Akan tetapi CDMA memiliki kuaitas sinyal yang baik, dan juga kemanan data yang juga sangat baik, terutama untuk transaksi elektronik. Maka dari itu, bagi user yang membutuhkan keamanan dan juga kenyamanan saat melakukan akses data, mungkin jaringan CDMA bisa menjadi andalan anda.

Itulah beberpaa perbedaan yang dimiliki oleh jaringan CDMA dan juga GSM. Semoga artikel ini dapet bermanfaat dan juga menambah wawasan anda sekalian.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 19th, October 2015 / 05:47 Oleh :
Kategori : Teknologi Jaringan