17 Perbedaan Antara Proxy Dan Firewall

Sponsors Link

Ada yang tahu apa itu proxy dan firewell serta perbedaan dari keduanya? mungkin teman-teman ada yang tahu dan ada yang masih belum mengerti atau bahkan asing mengenai kedua hal tersebut. Firewell dan proxy yaitu dua teknologi yang amat sering terlihat saat bicara tentang internet. keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu sebagai gateway yang membolehkan paket data untuk masuk hingga ke tujuan. Namun ada beberapa perbedaan pada firewall serta proxy server. Perbedaan firewell dan proxy yaitu diantaranya :

Perbedaan Pengertian dan Tujuan

  1. Proxy adalah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau lebih singkatnya proxy sebagai penghubung antara suatu computer dengan internet. Cara kerja proxy server sangat sederhana, saat user menggunakan layanan proxy lalu meminta file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet jadi seolah-olah proxy tersebut yang memintanya. Dan saat proxy server telah mendapatkan apa yang diminta oleh user, proxy akan memberikan respon kepada user jadi seolah-olah dialah public servernya.
  2. Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Firewell melindungi keamanan jaringan komputer dengan menyaring paket data yang keluar dan masuk di jaringan.

Tujuan utama dari firewall yaitu untuk menghindar orang yang berwenang untuk membangun koneksi serta memperoleh akses ke jaringan anda. sebaliknya, tujuan utama proxy server yaitu untuk melakukan tindakan sebagai relay untuk memfasilitasi jalinan pada dua titik.

Perbedaan Berdasarkan Fungsinya

Fungsi firewell :

  1. Mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir di jaringan firewall harus dapat mengatur, memfilter dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi firewall
  2. Melakukan autentifikasi terhadap akses.
  3. Aplikasi proxy firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data, kemampuan ini menuntut firewall untuk mampu mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang spesifikasi.
  4. Mencatat setiap transaksi kejadian yang terjadi di firewall. Ini memungkinkan membantu sebagai pendeteksian dini akan penjebolan jaringan.

Fungsi Proxy :

  1. Connecting sharing yaitu sebagai penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantarkan ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user.

    Sponsors Link

  2. Terdapat beberapa proxy yang dilengkapi dengan firewall yang dapat memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak dapat diakses dengan memakai proxy tersebut. Itulah salah satu fungsi dari proxy sebagai filtering.
  3. Fungsi caching, disini maksudnya proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun permintaan akses user. Misalnya permintaan untuk mengakses suatu web dapat lebih cepat jika telah ada permintaan akses ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai chacing.
  4. Berdasarkan apa yang dilakukan
  5. Firewall melindungi user dari kegiatan dan ancaman lainnya. Umumnya kita biasa membatasi dari remote users dan system. Dari segi prespective teknis, sebuah firewall merupakan pertemuan traffic dari jaringan menuju atau dari jaringan lainnya dan melewatkan nya hanya jika sesuai dengan yang didefinisikan dalam rule base firewall tersebut. lihat artikel standard external firewall.
  6. Web proxy adalah komputer server yang bertindak sebagai komputer lainnya berfungsi untuk melakukan request terhadap kontent dari suatu jaringan internet ataupun jaringan intranet. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan oleh web proxy diantaranya sebagai berikut ini:
  7. Dapat menyembunyikan alamat IP address.
  8. Dapat dipakai untuk mengakses suatu website yang telah di blok oleh ISP (Internet service provider) atau oleh suatu organisasi.
  9. Dapat di gunakan untuk mem-blok beberapa atau sebuah website yang nantinya didak dapat diakses.
  10. Dapat men-filter cookies yang tidak di inginkan dan seluruh cookies yang tersimpan di encrypt.
  11. Dan dapat meningkatkan keamanan privacy pengguna.

sponsored links

Tentang firewell dan proxy

  • Firewall dapat memblok koneksi sesaat proxy server memfasilitasi koneksi
  • Proxy server juga bisa melakukan tindakan sebagai firewall
  • Firewall kerap didapati sebagai antarmuka pada jaringan publik serta privat sesaat proxy juga dapat didapati di antara dua jaringan publik
  • Firewall dipakai membuat perlindungan jaringan internal pada serangan, tengah proxy server dipakai untuk anonimitas serta untuk bypass pembatasan
  • Firewall dapat memblokir port dan program yang mencoba untuk mendapatkan akses di computer.
  • Proxy berdiri sebagai pengganti untuk menyembunyikan jaringan internal dari Internet
  • Firewall dapat memblokir program untuk menjalankan di komputer, tetapi server proxy tidak bisa
  • Firewall pada dasarnya blok komunikasi, sementara proxy server hanya pengalihan

Nah sekarang teman-teman pada tahu kan apa itu proxy dan firewell serta perbedaan dari keduanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 26th, April 2016 / 08:29 Oleh :
Kategori : Teknologi Jaringan